advertisements
advertisements

Kabar mengejutkan datang dari produsen smartphone raksasa Sony. Perusahaan asal Jepang tersebut dikabarkan tengah melakukan pembicaraan mengenai kemungkinan produksi ponsel Windows Phone di tahun 2014 ini. Beberapa sumber yang terpercaya juga menyatakan jika Sony akan melabeli perangkat Windows Phone-nya tersebut dengan brand Sony VAIO. Namun hingga saat ini belum ada kabar resmi mengenai hasil pembicaraan tersebut.

Ponsel Windows Phone

Kerjasama antara Sony dan Microsoft sebenarnya bukan hal yang baru. Pasalnya sebelum mengusung Android, perangkat Xperia X1 dan X2 sama-sama mengusung sistem operasi Windows Phone. Bahkan pada tahun 2010 Sony juga sempat merancang smartphone Sony Jolie yang berjalan pada sistem operasi Windows Phone 7, namun akhirnya dibatalkan karena mereka ingin lebih fokus pada pengembangan Android.

advertisements
advertisements

Pada ajang MWC 2012 Sony juga sempat melontarkan pernyataan bahwa mereka tidak menutup pintu untuk sistem operasi Windows Phone. Namun pada saat itu hampir tidak ada yang menaruh perhatian lebih terhadap pernyataan itu. Terlebih, Sony dan Microsoft beberapa tahun belakangan ini terus memanas dalam persaingan konsol game buatan mereka yaitu PlayStation dan juga Xbox sehingga banyak yang meragukan kerjasama di antara keduanya.

Kini, dua tahun berselang, Windows Phone mulai menunjukan tajinya dan mulai mengancam eksistensi perangkat Android terutama di kelas entry-level. Selain itu, update GDDR3 juga menjadikan para produsen ponsel Windows Phone dapat membuat perangkat dengan spesifikasi yang setara dengan perangkat Android kelas atas.

Saat ini Nokia masih menguasai 92% pasar Windows Phone karena berbagai perangkat WP buatan Samsung dan HTC kurang begitu laku di pasaran. Selain Sony, produsen smartphone asal Cina ZTE juga tampaknya akan mengadopsi sistem operasi ini. Pihak ZTE sempat menyatakan bahwa mereka akan mengadopsi sistem operasi Windows Phone ini di tahun 2014.

Baik Sony maupun ZTE tampaknya masih menunggu perilisan sistem operasi Windows Phone 8.1 terbaru sebelum mengembangkannya. Selain itu mereka juga tampaknya menginginkan Microsoft agar menghapus biaya lisensi untuk smartphone Windows Phone yang mereka kembangkan sehingga mereka dapat memangkas biaya produksinya.

Sumber: GSM Arena

Artikel Menarik Lainnya: