advertisements

Dua smartphone Android papan tengah kembali diluncurkan oleh dua vendor smartphone papan atas dunia. Sony hadir dengan Sony Xperia M sementara Samsung menyuguhkan Samsung Galaxy Ace 3. Menariknya, kedua smartphone ini hadir dengan RAM sebesar 1 GB yang masih cukup jarang diusung oleh smartphone kelas menengah. Lantas siapakah yang lebih baik di Antara dua smartphone ini?

Desain

Samsung Galaxy Ace 3 mengusung desain khas Samsung dengan bodi plastik dan satu tombol fisik di bagian tengah bawah serta 2 buah tombol sentuh di sampingnya. Smartphone ini berukuran 121.2 x 62.7 x 9.8 mm dan berat 115 gram. Smartphone ini hadir dengan dua pilihan warna yaitu warna hitam dan putih. Sementara itu Sony Xperia M yang mengusung desain OmniBalance seperti Xperia Z. Smartphone ini sendiri memiliki dimensi sebesar 124 x 62 x 9.3 mm dan berat 115 gram. Dengan demikian, ukuran kedua ponsel ini dapat dibilang cukup serupa.

Layar

advertisements

Samsung Galaxy Ace 3 mengusung layar sentuh TFT yang memiliki ukuran 4 inci dan resolusi layar 480 x 800 piksel. Smartphone ini juga memiliki kerapatan piksel sebesar 233 ppi. Sayangnya untuk masalah keamanan layar, smartphone ini tidak dibekali proteksi apapun sehingga pengguna harus lebih berhati-hati ketika menggunakannya. Di lain pihak Sony Xperia M juga mengusung layar TFT capacitive touchscreen dengan resolusi 480 x 854. Layar ini memiliki ukuran 4 inch dengan kerpatan piksel sebesar 245 ppi. Dari segi layar, kedua ponsel ini tampaknya cukup berimbang dengan Xperia M memiliki sedikit keunggulan pada resolusi dan kerapatan layarnya.

Performa

sony xperia m galaxy ace 3

Samsung Galaxy Ace 3 mengusung chipset Broadcom dengan kecepatan 1 GHz dengan RAM 1 GB dan juga GPU VideoCore IV. Smartphone ini mengusung sistem operasi Android Jelly Bean 4.2.2. Sementara itu Sony Xperia M mengusung sistem operasi Android 4.1 Jelly Bean dengan prosesor Qualcomm Snapdragon S4 Dual-core 1 GHz Krait serta GPU Andreno 305 dan RAM 1 GB. Di atas kertas, tentu saja kedua ponsel ini cukup berimbang dari segi performa.

Kamera

Dalam hal kamera, Samsung Galaxy Ace 3 dan Sony Xperia M sama-sama memiliki kamera dengan resolusi 5 megapixel dengan fitur autofocus dan LED flash yang mampu mengabadikan momen bagus anda. Kedua ponsel ini juga sama-sama dapat merekam Video HD 720p@30 fps sehingga dijamin video yang dihasilkan akan memuaskan. Selain itu kamera sekunder pada bagian depan kedua smartphone ini juga memiliki resolusi VGA.

Memori penyimpanan

Samsung Galaxy Ace 3 menyediakan dua pilihan memori internal sebesar 4 GB untuk versi 3G dan 8 GB untuk versi LTE. Sedangkan Sony Xperia M hanya menyediakan memori internal sebesar 4 GB. Ace 3 masih bisa ditambah dengan memori eksternal microSD hingga 64 GB dan Xperia M bisa ditambah dengan maksimal 32 GB.

Baterai

Samsung Galaxy Ace 3 hanya mengusung baterai sebesar 1500 mAh, sementara Xperia M mengusung baterai yang sedikit lebih besar yaitu 1750 mAh. Untuk urusan baterai jelas Sony Xperia M menjadi pemenangnya.

Sony Xperia M vs Galaxy Ace 3, Mana Pilihan Anda?

Setelah melakukan komparasi di atas, Carisinyal dapat memberikan rekomendasi bagi Anda yang ingin memilih satu di Antara dua smartphone ini. Jika Anda menginginkan sistem operasi Android yang lebih mutakhir, maka Samsung Galaxy Ace 3 adalah pilihannya. Namun jika Anda menginginkan baterai yang lebih tahan lama, layar yang lebih baik, dan harga yang lebih murah, maka Sony Xperia M layak untuk Anda miliki.

Artikel Menarik Lainnya: