advertisements
advertisements

Semenjak peluncurannya beberapa hari yang lalu, jajaran smartphone terbaru dari Asus terus menjadi perbincangan. Hal tersebut tidak lepas dari harga dan spesifikasi Asus Zenfone 4, 5 dan 6 yang sangat menarik. Ketiganya sama-sama mengusung prosesor Atom buatan Intel dan juga fitur dual SIM. Zenfone 4 dibanderol seharga Rp 1,1 juta, Zenfone 5 seharga Rp 2,1 juta, sedangkan Zenfone 6 seharga Rp 3,1 juta.

spesifikasi Asus Zenfone 4

Spesifikasi

Sebagai model paling tinggi, Asus Zenfone 6 dibekali dengan layar IPS 6 inci  dengan resolusi HD 720p, prosesor 2GHz Dual-Core Intel Atom Z2580, RAM 2GB, dan juga memori internal sebesar 8GB. Dengan prosesor Intel yang terkenal hemat daya tersebut, baterai sebesar 3230 mAh yang dimilikinya akan cukup untuk membuat smartphone ini bertahan selama seharian penuh.

advertisements
advertisements

Selanjutnya adalah Zenfone 5 yang juga mengusung layar HD 720p namun dengan ukuran yang lebih kecil yakni 5 inch. Smartphone ini juga dibekali dengan spek yang lebih rendah yakni prosesor 1.6GHz Dual-Core Intel Atom, RAM 1GB, memori internal 8GB, dan baterai 2025 mAh.

Untuk kameranya, Zenfone 6 dan Zenfone 5 sama-sama menyuguhkan teknologi ASUS PixelMaster yang mampu memotret di tempat yang minim cahaya dengan sangat baik. Kamera Zenfone 6 sendiri memiliki resolusi sebesar 13MP sedangkan Zenfone 5 sebesar 8MP.

Zenfone 4 menjadi seri yang paling murah di antara yang lainnya. Walaupun begitu, spesifikasi Asus Zenfone 4 ini tetap sangat menarik berkat layar 4 inci WVGA dengan prosesor 1.2GHz Dual-Core Intel Atom, RAM 1GB, dan memori internal 8GB. Kamera yang dimiliki memiliki resolusi 5MP dan mampu merekam video dengan resolusi Full HD. Untuk baterainya, terdapat baterai sebesar 1200 mAh yang bisa dilepas.

Ketiga model Asus Zenfone tersebut berjalan pada sistem operasi Android 4.3 Jelly Bean dan akan mendapatkan update Android 4.4 Kitkat. Di bagian dalam cover belakangnya juga terdapat slot microSD yang mamapu menampung hingga kapasitas 64GB. Selain itu ketiganya juga memiliki layar yang sudah dilapisi teknologi Corning Gorilla Glas yang terkenal dengan ketangguhannya.

Desain

Desain melengkung pada panel belakang yang dimiliki oleh ketiga seri Asus Zenfone membuatnya sangat nyaman ketika digunakan. Di bagian depannya Asus menempatkan tiga tombol navigasi sentuh, dan bukan tombol on-screen. Di bawahnya terdapat sebuah panel yang dapat mereflesikan pantulan cahaya yang sangat cantik layaknya sebuah berlian. Ketiga perangkat tersebut juga hadir dengan pilihan warna serta tekstur cover belakang yang bisa diganti sesuka hati.

Software

Di sektor perangkat lunaknya, Zenfone hadir dengan berbagai macam fitur yang sangat berguna untuk berbagai aktivitas. Salah satunya adalah widget “What’s Next” di home screen yang akan menampilkan notifikasi, jadwal, serta hal penting lainnya berdasarkan urutan waktunya.

Terdapat juga fitur Do It Later yang akan menampilkan daftar panggilan telepon atau SMS yang belum sempat Anda baca. Dengan fitur ini Anda juga dapat menyimpan video Youtube atau halaman web yang ingin Anda bukan di lain waktu.

Melakukan koneksi dengan perangkat lain juga cukup mudah karena ketiga seri Zenfone ini sudah dibekali fitur ShareLink dan PartyLink yang dapat digunakan untuk mengirimkan file, foto, video, dan lainnya. Selain itu, perangkat Zenfone juga dapat dijadikan sebagai touch pad atau remote control ketika sedang melakukan presentasi dengan menggunakan fitur Remote Link.

Walaupun tidak mendukung jaringan 4G LTE, namun ketiga seri Asus Zenfone ini dibekali dengan dual antenna yang akan meningkatkan kualitas sinyal yang diterimanya. Ketiganya juga mendukung Dual Carrier HSPA+ sehingga Anda bisa mengunduh dua buah file dengan kecepatan hingga 42Mbps secara bersamaan.

Simpulan

Secara keseluruhan ketiga seri Asus Zenfone ini layak diacungi jempol. Prosesor Intel Atom yang diusungnya mampu menghadirkan performa yang sangat baik dan Anda dapat menggunakanannya tanpa ada masalah. Sebagai yang paling atas, rasanya tidak berlebihan jika Zenfone 6 dapat bersaing dengan Galaxy Note 3 besutan Samsung.

advertisements

Setali tiga uang, Zenfone 5 juga akan menjadi penantang serius smartphone di kelas menengah seperti Motorola Moto G. Tentunya, walaupun menjadi yang paling kecil dan murah, namun spesifikasi Asus Zenfone 4 sudah lebih dari cukup untuk menguasai pasar smartphone 1 jutaan karena hingga saat ini belum ada produsen yang berani mematok smartphone dengan RAM 1GB di kisaran harga tersebut.

advertisements
Artikel Menarik Lainnya: