advertisements

Bagi orang Indonesia, istilah smartphone replika atau supercopy tentu sudah tidak asing lagi. Pasalnya saat ini banyak ponsel replika dari berbagai merk terkenal bertebaran di pasaran, mulai dari replika Samsung Galaxy Note 4, Samsung Galaxy S5, iPad, hingga iPhone 6.

Kehadiran berbagai replika tersebut tentu bukan tanpa alasan. Banyak konsumen yang membelinya karena tidak mampu membeli perangkat aslinya. Dengan hanya membeli perangkat replika, mereka bisa tampil gaya karena secara desain luar hampir tidak ada perbedaan dengan perangkat aslinya.

advertisements

Ya, meskipun berbagai ponsel replika tersebut tidak memiliki kejelasan dalam hal garansi atau servis, namun mereka tetap laris manis di Indonesia. Harganya yang murah dan spesifikasi yang menggiurkan juga menjadi daya tarik lainnya. Meskipun sebenarnya tidak sedikit ponsel supercopy yang spesifikasinya tidak sesuai dengan yang disebutkan penjualnya.

Bagi konsumen yang memang tertarik untuk membelinya tentu tidak menjadi masalah. Namun masalah akan timbul jika si penjual membohongi konsumen yang ingin membeli perangkat aslinya. Ya, saat ini cukup marak penipuan kepada konsumen dengan menggunakan ponsel replika atau supercopy.

Nah maka dari itu kali ini Carisinyal akan mengulas beberapa macam phablet replika Samsung Galaxy Note 4 yang banyak beredar di pasaran. Di satu sisi informasi ini diharapkan bisa membantu konsumen yang ingin membeli ponsel replika terbaik yang ada saat ini.

Sedangkan di sisi lain, informasi ini dapat dijadikan acuan bagi konsumen yang ingin membeli perangkat asli agar tidak ditipu dengan perangkat replika dan juga supercopy. Berikut adalah daftar supercopy Samsung Galaxy Note 4 paling otentik tersebut.

HDC Galaxy Note 4

replika Samsung Galaxy Note 4

Sudah bukan rahasia lagi jika HDC merupakan salah satu produsen ponsel replika terbesar yang ada saat ini. mereka tidak pernah malu-malu untuk memajang ponsel replika buatannya di situs resminya, termasuk untuk replika HDC Galaxy Note 4.

HDC Galaxy Note 4 hadir dengan tampilan dan desain yang sangat mirip dengan Samsung Galaxy Note 4. Phablet ini dibekali layar 5.7 inci dengan tampilan antarmuka ala TouchWiz Samsung. Jika Anda membuka informasi di sistemnya, maka spesifikasinya pun sama persis seperti yang aslinya.

Padahal sebenarnya spesifikasi dari HDC Galaxy Note 4 sangat jauh dibawah perangkat aslinya. Ya, ponsel ini hanya mengusung prosesor MediaTek MTK6572 Dual Core 1.2 GHz dengan RAM sebesar 1GB. Jauh berbeda dengan perangkat aslinya yang memiliki RAM sebesar 3GB.

Untuk kameranya, perangkat ini mengusung kamera belakang dengan resolusi sebesar 5MP dan kamera depan sebesar 1.3MP. Baterai yang dimilikinya memiliki kapasitas sebesar 2300 mAh yang dapat digunakan selama 4 jam waktu bicara.

Sistem operasi yang diususngnya adalah Android 4.4.2 KitKat. Untuk memori internalnya terdapat versi 4GB dan 8GB. Fitur Air Gesture Control juga sudah disematkan sehingga menjadikannya benar-benar mirip dengan Samsung Galaxy Note 4. Untuk harganya, HDC Galaxy Note 4 ini dijual mulai dari Rp 1,5 jutaan.

Goophone N4

supercopy goophone n4

Tidak mau kalah dengan HDC, Goophone juga merilis phablet replika Samsung Galaxy Note 4 dengan nama Goophone N4. Sama seperti ponsel replika lainnya, Goophone N4 juga menghadirkan desain dan tampilan yang mirip dengan phablet buatan Samsung tersebut.

advertisements

Spesifikasi yang diusungnya jelas tidak sama dengan Samsung Galaxy Note 4, namun masih lebih baik dibandingkan dengan replika buatan HDC di atas. Ya, ponsel ini menyajikan layar 5.7 inci dengan resolusi HD 720p (720 x 1280 piksel).

Untuk dapur pacunya, Goophone N4 mengusung prosesor MediaTek’s MT6592 1.7GHz Octa-Core dengan RAM sebesar 2GB. Kamera belakangnya juga cukup mumpuni dengan resolusi sebesar 13 MP. Sedangkan kamera depannya memiliki resolusi 5 megapiksel.

Baterai yang dimilikinya juga cukup besar dengan kapasitas 3200 mAh. Kapasitas tersebut dirasa cukup baik untuk menopang sistem Dual SIM yang dimilikinya. Sedangkan untuk penyimpanan data dan aplikasi, phablet ini sudah membenamkan memori internal sebesar 16 GB di dalamnya. Kapasitas tersebut juga masih bisa ditambah melalui slot MicroSD.

Untuk sistem operasinya, GooPhone N4 sudah berjalan pada sistem operasi Android 4.4 KitKat dengan tampilan TouchWiz ala Samsung. Karena spesifikasinya lebih baik, maka harga dari ponsel ini juga lebih mahal dibandingkan dengan replika buatan HDC. Saat ini GooPhone N4 dijual mulai dari harga Rp 2 jutaan.

Replika Samsung Galaxy Note 4 Lainnya

Selain dua perangkat replika di atas, tentu masih banyak perangkat replika lainnya yang tersebar di pasaran. Berbagai perangkat replika tersebut memiliki karakteristik dan keunggulan masing-masing, baik itu dari segi desain, spesifikasi, ataupun fiturnya.

Selain meniru tampilannya, beberapa ponsel replika dan supercopy Galaxy Note 4 ini juga ada yang memplesetkan brand Samsung-nya. Ada yang menggunakan nama Samsang, Samsong, hingga Sumsang. Yang jelas nama-nama tersebut menggunakan logo yang mirip sehingga kita kadang tidak menyadarinya jika tidak memperhatikannya dengan baik.

Meskipun hampir semua replika Galaxy Note 4 ini mengusung layar 5.7 inci, namun ada juga yang mengusung ukuran layar yang lebih kecil, seperti 5.5 inci atau bahkan hanya 5 inci. Meskipun begitu, biasanya mereka tetap mecantumkan ukuran 5.7 inci dalam informasi spesifikasinya.

Nah bagi Anda yang tertarik untuk membeli berbagai replika tersebut, jangan sampai tertipu dengan informasi spesifikasi yang ditawarkan oleh penjualnya. Pasalnya banyak supercopy Galaxy Note 4 yang sistemnya telah diubah sehingga menampilkan spesifikasi yang tidak sesuai dengan hardware-nya.

Pastikan spesifikasi yang ditampilkannya sama dengan perangkat kerasnya. Jikapun tidak, pastikan Anda mengetahui atau diberitahu dengan pasti berapa spesifikasi yang sebenarnya. Cobalah terlebih dahulu berbagai ponsel replika tersebut sebelum membelinya.

Sedangkan bagi Anda yang ingin membeli Galaxy Note 4 asli, jangan sekali-kali tergiur dengan iming-iming black market (BM) ataupun bebas pajak karena berasal dari Batam. Meskipun murah, kita tidak akan mendapat jaminan garansi dan lainnya. Bahkan bisa jadi yang mereka jual itu hanyalah ponsel replika.

Maka dari itu, belilah selalu di toko ataupun counter yang resmi menjualnya agar Anda tidak sampai tertipu dengan membeli replika Samsung Galaxy Note 4. Selain Note 4, masih banyak replika ponsel lain yang ada di pasaran. Jika Anda ingin tahu replika Galaxy S5, silahkan baca artikel ini. Sedangkan untuk replika iPhone 6, silahkan baca artikel ini.

Artikel Menarik Lainnya: