advertisements
advertisements

Sebelum tablet berukuran lebih kecil bermunculan, tablet berukuran 10 inch merupakan pelopor dari segala tablet. Hal tersebut tampak jelas dari fakta yang menunjukan hingga saat ini bahwa jajaran tablet 10 inch terbaik dikuasai oleh para pemain kelas atas dunia seperti Apple, Samsung, dan Sony. Berikut Carisinyal akan mengulas tablet terbaik di kelas 10 inch pada akhir tahun 2013 ini.

tablet 10 inch terbaik

Asus Memo Pad FHD10

Asus Memo Pad FHD10 merupakan salah satu tablet 10 inch murah yang hanya berjalan pada jaringan WiFi saja. Tablet ini memiliki layar 10 inch yang sangat baik dengan resolusi 1920 x 1200 piksel. Walaupun prosesor dual-core 1.6GHz Intel Atom yang dibenamkannya tidak terlalu istimewa, namun tablet ini sudah dilengkapi dengan RAM sebesar 2 GB untuk membantu performanya. Tablet ini juga hadir dengan kamera yang mampu merekam video 1080p serta pilihan warna yang sangat unik seperti Royal Blue dan Vivid Pink.

advertisements
advertisements

Kelebihan: Android 4.2 Jelly Bean, slot Micro SD.

Kekurangan: Performa yang biasa-biasa saja.

Google Nexus 10

Google Nexus 10 usianya memang sudah menginjak satu tahun, namun tablet ini tetap menjadi idola berkat prosessor dual-core 1.7GHz Exynos 5250 serta layar Super PLS TFT 2560 x 1600 piksel yang dimilikinya. Kamera yang mampu merekam video 1080p, Android 4.4 KitKat, serta baterai 9000 mAh merupakan keunggulan lain yang membuat tablet buatan Samsung ini tampak sangat seksi. Karena ketiadaan slot MicroSD, maka sangat disarankan bagi Anda untuk membeli versi 32 GB.

Kelebihan: Android 4.4 KitKat, layar yang bagus, baterai tahan lama, dukungan update terbaik

Kekurangan: Tidak ada slot MicroSD

Microsoft Surface 2

Microsoft Surface 2 yang baru dirilis bulan Oktober kemarin hadir dengan prosessor quad-core 1.7GHz Tegra 4, layar full HD, serta slot MicroSD untuk menambah kapasitas memorinya. Terdapat juga aplikasi Microsoft Office yang sudah terinstal di dalam tablet ini sehingga dapat memantu produktivitas Anda. Sayangnya, tablet ini hanya menggunakan versi Windows RT sehingga hanya memiliki sedikit pilihan aplikasi jika dibandingkan Android dan iOS. Untuk baterainya, tablet ini mampu bertahan hingga lebih dari 9 jam.

Baca Juga: 10 PC Tablet Yang Memiliki Daya Tahan Baterai Terbaik

Kelebihan: Microsoft Office, slot MicroSD, built-in kickstand, dan konstruksi yang kokoh.

Kekurangan: Aplikasi terbatas dan tampilan yang kurang sempurna untuk layar sentuh.

Sony Xperia Tablet Z

Sony Xperia Tablet Z merupakan tablet 10 inch terbaik yang menawarkan desain paling cantik di antara tablet lainnya berkat desain dual-glass panel dan bodi super tipis 6.9 mm. untuk dapur pacunya, tablet ini dibesut oleh prosessor 1.5GHz Snapdragon processor, RAM sebesar 2 GB, dan GPU Adreno 320. Selian itu, tablet ini juga sudah dipastikan akan mendapat update Android 4.4 KitKat. Tablet ini dibekali baterai berkapasitas 6000 mAh yang mungkin kurang besar jika dibandingkan tablet lainnya di daftar ini.

advertisements

Kelebihan: Android 4.1.2 Jelly Bean, slot MicroSD, IR-port, NFC, desain cantik, serta anti air dan debu.

advertisements

Kekurangan: Kapasitas baterai kecil.

Asus Transformer Pad TF701T

Jika Anda sering mengetik, maka Asus Transformer Pad TF701T merupakan tablet yang tepat untuk Anda. Tablet ini hadir dengan layar 2560 x 1600 piksel yang sangat tajam, prosessor quad-core 1.9 GHz Tegra 4 yang tangguh, serta slot MicroSD. Walaupun saat ini tablet hybrid kurang begitu laku di pasaran, namun tablet ini tetap menjadi alternatif terbaik bagi pengguna yang sering mengetik dokumen dalam jumlah yang banyak.

Baca juga: Mengapa Laptop Tablet Hybrid Kurang Diminati?

Kelebihan: Slot MicroSD,keyboard dock, serta layar dan performa yang sangat baik.

Kekurangan: Lebih besar dan berat dibanding tablet lain yang seukuran

Samsung Galaxy Note 10.1 (2014 Edition)

Galaxy Note 10.1 terbaru ini membawa layar 2560 x 1600 piksel yang sangat tajam, RAM sebesar 3 GB, dan juga prosessor quad-core Snapdragon 800. Tablet ini juga menyediakan S-Pen stylus yang sangat berguna untuk berbagai kebutuhan. Selain itu, cover belakang yang bertekstur kulit seperti Note 3 juga membuat tablet ini tampil sangat cantik.

Baca Juga: Inilah Tablet Terbaru Samsung Galaxy Note 10.1 (2014 Edition)

Kelebihan: Performa yang sangat baik, IR-port, S-Pen stylus, dan slot MicroSD

Kekurangan: Harga yang mahal

Apple iPad Air

Jika harga tidak menjadi masalah, maka Apple iPad Air merupakan pilihan terbaik untuk Anda. Tablet ini hadir dengan prosessor 64-bit Apple A7 serta pilihan aplikasi dan game yang tidak terbatas di App Store. Layar tablet ini juga menggunakan aspek rasio 4:3 yang lebih nyaman untuk membaca buku dan browsing web ketimbang layar dengan aspek rasio 16:9. Sayangnya, tablet ini tidak menyediakan slot MicroSD.

Baca Juga: Inilah Daftar 5 Tablet Terbaik Tahun 2013

Kelebihan: Pilihan aplikasi dan game yang banyak, performa dan desain yang ciamik, serta lebih ringan dari para pesaingnya

Kekurangan: Tidak ada slot MicroSD

Lenovo Yoga 10

Lenovo Yoga 10 merupakan tablet 10 inch terbaik yang menawarkan konketivitas 3G dengan harga yang murah. Walaupun resolusi 1280 x 800 piksel pada layarnya cukup mengecewakan, namun performa prosessor quad-core 1.2GHz yang diusungnya mampu mengurangi kekecewaan tersebut. Selain itu tablet ini juga dilengkapi dengan built-in 3-stage kickstand, baterai 9000 mAh, slot MicroSD, serta speaker stereo Dolby Digital Plus. Untuk jaringan 3G-nya, tablet ini hanya mendukung jaringan 3G pada frekuensi HSDPA 900 / 2100.

Kelebihan: Android 4.2 Jelly Bean, harga murah, slot MicroSD, built-in kickstand, dan baterai yang besar.

Kekurangan: Layar yang buruk, jaringan 3G yang terbatas, dan tidak mendukung jaringan LTE.

Nokia Lumia 2520

Tablet 10 inch terbaik yang terakhir adalah Nokia Lumia 2520 yang merupakan tablet pertama buatan Nokia. Tablet yang diluncurkan pada bulan oktober ini dibekali dengan prosessor quad-core 2.2GHz Snapdragon 800, layar Full HD, dan konstruksi yang kokoh. Selain itu tablet ini juga sudah dilengkapi dengan Dolby headphone sound enhancement, USB 3.0, dan USB host. Sayangnya, tablet ini hanya menggunakan sistem operasi Windows 8.1 RT sehingga pilihan aplikasinya sangat terbatas.

Kelebihan: Microsoft Office, slot MicroSD, USB 3.0, NFC, dan performa yang mumpuni.

Kekurangan: Pilihan aplikasi terbatas.

Baca juga: Daftar Tablet 7 Inch Terbaik Akhir Tahun 2013, Daftar Tablet 8 Inch Terbaik Akhir Tahun 2013

Artikel Menarik Lainnya: