advertisements

Tablet 8 inch merupakan tablet dengan ukuran medium atau sedang. Ukurannya sangat pas, tidak terlalu besar seperti tablet 10 inch atau terlalu kecil seperti tablet 7 inch. Oleh karena itulah, tablet 8 inch selalu menjadi favorit bagi para pengguna gadget.

Saat ini hampir semua produsen gadget memiliki koleksi tablet 8 inch mereka sendiri, mulai dari yang murah hingga yang paling mahal. Lantas, apa saja tablet 8 inch terbaik yang layak untuk dibeli? Yuk, simak ulasan selengkapnya di sini!

Lenovo A8-50 A5500

advertisements

Kita mulai dengan tablet 8 inch dengan harga yang paling murah, yakni Lenovo A8-50 A5500. Tablet ini mengusung layar sentuh berteknologi IPS dengan resolusi 800 x 1280 piksel. Lenovo membekali tablet ini dengan memori internal berkapasitas 16 GB dan RAM 1 GB.

Kualitas hardware Lenovo A8-50 A550 tidak perlu diragukan lagi, karena tablet ini digawangi oleh prosesor yang lumayan, yakni MediaTek MT8382 dengan CPU Quad Core 1.3 GHz. Tablet yang digadang-gadang memiliki kualitas speaker stereo yang baik ini juga menyediakan kamera utama berukuran 5 MP dan kamera depan 2 MP. Harga yang dibandrol untuk tablet 8 inch terbaik ini adalah Rp 1.699.000.

Huawei Honor T1

Huawei Honor T1 tablet 8 inch terbaik

Setelah gagal dengan MediaPad X1, Huawei kembali menggagas sebuah tablet berukuran 8 inch yang spesifikasinya jauh lebih baik dan unggul. Huawei Honor T1 sudah dilengkapi dengan jaringan 3G. Di samping itu, Huawei pun menyertakan memori internal dengan kapasitas 16 GB.

Kamera utama Honor T1  berukuran 5 MP. Ada pula kamera VGA yang tertelak di bagian depan tablet ini. Sementara itu, sektor hardware Huawei Honor T1 diperkuat dengan keberadaan chipset Qualcomm MSM8212 Snapdragon 200, CPU Quad Core 1.2 GHz, dan GPU Adreno 302.

Asus Memo Pad 8

Asus Memo Pad 8

Tidak ada jaringan LTE maupun 3G yang mendukung Asus Memo Pad 8. Hanya konektivitas Wi-Fi saja yang mampu menghubungkan tablet ini ke internet. Di sektor memori, tablet ini menyediakan RAM 1 GB dan ROM 16 GB. Hardware tablet ini terbilang cukup mumpuni, meskipun clock speed-nya tergolong rendah untuk ukutan tablet mid-end.

Asus Memo Pad ditenagai oleh prosesor Intel Atom Z3745 Bay Trail dengan CPU Quad Core 1.33 GHz. GPU Intel Gen 7 Ivy Bridge menghasilkan tampilan grafis yang mengagumkan untuk Memo Pad 8 ini. Untuk keperluan mengambil foto, Anda dapat menggunakan kamera utama dengan resolusi 5 MP atau kamera sekunder 2 MP.

Asus Fonepad 8

Asus Fonepad 8

Kali ini, Asus menawarkan tablet berukuran 8 inch yang sudah disertai dengan jaringan 3G, yakni Fonepad 8. Asus menyediakan dua varian Fonepad 8 yang berbeda, yakni ROM 8 GB + RAM 1 GB dan ROM 16 GB + RAM 2 GB. Di sektor dapur pacu, tablet ini diisi dengan chipset Intel Atom Z3530, CPU Quad Core 1.33 GHz, dan GPU PowerVR Series 6.

Di lini fotografi, Fonepad 8 memberikan kamera depan 2 MP dan kamera belakang 5 MP. Overall, spesifikasi yang ditawarkan Fonepad 8 terbilang cukup baik. Harga Fonepad 8 ROM 8 GB adalah Rp 2.199.000, sedangkan untuk ROM 16 GB harganya Rp 2.799.000.

Dell Venue 8

advertisements

Tablet 8 inch berkualitas selanjutnya datang dari Dell. Venue 8 merupakan tablet 3G yang pernah dikeluarkan oleh Dell. Tablet ini menyediakan ukuran RAM yang besar, yakni 2 GB. Dell memberikan dua varian ROM pada seri Venue 8 ini, yaitu ROM 16 atau 32 GB.

Untuk keperluan mengambil foto, Anda dapat mengandalkan kamera utama berukuran 5 MP dan kamera selfie berukuran 2 MP. Secara keseluruhan, tablet yang menggunakan prosesor Intel Atom Z2580 CloverTrail+ dengan CPU Dual Core 2 GHz ini membawa spesifikasi yang cukup menarik.

Lenovo Tab S8

Mencari tablet 8 inch terbaik dengan harga murah dan sudah kompatibel di jaringan 4G LTE? Nampaknya Lenovo Tab S8 adalah tablet yang tepat untuk Anda. Tablet dari Lenovo ini diklaim memiliki prosesor yang cukup besar. Lenovo Tab S8 ditenagai oleh prosesor Intel Atom Z3745 dengan CPU Quad Core 1.86 GHz.

GPU Intel Gen 7 Ivy Bridge yang terdapat pada tablet ini menawarkan tampilan grafis yang baik. Keunggulan lain yang ditawarkan oleh tablet ini adalah kamera utamanya yang beresolusi 8 MP dan sudah dilengkapi dengan LED-Flash.

Nokia N1

Nokia N1

Sebagai vendor ponsel yang pernah populer di jamannya, Nokia tidak mau ketinggalan untuk merilis sebuah tablet Android Lollipop v5.0. Nokia N1 ini mengusung layar 7.9 inch dengan resolusi 1536 x 2048 piksel. Bahkan, layar ini sudah diproteksi dengan Corning Gorilla Glass 3.

Nokia membekali tablet ini dengan sektor memori yang sangat mengesankan, yakni ROM berkapasitas 32 GB dan RAM 2 GB. Hardware tablet ini juga diisi dengan komponen yang tangguh, seperti prosesor Intel Atom Z3580 dengan CPU Quad Core 2.3 GHz. Kamera utama beresolusi 8 MP dan kamera depan 5 MP juga menyertai tablet yang menawarkan spesifikasi yang begitu sempurna ini.

Nvidia Shield

Nvidia Tablet Shield

Bagi para gamer, Nvidia Shield ini merupakan tablet idaman yang mampu memenuhi kebutuhan gaming. Nvidia Shield adalah tablet 8 inch terbaik yang diprakarsai oleh prosesor Nvidia Tegra K1 dengan CPU Quad Core 2.2 GHz. RAM 2 GB juga menjamin tablet ini minim lag.

Tablet khusus game yang mengusung memori internal 16 GB ini juga mempunyai GPU ULP GeForce Kepler 192 cores yang kualitas grafisnya tidak perlu diragukan lagi. Tak hanya itu saja, Nvidia Shield pun memberikan kamera depan dan belakang dengan ukuran yang sama, yakni 5 MP.

Apple iPad Mini 2

Apple iPad Mini 2

Pesona Apple memang tidak pernah bisa ditolak. Walaupun spesifikasi yang diusung oleh handset dari Apple tidak terlalu “wah”, tetapi produk besutan Apple selalu diminati. Apple iPad Mini 2 merupakan tablet dengan layar LED-Backlit berukuran 7.9 inch.

Seperti biasa Apple selalu menyediakan banyak varian ROM, mulai dari 16, 32, 64, hingga 128 GB. iPad Mini 2 ditenagai oleh prosesor Apple A7 + M7 co-processor dengan CPU Dual Core 1.3 GHz. Sayangnya, kamera utama iPad ini hanya berukuran 5 MP, sedangkan kamera depannya 1.2 MP.

Sony Xperia Z3 Tablet Compact

Anda tentu setuju bila kami menobatkan Sony Xperia Z3 Tablet Compact sebagai tablet 8 inch terbaik di daftar ini. Tablet 4G LTE ini mengantongi sertifikasi tahan air dan debu. Xperia Z3 Tablet Compact diperkuat dengan adanya prosesor Qualcomm MSM8974-AC Snapdragon 801 dengan CPU Quad Core 2.5 GHz.

Tak tanggung-tanggung, Sony juga menambahkan memori internal 16 GB dan RAM 3 GB pada tablet ini. Tablet yang direncanakan segera mendapat upgrade Android Marshmallow v6.0 ini mengusung kamera utama berukuran 8.1 MP dan kamera depan 2.2 MP.

Dari sepuluh tablet 8 inch terbaik ini, manakah yang menarik hati Anda? Sepuluh tablet 8 inch ini cukup tangguh di berbagai sektor. Jadi, hampir semua tablet di atas ini sangat worth untuk dibeli. Namun jika Anda ingin tablet 8 inch yang lebih murah, maka Anda dapat melihat daftarnya di artikel ini.

Artikel Menarik Lainnya: