advertisements

Tahun 2013 merupakan salah satu tahun kejayaan dari sistem operasi Android. Di tahun 2013 kita melihat berbagai macam perkembangan teknologi mutakhir seperti layar dengan kualitas lebih baik, resolusi kamera yang lebih besar, smartphone dengan RAM 3 GB, serta smartphone yang mengusung prosesor 64-bit. Lantas teknologi Android apa lagi yang akan muncul di tahun 2014?

teknologi Android

Wearables

Salah satu yang paling ditunggu di tahun 2014 adalah perangkat wearable alias perangkat yang bisa dipakai. Selain Google Glass yang memang sudah banyak menarik perhatian sejak setahun yang lalu, smartwatch juga akan semakin canggih di tahun 2014 ini. Perangkat lainnya seperti gelang Android untuk keperluan fitness juga akan banyak diproduksi di tahun ini.

Resolusi layar semakin besar

advertisements

Seperti yang pernah diulas di artikel sebelumnya, tahun 2014 akan menjadi batu loncatan menuju resolusi 4K. Ya, di tahun ini akan banyak smartphone yang mngusung layar 2K dengan kerapatan piksel mencapai 500 ppi. Teknologi Android lainnya yang akan hadir tentunya adalah perangkat dengan RAM sebesar 4 GB.

Baca juga: Inilah Berbagai Perkembangan Teknologi Yang Akan Hadir Pada 2014

Kualitas kamera lebih baik

Semakin hari semakin banyak smartphone yang dapat menggantikan peran kamera digital. Hal tersebut terbukti dari banyaknya cameraphone terbaik di tahun 2013 kemarin. Tidak hanya angka megapiksel-nya saja yang akan bertambah, namun juga beberapa fitur lain akan semakin banyak diimplementasikan seperti informasi sensor, focal lengths, dan aperture. Selain itu, dukungan RAW data, on screen HDR preview, dual LED flash, dan Optical Image Stabilization akan menjadi standar kamera di smartphone Android tahun 2014.

Lebih banyak versi LTE

Dengan semakin berkembangnya jaringan 4G LTE, maka akan semakin banyak pula smartphone yang mendukung jaringan ini. Jika sebelumnya hanya smartphone kelas atas saja yang mendukungnya, maka pada tahun 2014 ini teknologi LTE akan mulai merambah smartphone kelas menengah ke bawah. Selain itu, smartphone LTE yang masuk kawasan Indonesia juga akan semakin banyak karena beberapa daerah seperti Bali dan Jakarta sudah memiliki jaringan tersebut.

Prosesor 64-bit

Semenjak Apple meluncurkan iPhone 5s dengan prosesor 64-bit, berbagai produsen smartphone mulai berlomba-lomba untuk mengikuti jejaknya. Salah satunya adalah Samsung yang berencana untuk mengimplementasikan prosesor 64-bit buatannya sendiri selain prosesor 64-bit yang dibuat oleh Qualcomm. Kombinasi prosesor 64-bit dengan RAM sebesar 4 GB nampaknya akan menjadi teknologi Android standar di tahun 2014.

Sensor sidik jari dan retina mata

Di tahun 2013 kita sudah melihat sensor sidik jari yang digunakan pada perangkat iPhone 5s dan juga HTC One Max. Di tahun 2014 ini akan semakin banyak smartphone yang mengusung sistem keamanan tersebut. Bahkan bukan tidak mungkin Samsung akan mengimplementasikannya pada Galaxy S5.

Baca juga: Daftar Spesifikasi Yang Mungkin Akan Hadir Pada Samsung Galaxy S5

Wireless charging

Teknologi Android lain yang akan banyak berkembang pada tahun 2014 adalah wireless charging. Fitur ini sebelumnya sudah digunakan pada perangkat Nexus, Nokia Lumia, Samsung Galaxy S4, dan lainnya. Di tahun 2014 ini diyakini akan semakin banyak smartphone yang mengusungnya karena fitur ini menawarkan efisiensi yang sangat tinggi.

Smartphone flagship baru

Setiap pergantian tahun, maka setiap produsen smartphone Android pasti akan mengeluarkan smartphone andalan alias flagship terbarunya. Tahun ini, beberapa smartphone yang akan banyak menarik perhatian adalah Samsung Galaxy S5, Galaxy Note 4, HTC One 2, Xperia Z2, the LG G3, Galaxy Note Pro, dan lainnya.

Baca juga: Inilah Berbagai Smartphone Terbaik Yang Akan Hadir Di Tahun 2014

Smartphone Android murah berkualitas

advertisements

Selain mengeluarkan smartphone papan atas, para produsen juga akan lebih banyak mengeluarkan smartphone murah yang berkualitas. Selama ini smartphone murah banyak didominasi oleh produk-produk Cina. Namun kehadiran Motorola Moto G seakan membuktikan bahwa produsen raksasa dunia juga bisa mengeluarkan smartphone murah yang tidak murahan. Dengan semakin banyaknya smartphone murah, maka semakin banyak pula  orang yang bisa merasakan kecanggihan teknologi Android paling mutakhir.

Artikel Menarik Lainnya: