advertisements

Tidak memiliki kamera DSLR atau action camera bukan penghalang bagi Anda untuk dapat memotret dan mendapatkan hasil foto yang bagus. Dewasa ini, sudah banyak smartphone yang dilengkapi dengan kamera yang berkualitas dan mampu menghasilkan foto yang tidak kalah dengan kamera digital maupun DSLR. Anda hanya perlu melakukan beberapa trik agar hasil foto dari kamera Android tampak semakin baik.

Tak perlu berkecil hati bila Anda tidak memiliki kamera digital atau DSLR. Pasalnya, Carisinyal akan memberi tips memotret dengan kamera Android untuk menghasilkan foto yang sempurna. Bahkan, Anda juga bisa mengunggah hasil foto tersebut langsung ke media sosial dari ponsel pintar Anda.

Bersihkan Lensa Kamera Android

advertisements

Tanpa Anda sadari terkadang tangan yang berkeringat menyentuh lensa kamera utama smartphone Anda. Nah, tahukah Anda bahwa minyak atau keringat di tangan dapat meninggalkan noda tipis di lensa Anda? Tips memotret dengan kamera Android yang pertama menyarankan Anda untuk membersihkan lensa kamera ponsel Android Anda terlebih dahulu sebelum digunakan.

Bersihkan lensa dengan tisu atau pakaian Anda. Pasalnya, jika tidak dibersihkan maka hasil foto akan tampak kabur karena tertutup minyak atau debu. Membersihkan lensa adalah salah satu bagian dari cara merawat kamera di ponsel Anda.

Manfaatkan Fitur Touch-to-Capture dan Volume Shutter

Manfaatkan Fitur Touch-to-Capture dan Volume Shutter Tips Memotret dengan Kamera Android

Ketika sibuk mengambil foto selfie, Anda mungkin merasa sedikit kerepotan ketika harus menekan tombol khusus. Oleh karena itu, manfaatkan fitur touch-to-capture karena dengan fitur ini Anda bisa mengambil foto selfie ketika menyentuh semua bagian layar smartphone.

Selain fitur ini, ada pula smartphone yang dibekali dengan kemampuan mengubah tombol volume menjadi shutter. Jadi, ketika ingin memotret selfie Anda hanya perlu menekan tombol volume di ponsel Anda. Fitur-fitur ini tentunya akan memberi kemudahan bagi Anda untuk selfie. Pasalnya, jika Anda kesulitan menekan tombol shutter yang asli, maka risiko ponsel Anda jatuh juga lebih besar.

Jangan Lewatkan Memotret dengan Quick Launch

Jangan Lewatkan Memotret dengan Quick Launch

Pernahkah Anda mengalami situasi di mana Anda harus memotret objek yang lewat dengan cepat, tetapi Anda masih sibuk mencari-cari menu kamera di ponsel? Untuk mengatasi masalah ini, fitur Quick Launch diciptakan di hampir sebagian smartphone. Quick Launch adalah jalan pintas untuk membuka suatu aplikasi, termasuk menu kamera.

Di beberapa ponsel Samsung, Quick Launch untuk membuka kamera adalah double-tap di tombol home. Sementara di, Asus Zenfone Selfie Anda bisa langsung menggambar huruf ‘S’ meskipun layar ponsel dalam keadaan mati. Manfaatkan Quick Launch di ponsel Anda untuk membuka kamera dengan lebih cepat.

Bidik Melalui Lanskap

Bidik Melalui Lanskap

Mungkin Anda sudah terbiasa dengan format 16:9 saat pengambil gambar melalui kamera ponsel. Namun, pernahkah Anda memperhatikan bahwa hasil foto nampak biasa saja dan tidak terkesan spesial? Di tips memotret dengan kamera Android kali ini, Carisinyal ingin mengajak Anda untuk membidik gambar secara lanskap.

Beberapa objek mungkin tampak menarik dalam bidikan potret. Akan tetapi, sesekali Anda bisa membidik foto objek tersebut dalam lanskap, jarak jauh. Yuk, coba memotret secara lanskap dengan menggunakan kamera ponsel cerdas!

Hindari Penggunaan Lampu Kilat

advertisements

Di hampir sebagian besar ponsel pintar memang terdapat lampu kilat (flash). Namun, cobalah untuk tidak terlalu sering memanfaatkan flash. Bahkan, di kamera sekaliber DSLR saja lampu kilat hanya digunakan dalam keadaan terdesak saja. Pasalnya, setiap foto pasti akan nampak lebih baik dengan cahaya yang lebih alami. Mungkin keberadaan flash bisa menjadi penolong ketika kita hendak memotret objek dalam kondisi gelap.

Akan tetapi, ketahuilah karena letak lensa dan flash sangat berdekatan, maka hal tersebut bisa menciptakan efek yang buruk pada hasil foto. Jika cahaya alami tidak cukup mencerahkan hasil foto Anda, tingkatkan nilai eksposur (EV) dan ISO pada kamera ponsel. Namun, ingatlah bahwa peningkatan ISO dapat menimbulkan banyak noise pada hasil foto.

Jangan Gunakan Digital Zoom

Sudah menjadi rahasia umum jika fitur digital zoom di kamera ponsel sebenarnya justru memperburuk hasil foto. Kecuali kamera ponsel Anda memiliki optical zoom, di mana lensa kamera akan nampak menjorok keluar dari perangkat Anda, seperti Samsung Galaxy K Zoom.

Pasalnya, penggunaan digital zoom hanya akan mempersempit pilihan editing untuk hasil foto. Sebaiknya, foto dengan jarak umum saja, tanpa perlu di zoom in, lalu crop pada bagian objek foto yang ingin diperbesar.

Aturan Pertiga

Aturan Pertiga

Aturan pertiga adalah trik sederhana di dalam dunia fotografi, tetapi hal ini sangat menarik untuk membuat hasil foto terlihat lebih hebat. Dalam aturan pertiga ini posisi objek harus ditempatkan secara sejajar pada jalur horizontal atau vertikal. Dengan kata lain, mata kita akan tertarik pada gambar yang terbagi tiga, dimana subjek berada di pusat foto tersebut.

Untuk menghasilkan foto seperti ini, gunakan grid dua horizontal dan vertikal saat mengambil foto dengan ponsel. Subjek foto harus ada di salah satu dari empat persimpangan garis-garis ini secara teoritis.

Gunakan Mode HDR

Gunakan Mode HDR

HDR adalah mode yang terdapat di sebagian besar kamera ponsel Android dan fungsinya adalah untuk mengambil foto objek stasioner. Mode High Dynamic Range (HDR) memastikan bahwa pencahayaan dan bayangan dalam foto diekspos secara merata.

Mode HDR ini sangat bermanfaat untuk foto dengan kontras tinggi. Di dalam tips memotret dengan kamera Android ini, mode HDR membutuhkan dua atau lebih gambar dari berbagai eksposur secara bersamaan. Anda bisa menggabungkan dua foto terbaik dalam satu foto.

Gunakan Filter Post-Processing

Gunakan Filter Post-Processing

Banyak orang yang menganggap sepele pada filter yang sebetulnya bisa mempercantik hasil foto. Namun, bagi Anda yang ingin menekuni fotografi serius dengan bermodalkan kamera ponsel Android, maka Anda bisa memanfaatkan semua filter yang tersedia, mulai dari retro, hitam-putih, sephia, dan masih banyak lagi.

Sebagian besar smartphone modern saat ini sudah dilengkapi dengan berbagai filter yang bisa membuat hasil foto jadi lebih berkarakter. Akan tetapi, bila Anda kurang cocok dengan filter bawaan kamera ponsel,  cobalah untuk mengunduh Pixlr di smartphone Anda.

Trik Reflektif Kacamata Hitam

Trik Reflektif Kacamata Hitam

Jika Anda memiliki kacamata dengan lapisan reflektif pada lensa kacanya, manfaatkan ini untuk menangkap perspektif pada hasil foto Anda. Sumber cahaya harus selalu tercermin dari lensa untuk membantu Anda menangkap lebih banyak adegan dalam sudut pandang Anda.

Percayalah, sebuah refleksi dalam lensa kacamata hitam akan menciptakan hasil foto dengan perspektif yang keren. Berani mencoba trip reflektif kacamata ini dengan kamera ponsel Anda?

Inilah 10 tips memotret dengan kamera Android dari Carisinyal. Mulai saat ini, manfaatkan kamera ponsel Anda untuk menghasilkan foto yang lebih baik. Ingat, tidak punya kamera digital, DSLR, atau action camera tidak lantas membuat Anda tidak dapat menghasilkan foto yang bagus. Yuk, ambil smartphone Android Anda dan segera ikuti tips dari Carisinyal di atas.

Artikel Menarik Lainnya: