advertisements

Jika berbicara mengenai sistem operasi mobile, maka kita akan langsung merujuk kepada iOS, Android, Windows Phone, dan BlackBerry. Namun sebentar lagi persaingan tampaknya akan bertambah dengan kehadiran Tizen OS. Ya, sistem operasi yang sudah mulai dikembangkan sejak tahun 2012 ini akan segera hadir ke pasaran melalui smartphone flagship buatan Samsung. Bahkan banyak yang mengatakan jika sistem operasi ini akan menjadi pesaing serius dari Android.

Penasaran mengenai sistem operasi ini? berikut Carisinyal akan mengulas 10 hal menarik yang wajib diketahui dari Tizen OS.

tizen os

Berbasis Linux

Tizen OS merupakan sistem operasi open source berbasis kernel Linux dan runtime WebKit. Artinya, para pengguna bisa mendapatkan source code dari sistem operasi ini layaknya sistem operasi Android, Firefox OS, dan Ubuntu.

Didukung Intel dan Samsung

advertisements

Tizen OS adalah sistem operasi yang didukung oleh Intel dan Samsung setelah keduanya memutuskan untuk menghentikan proyek MeeGo dan LiMo. Banyak yang menganggap jika Tizen ini merupakan rebranding dari MeeGo, namun para pengembangnya menyatakan jika sistem opersi ini adalah kombinasi dari MeeGo dan LiMo.

Siap Dirilis Akhir 2013

Walaupun belum diumumkan secara resmi, namun Tizen OS kemungkinan akan dirilis pada akhir tahun 2013 atau awal tahun 2014 nanti. Hal ini didukung dengan munculnya gambar bocoran Tizen 2.1 yang berjalan pada sebuah smartphone Samsung berlabel GT-i8800. Sistem operasi ini sendiri akan menghadirkan berbagai macam fitur yang biasa terdapat pada smartphone jaman sekarang ini seperti 3D window effects, location-based services, dan lainnya.

Alternatif Android

Bukan rahasia lagi jika smartphone Android buatan Samsung sukses besar di pasaran. Namun Samsung tampaknya kurang menyukai dominasi Google dan ingin lebih kreatif lagi dengan smartphone buatannya sendiri. Oleh karena itu bukan tidak mungkin jika beberapa tahun ke depan smartphone flagship seperti Galaxy S4 akan mengusung sistem operasi ini.

Aplikasi

Aplikasi merupakan salah satu faktor kesuksesan sistem operasi yang ada saat ini. Oleh karena itu, Samsung dan Intel sudah mengeluarkan lebih dari 4 juta dollar untuk para pengembang agar membuat aplikasi untuk sistem operasi ini.

Dukungan HTML 5

Tizen mendorong para pengembangnya untuk membuat aplikasi berbasis HTML 5. Dengan HTML 5, para pengguna dapat menikmati pengalaman menjelajah internet secara sempurna, seperti menonton video dan memutar musik tanpa memerlukan berbagai macam plugin. Android dan iOS sendiri menggunakan Java dan Objective-C sebagai bahasa pemrograman utamanya.

Tampilan Mirip Android

Sama seperti Android, Tizen OS juga menghadirkan beberapa komponen inti seperti home screen, notification panel, dan lock screen. Secara sekilas memang mirip dengan Android, namun terdapat banyak perbedaan yang akan membuat para penggunanya merasa lebih nyaman.

Multi-Window dan Floating Browsers

Tizen OS akan hadir dengan fitur multi-window yang mirip seperti fitur Q Slide yang ada pada smartphone terbaru buatan LG. Selain itu, sistem operasi ini juga membenamkan fitur floating browser di dalamnya.

Basic Gestures

Sistem operasi Tizen juga dibuat untuk mendukung berbagai macam gestur sentuh seperti tap, swipe, dan flick. Sama seperti perangkat berbasis sentuh lainnya, fungsi tap akan memilih item, long tap akan memunculkan opsi menu tambahan, mencubit untuk zoom, dan masih banyak lagi.

Tidak Hanya Untuk Smartphones

Tizen OS mungkin banyak dikaitkan dengan alternati smartphone Android Samsung, namun sebenarnya sistem operasi ini tidak hanya dibuat untuk smartphone saja. Pasalnya, sistem operasi ini juga dapat digunakan untuk berbagai macam perangkat elektonik lain, termasuk Smart TV. Hal ini tidak mengherankan mengingat Samsung merupakan salah satu produsen smart TV terbesar di dunia.

Artikel Menarik Lainnya: