advertisements

Saat ini sudah terdapat banyak smartphone Android yang memiliki fitur bernama USB On the Go atau yang biasa disingkat USB OTG. Secara sederhananya, fitur ini dapat menjadikan perangkat Android Anda sebagai USB host sehingga Anda dapat menghubungkannya dengan perangkat semacam USB fash disk secara langsung. Sebenarnya masih banyak manfaat lain yang ditawarkan oleh USB OTG ini, berikut Carisinyal akan membahasnya secara lengkap untuk Anda.

usb otg

Apa Itu OTG?

Seperti disebutkan di atas, OTG merupakan singkatan dari “On the Go”. Anda bisa melakukan berbagai macam hal jika memiliki dua buah perangkat yang mendukung fitur ini. Salah satu yang paling umum adalah ketika Anda menghubungkan flash disk ke PC sehingga Anda dapat mengirim berbagai macam data di antara dua perangkat tersebut.

advertisements

Kini berbagai macam perangkat sudah mendukung fitur USB OTG ini seperti smartphone, tablet kamera digital, printer, dan lainnya. Dengan begitu, Anda kini dapat dengan mudah mengirim foto langsung dari kamera ke printer, menghubungkan keyboard ke tablet, atau pun menghubungkan USB flash disk ke smartphone.

Bagaimana Cara Menggunakan USB OTG Pada Smartphone?

Penggunaan USB OTG sangat bervariasi tergantung dari kompabilitas perangkat kerasnya. Untuk smartphone dan tablet, fitur ini dapat digunakan untuk menghubungkan keyboard, mouse, hard drive, serta USB flash disk. Namun karena perangkat tersebut menggunakan port MicroUSB, maka Anda tentunya harus membeli kabel OTG terlebih dahulu. Atau jika ingin lebih mudah, Anda bisa membeli USB flash disk 2-in-1 buatan Sony yang baru-baru ini diluncurkan.

Selain untuk flash disk, perangkat yang lebih besar seperti hard disk juga biasanya bisa digunakan melalui fitur ini. Dengan begitu Anda dapat menonton video atau file multimedia lain yang berukuran besar tanpa perlu menyimpannya di dalam memori smartphone. Untuk melakukan manajemen file yang terdapat di flash disk ataupun hard disk Anda biasanya harus menginstal aplikasi file manager terlebih dahulu, seperti USB Host Controller atau Total Commander.

Selain untuk urusan manajemen file, fitur USB OTG ini juga dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa aksesoris seperti mouse dan keyboard. Tentu saja hanya mouse atau keyboard standar saja yang bisa terhubung karena kebanyakan mouse atau keyboard canggih untuk gaming biasanya tidak berfungsi secara maksimal. Penggunaan mouse atau keyboard biasanya sangat berguna bagi pemilik tablet yang ingin mengetik dokumen dalam jumlah yang banyak.

Artikel Menarik Lainnya: