advertisements

Inovasi di bidang teknologi dan komputer semakin hari semakin berkembang pesat. Salah satu yang tak luput dari perkembangan itu adalah video card, baik itu video card laptop maupun PC. Perangkat yang sering disebut sebagai VGA card itu hadir dengan berbagai macam fitur terbaru yang akan semakin memanjakan para penggunanya. Kali ini Carisinyal akan mengulas 4 buah fitur terbaru dari dua produsen video card terbesar di dunia yaitu AMD dan Nvidia.

video card

AMD Mantle API

Mantle merupakan fitur revolusioner dari AMD yang diyakini akan mengubah cara sebuah game berkomunikasi dengan video card di masa mendatang. Saat ini kebanyakan game menggunakan DirectX atau Open GL, yaitu sebuah API yang dirancang untuk membantu para pengembang untuk membuat game dengan grafik 3D yang impresif. Kedua API tersebut sudah meraih banyak kesuksesan, namun AMD menganggap kejayaan mereka sudah habis dan harus diganti dengan alternatif yang lebih modern.

advertisements

Oleh karena itu AMD meluncurkan Mantle API sebagai alternatifnya. Dengan Mantle ini, maka performa dari sebuah VGA card akan meningkat sehingga mampu menyuguhkan game berkualitas tinggi. Untuk debutnya, AMD bekerjasama dengan DICE untuk memberikan dukungan Mantle kepada game Battlefield 4.

Layak ditunggu apakah terobosan AMD ini akan meraih kesuksesan di debutnya atau tidak. Jika sukses, bukan tidak mungkin AMD Radeon akan dengan mudah menyingkirkan Nvidia GeForce sebagai rivalnya. Namun jika tidak, maka fitur terbaru ini kemungkinan akan segera ditinggalkan oleh para pengembang game.

Shadowplay

Jika AMD hanya menghadirkan satu fitur saja, maka Nvidia meluncurkan tiga fitur baru sekaligus. Yang pertama adalah fitur Shadowplay yang dapat Anda gunakan untuk merekam permainan game Anda selama 10 hingga 20 menit dan menyimpannya di hard drive. Untuk merekamnya, Anda juga hanya tinggal menekan tombol Alt + F10 saja. Sayangnya, fitur hanya hadir di seri GTX 600 dan GTX 700 saja sehingga Anda tidak bisa menikmati fitur ini jika memiliki video card lama.

Gamestream

Fitur kedua yang diluncurkan Nvidia adalah Gamestream. Seperti nama yang diusungnya, fitur ini dapat digunakan untuk melakukan streaming game dari perangkat komputer ke perangkat lainnya. Saat ini fitur ini baru bisa berjalan dengan konsol game Nvidia Shield. Artinya kini Anda bisa memainkan berbagai macam game PC sambil tiduran di kasur dengan menggunakan konsol Nvidia Shield tersebut.

Sayangnya, harga konsol buatan Nvidia tersebut saat ini dapat dibilang cukup mahal. Namun beberapa perusahaan tampaknya sudah mulai berencana untuk mengimplementasikan fitur ini pada perangkat lain seperti TV dan lainnya. Fitur ini sendiri saat ini baru bisa digunakan pada video card GTX 650 ke atas.

G-Sync

Fitur terakhir yang dihadirkan oleh Nvidia adalah G-Sync. Fitur ini akan memecahkan masalah refresh rate pada monitor dan framerate pada game yang tidak sesuai sehingga sering menimbulkan efek tearing pada monitor. Sebenarnya saat ini sudah ada fitur V-Sync yang bisa mengatasi masalah tearing dengan cara membatasi framerate agar sesuai dengan refresh rate monitor. Akan tetapi hal tersebut terkadang menimbulkan masalah lag pada tampilannya.

Oleh karena itu, fitur G-Sync ini akan membuat refresh rate pada monitor menjadi bervariasi sesuai dengan apa yang diperintahkan oleh video card. Dengan fitur ini maka hampir semua masalah yang sering terjadi saat ini akan terselesaikan. Sayangnya fitur ini hanya bisa digunakan pada monitor tertentu saja sehingga para gamer kemungkinan besar tidak akan mau mengganti monitornya hanya untuk bisa mencoba fitur ini.

Artikel Menarik Lainnya: