advertisements

Seri Redmi tampaknya benar-benar menjadi primadona bagi Xiaomi di pasar kelas menengah ke bawah. Dalam dua tahun ke belakang ini seri tersebut cukup laris di pasaran. Kini, Xiaomi kembali merilis smartphone terbarunya yang diberi label Xiaomi Redmi 2 prime.

Xiaomi Redmi 2 Prime adalah versi terbaru dari pendahulunya, Redmi 2. Jangan heran jika kedua smartphone ini memiliki beberapa persamaan karena Redmi 2 prime memang dibuat berdasarkan smartphone pendahulunya tersebut..

advertisements

Meskipun di beberapa sektor kedua smartphone ini memiliki kesamaan, tetapi spesifikasi Redmi 2 Prime tentu lebih unggul dibanding pendahulunya. Penasaran seperti apa spesifikasi dan perbedaan dari seri pendahulunya tersebut? Langsung saja simak review Xiaomi Redmi 2 Prime dari Carisinyal ini, yuk!

Spesifikasi

  • Layar: IPS LCD 4.7 inch, 720 x 1280 pixels (312 ppi)
  • Memori internal: 16 GB, 2 GB RAM
  • Memori eksternal: MicroSD, hingga 32 GB
  • Chipset: Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 “64-bit”
  • CPU: Quad Core 1.2 GHz, Cortex-A53
  • GPU: Adreno 306
  • Sistem Operasi: Android OS v4.4.4 (KitKat)
  • Kamera utama: 8 MP, 3264 x 2448 pixels
  • Fitur kamera: LED flash, OmniVision sensor, BSI sensor, 5-element lens, Aperture F/2.2, geo-tagging, touch focus, auto focus, digital zoom, face/smile detection, real-time HDR mode, ISO setting, scene detection, exposure compensation, white balance setting, 10 second continuous shooting, real-time filters
  • Kamera depan: 2 MP, video record 720p@30fps
  • Baterai: Li-Polimer 2200 mAh

Desain

Dari segi desain, Xiaomi Redmi 2 Prime nampak serupa dengan Redmi 2. Smartphone ini memiliki panjang 134 mm, lebar 67.2 mm, dan tebal 9.4 mm. Seperti Redmi 2, ponsel ini juga terbilang ringan karena hanya memiliki bobot 133 gram.

review xiaomi redmi 2 prime

Smartphone yang baru saja dirilis Agustus 2015 lalu ini tersedia dalam pilihan warna hitam, putih, pink, kuning, dan hijau. Belum diketahui apakah semua varian warna tersebut akan masuk ke Indonesia atau tidak.

Layar

Masih sama dengan versi pendahulunya, Redmi 2 Prime mengusung layar berukuran 4.7 inch yang berteknologi IPS dengan 16 juta warna. Untuk resolusi layarnya sendiri cukup bagus, yakni 720 x 1280 piksel dengan tingkat kerapatan layar 312 ppi.

Smartphone ini juga sudah dibekali dengan fitur interface MIUI 6 yang membuat tampilan layarnya semakin menarik. Di samping itu, layar Redmi 2 Prime dilindungi oleh Dragon Trail Glass. Proteksi ini mencegah kerusakan pada layar smartphone akibat gesekan dan goresan.

Prosesor

kelebihan dan kekurangan xiaomi redmi 2 prime

Untuk urusan dapur pacunya, Redmi 2 Prime ditenagai oleh prosesor Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 berkomputasi 64-bit dengan CPU Quad Core 1.2 GHz Cortex-A53. Secara keseluruhan, prosesor ini cukup tangguh dan biasanya digunakan pada smartphone kelas menengah ke bawah.

Soal tampilan grafis, Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya, Redmi 2 Prime dibekali dengan kartu grafis dari Adreno 306. Inilah yang menarik dari Redmi 2 Prime, karena sebagian besar smartphone low-end tidak memiliki GPU dengan kualitas yang mumpuni. Oleh karena itu, tampilan visual grafis yang ditawarkan smartphone ini sama sekali tidak mengecewakan.

Memori

Dalam review Xiaomi Redmi 2 Prime, Carisinyal tentu akan mengajak Anda membahas kapasitas memori smartphone ini. Sektor ini mengalami peningkatan dari Redmi 2 yang hanya mengandalkan memori internal 8 GB dan RAM 1 GB.

Untuk kapasitas memori internal yang ditawarkan smartphone ini cukup standar, yakni 16 GB. Dengan kapasitas sebesar 16 GB, Anda bisa menyimpan berbagai aplikasi favorit. Sementara itu, terdapat pula slot microSD untuk menggunakan memori eksternal hingga 32 GB.

advertisements

Nah, untuk ukuran RAM, Xiaomi membekali Redmi 2 Prime dengan RAM sebesar 2 GB. Hal ini cukup menarik, mengingat RAM berukuran 2 GB ini akan sanggup mengimbangi performa dapur pacu Redmi 2 Prime yang cukup mumpuni.

Kamera

Kamera adalah salah satu elemen penting pada sebuah smartphone. Semakin baik kualitas kamera, maka semakin puas pengguna smartphone tersebut. Xiaomi Redmi 2 Prime memiliki kamera belakang dengan resolusi 8 MP.

Selain dilengkapi dengan LED Flash, kamera tersebut juga memiliki beberapa fitur, seperti OmniVision sensor, BSI sensor, 5 elemen lensa, Aperture F/2.2, geo-tagging, autofocus, touch focus, digital zoom, face/smile detection, ISO setting, scene detection, exposure compensation, white balace setting, 10 second continuous shotting, dan real time filters.

Wah, fitur kamera dari Xiaomi Redmi 2 Prime cukup lengkap, ya! Namun, Anda jangan berpuas hati dulu, karena smartphone ini juga menawarkan kamera selfie dengan resolusi yang cukup baik, yakni 2 MP. Kamera ponsel cerdas ini juga mampu merekam video dengan resolusi 1080p pada 30fps.

Konektivitas

Jika pendahulunya, Redmi 2, sudah kompatibel dengan jaringan 4G LTE, maka Redmi 2 Prime juga sudah bisa digunakan pada jaringan tersebut. Ponsel Dual SIM (GSM-GSM) ini dapat digunakan pada jaringan 4G LTE untuk mengunduh data dengan kecepatan hingga 150 Mbsp dan upload hingga 50 Mbps.

Akan tetapi, jika provider dan wilayah Anda belum ter-cover dengan jaringan 4G LTE, maka Anda bisa sabar menunggu sembari menggunakan Redmi 2 Prime di jaringan 2G dan 3G. Konektivitas lainnya yang ditawarkan smartphone ini adalah Wi-Fi. Untuk berkirim data antar perangkat, manfaatkan saja Bluetooth v4.0 dan microUSB v2.0 yang terdapat pada Redmi 2 Prime.

Baterai

Redmi 2 Prime menggunakan baterai yang sejenis dengan beberapa smartphone dari LG dan Sony. Xiaomi menyematkan baterai Li-Polimer 2200 mAh. Sebagian besar orang beranggapan kapasitas baterai ini tidak begitu besar.

Namun, baterai ini mampu memberi daya pada Redmi 2 Prime jika Anda menggunakannya dengan normal. Akan tetapi, jika Anda menggunakan smartphone ini secara intensif, maka Carisinyal menyarankan Anda untuk selalu sedia power bank.

Fitur

Amat disayangkan, smartphone ini masih menggunakan sistem operasi Android KitKat v4.4.4, mengingat banyak smartphone low-end dari kompetitor lainnya sudah mengusung OS Android Lollipop.

Fitur yang ditawarkan oleh smartphone ini antara lain adalah Radio FM dan RDS. Fitur penunjuk arah yang dimiliki Redmi 2 Prime cukup lengkap. Anda bisa menggunakan GPS built-in, A-GPS, GLONASS, dan BeiDou.

Harga

Membahas soal harga adalah hal yang paling ditunggu-tunggu oleh pembaca Carisinyal, bukan? Jika Redmi 2 dipasarkan dengan harga 1,6 juta rupiah pada saat dirilis, maka Redmi 2 Prime dipasarkan dengan harga yang sedikit lebih mahal. Smartphone ini dibandrol dengan harga 1,8 juta rupiah.

Kesimpulan dari review Xiaomi Redmi 2 Prime, ini merupakan smartphone sejuta umat yang cukup terjangkau. Dengan harga yang bersahabat tersebut, Anda sudah bisa membawa pulang sebuah smartphone 4G LTE dengan spesifikasi yang lumayan baik untuk ukuran ponsel low-end.

Kelebihan Xiaomi Redmi 2 Prime:
– Mendukung jaringan 4G LTE
– RAM 2GB

Kekurangan Xiaomi Redmi 2 Prime:
– Masih menggunakan OS Android 4.4 KitKat
– Tidak ada earphone pada paket penjualannya

Artikel Menarik Lainnya: