carisinyal web banner retina

Yuk, Ketahui 10 Kelebihan dan kekurangan Apple iPad Pro 11 (2022)

Ditulis oleh Adam Duta Dwiguna

Apple kembali meluncurkan produk iPad generasi terbarunya pada Oktober 2022 yaitu Apple iPad Pro 2022. Pada perilisannya kali ini, Apple merilis dua versi untuk iPad Pro terbarunya yaitu iPad Pro berukuran layar 11 inci dan iPad Pro yang memiliki ukuran sedikit lebih lebar dengan 12,9 inci.

Di antara kedua versi iPad Pro tersebut terdapat sedikit perbedaan terutama pada kemampuan layarnya. Meskipun memiliki ukuran layar yang lebih kecil, nyatanya iPad Pro versi 11 inci tetap memiliki kemampuan yang luar biasa dan tidak kalah jauh dari versi 12,9 inci.

Tidak hanya itu, iPad Pro 2022 ini memiliki performa yang sangat tangguh berkat chipset M2 yang disematkannya. Sebagai tablet, iPad Pro 2022 juga sangat cocok untuk para pengguna dengan segudang kreativitas, sebab tablet ini akan menunjang ide-ide kreatif Anda mulai dari mendesain, menggambar, mengedit, dan sebagainya.

Untuk pembahasan soal iPad Pro tipe layar 12,9 inci, bisa disimak pada artikel "Kelebihan dan Kekurangan iPad Pro 12,9 2022". Pada kesempatan kali ini, yang bakal dibahas adalah iPad Pro 11 (2022).

Nah, pertanyaannya, apa saja keunggulan yang dimiliki oleh iPad Pro 11 (2022) atau versi 11 inci ini? Adakah hal yang mesti diperhatikan dari tablet ini? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, kami sudah merangkum poin-poinnya ke dalam tabel di bawah ini.

KelebihanKekurangan
Desain lebih kekinian
Chipset Apple M2
Daya tahan baterai panjang
Sistem iPadOS 16 kaya fitur
Aksesori yang lebih lengkap
Aksesori Pencil lebih mudah
Kamera 12 MP untuk cinematic mode
Layar minim perubahan
Memori penyimpanan kurang maksimal
Tidak ada headphone jack

Jika Anda masih penasaran mengenai iPad Pro 2022 ini, tidak perlu khawatir. Sebab, artikel ini akan menjelaskan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh iPad Pro 2022 versi 11 inci ini. Sebelum ke penjelasannya, silakan simak spesifikasi terlebih dahulu berikut ini.

Spesifikasi iPad Pro 11 (2022)

Apple iPad Pro 11 (2022)
Layar Liquid Retina IPS LCD 11 inci
Chipset Apple M2
RAM 8 GB, 16 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB, 1 TB
Kamera 12 MP (wide) 10 MP (ultrawide) MP (ToF)
Baterai Li-Po 7538 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Kelebihan iPad Pro 11 (2022)

Terdapat tujuh poin kelebihan yang kami temukan pada iPad Pro 2022 versi 11 inci. Ketujuh poin tersebut merupakan keunggulan utama yang dimiliki oleh tablet ini. Untuk lebih lengkapnya, silakan simak penjelasannya di bawah ini.

1. Desain Lebih Kekinian

iPad Pro 11 (2022)

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, kali ini Apple melakukan sedikit perubahan dari segi desain untuk tablet terbarunya ini. Meskipun perubahannya tidak terlalu banyak, tetapi perubahan yang dilakukan sudah sangat cukup untuk membuat tampilannya terlihat lebih kekinian.

iPad Pro 11 (2022) ini mirip seperti iPad Pro 11 yang dirilis di 2021 yang memiliki desain bezel tipis sehingga membuat layarnya terlihat lebih lebar. Tombol home yang sempat hadir pada iPad Pro di 2021 yang memakai M1 kini dihilangkan pada iPad Pro 11 (2022). Karena hal ini, sidik jarinya pindah ke tombol power di bodi samping.

Tablet ini juga memiliki bodi yang cukup ramping dengan bobot yang tidak terlampau berat. Secara keseluruhan, iPad Pro 11 (2022) ini memiliki dimensi 247,6 x 178,5 x 5,9 mm dengan bobot hanya mencapai 466 g (versi WiFi) dan 468 g (versi WiFi + Cellular).

Selain karena dimensinya yang pas, bodi bagian belakang dan frame tablet ini terbuat dari material aluminium sehingga lebih nyaman untuk digenggam. Pada bagian belakangnya juga terdapat modul yang berisi 3 buah kamera dengan kamera utama 12 MP.

Sayangnya, table iPad Pro 11 (2022) ini tidak menyediakan pilihan warna yang banyak. Warna yang ditawarkan hanya memiliki dua varian yaitu Silver dan Space Gray.

2. Chipset Apple M2

perbedaan ipad dan ipad pro 2022 chipset m2_

Beralih ke dapur pacunya, iPad Pro 11 (2022) ini memiliki chipset yang lebih unggul dibandingkan pendahulunya. Kali ini, Apple menyematkan chipset M2 untuk tablet terbarunya sehingga performa yang dihasilkan juga akan mengungguli pendahulunya.

Meskipun chipset ini masih sama-sama ditenagai oleh CPU Octa-core dengan 4 Performance core dan 4 Efficiency core, kartu grafisnya memiliki lebih banyak inti yaitu mencapai 10-core graphics.

Merujuk pada pengujian yang telah dilakukan oleh Tomsguide menggunakan Geekbench 5.4, secara keseluruhan iPad Pro 11 (2022) ini mencetak skor yang lebih tinggi dibanding pendahulunya yaitu mencapai skor 1.862 untuk single-core dan 8.500 untuk multi-core-nya. Sedangkan iPad Pro dengan chip M1 hanya mencapai skor 1.722 dan 7.298 saja.

Beralih ke grafisnya yang diuji menggunakan 3D Mark Wild Life Unlimited, iPad Pro 11 (2022) mampu mencetak skor 25.259 dan telah mencapai 151 frame per detik. Dengan kata lain, iPad Pro 11 (2022) ini telah menjadi perangkat tingkat atas baru yang cocok untuk bermain game.

Untuk membuktikannya, Tomsguide juga melakukan pengujian secara langsung dengan memainkan game Genshin Impact sebagai game yang paling membutuhkan grafis tinggi. Sesuai ekspektasi, mereka mendapatkan pengalaman bermain yang cukup mulus secara keseluruhan tanpa adanya penurunan frame rate, bahkan ketika bertempur.

3. Daya Tahan Baterai Panjang

iPad Pro 11 (2022)

Agar lebih meningkatkan pengalaman dalam penggunaannya, iPad Pro 11 (2022) ini dibekali kapasitas baterai yang cukup besar yaitu berkapasitas 7538 mAh. Baterai yang digunakan ini menggunakan lithium-polymers dengan isi ulang bawaan mencapai 28,65 Wh.

Untuk ketahanan baterainya, Apple mengeklaim bahwa baterainya mampu bertahan hingga 10 jam untuk melakukan browsing menggunakan WiFi atau menonton video. Untuk membuktikan klaim tersebut, Tomsguide melakukan pengujiannya dengan melakukan browsing pada kecerahan 150 nits menggunakan WiFi.

Hasil yang didapatkannya tidak mengecewakan, iPad Pro 11 (2022) yang digunakannya mampu bertahan hingga 10 jam 39 menit. Hasilnya sedikit lebih lama dibanding klaim yang diberikan. Tidak hanya itu, iPad Pro 11 (2022) juga dibekali fitur fast charging 18 W agar pengisian daya tidak memakan waktu terlalu lama. 

4. Sistem iPadOS 16 yang Kaya Fitur

iPad Pro 11 (2022)

Apple telah menggunakan sistem operasi yang dinamai iPadOS sejak 2019. Sistem operasi ini merupakan hasil perkembangan dari iOS yang digunakan untuk produk iPad milik Apple. Dengan adanya sistem operasi sendiri, iPad bisa dengan mudah menjalankan multitasking miliknya dengan sistem yang lebih mirip komputer.

Jika dibandingkan pendahulunya, iPad Pro 11 (2022) ini telah menjalankan sistem operasi yang lebih terbaru yaitu iPadOS 16. Sistem operasi ini sejumlah fitur baru dan fitur lama yang lebih dimaksimalkan lagi. Fitur-fitur yang dibawanya ini tentu diharapkan mampu menunjang berbagai aktivitas yang dilakukan oleh penggunanya.

Salah satu fitur multitasking yang cukup berguna di dalam iPadOS 16 ini adalah kemampuannya yang mampu membuka banyak aplikasi sekaligus. Anda bisa dengan bebas membuka aplikasi dengan menggesernya dan mengatur ukuran tampilan aplikasinya. Selain itu, Davinci Resolve juga telah hadir sebagai aplikasi editor yang optimal berjalan di iPadOS 16.

5. Aksesori yang Lebih Lengkap

iPad Pro 11 (2022)

Sebagai perangkat untuk bekerja, Apple juga turut menghadirkan sejumlah aksesori tambahan lainnya. Aksesori yang bisa ditambahkan ke iPad Pro ini di antaranya adalah Apple Magic Keyboard dan Apple Pencil yang dijual terpisah.

Apple Magic Keyboard tentu memungkinkan iPad milik Anda memiliki fungsi seperti laptop untuk kegiatan mengetik. Dasar pada keyboard ini cukup kokoh dan menjaga tablet tetap berada di posisinya meskipun mengetik dengan keras dan cepat. Keyboard ini juga menggunakan desain kantilever mengambang yang unik dengan sudut pandang sempurna.

Aksesori lainnya yang turut dihadirkan adalah Apple Pencil yang bisa Anda gunakan untuk berkreasi seperti mengedit, menggambar, dan sebagainya. Apple Pencil akan sangat cocok dan membantu Anda dalam mendapatkan detail yang lebih tajam dibandingkan menggunakan tangan kosong.

6. Aksesori Pencil lebih mudah

iPad Pro 11 (2022)

Aksesori yang paling banyak dicari dan digemari pengguna iPad adalah Apple Pencil. Terlebih lagi iPad Pro 11 (2022) ini memiliki sistem operasi yang menghadirkan fitur untuk mendukung kinerja aksesori satu ini.

Fitur tersebut dinamai Apple Pencil Hover. Maksudnya, iPad Pro 11 (2022) ini mampu merespons dengan lebih baik Apple Pencil, bahkan tablet ini mampu mendeteksi Apple Pencil sebelum menyentuh layar. Layar iPad ini mampu mendeteksi Apple Pencil hingga 12 mm di atas layar.

Fitur ini juga bisa berfungsi untuk beberapa aplikasi pihak ketiga, misalnya ProCreate, Pixelmator, dan sebagainya. Anda bisa melihat percampuran warna atau pratinjau filter pada foto meskipun Apple Pencil belum menyentuh layar.

Hal ini tentu saja sangat membantu bagi para kreator. Anda bisa bisa dengan mudah menambahkan detail pada karya gambar yang sedang dibuat atau mengedit dengan lebih mudah.

7. Kamera 12 MP untuk Cinematic Mode

perbedaan ipad dan ipad pro 2022 kamera_

Pada sektor kamera, iPad Pro 11 (2022) memiliki spesifikasi kamera yang lebih baik dan mumpuni dibandingkan dengan pendahulunya. Di bagian belakangnya, iPad Pro 11 (2022) ini dibekali 3 kamera yang disimpan di dalam sebuah modul dengan bentuk khas Apple.

Untuk spesifikasinya, kamera belakang dari iPad Pro 11 (2022) ini mirip dengan spesifikasi pendahulunya dengan kamera utama 12 MP (f/1.8), kamera ultrawide 10 MP (f/2.4), dan lensa ToF 3D LiDAR sebagai kamera sensor kedalaman.

Fitur yang dimiliki oleh kamera belakangnya juga tidak jauh berbeda, hanya saja iPad Pro 11 (2022) ini lebih unggul berkat fitur yang dimilikinya yaitu ProRes dan Cinematic Mode yang mampu sudah mencapai resolusi 4K dan 1080p. Dengan adanya fitur tersebut, Anda bisa menghasilkan kualitas video layaknya pembuat film profesional.

Kekurangan iPad Pro 11 (2022)

Di samping tujuh poin kelebihan yang telah dijelaskan sebelumnya, iPad Pro 11 (2022) ini juga masih memiliki kekurangan yang mesti diperhatikan dan dijadikan pertimbangan sebelum memilihnya. Terdapat tiga kekurangan yang menjadi perhatian, berikut ini adalah poin-poin kekurangannya.

1. Layar Minim Perubahan

iPad Pro 11 (2022)

Sektor yang paling banyak dicari dan diperhatikan adalah layar terutama pada sebuah tablet. Meskipun begitu, nyatanya Apple seperti yang tidak memperhatikan pada bagian layar ini. Sebab, kemampuan layar iPad Pro 11 (2022) mirip dengan pendahulunya yaitu iPad Pro 11 (2021).

Meskipun tidak memiliki peningkatan pada bagian layarnya, bukan berarti layar iPad Pro 11 (2022) ini buruk dan tidak menarik. Dari segi ukuran, layarnya ini memiliki lebar 11 inci dengan teknologi Liquid Retina berpanel IPS LCD. Layar ini sudah cukup mumpuni dengan spesifikasi yang dibawanya mulai dari kecerahan 600 nit, HDR10, dan Dolby Vision.

Respons yang dihasilkan juga cukup cepat karena memiliki refresh rate mencapai angka 120 Hz. Dengan begitu, Anda bisa dengan nyaman melakukan scrolling di media sosial tanpa adanya lag dengan pergerakan animasi yang mulus.

Tampilan layar tablet ini terlihat menarik dengan bezel yang didesain tipis dan berukuran sama tiap sisinya, membuat layar semakin nyaman dipandang. Rasio dari layar ke bodi juga cukup tinggi yaitu mencapai 82,9%.

Apple memang terkenal akan kemampuan layarnya yang selalu memberikan tampilan terbaik untuk para penggunanya. iPad Pro 11 (2022) ini misalnya yang telah mampu mencapai resolusi 1668 x 2388 piksel dengan kerapatan piksel mencapai angka 265 ppi.

Untuk keamanannya, layar laptop ini telah dilindungi oleh teknologi Scratch-resistant glass yang melindungi layar dari goresan dan oleophobic coating.

2. Memori Penyimpanan Kurang Maksimal

iPad Pro 11 (2022)

Penyimpanan yang luas juga menjadi hal yang utama baik dari sebuah HP maupun tablet. Terlebih lagi ukuran aplikasi yang semakin sini semakin besar sehingga membutuhkan penyimpanan yang lebih luas.

Sayangnya, iPad Pro 11 (2022) terbaru ini justru menghadirkan pilihan memori RAM yang cukup sempit untuk ukuran sebuah tablet. Pilihan RAM yang disediakan oleh tablet ini memiliki dua varian yaitu 8 GB dan 16 GB.

Sedangkan untuk penyimpanan internal, tablet ini memiliki pilihan yang cukup beragam mulai dari 128 GB, 256 GB, 512 GB, hingga 1 TB. Penyimpanan yang lebih luas akan menunjang kinerja dari tablet lebih maksimal.

3. Tidak Ada Headphone Jack

iPad Pro 11 (2022)

Apple memang merancang produk tabletnya untuk melakukan kegiatan di pekerjaan atau hanya sekadar hiburan. Oleh karena itu, perangkat ini telah dibekali konektivitas yang cukup lengkap mulai dari jaringan 5G, WiFi 6 802.11ax, band ganda simultan, dan Bluetooth 5.0.

Pada awalnya, Apple juga selalu menghadirkan headphone jack pada perangkat tabletnya agar memberikan kemudahan ketika ingin mendengarkan lagu atau menonton film demi mendapatkan suara yang lebih jelas.

Sayangnya, iPad Pro 11 (2022) ini justru tidak menyertakan fitur headphone jack tersebut. Fitur ini memang tidak terlalu penting karena tidak berpengaruh besar kepada yang lain. Bahkan Anda seharusnya bisa mewajarkan hal tersebut, sebab bentuk iPad yang lebih besar itu dirasa kurang cocok jika digunakan bersama dengan earphone atau headphone.

Simpulan

iPad Pro 11 (2022) ini hadir dengan tampilan yang lebih modern yang mampu menarik hati anak muda. Memiliki desain yang minimalis dengan bezel tipis yang memiliki ukuran sama di segala sisi membuat tablet ini terlihat kokoh. Memiliki ukuran layar 11 inci, sayangnya kemampuan layarnya tidak jauh berbeda dengan pendahulunya.

Untuk performanya, Apple menyematkan chipset terbarunya yang lebih unggul jika dibandingkan pendahulunya yaitu menggunakan chipset M2. Selain unggul dalam performa, daya baterai tablet ini juga cukup baik bahkan melebihi klaim dari Apple sendiri ketika diuji ketahanannya.

Sayangnya, performa yang sudah dibangun dengan baik tersebut seakan kurang maksimal karena kapasitas RAM yang seharusnya bisa lebih luas lagi.

Selain chipset yang ditingkatkan, sistem operasi yang dibawa oleh iPad Pro 11 (2022) ini juga sudah menggunakan versi terbarunya yaitu iPadOS 16. Dengan adanya iPadOS 16, aktivitas seperti bekerja, mengedit, atau membuat karya lainnya terasa semakin nyaman berkat dukungan fitur yang lebih lengkap dan ditingkatkan.

Kabarnya, iPad Pro 11 (2022) dipasarkan dengan harga mulai dari Rp12,3 juta berdasarkan kurs dollar setempat. Di toko online, banyak ditemukan iPad Pro 11 2022 dibanderol dengan harga mulai Rp15 jutaan. Bagaimana menurut Anda, apakah tabel iPad Pro 2021 ini layak untuk dipinang?

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram