carisinyal web banner retina

4 Cara Menggunakan VPN agar Bisa Akses Situs yang Diblokir

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha - Diperbaharui 21 September 2021

PERHATIAN

ARTIKEL SPONSOR Permanen LInk DOFOLLOW

Internet adalah kebebasan. Segala hal ada di sana, semua orang bisa mengaksesnya. Namun, terlalu bebas tidaklah baik untuk semua orang. Terkadang perlu ada batasan tertentu yang diatur oleh otoritas setempat. 

Seperti halnya di Indonesia, beberapa situs tertentu mengalami kendala untuk diakses. Untuk situs yang berbahaya dan kurang ramah anak, jelas pemblokiran situs ini baik. Sayangnya, ada beberapa situs yang sebenarnya tidak berbahaya namun masuk dalam “daftar hitam” situs yang diblokir oleh pemerintah. Contohnya seperti Reddit dan Vimeo. 

Banyak pengguna internet kesulitan mengakses dua situs tersebut. Namun, tentu saja ada cara lain agar bisa mengakses situs yang diblokir. Salah satunya memakai layanan VPN terpercaya dan berkualitas seperti Surfshark.

Selain memakai VPN, ada berbagai cara lain mengakses situs yang diblokir. Berbagai cara ini bisa Anda lakukan dengan mudah, bahkan tidak perlu ribet. Langsung saja cek berbagai cara memakai VPN dengan mudah berikut ini. 

1. Memakai VPN Opera 

Opera Browser

Anda bisa memakai VPN dari browser Opera. VPN ini disediakan secara gratis. Anda juga tidak perlu ribet untuk membuat akun tertentu. Berikut cara memakai VPN Opera. 

  • Jika ingin memakai VPN Opera di perangkat mobile, silakan download aplikasi Opera di Google Play Store maupun di App Store. 
  • Setelah terpasang, silakan buka browser Opera. 
  • Sebelum akses situs yang dituju, buka bagian “setting”, kemudian geser bagian VPN agar statusnya menjadi “enabled for private tabs”. 
  • Anda pun bisa mengakses situs yang diblokir. 
  • Sementara untuk pengguna komputer Windows, silakan instal Opera terlebih dahulu. 
  • Selanjutnya, buka Opera dan pilih “New Private Window”
  • Setelah itu, nyalakan tombol “VPN”. Anda pun nbisa mengakses situs yang diblokir

2. Memakai VPN Surfshark 

Surfshark

Cara lain memakai VPN adalah menggunakan layanan VPN Surfshark. Anda bisa mengakses Surfshark.com untuk mengunduh layanan ini. Untuk menggunakan Surfshark, Anda perlu membuat akun terlebih dahulu. Tenang, membuat akun di Surfshark sendiri tidak terlalu ribet. 

Surfshark sendiri adalah layanan VPN berbayar dengan sistem langganan. Sebagian dari Anda, mungkin bakal berpikir kenapa harus berbayar, jika ada yang gratis? 

Tentu saja layanan VPN berbayar tidak bisa disamakan dengan layanan VPN gratis. Layanan VPN berbayar jelas punya keunggulan yang tidak dimiliki VPN gratis. Contohnya adalah sistem perlindungan data pribadi. Untuk diketahui, penggunaan VPN gratis rentan terhadap serangan ke perangkat yang digunakan. 

Surfshark

Dengan Surfshark, Anda bisa menyembunyikan lokasi alamat IP dan juga memblokir iklan dan malware yang mengganggu. Surfshark juga membuat kegiatan internetan lebih aman berkit perlindungan dari tracking data. Ada juga fitur untuk melindungi aktivitas internet Anda, saat memakai layanan Wifi publik. 

Yang menarik,  Surfshark punya banyak pilihan server dari berbagai negara. Selain itu, Surfshark mendukung banyak platform seperti Android, iOS, Windows, Linux, dan MacOS. Ada juga extension (add-on) Surfshark untuk browser Chrome, Firefox, dan Edge. 

3. Memakai Psiphon

vpn

Cara lain memakai VPN adalah menggunakan layanan Psiphon. Untuk menggunakan layanan ini, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini. 

  • Pertama, Anda kunjungi situsnya untuk download aplikasi Psiphon
  • Anda tinggal memilih aplikasi yang sesuai dengan perangkat yang digunakan
  • Setelah itu, instal Psiphon di perangkat Anda 
  • Setelah masuk di aplikasi Psiphon, pilihlah server yang sudah disediakan oleh aplikasi. Ada berbagai pilihan server yang bisa Anda pakai dari berbagai negara. 

4. Memakai Extension VPN 

chrome web store

Cara lain memakai VPN adalah menggunakan berbagai layanan VPN yang berbentuk extension atau add-on browser. Contohnya adalah ZenMate VPN, SetupVPN, Browsec VPN, Touch VPN, dan masih banyak lagi. 

Layanan VPN tersebut bisa didapatkan di toko extension seperti Chrome Web Store, Microsoft Edge Add-ons, atau Addons Mozilla. Beberapa browser juga menyediakan VPN terintegrasi seperti Opera atau Tor Browser. 

Dengan berbagai cara tersebut, Anda bisa meraih kebebasan dalam berinternet. Tidak ada rasa jengkel lagi karena situs yang Anda ingin kunjungi lebih mudah diakses. 

Namun, perlu disampaikan layanan VPN perlu digunakan secara bijak. Terutama ketika memakai layanan VPN gratisan. Penggunaan layanan VPN gratisan beresiko terkena hal-hal berikut ini. 

  • Ancaman atau serangan pada perangkat yang digunakan 
  • Memantau aktivitas Anda sebagai pengguna 
  • Bocornya data pengguna dan alamat IP 
  • Perlambat jaringan internet, dan lain sebagainya

Karena itu, penggunaan VPN gratisan sebaiknya sudah disadari akan resikonya oleh Anda sebagai pengguna sendiri. Bagaimanapun, penggunaan VPN berbayar bisa menawarkan layanan yang lebih baik. Yang paling penting, penggunaan VPN berbayar menjamin keamanan data Anda sebagai pengguna. 

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram