Carisinyal / WiFi / 5 Cara yang Bisa Dilakukan Agar Wifi Indihome Tidak Bisa Dibobol

5 Cara yang Bisa Dilakukan Agar Wifi Indihome Tidak Bisa Dibobol

Ditulis oleh - Diperbaharui 1 Agustus 2019

Kala mendapati jaringan internet atau WiFi yang terpasang dibobol orang tak dikenal, Anda akan langsung merasa kesal, bukan? Apalagi bila Anda menggunakan jaringan internet untuk bekerja atau menyelesaikan tugas kuliah di rumah.

Nah, pada kesempatan kali ini, Carisinyal akan membahas mengenai cara agar WiFi IndiHome tak bisa dibobol sembarangan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Penasaran? Yuk, simak langsung saja ulasan berikut untuk mengetahuinya.

Cara Mendeteksi WiFi yang Dibobol

Nah, sebelum mengetahui tentang cara mengamankan Wifi IndiHome agar tak mudah dibobol, Carisinyal akan membahas mengenai cara mendeteksi koneksi WiFi yang telah dibobol terlebih dulu. Apa sajakah itu? Yuk, simak ulasan berikut ini untuk mengetahuinya.

1. Gunakan Aplikasi

Aplikasi iPhone

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan aplikasi yang dapat membantu untuk mencari tahu siapa saja yang sedang menggunakan koneksi WiFi Anda secara ‘ilegal’. Ada banyak aplikasi untuk Windows maupun Mac yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui para pencuri jaringan WiFi. Selain menggunakan aplikasi untuk komputer, Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi pendeteksi pengguna WiFi langsung dari HP.

2. Alamat IP di Router

Masalah Pada Router WiFi

* sumber: www.howtogeek.com

Selain mendeteksi lewat aplikasi, Anda juga bisa mengetahui siapa saja yang menggunakan koneksi WiFi secara gratisan melalui website router yang Anda gunakan. Caranya, masuk terlebih dulu ke home page router dan masukkan IP adress Anda.

Setelah itu, login dengan menggunakan username dan password. Jika sudah, Anda bisa mendapatkan informasi mengenai daftar nama device hingga IP address yang terkoneksi dengan jaringan WiFi yang kita gunakan. Bila Anda menemukan device atau IP address yang bukan milik Anda, Anda patut berhati-hati karena bisa jadi koneksi WiFi IndiHome Anda telah dibobol orang lain.

Cara Agar WiFi IndiHome Tidak Dibobol

Setelah membahas cara mendeteksi jaringan WiFi yang dicuri, sekarang Carisinyal akan mengulas tentang cara agar WiFi IndiHome Tidak Dibobol sembarang orang supaya Anda dapat menikmati koneksi internet yang stabil. Apa sajakah itu? Untuk mengetahuinya, simak langsung saja pembahasan di bawah ini.

1. Gunakan Password yang Kuat

tips memilih password yang aman

* sumber: jalantikus.com

Salah satu cara paling ampuh untuk mengamankan koneksi WiFi agar tidak mudah ditembus atau dibobol dengan mudah adalah dengan menggunakan password yang kuat dan unik. Ingat, jangan gunakan tanggal lahir Anda atau password yang mudah diketahui lainnya.

Pilihlah password yang terbilang sulit diingat oleh orang lain, namun mudah diingat oleh Anda sendiri. Password yang kuat biasanya menggunakan kombinasi huruf besar, huruf kecil dan angka.

2. Pakai Enkripsi WPA2

agar wifi tidak dibobol

Nah, kalau Anda nggak mau koneksi WiFi semakin tidak stabil dan mengganggu kenyamanan Anda saat bekerja, menyelesaikan tugas atau bahkan menonton video dari vlogger favorit Anda di situs berbagi video seperti YouTube, gunakanlah enkripsi WiFi Protected Access atau WPA2.

Selain WPA 2, Anda juga bisa memakai enskripsi lain seperti WEP (Wired Equivalent Privacy) atau WPA generasi sebelumnya. Namun, untuk saat ini, WiFi Protection Access 2 atau WPA2 adalah metode pengamanan jaringan yang dinilai paling aman untuk digunakan. Jadi, kalau tidak mau dibobol orang, pastikan koneksi WiFi Anda sudah menggunakan standar pengamanan ini, ya.

3. Ganti SSID Jaringan WiFi

wifi

* sumber: www.publicdomainpictures.net

Cara lainnya yang bisa Anda tempuh agar koneksi WiFi bebas dari pembobol yang tidak bertanggung jawab adalah dengan mengganti Service Set Identifier (SSID) jarinagan WiFi. For your information, SSID adalah nama dari jaringan WiFi yang Anda gunakan. Nah, supaya WiFi Anda tidak dibobol, gunakanlah nama SSID WiFi yang unik.

4. Matikan Fitur WPS

google wifi passport

Mematikan fitur WiFi Protected Setup atau WPS dari jaringan WiFi Anda juga bisa dilakukan untuk mencegah jaringan WiFi IndiHome yang Anda pakai dibobol orang. WPS adalah sistem keamanan pada WiFi yang digunakan untuk menghubungkan router dengan HP atau laptop.

Penggunaan WPS bisa membuat seseorang membobol jaringan WiFi dengan menggunakan aplikasi secara mudah tanpa memasukkan password, lho. Jadi, sebaiknya matikan fitur WiFi Protected Setup ini kalau Anda ingin jaringan WiFi IndiHome tetap aman.

5. Mem-block MAC Address

agar wifi tidak dibobol mac address

Mem-filter Media Access Control Address atau MAC Address juga bisa Anda lakukan agar jaringan WiFi tidak dapat dibobol orang lain dengan mudah. MAC Address adalah alamat jaringan atau ‘kode unik’ yang umumnya ada pada device seperti laptop atau HP.

Nah, Anda bisa mengontrol siapa saja yang masuk dan menggunakan jaringan WiFi dengan mem-block MAC Address yang diinginkan agar sang pengguna tak dapat membobol jaringan WiFi Anda.

Mem-block Media Access Control Address alias MAC Address dan keempat cara di atas adalah metode yang terbilang ampuh untuk mencegah WiFi IndiHome dibobol atau ditembus secara serampangan.

Nah, bukan hanya dengan keempat cara di atas, ada banyak cara lainnya yang bisa Anda gunakan untuk mengamankan jaringan WiFi IndiHome yang Anda pakai. Batasi penggunaan WiFi IndiHome dengan cara ampuh lainnya yang dapat Anda simak dalam artikel yang berjudul ‘Cara Membatasi Pengguna WiFi’ di situs portal-uang.com 

Itulah kelima cara untuk mengamankan koneksi WiFi IndiHome agar tidak mudah dibobol. Cara tersebut bisa dipraktikkan dengan mudah oleh Anda sendiri, lho. So, Anda tidak perlu khawatir dan takut kecolongan karena jaringan WiFi Anda telah dibobol. Selamat Mencoba!

Oh ya, jika Anda memiliki informasi lainnya seputar cara agar WiFi IndiHome tidak mudah dibobol atau di-hack orang lain, silakan sampaikan secara langsung melalui kolom komentar yang tersedia di bawah.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar