Siap Tempur, Ini 5 Alasan Samsung Galaxy A21 dan A31 Cocok untuk Gamers

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

PERHATIAN

ARTIKEL SPONSOR PERMANEN LINK SAMSUNG

Perkembangan minat masyakarat Tanah Air terhadap game semakin menggebu-gebu setiap harinya. Seiring waktu, industri mobile gaming juga tumbuh menjadi sebuah komunitas yang berisikan anak-anak muda yang aktif, kreatif, dan selalu antusias terhadap teknologi terkini. Masuklah Samsung, sebuah vendor smartphone raksasa asal Korea Selatan yang tidak mau ketinggalan dalam memanfaatkan momen ini.

Mulai dari seri ponsel flagship ternama seperti Note20 series hingga yang murah seperti Samsung Galaxy A01 Core, Samsung senantiasa melakukan approach yang bisa menyentuh seluruh lapisan masyarakat. Untuk itu, hadirlah Samsung Galaxy A21 dan A31 yang tidak hanya hadir dengan harga yang lumayan terjangkau, tapi juga layak untuk dijadikan sarana game berkat fitur dan spesifikasi canggih yang dihadirkannya.

Memasuki harga Rp3.999.000,- untuk Samsung Galaxy A31 dan harga $199 (sekitar Rp2,8 juta) untuk Galaxy A21, kedua ponsel memang ditujukan untuk memenuhi keinginan generasi muda yang haus akan performa tinggi, layar memadai, dan durasi pemakaian yang long-lasting. Ada setidaknya 5 alasan mengapa Samsung Galaxy A21 dan A31 ini sangat cocok dijadikan sarana bermain game, berikut adalah poin-poinnya.

1. Performa Kencang

samsung galaxy a31 chipset

Samsung Galaxy A31 terbilang mampu menunjukkan taringnya dalam menghadirkan frame rate tinggi untuk game-game yang sedang on demand pada masanya. Ya, terdapat chipset Helio P65 dengan konfigurasi octa core yang bisa membawa pengalaman gaming ke level berikutnya.

Chipset besutan MediaTek ini mencakup dua buah inti ARM Cortex A75 berkecepatan 2 GHz serta dukungan enam buah ARM Cortex A55 dengan clock speed 1,7 GHz, dikemas juga dengan sokongan GPU ARM Mali G52 yang bisa menopang kualitas grafis pada game agar lebih memanjakan mata.

Sementara untuk Galaxy A21 selaku "adik"-nya, Samsung tidak memberikan informasi soal chipset apa yang digunakan di laman resminya. Hanya saja, Galaxy A21 ini dibekali dengan konfigurasi CPU octa core yang mencakup empat inti berkecepatan 2,3 GHz dan empat inti dengan clock speed 1,8 GHz.

Tak hanya chipsetnya saja yang unggul, Samsung Galaxy A31 juga memanfaatkan dua varian RAM yang terbilang besar, yakni antara 4 GB hingga versi tertinggi 8 GB. Dilansir dari GSM Arena, Galaxy A21 punya RAM yang sedikit lebih kecil di angka 3 GB. Pada tipe RAM-nya, Samsung Galaxy A31 dan A21 mengandalkan tipe LPDDR4x Dual Channel dengan efisiensi daya yang lebih baik.

2. Memori Internal Besar + Dedicated Slot

samsung galaxy a31 memori internal

Siapapun yang hobi bermain game pasti menyadari betapa game zaman sekarang memiliki ukuran yang besar-besar. Tanpa adanya kapasitas memori internla yang memadai, dijamin konsumen akan merasa direpotkan karena hanya bisa menampung beberapa game saja dalam sekali waktu.

Inilah salah satu alasan utama mengapa Samsung Galaxy A31 sungguh cocok untuk para gamer. Pasalnya, perangkat Samsung ini sudah menawarkan kapasitas antara 64 GB hingga 128 GB pada tipe eMMC 5.1.

Untuk Samsung Galaxy A21, memori internal ini berada di kapasitas 32 GB dengan RAM 3 GB. Di harga Rp2 jutaan, ini tergolong cukup besar untuk keperluan gaming sehari-hari.

Tidak hanya berhenti di situ, karena memori internal kedua smartphone ini bisa Anda perluas lagi dengan membubuhkan tambahan microSD pada slot khusus. Tidak tanggung-tanggung, HP ini mendukung kapasitas memori eksternal hingga 512 GB.

Dengan begini, menginstal puluhan game seberat PUBG Mobile, Genshin Impact, ataupun game modern lainnya pun sudah tidak lagi jadi kendala. Dan, tentunya masih menyisakan banyak ruang untuk menyimpan file pribadi.

3. Baterai Super Awet

samsung galaxy a31 baterai

Bermain game mana asyik kalau ponsel cepat mati? Untuk bisa mendukung pemain agar bisa bermain hingga berlarut-larut, Samsung Galaxy A31 pun sudah selangkah lebih maju dalam hal ketahanan baterainya.

Mengusung kapasitas 5.000 mAh, tidak ada lagi cerita menjadi beban dalam tim gara-gara ponsel mati saat pertarungan sengit. Dalam kondisi normal pun pengguna juga dapat mengoperasikan ponsel untuk kegiatan sehari-hari hingga seharian penuh. Ketahanan baterai yang irit ini juga tercermin pada Galaxy A21, walau kapasitasnya sedikit lebih kecil di angka 4.000 mAh.

Ketahanan baterai ini juga bisa Anda tingkatkan lagi dengan menggunakan pengaturan Adaptive Power Saving di mana perangkat akan berusaha menyesuaikan siklus penggunaan agar tahu kapan harus menyalakan mode performa tinggi, dan kapan harus menyalakan mode penghematan daya.

Apabila baterai sudah terpakai hingga kosong, tidak perlu khawatir! Colokkan saja kabel USB tipe-C ke port pengisian daya dan rasakan durasi pengecasan yang cepat menggunakan Fast Charging 18 W (Galaxy A31) dan 15 W (Galaxy A21). Semua ini dirancang untuk menjamin kepuasan pengguna yang lebih lama lagi saat menggunakan kedua ponsel Samsung tersebut.

4. Layar Besar

samsung galaxy a31 super amoled

Kalau soal tampilan layar, Samsung memang ahlinya. Panel Super AMOLED merupakan yang cukup umum diberikan pada sejumlah besar lini produknya, dan kini Anda pun bisa menikmati kualitas layar Super AMOLED yang ciamik pada Samsung Galaxy A31.

Ukuran diagonal layarnya pun terasa sungguh luas, yakni sebesar 6,4 inci dan berjalan pada resolusi tinggi Full HD Plus (1080 x 2400 piksel). Sementara untuk aspek rasionya, layar ini berada di perbandingan 20:9 serta kerapatan piksel 411 ppi.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram