Carisinyal / 10 Alasan Kenapa WhatsApp Banyak Digunakan Orang

10 Alasan Kenapa WhatsApp Banyak Digunakan Orang

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 Desember 2019

WhatsApp adalah aplikasi chat  yang banyak digunakan. Aplikasi ini adalah aplikasi berkirim pesan paling populer mengalahkan Telegram, LINE, dan lainnya. Setidaknya untuk di Indonesia dan hampir seluruh dunia. 

Hampir semua percakapan dilakukan di WhatsApp. Ngobrol dengan teman, berbalas pesan dengan rekan kerja, bertanya soal produk jualan, bahkan ada layanan yang memungkinkan pembayaran menggunakan chat WhatsApp saja. 

WhatsApp bahkan jadi salah satu aplikasi wajib yang diinstal di ponsel. Hampir semua ponsel pintar memiliki aplikasi ini. Lantas, mengapa WhatsApp menjadi salah satu aplikasi chat yang populer? Kenapa seolah WhatsApp tidak tergantikan dengan aplikasi chat lainnya. Poin-poin berikut bisa jadi alasannya. 

1. Gratis 

whatsapp

Pada awalnya, WhatsApp adalah aplikasi yang menawarkan penggunaan gratis selama setahun. Setelah pemakaian setahun, pengguna dikenakan biaya untuk memakai WhatsApp secara gratis. 

Sistem ini kemudian diubah menjadi gratis sepenuhnya alias tanpa berbayar. Memang aplikasi lain juga menawarkan layanan gratis. Hanya saja WhatsApp terasa seperti aplikasi yang benar-benar gratis dan mudah digunakan. 

2. Bisa Digunakan di PC 

whatsapp

WhatspApp mendukung penggunaan di berbagai platform. Bukan hanya di perangkat mobile seperti Android dan iOS tetapi juga di desktop (komputer atau laptop)  melalui layanan WhatsApp Web.

Layanan WhatsApp Web ini bisa digunakan dengan mudah lewat dua cara. Cara pertama memakai browser dengan mengunjungi situs web.whatsapp.com. Cara kedua adalah menginstal aplikasinya. Anda bisa mengetahui lebih detail cara memakai WhatsApp Web dari Cryptoharian berikut ini

WhatsApp Web juga menawarkan banyak fitur menarik sehingga penggunaannya populer. Contohnya adalah penggunaan extension Chrome  WAToolkit yang memungkinkan notifikasi pesan bisa muncul tanpa perlu melihatnya terlebih dulu. 

3. Integrasi Nomor Telepon 

whatsapp

WhatsApp memakai sistem pendaftaran yang praktis, cukup dengan nomor telepon saja. Penggunaan nomor telepon ini membuat WhatApp lebih mudah dipakai. 

Untuk chat orang lain pun, tidak perlu menanyakan nama pengguna atau username. Cukup dengan menanyakan nomor teleponnya. Bahkan, Anda bisa mengetahui orang memiliki WhatsApp atau tidak dengan mengetahui nomor teleponnya atau tidak. 

4. Pengganti SMS 

whatsapp

Sebelum era telepon pintar, SMS adalah layanan pesan yang banyak digunakan orang. Hal ini berubah seiring maraknya layanan pesan dan kehadiran ponsel pintar. SMS mulai perlahan digantikan oleh aplikasi semacam Yahoo Messenger!, BBM, Skype, WhatsApp, LINE, dan lainnya, 

Aplikasi-aplikasi tersebut perlahan menggantikan layanan SMS. Aplikasi chat tersebut lebih murah dan praktis. Tidak ada batasan karakter untuk mengirim pesan. Dan juga aplikasi tersebut menawarkan layanan pengiriman pesan bergambar yang lebih mudah dibandingkan MMS. 

Sayangnya, aplikasi seperti Yahoo Messenger! dan BBM harus mati di tengah jalan karena popularitasnya yang menurun. Skype dan LINE masih bisa digunakan karena memiliki segmentasi khusus. Misal, Skype digunakan untuk kebutuhan kerja sementara LINE terkena dengan berbagai layanannya yang lebih dari sekadar kirim pesan. 

Saingan WhatsApp adalah Telegram. Telegram juga mudah digunakan seperti WhatsApp. Hanya saja WhatsApp lebih populer karena hampir banyak digunakan orang untuk berkirim pesan dibandingkan Telegram. 

5. Pengganti Panggilan Telepon 

whatsapp

WhatsApp tidak hanya digunakan sebagai pengganti SMS tetapi juga untuk panggilan telepon. Banyak pengguna telepon yang kini menelepon menggunakan WhatsApp dibandingkan menggunakan telepon atau sambungan biasa. 

Penggunaan WhatsApp untuk menelepon dianggap lebih murah karena menggunakan koneksi data. Bandingkan dengan telepon biasa yang menggunakan tarif standar yang biasanya menyedot pulsa. 

Selain itu, panggilan WhatsApp memungkinkan untuk panggilan video. Alias pengguna bisa memakai WhatsApp untuk menelepon sambil bertatap muka. 

6. Kemudahan Membuat Grup

whatsapp

Dulu, Facebook dikenal sebagai media sosial yang bisa mempertemukan banyak orang di sebuah grup. Misalnya, grup karena hobi tertentu, grup alumni sekolah, dan grup lainnya. 

Kehadiran WhatsApp yang memungkinkan Anda membuat grup, membuat grup di Facebook tidak seramai dulu. Grup-grup tadi kini pindah ke WhatsApp. 

Tidak heran, di akun WhatsApp, barangkali termasuk Anda, terdapat banyak grup sekolah (ataupun alumni), grup orang tua murid, grup anggota keluarga, bahkan grup rekan kerja. Terlebih kehadiran WhatsApp Web membuat orang lebih banyak berkoordinasi di grup WhatsApp dibandingkan layanan chat khusus lainnya untuk pekerja. 

7. UI yang User Friendly

whatsapp

Salah satu kenapa banyak orang menyukai WhatsApp adalah karena tampilan antarmukanya atau UI (user interface) yang simpel mudah dipahami. Pengguna pertama yang memakai WhatsApp akan langsung bisa memahami fitur-fitur yang ditawarkan oleh WhatsApp. Selain itu, WhatsApp juga menawarkan tampilan aplikasi yang tidak membutuhkan loading gambar sehingga memberatkan aplikasi. Ukuran file WhatsApp juga tergolong kecil sehingga mudah diunduh. Hal ini juga berpengaruh pada performa WhatsApp di sistem operasi. Dengan ukuran yang kecil dan UI yang ringan, membuat WhatsApp lebih hemat baterai. 

8. Bukan Aplikasi Media Sosial 

whatsapp

Salah satu alasan lainnya kenapa WhatsApp banyak digunakan karena aplikasi ini fokus pada chat. Berbeda dengan LINE misalnya yang tidak hanya menawarkan aplikasi chat tetapi juga berfungsi sebagai media sosial. 

Karena fokus pada fungsi chat, WhatsApp jadi lebih ramah digunakan. Bandingkan jika WhatsApp sama seperti LINE yang memungkinkan pengguna update status atau seperti Instagram yang sering pamer foto, jelas kenyamanan penggunaan WhatsApp berkurang. Karena hal ini pulalah, WhatsApp bukan aplikasi untuk stalking atau kepo kehidupan orang. 

Memang, WhatsApp memiliki fitur update status layaknya Instagram Stories, yakni WhatsApp Stories. Tetapi fitur ini bukanlah fitur yang memiliki pengaruh besar layaknya Instagram Stories. Fokus dari WhatsApp tetaplah berkirim pesan. 

9. WhatsApp Bisnis 

whatsapp

WhatsApp memiliki layanan chat khusus untuk kebutuhan bisnis, yakni WhatsApp Bisnis. Kehadiran aplikasi ini jelas membuat banyak orang suka memakai WhatsApp, terlebih aplikasi ini bermanfaat bagi Anda yang memiliki usaha di bidang tertentu. adalah aplikasi yang memiliki banyak emoticon. Kehadiran banyak emoticon ini tentu jadi kelebihan sendiri karena orang bisa mengirimkan perasaan mereka lewat emoticon dengan mudah. 

10. Emoticon dan Bisa Membuat Sticker 

sticker logo carisinyal whatsapp

WhatsApp adalah aplikasi yang memiliki banyak emoticon. Kehadiran banyak emoticon ini tentu jadi kelebihan sendiri karena orang bisa mengirimkan perasaan mereka lewat emoticon dengan mudah. Selain itu, WhatsApp juga semakin populer berkat fitur menarik yang dimilikinya, yakni kemudahan membuat sticker. Anda sebagai pengguna, bisa membuat sticker sendiri, bahkan sticker bisa dibuat dari foto Anda. 

Nah itulah sepuluh alasan mengapa WhatsApp menjadi salah satu aplikasi yang populer. Kedepan, WhatsApp masih bakal tetap digunakan banyak orang. Meskipun nantinya bakal muncul iklan di WhatsApp Stories, hal ini tidak akan membuat pengalaman menggunakan WhatsApp berkurang. Untuk informasi selengkapnya mengenai kelebihan dan kekurangan Whatsapp lainnya, Anda bisa mengunjungi website Cryptoharian.com yang membahasnya secara lebih detail.

 

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *