carisinyal web banner retina

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Alcatel Flash 2

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 26 Oktober 2019

Smartphone 4G LTE dengan harga yang terjangkau, kenapa tidak? Alcatel Flash 2 adalah smartphone yang memenuhi kriteria tersebut. Tak hanya sekedar kompatibel dengan jaringan 4G LTE, smartphone yang juga dikenal dengan Alcatel OneTouch Flash 2 ini juga memiliki spesifikasi yang cukup baik.

Ya, di saat pasar smartphone Indonesia diserbu oleh vendor asal Tiongkok, Alcatel muncul sebagai pembeda. Produsen ponsel asal Perancis ini menyuguhkan smartphone berkelas ala Jepang dan Korea, namun menjualnya dengan harga murah ala Tiongkok.

Alcatel Flash 2 sendiri merupakan penerus dari seri Flash sebelumnya yang cukup sukses di pasaran. Penasaran seperti apa kelebihan dan kekurangan dari smartphone besutan vendor yang baru saja merger dengan Nokia ini? Mari kita simak review Alcatel Flash 2 berikut ini.

Spesifikasi

  • Layar: IPS LCD 5 inch, 720 x 1280 pixels (294 ppi)
  • Memori internal: 16 GB, 2 GB RAM
  • Memori eksternal: MicroSD, hingga 128 GB
  • Chipset: MediaTek MT6753 "64-bit"
  • CPU: Octa Core 1.3 GHz, Cortex-A53
  • GPU: Mali-T720 MP3 @ 700 MHz
  • Sistem Operasi: Android OS v5.1 (Lollipop)
  • Kamera utama: 13 MP, 4128 x 3096 pixels
  • Fitur kamera: Dual-LED flash (dual-tone), Aperture F/2.0, Samsung S5K3M2 ISOCELL sensor, geo-tagging, Phase detection autofocus (PDAF), 0.3 second to focus, 5P-lens with blue glass optic filter, PIP mode, Track mode, touch focus, face detection, 4x digital zoom, panorama, HDR Gesture Shot, time-lapse mode, live photo mode, multi angle mode
  • Kamera depan: 5 MP, Aperture F/2.0, OV5648 sensor
  • Baterai: Li-ion 3000 mAh

Desain

Belum ada keterangan khusus yang menyebutkan tentang dimensi dari Alcatel Flash 2. Namun, dapat dipastikan bahwa smartphone ini memiliki ukuran yang standar karena mengusung layar 5 inch. Dilihat dari gambar yang sudah tersebar di dunia maya, smartphone ini memiliki body yang tidak terlalu tebal.

kelebihan dan kekurangan alcatel flash 2

Nampaknya, Flash 2 ini cukup nyaman dalam genggaman tangan. Material yang digunakan untuk membalut smartphone ini adalah plastik matte bertesktur. Material inilah yang membuat ponsel pintar ini nyaman untuk digenggam. Alcatel menyediakan dua pilihan warna untuk Flash 2, yakni Volcanic Grey dan Mica White.

Layar

Alcatel mengadopsi layar berukuran 5 inch dengan teknologi IPS 16 juta warna untuk Flash 2. Resolusi yang ditawarkan oleh smartphone ini pun cukup baik, 720 x 1280 piksel dengan tingkat kerapatan mencapai 294 ppi. Resolusi tersebut menawarkan tampilan layar yang lumayan cerah untuk sebuah smartphone yang ekonomis.

Terdapat 5 titik sentuh pada layar Alcatel Flash 2. Akan tetapi, sepertinya layar tersebut belum mendapatkan proteksi dari pelindung anti gores tertentu. Jadi, penggunanya harus memasang screen guard sendiri.

Prosesor

review alcatel onetouch flash 2

Membahas sektor dapur pacu adalah satu hal yang menarik dalam review Alcatel Flash 2. Pasalnya, smartphone ini menggunakan dapur pacu yang cukup baik. Alcatel Flash 2 dibekali dengan prosesor MediaTek MT6753 dengan komputasi 64 bit berserta CPU Octa Core 1.3 GHz Cortex-A53.

Prosesor tersebut menjadi semakin baik ketika dipadukan dengan kartu pengolah grafis dari Mali-T720 MP3. Hasilnya, Alcatel Flash 2 memiliki performa yang tangguh dengan tampilan grafis yang terbilang baik untuk berbagai keperluan.

Memori

Alcatel nampaknya menggunakan standar memori seperti smartphone mid-end pada umumnya. Flash 2 dibekali dengan memori internal 16 GB. Ukuran tersebut sudah lebih dari cukup untuk menyimpan berbagai aplikasi dan data pribadi pengguna.

Namun, jika slot memori internal tersebut dirasa kurang, Anda bisa menggunakan microSD sampai 128 GB untuk mengisi slot memori eksternal smartphone ini. Dapat dipastikan jika Anda tidak akan kekurangan space dengan memori sebesar itu.

Untuk mengimbangi kinerja prosesor yang tangguh dan kegiatan multitasking menggunakan smartphone ini, Alcatel juga membekali Flash 2 dengan RAM sebesar 2 GB. Ukuran RAM ini sudah cukup baik untuk membuat smartphone ini minim lag saat Anda menggunakan berbagai aplikasi dan berselancar di dunia maya menggunakan Alcatel Flash 2.

Kamera

Satu lagi keunggulan dari Alcatel Flash 2 adalah kualitas kamera yang sangat baik. Pada umumnya, smartphone dengan harga terjangkau hanya dibekali dengan kamera belakang 8 MP atau 5MP. Akan tetapi, hal tersebut tidak berlaku pada Flash 2, karena smartphone ini memiliki kamera belakang dengan resolusi 13 MP.

Selain itu, kamera ini juga memiliki berbagai fitur yang lengkap, mulai dari Aperture F/2.0, Samsung S5K3M2 ISOCELL sensor, geo-tagging, phase detection autofocus, 0.3 second to focus, 5P-lens with blue glass optic filter, PIP mode, track mode, 4x digital zoom, live photo mode, panorama, time-lapse mode, HDR gesture shot, hingga multi angle mode.

Kamera smartphone ini dilengkapi dengan dual LED Flash. Kamera tersebut juga bisa merekam video [email protected] Saat merekam video, Anda bisa menikmati fitur seperti Noise Reduction dan Electronic Image Stabilization.


Alcatel Flash 2 juga memiliki kamera depan dengan ukuran yang lebih dari cukup, yakni 5 MP. Kamera depan ini juga dilengkapi dengan OV5648 sensor dan sebuah LED flash agar Anda bisa berfoto selfie di tempat yang minim cahaya.

Konektivitas

Seperti yang sudah disinggung di awal review ini, Alcatel Flash 2  merupakan smartphone yang kompatibel dengan jaringan 4G LTE. Anda bisa mencicipi kecepatan download dari jaringan 4G LTE hingga 150 Mbps dan upload hingga 50 Mbps menggunakan smartphone ekonomis ini. Saat wilayah Anda belum terjangkau dengan jaringan 4G LTE, maka Anda tetap bisa menggunakan Flash 2 di jaringan 2G dan 3G.

Alcatel Flash 2 adalah ponsel Dual SIM dengan dua nomor GSM aktif. Apabila ingin menggunakan Wi-Fi, smartphone ini juga sudah dilengkapi dengan konektivitas Wi-Fi 802.11 b/g/n. Konektivitas lain yang dimiliki ponsel pintar ini adalah Bluetooth v4.0 dan microUSB v2.0.

Baterai

Kejutan lainnya juga datang dari sektor baterai. Ya, Alcatel Flash 2 menggunakan baterai dengan kapasitas yang cukup besar, Li-Ion 3000 mAh. Baterai ini bisa memberi daya untuk smartphone lebih lama. Dengan baterai tersebut, Flash 2 mampu memiliki waktu bicara hingga 25 jam dan waktu siaga sampai dengan 600 jam. Baterai smartphone ini cukup awet, bukan?

Fitur

Fitur lain yang ditawarkan Alcatel Flash 2 adalah layar yang menggunakan sensor Accelerometer, Proximity, dan Ambient Light Sensor. Di samping itu, smartphone yang sudah menggunakan sistem operasi Android Lollipop v5.1 ini juga memiliki radio FM dan RDS. Fitur penunjuk arah dari GPS built-in dan A-GPS juga menyertai Alcatel Flash 2.

Harga

Soal harga, smartphone ini masuk dalam kelas ponsel mid-end berkualitas dengan harga yang sangat terjangkau. Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 1.999.000 saja untuk membawa pulang Alcatel Flash 2 ini.

Alcatel Flash 2 ini cukup menakjubkan, bukan? Harganya yang murah dan spesifikasinya yang cukup baik membuat siapa saja tentu ingin memiliki smartphone ini. Bagi yang tertarik membelinya, ponsel ini rencananya akan dijual secara ekslusif melalui Lazada.

Kelebihan Alcatel Flash 2:
- Mendukung jaringan 4G LTE
- RAM sudah 2GB
- Kamera belakang sangat kaya fitur
- Kamera depan dilengkapi dengan LED flash
- Kapasitas baterai besar

Kekurangan Alcatel Flash 2:
- Baterai tidak bisa dilepas
- Penjualan terbatas via online

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram