Carisinyal / Kumpulan Anti Virus Terbaik Tahun 2014

Kumpulan Anti Virus Terbaik Tahun 2014

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Oktober 2019

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Antivirus merupakan sebuah software yang wajib di instal dalam komputer atau laptop agar aman dan tidak kena virus yang dapat menyebabkan data-data rusak atau hilang. Penggunaan anti virus terbaik sifatnya wajib bagi para pengguna sistem operasi Windows, baik itu yang Windows XP, Windows Vista, Windows 7, maupun Windows 8.

Dengan menggunakan Antivirus, maka PC atau laptop kita menjadi lebih aman dibanding tidak menggunakannya karena virus dapat menjelajah dan berkembang melalui celah-celah yang bisa ditembus pada komputer tersebut dalam waktu sekejap. Apalagi komputer atau laptop yang sering terhubung dengan sambungan internet akan mudah sekali terkena virus.

Menggunakan anti-virus juga penting untuk melindungi PC atau laptop yang sering terhubung dengan internet. Karena saat terhubung dengan internet, banyak sekali situs-situs yang tidak kita ketahui namun membawa bencana dengan menyebar virus ke dalam perangkat yang kita gunakan. Hal serupa juga berlaku jika kita sering mendownload program-program yang ditawarkan gratis dari internet.

Oleh karena itu, untuk membatu agar PC atau Laptop kita kali ini Carisinyal akan mengulas berbagai macam software anti malware dan anti virus terbaik di dunia yang ada saat ini. Kami tidak mengurutkannya berdasarkan kualitas karena masing-masing antivirus memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing sehingga semuanya tergantung kepada kebutuhan pengguna.

Kumpulan Anti Virus Terbaik Tahun 2014

1. Avast! Free Antivirus

Avast merupakan salah satu antivirus yang paling banyak digunakan saat ini, terutama untuk wilayah Eropa dan Amerika. Anti virus ini memiliki tampilan yang sangat sederhana sehingga mudah dioperasikan oleh siapa saja baik itu pemula ataupun pengguna yang sudah mahir.

Salah satu keunggulan yang paling disukai dari Avast adalah sistem update otomatis yang dimilikinya. Avast akan secara langsung melakukan update ketika terhubung ke internet. Selain untuk PC, terdapat juga Avast Free Mobile Security untuk Android yang merupakan aplikasi anti virus Android terbaik untuk saat ini.

2. Avira Free Antivirus

anti virus terbaik avira

Avira merupakan program antivirus dengan tingkat proteksi yang paling kuat di antara yang lainnya. Program ini mampu melindungi PC atau laptop dari Trojan, Spyware, Worm, Adware dan berbagai macam jenis virus dan malware lainnya.

Namun kinerja yang sangat baik tersebut harus mengorbankan performa sebagai kompensasinya. Ya, antivirus ini cukup berat ketika digunakan pada komputer dengan prosesor dan RAM yang rendah. Selain itu, tampilannnya juga tidak terlalu bersahabat seperti Avast.

3. AVG Free Antivirus

Antivirus yang selanjutnya adalah AVG Free Antivirus. Selain antivirus, program ini dibekali dengan berbagai macam fitur mumpuni lainnya seperti scanner email, proteksi terhadap pencurian data, serta LinkScanner Surf-Shield untuk melindungi Anda ketika berselancar di dunia maya.

Meskipun memliki fitur yang cukup banyak, namun kinerja dari AVG ini tidak seberat Avira. Selain itu aplikasi ini juga memiliki tampilan blok kotak-kotak ala Windows 8 sehingga sangat cocok digunakan untuk pengguna Windows 8 atau laptop berlayar sentuh.

4. Norton Power Eraser

anti virus terbaik norton

Norton Power Eraser merupakan salah satu keluarga dari antivirus keluaran Norton. Program ini merupakan versi gratis yang cukup mumpuni untuk menghapus virus yang tidak terdeteksi oleh antivirus lain. Selain itu, program ini juga dapat memberantas virus yang memblokir pengguna ketika menginstal antivirus baru.

Sayangnya, Norton Power Eraser terkadang terlalu agresif hingga menghapus file yang bukan termasuk virus. Agar kinerjanya lebih maksimal, program ini dapat dipakai bersamaan dengan antivirus berbayar Norton 360.

5. BitDefender Antivirus Free Edition

BitDefender juga merupakan salah satu antivirus terbaik pada tahun 2014. Antivirus ini dapat mengunci semua perangkat lunak yang berbahaya secara langsung agar tidak mengancam data-data yang ada dalam PC atau Laptop Anda. Selain itu, antivirus ini juga memiliki fitur anti phising terbaik di kelasnya.


Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh BitDefender adalah ukurannya yang sangat kecil sehingga tidak memberatkan komputer. Anda dapat mengunduh dan menginstalnya dalam waktu yang sangat singkat. Tampilan yang dimilikinya juga cukup simpel dan mudah untuk digunakan.

6. Malwarebytes Anti-Malware Free

anti virus terbaik malware

Software ini sebenarnya bukanlah murni antivirus karena hanya merupakan sebuah anti malware. Malwarebytes Anti-Malware dapat digunakan bersamaan dengan program antivirus lain agar proses perlindungan terhadap malware menjadi semakin baik.

Program ini sendiri memiliki kemampuan yang sangat baik berkat fitur Chameleon. Fitur tersebut dapat menemukan malware yang sangat bandel dan sulit dideteksi oleh program antivirus yang lain. Sayangnya, Malwarebytes tidak memiliki fitur real-time protection yang dapat mendeteksi malware secara langsung.

7. Panda Free Antivirus 2015

Panda Free Antivirus meruapakan progran pembantai virus yang kecil dan juga sederhana. Meskipun kecil namun program ini mampu memberikan perlindungan real time terhadap berbagai macam virus, baik itu di PC ataupun di perangkat eksternal semacam flashdisk dan HDD eksternal. Program ini juga dapat digunakan bersamaan dengan program keamanan yang lainnya.

8. 360 Internet Security

anti virus terbaik 360

360 Internet Security merupakan program antivirus buatan perusahaan asal Tiongkok Qihoo. Qihoo sendiri merupakan perusahaan yang cukup sukses untuk pasaran dalam negeri dan saat ini sedang getol melakukan ekspansi untuk pasar internasional.


Program ini dapat diinstal dengan mudah dan cepat di berbagai PC, termasuk PC yang sudah terinfeksi sekalipun. Beberapa pengujian lab juga sudah membuktikan ketangguhan dari antivirus ini. Selain itu, tampilan yang dimilikinya juga cukup atraktif.

Beberapa fitur non-antivirus juga dimiliki oleh program ini seperti trash clean-up dan memory cleaner. Sayangnya meskipun mengusung nama internet security, namun software ini tidak memiliki fitur spam filter, firewall, dan parental control yang sangat vital bagi keamanan internet.

9. Eset NOD32

Eset NOD32 merupakan antivirus yang cukup ringan apabila diinstal didalam PC atau laptop sehingga tidak memberatkan sistem atau program lain saat digunakan. Kelebihan lainnya, antivirus ini selalu berusaha untuk memperbaiki virus terlebih dahulu tanpa menghapus atau merusak file.

Proses booting antivirus ini juga cukup cepat seperti tidak sedang menggunakan antivirus. Penggunaan resource memroi dan CPU-nya juga tergolong sangat minim. Kelebihan lainnya yaitu terdapatnya fitur anti-spyware, anti-spam, dan firewall.

10. Windows Defender

Semenjak kemunculan Windows 8, Windows Defender menjadi antivirus default yang terdapat pada sistem operasi tersebut secara langsung. Meskipun begitu, Anda tetap harus memilih berbagai antivirus di atas sebelum menggunakan antivirus ini.

Fitur dan kemampuan dari Windows Defender memang menjadi yang paling buruk dibandingkan anti virus di atas. Dengan begitu, jadikanlah Windows Defender sebagai pilihan terakhir jika memang tidak ada antivirus lain yang terpasang di komputer Anda.

Itulah berbagai macam anti virus terbaik yang bisa Anda coba di tahun 2014 ini. Berbagai anti virus tersebut bisa didapatkan secara gratis tanpa mengeluarkan biaya. setiap antivirus tersebut memiliki kelebihan masing-masing yang ditawarkan sehingga Anda dapat memilih mana yang benar-benar sesuai dengan kelebihan Anda.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *