Carisinyal / Aplikasi Bisnis / 10 Pilihan Aplikasi Absensi Karyawan Terbaik Untuk Perusahaan

10 Pilihan Aplikasi Absensi Karyawan Terbaik Untuk Perusahaan

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Januari 2020

Dibanding fingerprint ataupun alat absen konvensional, aplikasi absensi karyawan jauh lebih unggul dan patut dipakai. Praktis, tak memakan banyak biaya, sistem terintegrasi secara otomatis, dan data yang akurat adalah beberapa keunggulan aplikasi absensi karyawan.

Aplikasi absensi karyawan sendiri kini kian menjamur. Beberapa di antaranya yang terbaik akan kami kami rekomendasikan di sini. Berikut adalah beberapa pilihan aplikasi absensi karyawan terbaik untuk kantor.

1. Time Clock Wizard

Time Clock Wizard

* sumber: www.timeclockwizard.com

Time Clock Wizard merupakan aplikasi absensi karyawan keluaran New York, Amerika Serikat. Fitur yang terkandung dalam aplikasi ini cukup lengkap, mulai dari penggantian jadwal hingga jam kerja karyawan.

Aplikasi ini juga memiliki fitur khusus mengenai penggajian. Fitur itu membantu HRD dalam membuat laporan gaji pokok dan uang lembur. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis via Google Play Store dan bisa dipakai untuk jumlah karyawan yang tidak terbatas.

2. TimeTrex

TimeTrex

* sumber: www.capterra.com

Ini merupakan aplikasi absensi yang tidak membatasi jumlah karyawan, waktu, dan/ataupun pengguna. Ada sejumlah fitur menarik dalam aplikasi ini. Salah satunya adalah modul khusus untuk penjadwalan karyawan, penggajian dan perhitungan pajak, serta data absensi karyawan (mencakup lembur dan liburan).

Aplikasi ini akan maksimal jika kamu memakainya di PC, terutama untuk PC Windows, Linux, dan Mac. Kalau dirasa repot, kamu juga bisa memakainya lewat ponsel pintarmu. Kamu bisa mengunduh aplikasi ini di Play Store.

3. Time Clock MTS

Time Clock MTS

* sumber: www.timeclockmts.com

Aplikasi yang satu ini bisa kamu pakai dalam versi gratis maupun berbayar. Aplikasi ini bisa dipakai untuk beragam hal yang berkaitan dengan data dan absensi karyawan, mulai dari permintaan cuti hingga daftar hadir karyawan.

Aplikasi ini bisa kamu atur untuk sejumlah metode absensi, entah itu metode sidik jari maupun webcam. Dalam versi gratis, aplikasi ini bisa membantu HRD mengelola dan melacak tiga orang karyawan.

Bila ingin lebih, kamu bisa meningkatkan ke versi berbayar dengan mengeluarkan kocek sekitar 79 dollar. Adapun untuk mengunduhnya, kamu bisa datang langsung ke situs resminya.

4. PHP Timeclock

PHP Timeclock

* sumber: timeclock.sourceforge.net

Aplikasi yang sudah ada sejak 2006 ini memiliki tampilan yang cukup sederhana. Kendati begitu, aplikasi ini sangat efektif bila digunakan. Tak hanya mendata kehadiran karyawan, aplikasi ini juga dapat membantu HRD untuk melacak waktu kerja, istirahat, dan liburan para karyawan.

Aplikasi ini memiliki fitur reporting yang dapat membantu HRD menggolongkan karyawan berdasarkan indikator tertentu, mulai dari departemen atau divisi yang menaungi mereka, hingga kantor tempat mereka bekerja.

Tak hanya bagi HRD, aplikasi ini juga bermanfaat bagi para karyawan itu sendiri. Lewat aplikasi ini, karyawan bisa mengetahui berapa durasi mereka bekerja, serta kapan mereka masuk dan pulang kantor. Kalau kamu mau memakai aplikasi ini, silahkan langsung saja unduh via alamat ini.

5. CKZ Time Clock

CKZ Time Clock

* sumber: www.ckzinc.com

CKZ sebetulnya hanya sebuah aplikasi time tracking saja. Kendati begitu, aplikasi ini juga cocok dipakai untuk absensi karyawan. Sebagai alat absensi, CKZ mempunyai sejumlah fitur menunjang, mulai dari real-time monitoring karyawan, pelaporan penggajian, hingga penyimpanan data kehadiran karyawan.

Seperti halnya Time Clock MTS, aplikasi ini juga bisa digunakan secara gratis maupun berbayar. Untuk yang gratis, kamu bisa memakainya untuk menangani tiga karyawan saja.

Adapun yang berbayar, kamu bisa menggunakannya untuk menangani semua karyawan di kantor. Syaratnya, kamu harus mengeluarkan kocek sebanyak 499.99 dollar. Untuk mengunduhnya, silahkan datang langsung ke ckzinc.com.

6. KaryaOne

KaryaOne

* sumber: www.karyaone.co.id

Ini adalah salah satu aplikasi absensi karyawan buatan anak bangsa. Aplikasi ini cocok dipakai lewat ponsel pintar maupun PC. Fitur yang dimiliki KaryaOne tergolong banyak. Multi Shifts adalah salah satunya.

Multi Shifts sendiri merupakan fitur yang memudahkan atasan dalam membuat jadwal kerja shift sesuai dengan jam operasional perusahaan.

Tak perlu bingung bagaimana menggunakan KaryaOne beserta fitur-fiturnya. Sebab, KaryaOne dilengkapi tutorial yang membantumu bagaimana cara memaksimalkan aplikasi ini. KaryaOne bisa kamu unduh lewat Google Play Store.

7. AbsenKu

AbsenKu

* sumber: apkpure.com

Ini adalah aplikasi absensi karyawan lainnya yang dibuat oleh putra-putri bangsa. Selain memiliki fitur kehadiran karyawan, aplikasi berbasis PC dan smartphone ini juga punya beberapa fitur unik, mulai dari birthday reminder yang memberikan informasi hari ulang tahun karyawan hingga Kirim Berita yang memberikan informasi terbaru ke karyawan soal hari libur dan cuti.

AbsenKu bisa digunakan secara gratis maupun berbayar. Untuk yang gratis, aplikasi ini bisa dipakai untuk mengelola 20 karyawan. Adapun yang berbayar, bisa dipakai mulai dari 30 hingga 250 karyawan.

AbsenKu berbayar bisa dipakai dalam beberapa varian harga, mulai dari Rp 250 ribu hingga Rp 800 ribu. Seperti halnya KaryaOne, aplikasi ini juga bisa kamu unduh via Google Play Store.

8. Boss Pintar

Boss Pintar

* sumber: www.bosspintar.com

Sebagai aplikasi absensi karyawan, fitur Boss Pintar tergolong berbeda dari yang lain. Validasi Absensi adalah satu contoh fiturnya. Fitur ini membuat perusahaan dapat menentukan di mana karyawan harus melakukan absensi.

Fitur yang terdapat dalam Boss Pintar tak hanya cocok dipakai untuk absensi karyawan semata. Beberapa di antaranya juga bisa dipakai untuk keperluaan perusahaan lainnya. Fitur Mencatat Inventaris Perusahaan salah satunya.

Lewat fitur ini, perusahaan bisa mencatat sejumlah inventaris yang dipunya, serta siapa yang menjadi penanggungjawabnya. Ini tentu sangat membantu perusahaan, terutama saat hendak membuat laporan inventaris tahunan.

Aplikasi ini bisa dicoba secara gratis selama setahun. Sayangnya, aplikasi ini hanya bisa mengelola tiga karyawan saja selama masa percobaannya berlangsung.

Bila ingin lebih, kamu bisa membayar paket 10 karyawan dan 100 karyawan yang dipatok tarif mulai Rp 200 ribuan. Untuk mengunduhnya, kamu bisa langsung mengunjungi Google Play Store.

9. Hadirr

Hadirr

* sumber: dailysocial.id

Hadirr merupakan aplikasi absensi karyawan yang sudah dipercaya sejumlah perusahaan, seperti Pantero, Adira, dan XL Axiata. Sebagian fitur yang ada pada Hadirr juga ada di beberapa aplikasi lainnya. Kendati begitu, bukan berarti Hadirr sama saja seperti yang lain.

Adapun yang membedakan Hadirr dengan yang lain adalah bisa dipakai memantau karyawan dengan mobilitas tinggi. Aplikasi ini tentu cocok untuk perusahaan media atau perusahaan yang karyawannya bekerja dari satu tempat ke lain tempat.

Untuk memakai aplikasi ini, kamu hanya perlu mengeluarkan kocek Rp 10 ribu untuk enam karyawan pertama. Adapun untuk mengunduhnya, kamu bisa langsung mengunjungi Google Play Store.

10. Sleekr

Sleekr

* sumber: sleekr.co

Rekomendasi yang terakhir ini merupakan aplikasi lokal yang tergolong populer. Kelebihan aplikasi ini adalah sistem yang terintegrasi secara otomatis di dalamnya. Sistem itu bisa membantu perusahaan untuk mengirim data secara otomatis.

Aplikasi ini juga memiliki pola shifting yang fleksibel. Pihak perusahaan bisa mengatur pola tersebut sesuai dengan kebijakan yang dimiliki perusahaan. Sleekr juga dilengkapi fitur beragam, seperti Administrasi HR dan perhitungan Pajak PPh 21.

Seperti halnya Hadirr, Sleekr kini juga telah dipakai oleh sejumlah perusahaan ternama, seperti ACT, GoJek, dan IDN Media. Dan seperti halnya Hadirr, kamu pun bisa mengunduh aplikasi ini via Google Play Store.

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi absensi karyawan versi Carisinyal. Kamu bisa mencoba semua aplikasi di atas untuk menentukan mana yang cocok untuk perusahaanmu.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *