carisinyal web banner retina

10 Aplikasi Alarm Terbaik untuk Smartphone Android

Ditulis oleh Listiorini - Diperbaharui 22 September 2021

Alarm sudah ada sejak sebelum smartphone ditemukan. Namun, semenjak ponsel pintar mulai banyak dipakai, maka fungsi alarm pun menjadi lebih maksimal. Kita bisa membuat lebih dari satu alarm untuk menjadi pengingat berbagai kegiatan. Bukan hanya sekedar membangunkan tidur, alarm di smartphone juga bisa dipakai saat memanggang kue, pengingat sebuah kegiatan, dan masih banyak lagi.

Walaupun saat ini sudah ada sejumlah aplikasi pengingat jadwal kegiatan, tapi sebagian orang masih tetap setia menggunakan alarm untuk menjadi pengingat di setiap waktu. Yuk, simak rekomendasi aplikasi alarm terbaik untuk Android dari Carisinyal berikut jika Anda salah satu pengguna setia alarm.

1. Alarmy

Alarmy

Tidak bisa bangun hanya dengan alarm yang mengandalkan nada dering saja? Mungkin saatnya Anda mencoba aplikasi alarm yang paling menjengkelkan ini. Adalah Alarmy yang merupakan aplikasi pintar sekaligus mengesalkan untuk membangunkan seseorang.

Pasalnya, pengguna Alarmy harus mendaftarkan sebuah tempat di rumahnya yang jauh dari kamar tidur, misalnya dapur atau kamar mandi. Untuk mematikan alarm yang berbunyi, mau tidak mau pengguna harus berjalan ke tempat terdaftar dan memotret rumah tersebut.

Merasa bahwa ini terlalu ekstrem? Tak masalah karena Alarmy memiliki cara lain untuk mematikan alarm yang berdering. Pengguna bisa menggoyangkan smartphone-nya atau menyelesaikan soal matematika untuk mematikan alarm. Benar-benar mengesalkan, bukan?

2. Alarm Clock Xtreme

Alarm Clock Xtreme and Timer

Pertama, ada sebuah aplikasi alarm terbaik yang menyenangkan dan bisa bekerja dengan baik. Alarm Clock Xtreme, besutan AVG Labs, memiliki fungsi alarm yang baik, di mana nada alarm akan berbunyi secara perlahan lalu kemudian akan mengeras secara bertahap. Tentu saja aplikasi ini berfungsi untuk membangunkan penggunanya secara alami tanpa membuat mereka kaget.

Di samping itu, aplikasi ini memiliki tombol snooze yang besar sehingga dengan mata setengah terpejam Anda masih bisa menekan tombol tersebut untuk menunda alarm. Alarm Clock juga dibekali dengan fitur pencatat waktu tidur untuk memantau kualitas tidur Anda.

3. Alarm Clock for Me free

Alarm Clock for Me free

Dengan aplikasi Alarm Clock for Me free, penggunanya bisa mendekorasi widget serta tampilan alarm yang ada di layar Android masing-masing. Sebenarnya, aplikasi ini juga sudah menyiapkan beberapa ringtone untuk alarm, namun jika Anda merasa kurang pas dengan ringtone-nya, maka Anda bisa memilih lagu-lagu yang ada di ponsel untuk dijadikan ringtone alarm.

Keunggulan lain yang ada di Alarm Clock for Me free adalah, adanya informasi mengenai cuaca untuk setiap harinya. Yang uniknya, aplikasi ini punya dua cara mematikan alarm, pertama Anda bisa menekan tombol off seperti alarm pada umumnya, dan yang kedua Anda bisa menggoyang-goyangkan ponsel untuk mematikan alarm. Jadi, mana cara yang ingin Anda gunakan?

4. Jadwal Sholat, Kiblat dan Adzan

10 Aplikasi Alarm Terbaik untuk Smartphone Android 4

Khusus bagi Muslim, aplikasi ini cocok bagi Anda yang ingin alarm berupa lantunan adzan. Alarm adzan pada aplikasi ini akan aktif di waktu sholat 5 waktu. Pada waktu subuh, alarm tentunya bisa membantu Anda bangun untuk melaksanakan ibadah.

Jadwal Sholat, Kiblat dan Adzan adalah sebuah aplikasi untuk menghitung waktu sholat berdasarkan dari lokasi Anda yang ada di seluruh Indonesia secara otomatis, dan juga untuk melihat arah kiblat. Aplikasi ini hadir dengan sejumlah fitur dan sejauh ini telah digunakan oleh lebih dari 1 juta Muslim di Tanah Air dan negara lainnya.

Dengan aplikasi ini Anda dapat mengetahui jadwal sholat setiap harinya, mengetahui jadwal Imsak (untuk berpuasa Ramadhan ataupun puasa Sunnah, mengetahui jadwal sholat 30 hari kemudian, dll. Tak lupa ada alarm adzan ketika jadwal sholat yang ada di Indonesia tiba dan lain sebagainya.

5. Simple Alarm Clock Free

10 Aplikasi Alarm Terbaik untuk Smartphone Android 6

Simple Alarm Clock Free adalah aplikasi jam alarm gratis yang dirancang untuk membuat, mengedit, dan menghapus alarm dengan cara termudah. Anda tidak hanya dapat menggunakan alarm untuk bangun di pagi hari, tapi juga untuk mengatur pengingat untuk tugas Anda di siang hari.

Di aplikasi alarm ini Anda dapat mengetik waktu untuk alarm secara langsung. Anda cukup menekan tombol untuk jam dan menit alarm baru Anda langsung di keyboard numerik di layar. Selain gratis, Simple Alarm Clock Free hadir dengan belasan fitur lainnya yang bisa Anda temukan di sini.

6. Alarm Clock Beyond

10 Aplikasi Alarm Terbaik untuk Smartphone Android 8

Dengan aplikasi ini Anda bisa menyetel untuk sekali waktu, mingguan, hingga untuk waktu spesifik. Salah satu fitur yang ditawarkan Alarm Clock Beyond adalah menawarkan banyak cara untuk menghentikan alarm setelah Anda terbangun, seperti dengan matematika captcha, gemetar, berjalan, dan banyak lagi. Seru, bukan?


Selain itu, aplikasi alarm ini juga mendukung pemilihan suara alarm, seperi dengan nada dering, musik, daftar putar lagu, atau radio online. Tak hanya itu, Anda juga dapat menyetel alarm dengan suara dengan mengatakan "Ok Google" lalu setel jadwalnya.

7. Alarm Adzan Otomatis Toppa

10 Aplikasi Alarm Terbaik untuk Smartphone Android 10

Alarm Adzan Otomatis Toppa adalah aplikasi pengingat waktu shalat dengan jadwal shalat dan alarm adzan otomatis 5 waktu. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan Al Quran digital yang bisa diakses secara luring kapan dan di mana saja. Quran digital tersebut juga dilengkapi dengan murotal.

Toppa memungkinkan penggunanya untuk mengganti suara adzan dalam aplikasi dengan suara adzan yang Anda miliki. Aplikasi ini juga dapat bekerja layaknya sosial media lengkap dengan ruang Komentar untuk berbagi pendapat dengan pengguna lain.

8. Clock by Google

10 Aplikasi Alarm Terbaik untuk Smartphone Android 12

Aplikasi ini mungkin sudah terpasang di ponsel Android Anda. Tapi jika belum, Anda bisa memasangnya karena ia dapat digunakan sebagai alarm sederhana.

Anda dapat menyetel alarm, menambahkan penghitung waktu, dan menjalankan stopwatch. Lalu Anda dapat melacak waktu di seluruh dunia menggunakan jam dunia serta mengatur jadwal waktu tidur, mendengarkan suara tidur, dan melihat kalender Anda.

9. Smart Alarm Clock for Heavy Sleepers

Alarm Clock for Heavy Sleepers

Sering kesiangan karena tidak bisa bangun? Sudah saatnya Anda menginstall Smart Alarm Clock for Heavy Sleepers di smartphone Anda. Alarm ini akan membangunkan Anda secara bertahap, mulai dari nada dering yang lembut sampai dengan yang terkeras. Selain itu, Anda juga bisa bangun dengan lagu favorit Anda dan ramalan cuaca real-time setiap hari.

Berpikir untuk mematikan dan menunda alarm? Tidak semudah itu. Pasalnya, untuk menekan tombol snooze di Alarm Clock for Heavy Sleepers Anda harus menyelesaikan tantangan, mulai dari matematika, captcha, Wi-Fi, NFC, barcode, dan sejumlah tantangan lainnya. Alarm Clock for Heavy Sleepers juga akan mencatat hari libur Anda agar aplikasi ini tidak berbunyi pada saat hari libur tersebut.

10. Funny Alarm Ringtones

10 Aplikasi Alarm Terbaik untuk Smartphone Android 15

Susah bangun tidur dengan alarm biasa? Coba saja aplikasi Funny Alarm Ringtones ini. Aplikasi ini menawarkan 100+ suara alarm lucu dan nada dering lucu gratis. Anda dapat memilih alarm lucu yang Anda sukai dengan harapan dapat membantu Anda bangun lebih cepat.

Inilah 10 aplikasi alarm terbaik untuk Anda yang sering terlambat atau kesulitan bangun. Semoga dengan menginstall aplikasi di atas Anda jadi bisa lebih tepat waktu dan tidak kesiangan lagi.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram