Carisinyal / Aplikasi Tools / 10 Aplikasi Alarm Terbaik untuk Smartphone Android

10 Aplikasi Alarm Terbaik untuk Smartphone Android

Ditulis oleh - Diperbaharui 16 Oktober 2018

Alarm sudah ada sejak sebelum smartphone ditemukan. Namun, semenjak ponsel pintar mulai banyak dipakai, maka fungsi alarm pun menjadi lebih maksimal. Kita bisa membuat lebih dari satu alarm untuk menjadi pengingat berbagai kegiatan. Bukan hanya sekedar membangunkan tidur, alarm di smartphone juga bisa dipakai saat memanggang kue, pengingat sebuah kegiatan, dan masih banyak lagi.

Walaupun saat ini sudah ada sejumlah aplikasi pengingat jadwal kegiatan, tapi sebagian orang masih tetap setia menggunakan alarm untuk menjadi pengingat di setiap waktu. Yuk, simak rekomendasi aplikasi alarm terbaik untuk Android dari Carisinyal berikut jika Anda salah satu pengguna setia alarm.

10 Aplikasi Alarm Terbaik di Android

1. Alarm Clock – AVG Labs

Alarm Clock Xtreme and Timer

Pertama, ada sebuah aplikasi alarm terbaik yang menyenangkan dan bisa bekerja dengan baik. Alarm Clock, besutan AVG Labs, memiliki fungsi alarm yang baik, di mana nada alarm akan berbunyi secara perlahan lalu kemudian akan mengeras secara bertahap. Tentu saja aplikasi ini berfungsi untuk membangunkan penggunanya secara alami tanpa membuat mereka kaget.

Di samping itu, aplikasi ini memiliki tombol snooze yang besar sehingga dengan mata setengah terpejam Anda masih bisa menekan tombol tersebut untuk menunda alarm. Alarm Clock juga dibekali dengan fitur pencatat waktu tidur untuk memantau kualitas tidur Anda.

2. AlarmMon

AlarmMon

Sudah dipakai oleh sekitar 25 juta orang dari seluruh dunia membuat AlarmMon menjadi salah satu aplikasi alarm yang terlaris di Play Store. Alarm unik yang satu ini menawarkan berbagai mode alarm, mulai dari alarm berisik, alarm tenang, alarm permainan, alarm video, sampai dengan alarm band idola.

Ada pula fitur Celebrity Alarm di mana Anda akan dibangunkan oleh bintang K-Pop favorit Anda setiap pagi. Penasaran bagaimana serunya mencoba aplikasi yang menyenangkan ini? Yuk, install AlarmMon secara gratis dari Play Store!

3. Alarmy

Alarmy

Tidak bisa bangun hanya dengan alarm yang mengandalkan nada dering saja? Mungkin saatnya Anda mencoba aplikasi alarm yang paling menjengkelkan ini. Adalah Alarmy yang merupakan aplikasi pintar sekaligus mengesalkan untuk membangunkan seseorang.

Pasalnya, pengguna Alarmy harus mendaftarkan sebuah tempat di rumahnya yang jauh dari kamar tidur, misalnya dapur atau kamar mandi. Untuk mematikan alarm yang berbunyi, mau tidak mau pengguna harus berjalan ke tempat terdaftar dan memotret rumah tersebut.

Merasa bahwa ini terlalu ekstrem? Tak masalah karena Alarmy memiliki cara lain untuk mematikan alarm yang berdering. Pengguna bisa menggoyangkan smartphone-nya atau menyelesaikan soal matematika untuk mematikan alarm. Benar-benar mengesalkan, bukan?

4. Good Morning Alarm Clock

Good Morning Alarm Clock

Bukan aplikasi alarm biasa, itulah yang dapat mendeskripsikan Good Morning Alarm Clock. Aplikasi ini bisa membuat kualitas tidur Anda jadi lebih baik dan tubuh menjadi terasa lebih segar. Good Morning Alarm Clock akan memantau sinyal dari tubuh dan membangunkan secara lembut ketika Anda dalam fase ringan.

Aplikasi ini juga mampu menghadirkan lagu-lagu untuk menenangkan Anda ketika hendak tidur. Cara membantu aplikasi ini mendeteksi sinyal tubuh Anda adalah dengan meletakkan ponsel di tempat tidur sehingga aplikasi bisa memonitor gerakan Anda. Good Morning Alarm Clock juga dapat menunjukkan statistik kualitas tidur Anda setiap malam.

5. Puzzle Alarm Clock ⏰

Puzzle Alarm Clock ⏰

Aplikasi yang satu ini cukup unik dan tak biasa jika dibandingkan dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya. Di Puzzle Alarm Clock ⏰, alarm yang Anda atur tidak akan berhenti berbunyi jika Anda belum memecahkan puzzle yang ditampilkan oleh aplikasi. Tenang saja, puzzle yang diberikan tidak sulit, kok, justru puzzle yang ada akan membuat Anda benar-benar terbangun. Menarik, kan?

6. I Can’t Wake Up! Alarm Clock

I Can’t Wake Up

Alasan terbanyak mengapa banyak orang mengandalkan alarm adalah kesulitan bangun. Jika Anda adalah seseorang yang sering mengalami kesulitan bangun, maka Anda perlu menginstall aplikasi I Can’t Wake Up! Alarm Clock Untuk menunda alarm (snooze) Anda harus melakukan delapan kegiatan terlebih dahulu.

Ide dari aplikasi ini sebenarnya untuk mencegah Anda kembali tidur. Anda harus memecahkan sejumlah teka-teki yang harus dipecahkan sebelum Anda bisa menekan tombol snooze. Dengan menggunakan “I Can’t Wake Up! Alarm Clock” di smartphone Anda, dijamin Anda tidak akan terlambat bangun lagi.

7. Alarm Clock for Heavy Sleepers

Alarm Clock for Heavy Sleepers

Sering kesiangan karena tidak bisa bangun? Sudah saatnya Anda menginstall Alarm Clock for Heavy Sleepers di smartphone Anda. Alarm ini akan membangunkan Anda secara bertahap, mulai dari nada dering yang lembut sampai dengan yang terkeras. Selain itu, Anda juga bisa bangun dengan lagu favorit Anda dan ramalan cuaca real-time setiap hari.

Berpikir untuk mematikan dan menunda alarm? Tidak semudah itu. Pasalnya, untuk menekan tombol snooze di Alarm Clock for Heavy Sleepers Anda harus menyelesaikan tantangan, mulai dari matematika, captcha, Wi-Fi, NFC, barcode, dan sejumlah tantangan lainnya. Alarm Clock for Heavy Sleepers juga akan mencatat hari libur Anda agar aplikasi ini tidak berbunyi pada saat hari libur tersebut.

8. Early Bird Alarm Clock

Early Bird Alarm Clock

Satu lagi aplikasi bagus dan terbaik pilihan para editor PlayStore, Early Bird Alarm Clock. Dalam aplikasinya, Early Bird Alarm Clock ini siap menampilkan beragam tema yang menarik. Selain itu, aplikasi ini juga membiarkan penggunanya untuk mengatur alarm sesuai dengan kebutuhan, baik itu untuk pekerjaan ataupun sekedar membangunkan Anda dari tidur.

Dan yang bagusnya, aplikasi yang sudah diunduh oleh lebih dari 12.000 pengunduh ini siap menyajikan suara alarm yang tidak terlalu keras dan cukup bersahabat di telinga. Jadi, Early Bird Alarm Clock punya beberapa suara yang bagus untuk membangunkan Anda. Oh iya, aplikasi ini juga punya fitur untuk mengecek cuaca setiap harinya lho.

9. Sleep as Android

Sleep as Android

Bukan cuma alarm yang bertugas membangunkan penggunanya, Sleep as Android akan menganalisis kualitas tidur untuk mencari masalah tidur yang Anda alami. Aplikasi ini turut memberikan statistik defisit tidur, yakni tidur nyenyak atau mendengkur.

Sleep as Android memberikan dukungan pada Peeble Smartwatch. Anda pun akan dibangunkan dengan playlist lagu Anda atau suara alam seperti burung, lautan, dan angin. Aplikasi Sleep as Android memastikan Anda untuk tidak kembali tidur dengan berbagai metode verifikasi captcha.

10. Timely Alarm Clock

aplikasi alarm terbaik Timely Alarm Clock

Timely Alarm Clock adalah aplikasi alarm yang sukses menjadi viral besutan developer Bitspin. Sebagai alarm, fungsi yang ditawarkan oleh aplikasi ini sebenarnya sangat sederhana. Fitur dasar yang ditawarkan oleh Timely Alarm Clock antara lain adalah pengaturan alarm dan timer.

Di samping itu, pengguna juga dapat melakukan pengaturan nada dering, penggantian tema, dan melakukan tantangan untuk bangun lebih tepat waktu. Yang paling penting, Timely Alarm Clock dapat bekerja dengan baik dan bisa diperoleh secara gratis.

Rekomendasi Aplikasi Lainnya

Selain 10 aplikasi di atas, kami juga masih punya beberapa rekomendasi untuk Anda yang butuh aplikasi alarm. Nah, aplikasi yang direkomendasikan ini juga tidak kalah bagusnya dengan kesepuluh aplikasi sebelumnya. Berikut daftar lengkapnya:

11. Simple Alarm Clock Free

Simple Alarm Clock Free

Sesuai dengan nama aplikasinya, Simple Alarm Clock Free memang menyuguhkan tampilan alarm yang simpel dan sederhana. Meskipun begitu, aplikasi ini juga bisa menjadi pilihan bagus bagi Anda yang butuh alarm di HP. Terlebih lagi, Simple Alarm Clock Free punya fitur di mana Anda tidak bisa sembarang mematikan alarm sebelum Anda benar-benar bangun.

Bukan hanya itu saja, bahkan aplikasi besutan Moula ini punya ringtone alarm yang tidak terlalu menyakitkan telinga. Jadi, suara alarmnya akan dimulai dari suara yang kecil hingga besar. Ada juga fitur vibration di mana HP Anda akan bergetar ketika alarm bunyi.

12. Alarm Clock for Me free

Alarm Clock for Me free

Dengan aplikasi Alarm Clock for Me free, penggunanya bisa mendekorasi widget serta tampilan alarm yang ada di layar Android masing-masing. Sebenarnya, aplikasi ini juga sudah menyiapkan beberapa ringtone untuk alarm, namun jika Anda merasa kurang pas dengan ringtone-nya, maka Anda bisa memilih lagu-lagu yang ada di ponsel untuk dijadikan ringtone alarm.

Keunggulan lain yang ada di Alarm Clock for Me free adalah, adanya informasi mengenai cuaca untuk setiap harinya. Yang uniknya, aplikasi ini punya dua cara mematikan alarm, pertama Anda bisa menekan tombol off seperti alarm pada umumnya, dan yang kedua Anda bisa menggoyang-goyangkan ponsel untuk mematikan alarm. Jadi, mana cara yang ingin Anda gunakan?

13. Alarm Clock – Picsgram

Alarm Clock - Picsgram

Developer Picsgram juga tidak mau kalah dengan menyuguhkan sebuah aplikasi bernama Alarm Clock. Ini merupakan aplikasi gratis di mana penggunanya bisa memilih lagu di ponsel untuk dijadikan ringtone pada alarm. Anda juga dibebaskan untuk memilih tema-tema unik dan menarik yang sudah disediakan Alarm Clock. Jika Anda tertarik, silakan langsung download aplikasinya di sini.

14. Alarm clock – Javier Salmona

Alarm clock - Javier Salmona

Nah, kalau Anda ingin alarm bertema sedikit cute, maka pilih dan download Alarm clock besutan Javier Salmona. Dalam aplikasinya, Alarm clock ini menyuguhkan karakter-karakter binatang yang imut untuk setiap alarm yang Anda atur. Ada karakter binatang burung hantu, kucing, anjing, buaya, serigala, bahkan bebek. Dengan aplikasi ini tentu tampilan alarm tidak akan membosankan, mau coba?

15. Speaking Alarm Clock

Speaking Alarm Clock

Ada lagi, nih, aplikasi bagus untuk alarm, yakni Speaking Alarm Clock. Pada aplikasi gratis kali ini, Anda bukan hanya akan dimudahkan dalam mengatur alarm saja, Anda juga bisa mengatur volume alarm, mau langsung suara alarm yang besar atau dari suara kecil.

Selain sebagai alarm, Speaking Alarm Clock ini juga bisa dimanfaatkan untuk reminder kegiatan penting. Jadi, alarm akan berbunyi dengan diiringi note / memo yang sudah Anda atur sebelumnya. Jadi, aplikasi ini bukan hanya untuk membangunkan, melainkan sebagai reminder juga. Cukup bagus, kan?

Inilah 10 aplikasi alarm terbaik untuk Anda yang sering terlambat atau kesulitan bangun. Semoga dengan menginstall aplikasi di atas Anda jadi bisa lebih tepat waktu dan tidak kesiangan lagi.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar