Yuk, Coba 5 Aplikasi Always on Display Terbaik di HP Android

Ditulis oleh Aris Wibowo

Seiring kian padatnya kegiatan manusia, smartphone pun seakan tidak pernah lepas dari genggaman manusia. 

Hal ini membuat berbagai produsen ponsel terus mengembangkan fitur agar ponsel dapat mempermudah penggunanya meski tengah sibuk bekerja. Salah satunya produsen Samsung yang terus mengembangkan fitur Always On Display pada deretan smartphone terbaru miliknya.

Hadirnya fitur Always On Display atau AOD pada HP Samsung diharapkan membuat pengguna tidak repot lagi melihat kondisi dalam smartphone

Pasalnya, dalam fitur ini terdapat berbagai indikator informasi seperti informasi notifikasi pesan, informasi kalender dan jam hingga status baterai. Fitur ini akan tetap tampil di layar meski smartphone dalam kondisi mati dan terkunci.

Fungsi Always On Display

Always On DisplaySumber: Gearrice

Fitur AOD dikembangkan oleh Samsung untuk digunakan pada panel layar AMOLED, POLED, OLED hingga Super AMOLED Plus. 

Intinya fitur ini hanya digunakan untuk layar OLED. Jadi jangan bingung jika Anda tidak menemukan fitur ini pada ponsel dengan panel layar IPS, TN TFT hingga PLS TFT. Jika bingung soal tipe panel layar ini, silakan simak artikel "Jenis-jenis Layar pada Smartphone".

Menariknya, fitur ini kini tidak lagi hanya hadir untuk ponsel buatan Samsung saja. Beberapa produsen juga sudah mulai mengembangkan fitur atau aplikasi Always on Display terbaik ini di produk-produk smartphone mereka.

Secara mendasar aplikasi Always On Display memiliki fungsi untuk mempermudah pengguna smartphone mendapatkan informasi terbaru dari layar tanpa harus menghidupkan smartphone

Always On Display

Tidak heran banyak pengguna mengaktifkan fitur ini karena dianggap mampu menghemat baterai karena Anda tidak perlu lagi menyalakan ponsel. Memang fungsinya mirip LED notifikasi, namun ini lebih lengkap.

Sayangnya, seiring perkembangan teknologi layar smartphone yang semakin tinggi, baik dari sisi ukuran hingga teknologi, membuat aplikasi Always On Display ternyata menguras baterai.

Hal ini disebabkan AOD bekerja di latar belakang. Kerja AOD juga terus menerus semenjak fitur dinyalakan. Alhasil, fitur ini membuat baterai cepat habis. 

Sejarah Always On Display

always on display color os_

Sebagian dari pengguna smartphone saat ini mungkin beranggapan bahwa Samsung merupakan produsen pertama yang mengembangkan aplikasi bermanfaat ini.

Namun, ternyata Nokia menjadi produsen pertama yang menghadirkan aplikasi Always On Display. Fitur ini muncul pada seri Nokia N86 pada 2009. Kemudian, fitur ini dikembangkan di seri Nokia Lumia pada 2013. 

Sejak 2017, sejumlah produsen seperti Huawei, Motorola, LG, Google Pixel dan Samsung menghadirkan aplikasi Always on Display pada smartphone Android produksinya.

Aplikasi Always On Display Terbaik

Seperti sudah diulas di awal, beberapa produsen sudah mulai mengembangkan aplikasi Always on Display miliknya sendiri. Hal ini juga diikuti beberapa pengembang aplikasi untuk membuat aplikasi AOD yang bisa digunakan di smartphone lain dengan spesifikasi yang berbeda. 

1. Always On AMOLED

Always on AMOLED_

Aplikasi Always on Display terbaik satu ini cocok untuk Anda yang ingin mengakses segala notifikasi di HP dengan cepat dan mudah. 

Aplikasi yang bisa digunakan di smartphone maupun tablet ini menghadirkan tampilan cuaca, memo, waktu, hingga musik yang dimainkan di layar ponsel yang mati. Alhasil, kapan pun dan dimana pun Anda beraktivitas, Anda bisa mengetahui informasi di perangkatmu dengan mudah. 

Aplikasi ini juga menghadirkan berbagai pilihan model AOD, sehingga tampilannya tidak akan membosankan. Anda juga akan mendapatkan berbagai fitur untuk menyalakan layar ponsel dari men- swipe layar, mengetuk layar dua kali dan lain sebagainya. 

Tidak lupa, terdapat juga mode malam dan mode hemat baterai. Mode hemat baterai ini akan membuat aplikasi bekerja lebih optimal menampilkan berbagai informasi tanpa membebani baterai ponsel.

Bila itu belum cukup, aplikasi Always on Display ini juga menawarkan mode saku. Mode ini akan membuat aplikasi mati dan tidak bekerja ketika ponsel dimasukkan ke saku baju atau saku celana. Yang terpenting aplikasi ini bisa Anda download secara gratis di PlayStore.

2. AOA: ALWAYS ON DISPLAY

AOA- ALWAYS ON DISPLAY_

Apapun smartphone milik Anda dan bagaimana pun tipe layar yang digunakan, seharusnya setiap smartphone saat ini sudah memiliki aplikasi Always on Display.

Untungnya, aplikasi bernama AOA: ALWAYS ON DISPLAY memiliki sejumlah fitur keren yang bisa digunakan di sejumlah smartphone dengan spesifikasi rendah sekalipun.

Pengembang aplikasi ini berusaha menghadirkan aplikasi yang tidak terlalu membebani RAM smartphone. Walaupun demikian, informasi yang ditampilkan masih cukup lengkap dan jelas seperti notifikasi pesan, cuaca, kondisi baterai dan lainnya. 

Bahkan dalam aplikasi Always on Display terbaik ini Anda bisa langsung membalas pesan yang masuk. Biar tidak membosankan, terdapat berbagai tema unik dan menarik yang bisa Anda terapkan.

3. Always On Display – AMOLED wallpapers

Always On Display – AMOLED wallpapers_

Aplikasi Always on Display terbaik selanjutnya berusaha membuat pengguna smartphone tidak membuang waktu untuk mengecek notifikasi di smartphone miliknya. 

Maka dari itu, pengembang menghadirkan tampilan aplikasi yang jelas dan fokus pada tampilan notifikasi, baterai hingga memo. Tampilan aplikasi dibuat seminimalis mungkin, namun terang dan jelas. Pengguna pun tidak perlu lagi menyentuh HP mereka, cukup melihat ke arah layar saja. 

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram