10 Aplikasi Android Terbaik untuk Mengasah Kreativitas

Ditulis oleh Listiorini

Bosan dan tidak ada aktivitas yang harus dilakukan? Mungkin Anda bisa memainkan beberapa game Android yang tidak membosankan dari smartphone atau tablet Anda. Namun, jika Anda tidak terlalu suka bermain game, Anda bisa mengasah kreativitas Anda melalui beberapa aplikasi yang tersedia di Google Play Store.

Ada sejumlah aplikasi Android untuk mengasah kreativitas Anda. Bahkan, aplikasi ini sangat bermanfaat karena dapat membuat kerajinan tangan atau bahkan membuat rumah Anda jadi lebih cantik. Carisinyal sudah menyediakan daftar aplikasi tersebut. Penasaran? Yuk, cari tahu jawabannya di sini!

1. Skillshare - Creative Classes

Skillshare - Creative Classes adalah sebuah komunitas pembelajaran online tempat jutaan orang berkumpul untuk mengambil langkah berikutnya dalam perjalanan kreatif mereka. Sejauh ini Skillshare - Creative Classes sudah diunduh lebih dari 1 juta kali di Play Store.

Di dalam aplikasi ini Anda dapat menemukan ribuan kelas inspiratif untuk orang-orang yang kreatif dan ingin tahu, dengan topik seperti menggambar, cat air, kaligrafi, fotografi, desain grafis, ilustrasi, tulisan tangan, desain ikon, desain pola, dan banyak lagi.

Lebih dari itu, di Skillshare - Creative Classes Anda dapat belajar menggunakan alat kreatif populer seperti Procreate, Fresco, Illustrator, dan Photoshop. Anda juga dapat mengembangkan karier atau bisnis Anda dengan kelas kewirausahaan, pemasaran media sosial, produktivitas, dan banyak lagi.

2. Skill Academy by Ruangguru

Ruangguru adalah salah satu platform pendidikan paling populer di Indonesia. Selain aplikasi Ruangguru itu sendiri, mereka juga punya aplikasi pendidikan lain bernama Skill Academy by Ruangguru. Tercatat lebih dari 1 juta pengguna Android telah mengunduh aplikasi ini.

Ini adalah platform pembelajaran online yang menawarkan kursus kaya pengetahuan yang diajarkan oleh para ahli yang telah terbukti di bidangnya. Mereka siap membimbing mahasiswa, first jobbers, dan profesional untuk mengoptimalkan pengembangan pribadi mereka.

3. LinkedIn Learning

LinkedIn dikenal sebagai jejaring sosial profesional terbesar di dunia. Selain LinkedIn itu sendiri, ada aplikasi lain yang telah mereka siapkan bernama LinkedIn Learning, tempat di mana Anda dapat mengembangkan keterampilan Anda dengan menjelajahi lebih dari 16.000 kursus yang dipimpin oleh pakar, gratis atau berbayar.

Di aplikasi ini misalnya, Anda dapat mengikuti kelas pemasaran, mendapatkan pelatihan manajemen, mempelajari desain grafis, mengikuti kursus fotografi, menonton tutorial web dan desain interaktif, dan masih banyak lagi. Anda dapat menonton kursus yang diajarkan oleh pakar dalam kepemimpinan, pemrograman, TI, animasi 3D, dan banyak lagi.

4. Sololearn

Sololearn adalah tempat di mana Anda dapat mempelajari kode-kodean, baik untuk pemula maupun profesional. Di sini Anda dapat memilih dari ribuan topik pemrograman untuk mempelajari konsep pengkodean, memoles pengetahuan pemrograman Anda, atau tetap selaras dengan tren pengkodean terbaru.

Anda akan disambut oleh komunitas pembuat kode yang ramah, di mana dukungan sebaya merupakan bagian penting dari pembelajaran dan pengembangan. Konten pembelajaran baru dibuat oleh komunitas setiap hari, memfasilitasi peningkatan keterampilan pembuat kode yang efisien dan efektif.

5. Kawaii Easy Drawing

Bagi yang punya anak yang suka menggambar Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengembangkan kreativitas mereka di bidang tersebut. Ini merupakan sejenis buku menggambar digital gratis untuk anak-anak. Sebagai aplikasi anak, batas usianya adalah 3+.

Kawaii Easy Drawing menyediakan langkah-langkah animasi untuk menunjukkan kepada anak Anda langkah-langkah rinci dari ribuan gambar kartun lucu seperti gambar unicorn , yang membantu mereka belajar menggambar dengan mudah.

6. Writer Plus (Write On the Go)

Bagi yang punya kreativitas di bidang menulis, aplikasi ini mungkin cocok untuk Anda. Writer Plus adalah aplikasi penulis praktis yang memungkinkan penulis kreatif mencatat poin cepat. Writer Plus sangat cocok untuk menulis catatan, novel, lirik, puisi, esai, draf di ponsel atau tablet Anda.

7. Tasty dan Cookpad

Bagi yang hobinya memasakan, aplikasi Tasty dan Cookpad bisa menjadi rujukan yang bagus untuk resep-resep masak Anda. Ini juga merupakan aplikasi yang mesti ada di ponsel para ibu rumah tangga.

Di Tasty Anda dapat menemukan lebih dari 3000 resep yang dilengkapi dengan mode instruksi langkah-demi-langkah, halaman 'Resep Saya' yang berfungsi sebagai buku masak seluler Anda sendiri, dan alat pencarian inovatif yang memungkinkan Anda memfilter berdasarkan bahan, masakan, dan acara sosial apa pun yang Anda inginkan.

Di Cookpad juga tidak jauh berbeda, di mana setiap hari, orang-orang dengan hobi yang sama berbagi ribuan resep, ide, dan pengalaman memasak. Setiap resep Cookpad telah dibuat, dicoba, dan diuji oleh koki rumahan, sehingga cocok untuk mengembangkan kreativitas memasak Anda.

8. Planter - Garden Planner

Bagi yang punya kebun dan ingin mengembang kreativitas berkebunnya bisa mencoba aplikasi Planter - Garden Planner. Aplikasi ini dapat membantu Anda mengatur taman atau kebun Anda dan pelajari cara menanam sayuran dengan perencana taman ini.

Fitur-fiturnya termasuk informasi tanaman pendamping dan agresif, jadwal berkebun untuk waktu tanam atau pindah tanam, kisi-kisi tata letak taman kaki persegi untuk jarak yang mudah, informasi tentang 50+ buah dan sayuran (dan lebih banyak lagi setiap hari!), dan kemampuan untuk menambahkan tanaman khusus jika favorit Anda belum disertakan.

9. Life Hack Tips - Daily Tips for your Life

Life Hack Tips - Daily Tips for your Life merupakan aplikasi yang berisi banyak tips kehidupan dalam berbagai kategori seperti trik teknologi, kesehatan dan minuman, penghemat uang, dll.

Dengan aplikasi ini Anda dapat mempelajari banyak pengetahuan dan trik untuk membuat hidup Anda lebih mudah dan mungkin lebih bahagia.

Contoh tipsnya adalah sebagai berikut:

  • Minumlah kopi sebelum menambahkan gula, Anda tidak perlu gula sebanyak itu agar terasa manis setelahnya.
  • Menggunakan ponsel saat mengisi daya dapat merusak baterai. Inilah sebabnya mengapa kabel untuk pengisi daya sangat pendek.

10. wikiHow: How To Do Anything

wikiHow: How To Do Anything

Ada pasti sudah sangat familiar dengan wikiHow: How To Do Anything. Situs yang menyediakan ratusan ribu artikel berisi panduan untuk melakukan berbagai hal, termasuk membuat kerajinan tangan dan mendaur ulang bahan bekas, ini memang sangat mendunia.

Kini, wikiHow: How To Do Anything hadir dalam aplikasi Android, sehingga memudahkan Anda untuk mengaksesnya. Di aplikasi ini, Anda bisa belajar mengenai berbagai hal, seperti P3K, memasak, teknologi, kebugaran, hubungan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Rekomendasi Lain

Berikut adalah aplikasi untuk mengasah kreativitas yang kami rekomendasikan lainnya.

1. Wall Decorating Ideas

Wall Decorating Ideas

Jenuh dengan tampilan dinding rumah yang itu-itu saja? Aplikasi Android untuk mengasah kreativitas yang satu ini mungkin bisa membantu Anda membuat tampilan dinding rumah jadi lebih hidup. Wall Decorating Ideas adalah aplikasi yang menyediakan ratusan gambar berupa dekorasi dinding yang sangat cantik.

Tak hanya memanfaatkan wallpaper saja, aplikasi ini juga menyarankan Anda untuk menggunakan stiker atau keahlian Anda dalam melukis. Simpan gambar yang disediakan Wall Decorating Ideas ke smartphone Anda untuk dilihat lagi di kemudian hari. Anda juga bisa membagikan gambar tersebut ke teman-teman Anda.

2. Houzz Interior Design Ideas

Houzz Interior Design Ideas

Sangat menyenangkan jika Anda bisa mendesain rumah sendiri tanpa bantuan dari jasa interior designer. Namun, ternyata mendesain rumah tidak semudah membalikkan telapak tangan. Anda mungkin akan membutuhkan bantuan dari aplikasi Houzz Interior Design Ideas.

Aplikasi desain profesional yang satu ini menyediakan berbagai barang, seperti sofa, meja, coffee table, dan perabot lain untuk langsung diletakkan di simulasi ruangan. Jadi, Anda bisa mengira-ngira apakah perabot tersebut sudah cocok diletakkan di ruangan tersebut. Selain itu, di dalam Houzz Interior Design Ideas juga ada artikel berisi tips dan panduan dari interior designer untuk mendesain rumah Anda.

3. 2000 DIY Ideas

2000 DIY ideas

Setiap orang memiliki kesenian favorit masing-masing. Ada yang suka mendesain ruangan, ada juga yang suka memasak, dan ada pula yang lebih memilih untuk membuat kerajinan tangan. Apapun jenis kesenian yang Anda sukai, Anda bisa mencari inspirasi melalui 2000 DIY Ideas.

Di dalam 2000 DIY Ideas, Anda akan menemukan berbagai inspirasi keterampilan yang bisa Anda lakukan sendiri. Misalnya, Anda bisa memilih menu makanan jika ingin berkonsentrasi untuk menghias makanan, pilih tata busana jika Anda tertarik dalam bidang fashion, atau pilih dekorasi rumah jika Anda ingin mempercantik rumah Anda tanpa perlu bantuan dari interior designer.

4. DIY Food Decoration

DIY Food Decoration

Bukan hanya ruangan saja yang bisa didekorasi, makanan juga bisa didekorasi agar terlihat lebih menarik. Aplikasi Android untuk mengasah kreativitas yang berikutnya adalah DIY Food Decoration. Di mana makanan yang nampak biasa saja akan terlihat menjadi lebih menarik dengan panduan dari aplikasi ini.

Telur rebus biasa bisa dibuat menjadi lebih lucu. Bahkan, anggur hijau bisa disusun agar menjadi berbentuk landak. DIY Food Decoration sangat cocok bagi Anda yang ingin menyajikan hidangan spesial untuk keluarga atau ingin membuka usaha di bidang kuliner.

5. DIY Project

DIY Project

Mengasah kemampuan Anda dalam membuat segala hal yang kreatif kini bisa Anda lakukan dengan hanya bermodalkan smartphone Android. Salah satu aplikasi Android untuk mengasah kreativitas yakni dengan menggunakan DIY Project.

Aplikasi ini mengemas berbagai macam ide kreatif untuk membuat barang-barang yang unik dan menarik. Anda bisa mendapatkan ide-ide kreatif dari DIY Project termasuk cara pembuatannya yang mudah dan terbilang praktis.

Bahkan, Anda bisa mempercantik taman juga rumah Anda dari barang-barang yang sudah terlihat lusuh untuk kemudian Anda buat lebih menarik. Anda mau mencobanya? Download aplikasinya di sini.

Dengan adanya aplikasi Android untuk mengasah kreativitas ini, waktu luang Anda tidak akan terbuang sia-sia. Nah, apakah Anda pernah mengisi waktu luang dengan memanfaatkan aplikasi sejenis ini? Jika pernah, bagikan pengalaman Anda saat menggunakan aplikasi untuk mengasah kreativitas tersebut di kolom komentar.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram