Carisinyal / Virus Android / 20 Aplikasi Anti Virus Terbaik untuk Melindungi HP Android

20 Aplikasi Anti Virus Terbaik untuk Melindungi HP Android

Ditulis oleh - Diperbaharui 13 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Mungkin, tak jarang bagi sebagian pengguna smartphone Android khawatir HP canggihnya akan terserang virus yang bisa menyebabkan kerusakan pada software, lebih parahnya lagi jika sampai kehilangan data ataupun datanya tercuri begitu saja oleh orang tak bertanggung jawab. Namun, Anda bisa mengatasi masalah seperti ini dengan menggunakan aplikasi anti virus pada smartphone Android Anda.

Atas dasar itulah kali ini Carisinyal akan merekomendasikan 10 aplikasi anti virus untuk Android terbaik di dunia. Tidak perlu banyak menghabiskan kapasitas RAM maupun ROM, pasalnya beberapa aplikasi berikut ini juga tergolong ringan untuk digunakan. Mau tahu? Berikut simak ulasan di Carisinyal.

1. Safe Security

aplikasi anti virus 360 Security

Telah diunduh dan dipercaya oleh lebih dari 16 juta pengunduh di PlayStore, aplikasi anti virus terbaik satu ini hadir dengan nama Safe Security. Dalam aplikasinya, Safe Security menjaminkan keamanan untuk para pengguna agar terhindar dari serangan virus yang bisa saja menghinggap di HP Anda.

Safe Security juga mengunggulkan dalam fitur speed Booster dan Cleaner-Lacking yang efektif dan menjamin untuk menghapus caches and junk files. Cukup mudah melakukannya, hanya tinggal satu kali klik dan semua akan bersih tanpa adanya caches and junk files yang akan memberatkan HP.

Tak hanya itu saja, bahkan aplikasi Safe Security ini menyodorkan fitur Smart Battery Saver- Battery di mana para penggunanya tak perlu khawatir akan kehabisan baterai berlebih karena penggunaan aplikasi dari Safe Security. Mudah, praktis, juga gratis. Mau? Download aplikasinya di sini.

2. AVG AntiVirus 2020

AVG AntiVirus 2019

Mungkin aplikasi yang satu ini lebih terkenal untuk anti virus di laptop juga Komputer. Namun kenyataannya Anda juga bisa menikmati keamanan dan terhindar dari virus dengan menggunakan AVG juga di HP Anda lho. dan, kabar baik bahwa aplikasi ini memanglah tidak bayar alias gratis.

Fitur-fitur yang terpasang pada aplikasi satu ini yakni melakukan pemindaian terhadap semua hal yang ada di HP Anda, mulai dari file-file bahkan sampai semua aplikasi yang ada di smartphone. AVG AntiVirus 2019 akan mendeteksi semua virus yang baik sudah ada di dalam handphone maupun yang mencoba masuk untuk menyerang handphone Anda.

Tak hanya melakukan scanning pada file dan aplikasi saja, AVG AntiVirus 2019 juga akan menjamin keamanan ketika pengguna tengah menikmati berselancar di internet. AVG akan memindai website mana saja yang berpotensi virus. Cukup terbilang aman juga praktis. Download di sini aplikasinya.

3. Avast Antivirus

Avast Antivirus

Menjanjikan keamanan dan melindungi HP Anda dari virus-virus yang akan mengganggu kinerja smartphone Android yang Anda miliki, aplikasi Avast Antivirus 2018 juga akan melakukan pemindaian/scanning secara otomatis ketika Anda sedang berselancar di internet.

Hal itu dilakukan agar para pengguna aplikasi Avast Antivirus tidak akan terserang virus apapun, baik malware ataupun Trojan sekalipun. Bahkan, fitur yang tersemat pada aplikasi ini juga mampu mendeteksi pencuri HP Anda lho.

Dengan fitur Anti-Theft, Avast Antivirus secara diam-diam akan memotret dan juga merekam suara sang pencuri ketika tiba-tiba HP Anda mengganti SIM Card. benar-benar aman untuk HP Anda bukan? Klik di sini untuk download aplikasinya.

4. Avira Antivirus 2020

Avira Antivirus Security 2019

Avira Antivirus Security 2019, sebuah aplikasi yang bisa diandalkan untuk melindungi ponsel Anda. Aplikasi ini menyuguhkan keamanan untuk semua data yang ada pada smartphone Android Anda. Baik itu data berupa foto, video, note, bahkan sampai kontak-kontak yang ada di HP.

Avira Antivirus Security 2019 akan melindungi smartphone Anda dari serangan virus seperti spyware juga malware. Namun, jika Anda sudah terlanjur kehilangan data, Avira Antivirus Security 2018 juga akan membantu melacak keberadaan data yang hilang karena tak jarang virus menyerang HP namun datanya menjadi tercecer di folder lainnya.


Aplikasi yang diusung oleh pihak developer AVIRA ini bahkan akan memperlihatkan dan memberikan pemberitahuan jika ada aplikasi yang berpotensi memiliki virus. Aplikasi Avira Antivirus Security 2019 tersedia gratis dan juga ada yang berbayar. Jika Anda menginginkannya, klik di sini untuk download aplikasi.

5. dfndr security

dfndr security

Tahukah Anda bahwa situs-situs palsu banyak bertebaran di internet? Hacker sudah ahli membuat situs palsu terlihat asli, sehingga siapapun bisa terpedaya untuk memasukkan data pribadi yang sensitif. Anda membutuhkan aplikasi anti virus seperti dfndr security yang senantiasa mendeteksi serangan malware dan upaya-upaya hacker lainnya.

Aplikasi dfndr security akan memonitor ponsel Anda selama 24 jam 7 hari tanpa henti untuk menjaga credentials agar tidak jatuh ke tangan orang jahat.

Tersedia juga fitur alert yang akan memberitahukan Anda setiap kali ada upaya penyusupan pencurian data ataupun orang jahat yang berusaha masuk ke WhatsApp Anda. Masih banyak keuntungan lainnya yang bisa dirasakan, yuk coba sendiri dengan mengunduhnya di sini!

6. Kaspersky

Kaspersky

Aplikasi anti virus terbaik lainnya hadir dengan nama Kaspersky. Aplikasi ini juga disokong dengan fitur yang tentunya akan mendeteksi keberadaan virus. Kaspersky akan mendeteksi dengan fitur background check untuk mengetahui posisi virus-virus yang ada.


Tak hanya mendeteksi saja, bahkan HP Anda akan terlindungi dengan adanya fitur Antivirus Protection. Fitur untuk melacak keberadaan handphone pun terpasang pada aplikasi besutan Kaspersky Lab ini. Gratis, praktis, pasti aman, mau? Klik di sini untuk langsung download aplikasinya.

7. Lookout

Lookout

Aplikasi Lookout dapat dinikmati oleh para pengguna Android dan pastinya untuk melindungi Android Anda. Aplikasi ini menawarkan sejumlah kemudahan dan keamanan untuk HP Anda. Dalam fiturnya, aplikasi Lookout akan selalu melakukan pemindaian secara terus menerus untuk selalu memastikan HP Anda bersih dari virus.

Selain itu juga, fitur untuk mencari keberadaan HP yang hilang pun disematkan oleh sang developer pembuat aplikasi. Tak perlu khawatir akan kehilangan semua data, pasalnya Lookout akan melakuakn backup data yang ada di HP Anda. Cukup aman bukan? Download aplikasi Lookout AntiVirus di sini.

8. Mobile Security

Mobile Security

Mungkin aplikasi ini juga lebih dikenal untuk anti virus yang ada di PC. Mobile Security sebuah aplikasi yang dilengkapi dengan fitur scanning untuk melakukan pencarian virus yang mungkin bersarang pada HP.

Mobile Security akan memindai file-file bahkan web yang Anda kunjungi. Secara otomatis, Mobile Security akan melakukan blokir terhadap website yang berpotensi memiliki virus. Bahkan saat Anda asik menggunakan Wi-Fi pun aplikasi ini akan tetap menjaga Anda dari virus. Bagaimana, Anda tertarik? Klik di sini untuk download anti virusnya.

9. Norton Mobile Security

Norton Mobile Security

Setelah sekian lama mendulang sukses sebagai salah satu anti virus teraman pada PC, kini Norton pun merambah dunia ponsel. Nama besar Norton sungguh tidak perlu diragukan lagi, Anda tinggal perlu menginstalnya dan biarkan aplikasi bekerja untuk melindungi ponsel Anda dari aplikasi-aplikasi yang berisikan malware.

Norton Mobile Security akan mendeteksi celah-celah pada sistem operasi dan memberikan proteksi yang memperkuat sisi keamanan pada ponsel. Bagi Anda yang terhubung pada koneksi WiFi umum juga tak perlu khawatir karena Norton akan memberikan alert jika ada middle man yang mengintip aktivitas berselancar Anda.

Yang lebih menguntungkannya lagi, Norton Mobile Security bisa mendeteksi aplikasi-aplikasi “nakal” seperti fintech dan aplikasi pinjaman online ketika mereka berusaha mengakses kontak pribadi tanpa persetujuan Anda. Jangan korbankan sisi privasi, yuk unduh Norton Mobile Security di sini!

10. ESET Mobile Security & Antivirus

Mobile Security & Antivirus

Ingin HP Android Anda jauh dari virus? Atau Anda butuh aplikasi yang bisa menghapus virus dan mencegah virus datang? Nah, pilihan yang tepat jika Anda mendownload aplikasi Mobile Security & Antivirus. Ini adalah aplikasi yang tidak hanya me-lock ponsel Anda, tapi juga siap memproteksi HP dari ancaman virus.

Di sini, Mobile Security & Antivirus akan melakukan scanning pada HP dan bisa menemukan virus yang bersarang pada HP, jika ada virus. Virus seperti malware pun dapat dicegah dengan melakukan scanning menggunakan aplikasi Mobile Security & Antivirus. Mau coba?

11. Web Security Space

Dr.Web Security Space

Tersedia secara gratis untuk masa trial 14 hari, setelahnya Anda bisa membayar $9.99 per tahun atau jika dirupiahkan sekitar 1,3 juta pertahun. Aplikasi Dr.Web Security Space ini akan selalu melakukan scanning terhadap file-file di HP Anda juga aplikasi yang digunakan.

Dr.Web Security Space juga akan membeberkan keberadaan virus yang menyerang HP bahkan sebelum virus menyerang, Dr.Web Security Space akan mendeteksinya untuk Anda. Tergolong aplikasi yang ringan, Dr.Web Security Space mengandalkan kapasitas baterai rendah untuk penggunaannya. Mau menggunakannya? Download aplikasinya di sini.

12. TotalAV Antivirus

TotalAV Antivirus

Aplikasi yang menggabungkan anti virus dan berbagai fitur optimasi HP? Mengapa tidak? Inilah TotalAV Antivirus yang tidak hanya membuat ponsel Anda aman, melainkan juga meningkatkan performa dengan menghilangkan file-file yang sudah tidak terpakai dan mengosongkan RAM agar ponsel tidak lemot.

Fitur-fitur optimasi ini yang cukup membuat aplikasi ini unggul, termasuk di antaranya mengunci aplikasi menggunakan PIN atau pattern, fitur browser bawaan yang aman, serta VPN. Bagaimana? Aplikasi TotalAV Antivirus ini sungguh serba bisa, bukan?

13. Bitdefender

Bitdefender

Hadir sebagai aplikasi anti virus yang ringan namun tetap aman. Bitdefender menyuguhkan keamanan dengan melakukan pemindaian pada HP para pengguna aplikasinya untuk mendeteksi virus-virus yang kemungkinan bersarang pada smartphone.

Tak hanya itu saja, Bitdefender juga mengklaim dapat menemukan dan menghapus virus 99%. Bahkan Bitdefender telah menyiapkan fitur dimana penggunanya tak perlu khawatir akan kehabisan baterai dan kapasitas ROM maupun RAM, pasalnya aplikasi ini akan bekerja cepat juga optimal tanpa menghabiskan semua yang ada di HP. Tertarik? Download aplikasinya di sini.

14. Malwarebytes Security

Malwarebytes Security

15. V3 Mobile Security

V3 Mobile Security

Siapa yang ingin ponselnya menjadi lemot karena anti virus? Makanya, gunakan saja V3 Mobile Security yang diklaim menyedot daya CPU lebih sedikit ketimbang aplikasi anti virus lainnya. Tidak itu saja, V3 Mobile Security juga tidak menguras baterai terlalu banyak, lho!

Menggunakan aplikasi ini untuk memindai juga sangat mudah, hanya diperlukan sekali tap dan V3 Mobile Security akan berusaha mendeteksi status perizinan dari penginstalan aplikasi yang tidak diketahui sumbernya serta upaya-upaya lainnya untuk membuat ponsel aman.

Selain proteksi dari malware, V3 Mobile Security juga memiliki fitur optimasi yang membuat ponsel terasa lebih “segar”. Oh iya, aplikasi ini juga menyediakan filter anti sinar biru supaya mata Anda tidak mudah lelah walau menatap layar HP lama-lama. V3 Mobile Security bisa dimiliki secara gratis melalui link ini.

16. Sophos Intercept X for Mobile

Sophos Intercept X for Mobile

Beberapa anti virus mengharuskan Anda untuk membayar biaya langganan jika ingin merasakan keseluruhan fiturnya, contohnya seperti Norton. Nah, kalau Anda ingin mendapatkan anti virus yang sepenuhnya gratis, Sophos Intercept X for Mobile ini merupakan salah satu pilhan yang terbaik.

Dengan aplikasi anti virus ini, Anda tidak perlu khawatir jika ada aplikasi yang akan mencuri data Anda. Sebab, aplikasi ini akan selalu mencegah malware yang bisa menyakiti sisi keamanan ponsel. Selain itu Sophos Intercept X juga dapat memberitahukan aplikasi-aplikasi mana saja yang memiliki akses pada data pribadi Anda.

Terlalu banyak mendaftar akun pada medsos atau email? Anda bisa memberikan password yang beragam tanpa khawatir lupa, karena sudah tersedia pula fitur yang akan menjaga semua data akun Anda.

17. Antivirus Android: Security Systems Lab

Antivirus Android Security Systems Lab

Di saat aplikasi anti virus sedang memindai keseluruhan ponsel, sebaiknya ponsel jangan digunakan dulu agar prosesnya tidak terganggu. Nah itulah pentingnya memiliki anti virus yang bisa memindai dengan sangat cepat agar keseharian Anda tidak terganggu. Ada aplikasi bernama Antivirus Android yang hanya memerlukan beberapa detik saja untuk memindai.

Selain itu, aplikasi ini juga tidak hanya memindai keseluruhan ponsel untuk mencari adanya kemungkinan malware, melainkan juga isi microSD yang terpasang. Tertarik? Miliki aplikasinya pada link ini.

18. Webroot Mobile Security & Antivirus

Webroot Mobile Security & Antivirus

Kadang beberapa anti virus tetap memerlukan penggunanya untuk turun tangan, seperti melakukan scan secara manual dan sebagainya. Berbeda dengan Webroot Mobile Security & Antivirus yang sungguh akan bekerja secara mandiri untuk menjaga ponsel dari serangan malware dan situs-situs spam. Ini adalah cara yang effortless dan menyenangkan untuk memperkuat sisi keamanan pada ponsel.

19. SAFE Internet Security: F-Secure Corporation

SAFE Internet Security F-Secure Corporation

SAFE Internet Security: F-Secure Corporation adalah sebuah aplikasi anti virus kaya fitur yang tak hanya menjaga ponsel dari serangan malware, tapi juga menawarkan fitur parental control dan Phone Finder, semua dikemas dalam segi antarmuka yang memudahkan penggunanya.

Walau Anda sudah menyetel Google FindMyPhone, tidak ada salahnya menggunakan fitur Finder di aplikasi ini sebagai tambahan. Oh iya, aplikasi ini juga akan mengenali aplikasi mana saja yang bisa mengakses data pribadi sehingga Anda memiliki kontrol yang lebih atas privasi Anda. Ada pula safe browser yang membuat kegiatan berselancar dan berbelanja menjadi lebih aman. Miliki SAFE Internet Security pada link ini.

20. Mobile Security & Antivirus: Trend Micro Incorporated 趨勢科技

Mobile Security & Antivirus Trend Micro Incorporated 趨勢科技

Untuk menghadirkan pengalaman berbelanja online yang aman dan nyaman, Mobile Security & Antivirus yang dikembangkan Trend Micro Incorporated 趨勢科技 memiliki algoritma yang bisa mencegah hal-hal berbahaya seperti ransomware.

Bahkan setiap kali Anda hendak menginstal aplikasi baru baik itu dari Google Play Store maupun sumber lain, anti virus ini akan memindainya terlebih dahulu untuk menghindari kemungkinan malware. Fitur lainnya juga cukup banyak, seperti VPN, pemindaian privasi pada Facebook, serta mampu mengambil foto orang lain yang berusaha menyusupi ponsel Anda secara diam-diam.

Itulah 20 rekomendasi dan pilihan aplikasi anti virus terbaik yang bisa Anda gunakan di ponsel cerdas berbasis Android. Semua aplikasi di atas akan selalu menjamin keamanan sesuai dengan kebutuhan Anda. Mana aplikasi yang cocok untuk Anda?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

3 Responses

  1. bersih aplikasi virus/aplikasi kadarwarsa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *