carisinyal web banner retina

Daftar Aplikasi Bawaan atau Bloatware di HP realme

Ditulis oleh Adam Duta Dwiguna

Sebagai HP yang berstatus baru, sudah pasti HP tersebut memiliki berbagai jenis aplikasi bawaan. Aplikasi tersebut biasanya langsung terpasang dengan sendirinya. Hal tersebut cukup wajar untuk sebuah HP baru, termasuk HP realme.

Aplikasi-aplikasi yang sudah terpasang tersebut disebut sebagai Bloatware. Bloatware sendiri diartikan sebagai perangkat lunak (software) atau aplikasi bawaan. Untuk sebagian orang, mungkin aplikasi-aplikasi tersebut dianggap mengganggu, terlebih lagi karena malah memakan ruang penyimpanan.

Namun, beberapa aplikasi bawaan tersebut sebenarnya memiliki fungsi atau kegunaan untuk kinerja sebuah HP. Maka dari itu, terdapat beberapa aplikasi yang tidak boleh atau tidak bisa dihapus. Sebab, jika aplikasi tersebut dihapus, maka akan terjadi kerusakan atau malfungsi pada HP tersebut.

Lantas, apa saja kira-kira aplikasi bawaan yang ada di HP realme? Lalu apa fungsi dari aplikasi tersebut? Berikut adalah beberapa daftar aplikasi bawaan atau Bloatware HP realme beserta fungsinya. Simak sampai habis, ya.

Daftar dan Fungsi Aplikasi Bawaan realme

realme Narzo 50 5G

Kini, realme sudah memiliki antarmukanya sendiri yaitu realmeUI. Namun, realmeUI ini belum benar-benar berdiri sendiri, tetapi dikembangkan berdasarkan ColorOS 7. Dengan begitu, aplikasi bawaan atau Bloatware di HP realme tidak semuanya berasal dari realmeUI saja, tetapi juga berasal dari ColorOS. Berikut adalah beberapa Bloatware di HP realme.

  • Telepon

Aplikasi ini tentu berfungsi untuk melakukan sebuah panggilan menggunakan kartu provider yang digunakan. Anda juga bisa melakukan panggilan menggunakan kode khusus dari provider. Kemudian, Anda bisa melihat aktivitas panggilan yang telah terjadi. Berdasarkan fungsinya, aplikasi ini tidak bisa dihapus dari HP realme Anda.

  • Pesan

Aplikasi ini berfungsi untuk melakukan percakapan dalam bentuk SMS atau MMS. Sama seperti aplikasi telepon, aplikasi ini juga tidak bisa dihapus dari HP Anda.

  • Browser

Aplikasi ini memiliki fungsi untuk mengakses atau mengunjungi situs web di internet. Untuk menggunakannya, Anda membutuhkan kuota internet atau WiFi. Sebenarnya, aplikasi bawaan ini bisa dihapus, sebab ada aplikasi lain yang mirip seperti Browser yang bisa digunakan.

  • Galeri

Aplikasi ini tentu saja memiliki fungsi untuk menyimpan berbagai file seperti foto, video, atau GIF. Meski ada aplikasi lain yang bisa menggantikan Galeri, ada baiknya tidak menghapus aplikasi bawaan ini agar tidak terjadi kerusakan pada HP atau file di dalamnya.

  • Kamera

Sudah sewajarnya sebuah HP memiliki aplikasi kamera bawaan. Aplikasi ini bisa Anda gunakan untuk memotret atau merekam peristiwa di sekitar Anda. Aplikasi bawaan ini tidak bisa dihapus dari HP realme Anda.

  • App Market

Aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi alternatif untuk mencari dan mengunduh aplikasi lainnya. Sebagai aplikasi bawaan, tentu aplikasi ini sangat aman untuk digunakan. Hanya saja , tidak jarang aplikasi ini menampilkan iklan sehingga pengguna sering terganggu. Namun, Anda bisa menghapus aplikasi ini dan menggunakan aplikasi lain sebagai alternatifnya.

  • Pengaturan

Aplikasi bawaan ini sangat berguna untuk mengatur berbagai sistem yang ada di HP.

aplikasi bawaan hp realme
  • Jam

Sesuai namanya, aplikasi ini berfungsi untuk menunjukkan keterangan waktu. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan fitur stopwatch, timer, dan sebagainya.

  • Pengelolaan Telepon

Aplikasi ini sebenarnya memiliki fungsi yang bagus untuk HP realme Anda. Aplikasi ini bertugas untuk mengelola HP Anda dengan membersihkan penyimpanan, memindai virus, mengatur aplikasi, dan sebagainya. Anda bisa menghapus aplikasi ini, tetapi itu akan berisiko terhadap keamanan HP realme Anda.

  • File Saya

Aplikasi ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan Galeri. Namun, aplikasi ini memiliki fungsi lebih banyak. Anda bisa menyimpan berbagai jenis file di dalam aplikasi ini, mulai dari foto, video, dokumen, audio, dan sebagainya.

  • Kontak

Aplikasi ini memiliki fungsi untuk menyimpan kontak yang berisi nomor HP, nomor kantor, alamat, dan sebagainya. Karena memiliki fungsi yang cukup penting, aplikasi ini tidak bisa dihapus dari HP realme Anda.

  • Perekam

Aplikasi perekam ini bisa Anda gunakan untuk merekam suara saja. Anda bisa menyimpan, mendengar, dan membagikan hasil rekaman audio tersebut. 

  • Kompas

Aplikasi ini memiliki fungsi yang cukup penting untuk pengguna yang membutuhkannya. Sebab, aplikasi ini bisa membantu dalam menunjukkan arah, menentukan koordinat, dan sebagainya.

  • Kalkulator

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini memiliki fungsi sebagai kalkulator. Anda bisa menggunakannya sebagai alat penghitung angka atau bilangan yang tersedia di dalam aplikasi tersebut.

  • Clone Phone

Aplikasi satu ini memiliki fungsi yang cukup menarik. Anda bisa melakukan transfer data dengan cepat dan aman dengan perangkat lain. Data yang dikirim tersebut bisa berupa kontak, pesan, data sistem, aplikasi, dan sebagainya.

  • Kunci Layar

Aplikasi satu ini berfungsi untuk mengunci layar HP realme Anda. Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk menghemat kondisi tombol power atau jika tombol tersebut sudah tidak berfungsi.

  • ORoaming

Aplikasi ini memiliki fungsi yang sangat berguna, terutama bagi Anda yang sering bepergian ke luar negeri. Sebab, aplikasi ini akan menyediakan paket data dari operator lokal di berbagai negara. Dengan begitu, Anda bisa mengakses internet di negara tersebut tanpa kartu SIM.

  • Cuaca

Aplikasi ini memiliki fungsi untuk memberikan penggunanya mengenai cuaca. Aplikasi ini juga memberikan sebuah prediksi cuaca satu atau dua hari ke depan.

  • Musik

Jika aplikasi Galeri hanya bisa menyimpan foto dan video, aplikasi Musik ini justru hanya bisa menyimpan file musik atau audio saja. Namun, untuk menyimpan musik ke dalam aplikasi ini, Anda harus mengunduhnya terlebih dahulu di internet.

  • Video

Masih mirip dengan aplikasi sebelumnya, aplikasi ini bisa digunakan untuk memutar file video yang ada di HP realme Anda. Sama seperti aplikasi musik, Anda harus mengunduh video atau merekam langsung agar bisa diputar di aplikasi ini.

  • Toko Tema

Aplikasi ini bisa digunakan untuk mencari dan mengunduh tema baru yang Anda sukai. Di dalamnya terdapat berbagai tema tersedia yang bisa Anda terapkan ke HP realme Anda.

  • Game Center

Aplikasi ini sangat berguna terutama untuk Anda yang sering bermain game. Aplikasi ini berfungsi untuk mengelola semua game Anda di satu tempat. Selain itu, aplikasi ini juga akan mengatur update dari game-game tersebut. Bahkan, aplikasi ini bisa memberikan notifikasi untuk game terbaru yang bisa diunduh.

Sayangnya, hal itu justru akan mengganggu bagi sebagian orang. Namun, Anda bisa menghapus notifikasi dari aplikasi ini, atau bahkan menghapus aplikasinya.

  • Game

Berbeda dari aplikasi sebelumnya, aplikasi ini memiliki fungsi untuk mengoptimalkan performa HP ketika menjalankan game tertentu. Anda juga bisa terbebas dari notifikasi yang mengganggu ketika bermain game jika menggunakan aplikasi ini.

  • Community realme

Aplikasi ini merupakan forum komunitas resmi dari realme. Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengajukan pertanyaan atau menerima panduan mengenai HP realme. Dengan bergabung di aplikasi ini, Anda akan menjadi bagian dari keluarga realme.

  • realme Store

Aplikasi ini merupakan toko resmi dari realme. Aplikasi ini juga akan memberikan berita mengenai produk dan item dari realme secara langsung.

  • HeyFun

Aplikasi ini bisa digunakan untuk memainkan banyak game gratis tanpa harus mengunduhnya terlebih dahulu. Menariknya, di dalam aplikasi ini memiliki banyak aplikasi ringan mulai dari game balap, menembak, dan sebagainya.

  • Glance for realme

Aplikasi ini memiliki fungsi yang cukup menarik untuk hal tampilan layar. Dengan aplikasi ini, wallpaper pada halaman layar kunci Anda bisa berganti-ganti secara otomatis. Hal ini cukup menarik agar tampilan HP Anda tidak itu-itu saja.

  • Global Search

Aplikasi ini berfungsi sebagai search engine yang akan menyediakan informasi berdasarkan kata kunci yang dimasukkan. Anda juga bisa memasuki berbagai situs web melalui aplikasi ini dengan mudah.

  • OPPO Clone Phone

Aplikasi satu ini memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda dengan Clone Phone. Sebab, Anda bisa HP realme Anda dengan HP lain melalui kode QR. Setelah itu, Anda bisa melakukan transfer data dan file dengan mudah.

Aplikasi Pihak Ketiga

aplikasi bawaan hp realme

Selain aplikasi bawaan dari HP realme atau sistem antarmukanya, terdapat beberapa aplikasi pihak ketiga yang sudah terpasang secara otomatis. Aplikasi tersebut hadir sebagai aplikasi bawaan atau sekadar memenuhi kadar TKDN sebuah HP.

Bisa dibilang apliikasi ini adalah aplikasi bloatware. Di realme narzo 50 5G, ada berbagai macam aplikasi pihak ketiga semacam Facebook, Lazada, TikTok, Snack Video, Baca Plus, Shopee, Hello, dan sebagainya. Aplikasi-aplikasi ini boleh dicopot atau dihapus, kok.

Untuk HP realme lain, mungkin aplikasinya tidak sama. Malah untuk HP kelas atas, bloatware yang hadir biasanya sedikit.

Nah, itulah beberapa aplikasi bawaan atau bloatware yang ada di HP realme. Aplikasi-aplikasi bawaan tersebut kadang mengganggu karena sering menampilkan iklan di dalamnya. Tidak jarang pengguna HP realme justru menghapus beberapa aplikasi bawaan tersebut.

Jika Anda juga ingin menghapus beberapa aplikasi bawaan, Anda harus benar-benar paham fungsi dari aplikasi tersebut. Sebab, jika salah menghapus aplikasi bawaan, HP realme Anda memiliki potensi mengalami kerusakan atau malfungsi di dalam sistemnya.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram