carisinyal web banner retina

5 Aplikasi Belajar Bahasa Korea Terbaik di Android

Ditulis oleh Jihan Fauziah
ARTIKEL INI ADA VERSI INGGRISNYA!
Jika meng-update artikel ini, WAJIB tulis link-nya di sheet ini

Apakah Anda salah satu dari sekian banyak orang yang tertarik untuk mempelajari bahasa Korea? Tenang, ada banyak cara untuk mempelajarinya. Selain mengikuti kelas bahasa, Anda bisa memanfaatkan situs web ataupun aplikasi di smartphone. Anda dapat menemukan aplikasi belajar bahasa Korea yang cocok untuk anda dengan mudah tentunya.

Nah kali ini, saya akan membahas beberapa aplikasi belajar bahasa Korea terbaik di Android yang dapat Anda gunakan untuk mempelajari bahasa Korea kapan saja dan di mana saja. Kira-kira aplikasi belajar bahasa Korea apa saja yang cocok untuk Anda? Check this out!

1. Cake

cake-kor

Untuk Anda yang ingin belajar bahasa Korea dengan menyenangkan, saya rekomendasikan Cake. Aplikasi ini menyediakan materi pembelajaran khusus pemula. Anda akan disuguhi materi video dan audio untuk belajar pengucapan dalam bahasa Korea.

Menariknya, materi soal cara pelafalan ini dipersembahkan dalam bentuk yang unik. Anda yang suka K-POP dan K-Drama pasti bakal senang dengan aplikasi ini. Ya, Cake sendiri memakai cuplikan K-drama sebagai contoh dalam materi belajarnya. Ada pula video-video dari para member boy band atau girl band K-POP yang dipakai sebagai sampel.

Bukan cuma cocok buat beginner, Cake pun pas dipakai oleh Anda yang sudah cukup mahir berbahasa Korea. Materi di sini dipisahkan berdasarkan kemampuan Anda masing-masing, ya.

Sebagai catatan, Cake hanya menyediakan materi berbahasa Inggris untuk pelajaran bahasa Koreanya. Namun, untuk bahasa lain seperti bahasa Inggris, tersedia materi pembelajaran berbahasa Indonesia.

Serupa dengan DuoLingo, di Cake ada sistem 'nyawa' yang ditandai dengan ikon hati. Satu video biasanya 'dihargai' satu nyawa. Tertarik buat coba Cake?

Hal yang saya suka dari Cake:

  • Belajar bahasa Korea interaktif dan menyenangkan dengan video dari idol K-POP
  • Ada materi pembelajaran untuk pemula yang ingin belajar bahasa Korea dari nol
  • Materi kuis yang beragam, bisa review progres belajar dengan banyak latihan

Hal yang perlu diperhatikan dari Cake:

  • Jumlah hati terbatas, harus nonton iklan untuk dapat hati gratis
  • Beberapa materi hanya tersedia untuk pengguna yang berlangganan Cake PLUS
  • Materi terbatas pada bahasa Inggris ke bahasa Korea, belum tersedia bahasa lain seperti bahasa Indonesia

2. DuoLingo

duolingo-kor

DuoLingo jadi salah satu aplikasi belajar bahasa Korea favorit saya. Metode pembelajarannya menggunakan sistem flashcards, jadi kita tak cepat bosan ketika belajar. Saya juga bisa bebas pilih waktu belajar sendiri. Paling sedikit lima menit setiap hari.

Serunya, saya bisa pilih tingkat kesulitan belajar sesuai kemampuan. Pembelajaran paling dasar dimulai dari pengenalan huruf vokal dalam bahasa Korea. Penggunaan audio dan visual yang menarik dan adanya sistem streaks dan rewards bikin saya makin semangat belajar. Anda akan mendapatkan streaks dan rewards ketika berhasil belajar selama beberapa hari berturut-turut di DuoLingo.

Belajar pakai DuoLingo memang serasa main game. Selain dapat rewards dan streaks, Anda akan memperoleh experience points dan beberapa item seperti timer boost yang membantu memberi tambahan waktu. Selain lewat lessons, rewards bisa didapat melalui chest gratis yang hadir setiap hari.

DuoLingo tak cuma bisa digunakan untuk belajar bahasa Korea saja. Di aplikasi ini, saya juga mengasah kemampuan berbahasa Spanyol dan bahasa Inggris. Dalam versi layanan gratis, saya punya lima 'nyawa'. Artinya, saya punya lima kali kesempatan untuk mempelajari berbagai materi di DuoLingo. Mau mencoba aplikasi ini? Silakan download DuoLingo di Google Play Store.

Hal yang saya suka dari DuoLingo:

  • Bisa memilih waktu dan level belajar sesuai kemampuan
  • Metode pembelajaran seru dan tidak membosankan dengan audiovisual menarik
  • Sistem belajar seperti main game
  • Banyak bahasa yang bisa dipelajari

Hal yang perlu diperhatikan dari DuoLingo:

  • Kesempatan belajar sedikit di versi gratis
  • Ada iklan dan pembelian item dengan uang sungguhan

3. HiNative!

hinative-1

HiNative! membawa saya untuk bertemu dengan penutur asli bahasa Korea. Bisa dibilang, aplikasi ini mirip seperti medsos dibanding aplikasi belajar bahasa Korea. Saya dapat membuat sebuah postingan untuk menanyakan bagaimana cara menyebut kosa kata atau bahkan melafalkan kalimat tertentu.

Nantinya, saya dapat balasan dari penutur asli, atau bahkan sesama pengguna yanh sedang belajar bahasa Korea. Satu postingan memakan sembilan buah koin yang saya punya.

Postingan milik kita sendiri juga bisa di-boost dengan menggunakan tiket. Jadi, postingan kita akan mejeng di paling atas dan lebih mudah ditemukan oleh pengguna lain. Saat awal mendaftar, saya cuma punya satu jatah tiket saja.

Oh iya, kalau ingin koin dan tiket tambahan, Anda bisa nonton live pengguna lain dan bertanya pada mereka, atau beli pakai uang sungguhan.

Menariknya, aplikasi ini dilengkapi dengan robot AI yang dapat menjawab pertanyaan pengguna secara otomatis. Saya coba gunakan sembilan koin untuk bertanya bagaimana cara mengucapkan "Saya suka (buah) apel" dalam bahasa Korea. Selang beberapa detik saja, robot AI dari HiNative! langsung menjawab pertanyaan saya.

Hal yang saya suka dari HiNative!:

  • Mirip media sosial, bisa berkenalan dengan banyak penutur asli bahasa Korea dan bahasa lainnya
  • Buat postingan dan menanyakan pertanyaan seputar bahasa Korea secara spesifik
  • Ada robot AI yang siap membantu menjawab pertanyaan pengguna dengan cepat
  • Ada item tiket untuk membuat postingan muncul di timeline dan mudah ditemukan sesama pengguna
  • Bisa membantu orang asing belajar bahasa ibu kita lewat live streaming

Hal yang perlu diperhatikan dari HiNative!:

  • Tidak ada materi pembelajaran seperti DuoLingo dan Cake, pengguna harus inisiatif bertanya dengan membuat postingan
  • Harga koin dan tiket cukup mahal

4. Patchim Training

patchim-training

Patchim Training adalah aplikasi belajar bahasa Korea dengan materi yang terbilang lengkap. Aplikasi ini cocok untuk Anda yang baru mulai belajar bahasa Korea. Rasa bosan saat belajar bisa hilang karena Patchim Training membungkus materinya serupa permainan.

Di sini, Anda dapat belajar hangul, latihan menulis, latihan listening, menghapal berbagai kata kerja, sampai mempelajari kalimat-kalimat sederhana.

Saya sendiri menyukai bagian materi belajar dengan ilustrasi, karena lebih mudah dan cepat dimengerti. Kalau semisal kita salah menjawab dalam kuis flashcard-nya, masih ada kesempatan untuk menjawab dengan benar. Namun, kesempatannya cuma sekali saja, ya.

Patchim Training memudahkan pengguna dengan menghadirkan instruksi untuk memakai aplikasi. Materinya bisa diakses gratis. Jika sudah pernah belajar dan menggunakan aplikasi ini sebelumnya, Anda bisa melakukan migrasi data kalau punya HP baru. Jadi, tak perlu khawatir akan mengulang materi dari awal.

Hal yang saya sukai dari Patchim Training

  • Belajar sambil bermain, menghapal huruf Korea dengan visual dan audio
  • Bisa pilih materi sesuai kemampuan; pilihan materi beragam
  • Ada latihan mengetik dengan huruf Korea/hangul
  • Gratis, dibekali opsi penghilang iklan berbayar
  • Ada opsi untuk migrasi data jika ganti HP

Hal yang perlu diperhatikan dari Patchim Training:

  • Iklan yang tampil cukup banyak dan mengganggu

5. Eggbun

eggbun

Eggbun juga akan mengajak Anda belajar bahasa Korea dengan menyenangkan. Aplikasi ini punya chatbot bernama Lanny. Ia yang akan mengajari Anda seputar pelajaran bahasa Korea di sebuah chatroom

Sebagai contoh, Lanny akan mengajar soal hangul dan cara pengucapannya. Lalu, ada pula materi percakapan dasar, dan pengenalan diri. Saya tidak perlu mengetik sendiri untuk menjawab chat dari Lanny karena sudah ada template-nya. Kecuali jika disuruh menjawab pertanyaan berbentuk soal.

Materi pembelajaran yang saya ikuti terdiri dari beberapa tahap. Dua di antaranya adalah ‘belajar’ dan ‘pemeriksaan’. Di tahap belajar, saya akan mempelajari materinya. Sedangkan di tahap pemeriksaan, saya diberi soal latihan.

Agar kemampuan berbahasa Anda makin terasah, Eggbun menyediakan komunitas untuk pengguna. Di sini, Anda dapat berinteraksi dengan sesama pengguna lain melalui postingan. Ada cukup banyak pengguna dari Indonesia di Eggbun, lho. 

Hal yang saya suka dari Eggbun:

  • Materi belajar lengkap, cocok untuk pemula
  • User interface unik, belajar via chat serasa mengobrol
  • Ada laman untuk komunitas, bisa bertemu dan berteman dengan sesama pengguna
  • Ada fitur pencari partner belajar
  • Sudah dilengkapi keyboard hangul

Hal yang perlu diperhatikan dari Eggbun

  • Materi pembelajaran tertentu, serta belajar dengan tutor dikenakan tarif berbayar
  • Fitur kecerdasan buatan masih versi beta

Bila Anda membutuhkan rekomendasi terbaik aplikasi belajar bahasa Inggris di Android silahkan baca artikel 10 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris untuk menambah kemampuan berbahasa inggris Anda.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram