Carisinyal / Aplikasi PC / 10 Aplikasi Catatan Harian untuk PC yang Mudah Digunakan

10 Aplikasi Catatan Harian untuk PC yang Mudah Digunakan

Ditulis oleh - Diperbaharui 13 November 2019

Apakah kamu termasuk tipe orang yang mudah lupa akan hal-hal menarik yang kamu alami atau kamu pelajari? Atau kamu mengalami kesulitan untuk mengingat apa yang telah kamu lakukan enam bulan lalu? Ingin bisa melihat ke belakang dan mengetahui kemajuan yang sudah kamu capai? Kamu mungkin perlu mencoba untuk menulis catatan harian.

Catatan harian atau jurnal dapat membantumu mengingat hal-hal yang telah kamu pelajari, merekam cerita kehidupanmu, dan melacak kemajuan yang telah kamu raih. Jika dulu kamu memerlukan pena dan buku untuk menulis catatan harian, kini kamu hanya membutuhkan aplikasi digital untuk memudahkan kamu menulis, salah satunya di PC.

Kelebihan Aplikasi Catatan Harian

Buku catatan dan pulpen merupakan pilihan yang baik untuk membuat catatan harian, namun aplikasi digital menawarkan lebih banyak kelebihan. Aplikasi catatan digital umumnya dilengkapi dengan banyak fitur tambahan, seperti apa yang telah kamu capai, rencana apa yang ingin kamu lakukan dan menambahkan foto di catatan untuk membuat catatan harian lebih berkesan.

Rekomendasi Aplikasi Catatan Harian untuk PC

Ada beberapa aplikasi catatan harian yang tersedia dan bisa digunakan di PC. Jika kamu belum memiliki referensi, berikut ini adalah daftar aplikasi catatan harian yang bisa digunakan di PC-mu.

1. Glimpses

Glimpses

* sumber: alternativeto.net

Sebenarnya tak mudah untuk menemukan aplikasi jurnal yang cocok untuk Windows yang juga tak berbayar. Mungkin sebagian orang yang menulis catatan harian di aplikasi ada yang rela membayar untuk hak istimewa itu. Namun, jika kamu mencari aplikasi yang gratis, Glimpses adalan pilihan yang tepat.

Selain gratis, aplikasi ini juga dirancang dengan sangat baik, dengan antarmuka yang minimalis dan bersih. Aplikasi ini juga menambahkan beberapa fitur bagus, tapi tidak terlalu banyak sehingga tidak berlebihan. Bila hanya ingin aplikasi yang simple, Glimpses cocok untukmu.

Kamu bisa memposting tulisan dan menambahkan foto, tapi aplikasi ini tidak memiliki pilihan untuk menambahkan hal-hal lebih seperti audio atau gambar. Namun, kamu memiliki pilihan untuk mengizinkan orang mengakses catatan harianmu melalui tautan yang dapat dibagikan (Glimpses menggunakan Dropbox untuk penyimpanan cloud-nya).

Jika kamu ingin menemukan sesuatu yang telah kamu tulis, kamu dapat menggunakan fitur pencarian atau penelusuran menggunakan kalender. Aplikasi ini hanya dapat mengekspor file ke PDF. Jadi, jika nanti kamu ingin beralih ke aplikasi catatan harian yang lain, kamu akan sedikit mengalami kendala.

2. PaperStreet Journal

PaperStreet Journal

* sumber: www.microsoft.com

PaperStreet Journal adalah aplikasi catatan harian gratis yang tersedia untuk PC dan smartphone Windows 10. Aplikasi ini mendukung penggunaan dua jenis entri tulisan dan gambar, tapi kamu tidak dapat menggabungkan keduanya. Catatan harianmu dapat diarsipkan datanya secara lokal dalam format RTF dan PNG.

Sementara antarmuka perlu sedikit penyesuaian, PaperStreet Journal menawarkan perlindungan kata sandi untuk jurnalmu, entri yang dapat dicari dengan kata kunci dan aplikasi mempunyai fitur pemeriksa ejaan bawaan. Ada juga support untuk entri suara-ke-teks yang menjadikan PaperStreet Journal pilihan yang menarik untuk entri jurnal yang hands-free.

3. Evernote

Evernote

* sumber: www.bettertechtips.com

Apakah kamu masih perlu penjelasan lagi tentang Evernote? Kamu bisa menggunakan Evernote untuk apa saja, jadi mengapa tidak menggunakan aplikasi ini sebagai catatan harian? Aplikasi ini memiliki banyak fitur dan tersedia untuk beragam platform, gratis, dan mungkin kamu sudah memilikinya. Evernote mendukung gambar, file video, audio, PDF, dan lainnya.

Bagaimana memulainya? Kamu dapat membuat judul yang disebut jurnal dan kemudian membuat satu buku catatan untuk tiap tahun. Lalu buatlah satu catatan untuk setiap hari kemudian tandai. Evernote terintegrasi dengan aplikasi pihak ketiga seperti Google Calendar, Zapier, IFTTT, dan banyak lagi.

4. iDaily Diary

iDaily Diary

* sumber: www.snapfiles.com

iDaily Diary memberikan setidaknya dua keuntungan besar dibandingkan dengan buku harian kertas. Pertama, tidak peduli berapa banyaknya lembaran buku harianmu, kamu selalu dapat menemukan catatan yang kamu inginkan dengan menggunakan fitur Pencarian.

Kedua, iDaily Diary menawarkan perlindungan kata sandi dan enkripsi yang jauh lebih aman daripada kunci buku diary yang ukurannya kecil itu. Jika kamu ingin meng-online-kan beberapa tulisanmu, kamu dapat mengekspor entri ke dalam format HTML. Simpan buku harianmu di flashdisk dan kamu dapat memperbaruinya kapan pun ketika kamu berada di dekat komputer.

Edisi iDaily Diary yang berbayar memiliki fitur-fitur tambahan, seperti pilihan untuk mengekspor seluruh buku harian. Namun, versi gratisnya sudah menawarkan dukungan untuk berbagai bahasa, termasuk Mandarin, Prancis, Belanda, Italia, Jerman, Turki, dan Jepang.

5. Diarium

Diarium

* sumber: timopartl.com

Jika menurutmu Glimpses terlalu minimalis tapi kamu suka ide dasarnya, kamu akan cocok dengan Diarium. Aplikasi ini mempunyai hampir semua yang tak dimiliki Glimpses, bahkan fitur yang tidak kamu sadari kalau kamu menginginkannya. Satu-satunya kekurangan aplikasi ini adalah setelah uji coba gratis sepuluh hari, kamu harus membayar untuk selanjutnya.

Fungsi dasar entri tulisan didukung oleh integrasi dengan kalender sistem. Jadi, jika kamu menambahkan kalender ke dalamnya, kamu akan mempunyai catatan otomatis tentang apa yang kamu lakukan. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan foto, audio, video, dan file lainnya, memberi tag pada postinganmu, menambahkan lokasi dan bahkan bisa memberikan nilai untuk harimu.

Diarium mempunyai beberapa pilihan untuk membuat cadangan data catatan harianmu, memungkinkanmu untuk mengekspor entri catatan harianmu, dan bahkan menyediakan statistik tentang entri catatan harianmu. Kamu bahkan dapat menghubungkannya ke Facebook, Instagram, Twitter, Untappd, Google Fit, dan Swarm dan mengkoneksikan secara otomatis pada postinganmu.

6. Bloom Diary

Bloom Diary

* sumber: windows8freeware.com

Aplikasi ini memungkinkanmu untuk mencatat semua momen kehidupanmu. Tuliskan peristiwa sekali seumur hidup dan momen sehari-hari. Selain itu, tuliskan juga semua pengalaman, pikiran, kegiatan, dan idemu. Karena memiliki antarmuka yang elegan, menggunakan Bloom Diary untuk menulis catatan harian akan menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan.

Fitur editor dari aplikasi ini menawarkan berbagai pilihan pemformatan teks. Bloom Diary menyajikan entri catatanmu sebagai bab dalam buku dan kamu dapat dengan cepat berpindah di antara berbagai bab. Kamu bisa secara penuh mempersonalisasikan entri catatanmu dengan menambahkan detail lokasi ke entri dan foto.

Untuk melakukan pencarian entri tulisan, kamu dapat menggunakan kata kunci apa saja yang ada di judul. Kamu juga dapat merahasiakan catatan harian dengan menambahan kata sandi. Jika terjadi kesalahan, kamu bisa mengekspor entri sebagai dokumen MS Word atau file HTML dan memulihkannya lagi nanti. Entri yang dihapus bisa dikembalikan dengan keranjang sampah bawaan.

7. Journey

Journey

* sumber: thedailymind.com

Aplikasi ini cukup sederhana tapi muncul dengan nuansa modern yang sangat bersih, seakan-akan catatan harianmu adalah Instagram pribadimu. Journey bukanlah aplikasi gratis, tapi merupakan aplikasi cross-platform yang besar (Windows, Mac, Android, iOS, Linux, Web), yang memungkinkanmu untuk membuat entri catatan harian melalui email dan memiliki sejumlah fitur yang bagus.

8. Journalist

Journalist

* sumber: www.guidingtech.com

Jika kamu senang menuliskan catatan harianmu dengan gaya artistik dan menuliskan catatan dalam bentuk sketsa cepat, kamu membutuhkan aplikasi Journalist. Kamu pasti bisa membuat cerita hidupmu dalam bentuk visual dengan cepat dan kamu juga bisa menambahkan fitur rekaman suaramu.

9. Story of My Life

Story of My Life

* sumber: www.microsoft.com

Story of My Life memungkinkanmu untuk menyimpan semua catatan peristiwa penting dalam hidupmu. Tulis memoarmu tiap hari, bulanan atau tahunan, dan catat apa saja yang penting dalam hidupmu. Kamu juga bisa menambahkan foto dan memorabilia atau merekam momen di video. Fitur pencarian dapat membantumu mencari entri, jika kamu ingin mengingat tentang peristiwa tertentu.

Aplikasi ini juga mendukung untuk melakukan tugas, jadi kamu tidak akan pernah melewatkan acara penting. Story of My Life juga memiliki fitur bucket lists yang bisa dibeli. Kamu bisa membuat cadangan data catatan harianmu ke OneDrive, perangkat portabel dan penyimpanan lokal, dan mengembalikan catatan harianmu dengan mudah jika terjadi kesalahan.

10. Digital Diary

Digital Diary

* sumber: www.microsoft.com

Aplikasi ini merupakan perangkat untuk mengubah cerita hidupmu menjadi entri digital. Yang perlu kamu lakukan adalah memilih hari dan mulai menulis. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan gambar dan acara serta menggunakan kode warna untuk mengidentifikasi catatan harianmu dengan mudah.

Halamannya mempunyai tampilan yang artistik dan bersih yang bisa membantumu mendapatkan inspirasi untuk menulis. Jika kamu tidak ingin menulis, kamu bisa menggunakan mode narasi dan merekam entri catatan harian audio.

Aplikasi ini mendukung penggunaan kata sandi. Sayangnya, terdapat banyak iklan di aplikasi ini yang lumayan menganggu. Juga, entri sebelumnya tidak dapat dihapus.

Ada banyak pilihan aplikasi untuk kamu yang suka menulis catatan harian. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa menulis catatan harian tanpa harus mengeluh kehabisan buku catatan atau tinta pena. Temukan berbagai rekomendasi aplikasi PC terbaik lainnya di sini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *