Carisinyal / Instagram / 8 Aplikasi Cek Followers Instagram Terbaik dan Gratis

8 Aplikasi Cek Followers Instagram Terbaik dan Gratis

Ditulis oleh - Diperbaharui 19 Agustus 2019

Instagram merupakan salah satu sosial media dunia yang sangat populer. Aplikasi berbagi foto dan video ini memiliki pengguna bulanan yang sangat banyak, mungkin ratusan juta. Banyaknya orang yang mengakses Instagram merupakan kesempatan emas bagi mereka yang ingin mengembangkan bisnisnya melalui sosial media.

Para pelaku bisnis biasanya akan menarik sebanyak mungkin followers ke akun Instagram mereka. Follower-follower ini bisa menjadi jalan untuk menaikkan penjualan hingga lalu lintas website.

Namun followers yang banyak belum cukup untuk perkembangan bisnis online. Anda harus mengetahui kapan timing yang tepat untuk memposting, tagar yang bagus untuk digunakan, dan hal-hal lain yang dapat membantu akun Anda berkembang. Berikut adalah beberapa aplikasi analitik dan manajemen akun Instagram yang dapat Anda gunakan secara gratis.

1. Fitur Bawaan Instagram

* sumber: later.com

Tidak perlu susah-susah mencari aplikasi khusus untuk cek followers dan perkembangan Instagram Anda karena Instagram sudah menyediakan fitur bawaannya sendiri, yaitu Instagram Insights. Hanya saja Anda tidak bisa mengaplikasikannya di akun Instagram personal, melainkan hanya di akun Instagram bisnis.

Akun Instagram bisnis diberikan fitur semacam ini agar para pemilik akun dapat mengetahui perkembangan Instagram mereka melalui data real yang ditampilkan. Karena ini bawaan, pengguna tidak perlu membayar untuk menggunakan fitur Instagram Insights ini.

Data-data yang ditampilkan oleh Instagram Insights antara lain seperti jumlah pengunjung akun dalam periode waktu tertentu, total tayangan, postingan teratas, klik ke situs web, jangkauan, dan lain sebagainya. Meskipun semuanya gratis, fitur Instagram Insights ini juga terbatas, seperti tidak adanya banyak cara untuk mengekspor data dan akses yang terbatas.

2. Social Bakers

Social Bakers adalah sebuah platform manajemen banyak sosial media, seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lain sebagainya. Untuk IG, mereka menawarkan alat analisis gratis yang tidak hanya untuk akun bisnis saja, tetapi juga untuk akun personal. Untuk fitur-fitur yang lebih lengkap, Social Bakers juga memiliki paket berbayar mulai dari USD 20 per profil per bulan.

Setelah Anda menautkan akun Instagram dengan Social Bakers, aplikasi ini akan mulai menganalisis profil Anda. Dengannya Anda dapat melihat foto, filter, dan tagar Anda yang paling populer, serta umpan interaksi dengan followers Anda. Sayangnya, Anda tidak dapat melihat banyak detail tentang followers atau pertumbuhan pertumbuhan followers Anda.

Awal-awal mungkin dasbor Instagram Analytics Tool Social Bakers cukup membingungkan, tapi lama kelamaan bisa menguasainya dengan baik. Langsung saja pergi ke sini jika tertarik memanfaatkan alat cek followers dan perkembangan Instagram gratis dari aplikasi ini.

3. Simply Measured

Simply Measured adalah platform manajemen media sosial lainnya yang menawarkan alat analisis gratis untuk Instagram. Hanya saja aplikasi ini hanya dapat digunakan oleh akun-akun dengan jumlah pengikut di bawah 25.000.

Salah satu keunggulan Simply Measured dibanding Social Bakers adalah laporannya yang lebih rinci. Hanya saja aplikasi yang satu ini mengharuskan Anda mengikuti mereka di Twitter, yang bisa cukup menyebalkan bagi sebagian pengguna.

Beberapa data yang ditampilkan pada dashboard Simply Measured termasuk bagan engagement postingan, persentase engagement, dan jenis engagement serta masih banyak lagi data analisis lainnya yang dapat membantu Anda mengetahui perkembangan akun IG Anda. Tertarik? Langsung saja kunjungi situsnya di sini.

4. Followers Pro

Followers Pro adalah aplikasi analitik Instagram yang hanya tersedia secara khusus untuk perangkat iOS saja. Aplikasi ini juga gratis untuk digunakan, tapi banyak fitur-fiturnya yang hanya dapat diakses oleh pengguna berbayar.

Dengan versi gratisnya Anda melihat followers baru, siapa yang unfollow Anda, melihat daftar orang yang Anda follow tapi tidak follback, dan melihat siapa yang memfollow Anda tetapi Anda tidak memfollownya.

Sedangkan di versi berbayarnya Anda dapat mengetahui lebih jauh lagi, seperti orang-orang yang memblokir Anda, orang-orang yang unlike postingan padahal sebelumnya nge-like, dan masih banyak lagi.

5. Iconosquare Free

Iconosquare Free adalah aplikasi audit Instagram yang mirip dengan Social Bakers dan Simply Measured. Seperti namanya, aplikasi ini gratis Anda gunakan untuk cek followers dan data-data lainnya.

Sejumlah data yang dapat Anda lihat dengan aplikasi ini antara lain seperti informasi yang cukup lengkap mengenai 30 postingan terbaru dan tentang akun Anda secara umum.

Jika data yang ditampilkan terlalu dasar, Anda dapat menggunakan aplikasi Iconosquare versi pro yang memiliki lebih banyak fitur. Aplikasi Iconosquare gratis ini dapat Anda akses di sini.

6. Iconosquare Pro

Adalah versi berbayar dari aplikasi Iconosquare yang dibahas di atas. Fitur-fitur yang ditawarkan oleh Iconosquare Pro pastinya lebih lengkap. Misal, data followers yang disampaikan mencangkup yang masuk dan keluar setiap harinya, serta banyak informasi lokasi dan demografi.

Dengan Iconosquare Pro Anda juga dapat mengukur jangkauan dan tayangan pos, bahkan di Stories. Iconosquare Pro akan mulai merekam data historis dari saat Anda memberi izin aplikasi ini untuk mengakses Instagram Anda.

Jika Instagram Anda memiliki di bawah 100.000 followers, biaya yang harus dikeluarkan untuk bisa menggunakan aplikasi ini adalah sekitar 9 dolar Amerika per bulan. Jika followers-nya di atas 100rb, biaya yang harus dikeluarkan adalah hingga 40 dolar Amerika per bulannya. Tertarik? Langsung saja kunjungi situs mereka di sini.

7. Union Metrics

Aplikasi cek followers Instagram yang gratis lainnya adalah Union Metrics. Aplikasi ini dapat menganalisis aktivitas 30 hari terakhir di akun Anda, termasuk postingan dan engagement followers Anda.

Union Metrics dapat membantu Anda menunjukkan timing yang ideal, tagar yang bagus untuk digunakan, konten yang berkinerja terbaik dan terburuk, dan lain sebagainya.

Aplikasi ini juga menawarkan paket berbayar untuk analisis yang lebih baik dan bisa digunakan untuk beberapa akun sosial media sekaligus. Jika ingin mencoba yang gratis, silahkan pergi saja ke sini.

8. SquareLovin

SquareLovin adalah aplikasi analitik lainnya yang memiliki panel Instagram Insights yang gratis. Aplikasi ini membantu menunjukkan wawasan tentang pertumbuhan akun Anda. Selain itu, Anda dapat melacak likes dan followers, meninjau performa postingan dan interaksi dengan pengikut Anda.

Anda juga bisa mendapatkan lebih banyak wawasan tentang preferensi dan minat komunitas Anda, dan apa yang mendorong engagement. Squarelovin bahkan dapat menunjukkan Anda kapan waktu terbaik dan terburuk untuk memposting. Jika ingin mencoba aplikasi ini, silahkan kunjungi website mereka di sini.

Nah, itulah beberapa aplikasi cek followers Instagram dan perkembangannya yang dapat Anda gunakan secara gratis. Anda juga dapat menggunakan layanan berbayar mereka untuk mendapatkan fitur-fitur yang lebih lengkap.

Aplikasi-aplikasi di atas bisa sangat membantu Anda yang berbisnis melalui sosial media, khususnya Instagram. Untuk dapat menggunakannya Anda harus memberi mereka otorisasi untuk dapat mengakses akun Anda. Tentu saja Anda dapat menghapus otorisasi jika suatu saat berhenti menggunakan layanannya.

Nah, selain membahas soal aplikasi cek followers Instagram, kami juga pernah membahas cara mendapatkan centang biru di Instagram. Untuk mengetahui caranya, Anda bisa kunjungi artikel ini. Tapi, kalau Anda mau tahu tentang Instagram lebih dalam lagi, kami pernah membahas beberapa artikel tentang Instagram yang bisa Anda cek di sini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar