carisinyal web banner retina

10 Aplikasi Desain Baju Terbaik untuk PC dan Laptop

Ditulis oleh Zalfa Rannan Sopian - Diperbaharui 23 September 2021

Di era serba digital ini membuat sketsa desain pakaian tidak lagi dibatasi dengan media kertas saja. Sekarang sudah banyak aplikasi yang digunakan sebagai media untuk menuangkan ide desain pakaian secara digital baik dalam bentuk flat sketch, tech sketch hingga fashion illustration.

Bagi yang baru tertarik dalam dunia fashion design ataupun yang sedang mencari alternatif lain dari aplikasi desain sedang digunakan, kali ini kami akan membagikan 10 rekomendasi aplikasi desain baju yang bisa digunakan di PC kalian. Penasaran apa saja? Yuk, simak artikel di bawah ini!

1. Concepts

10 Aplikasi Desain Baju Terbaik untuk PC dan Laptop 1

Concepts adalah aplikasi untuk menggambar yang menawarkan berbagai macam handy tools yang dapat membantu produktivitas perancang busana. Aplikasi ini mampu membuat gambar terlihat tajam bahkan saat diperbesar, dengan begini mengedit detail dari desain baju menjadi lebih mudah.

Lalu terdapat juga tools wheel yang membuat pengguna menjadi lebih leluasa untuk mengganti alat lain sesuai dengan keinginan tanpa harus meninggalkan kanvas yang sedang dikerjakan. Namun sayangnya fitur aplikasi ini lebih lengkap untuk versi iPhone dan iPad.

Jika kalian tertarik dengan aplikasi desain baju dari Concepts, kalian bisa mendapatkan secara gratis melalui Microsoft Store.

2. Autodesk Sketchbook

10 Aplikasi Desain Baju Terbaik untuk PC dan Laptop 3

Autodesk Sketchbook merupakan salah satu pilihan terbaik bagi yang mencari aplikasi desain baju untuk perangkat PC. Aplikasi ini menawarkan lebih dari 140 jenis brushes yang mampu menunjukan hasil yang menyerupai seperti menggambar di kertas atau kanvas.

SketchBook juga menyediakan panel samping yang berisi beragam macam opsi alat menggambar. Meskipun semua hampir ada layar, namun peletakannya masih rapi sehingga tidak mengganggu proses desain.

Keunggulan lain dari aplikasi ini adalah user interface yang tergolong sederhana. Menariknya lagi. AutoDesk SketchBook ini bisa diunduh secara cuma-cuma melalui link ini.

3. Tayasui Sketches

10 Aplikasi Desain Baju Terbaik untuk PC dan Laptop 5

Aplikasi Tayasui Sketches ini dapat difungsikan untuk membantu mendigitalisasi desain baju. Aplikasi ini menawarkan beragam jenis alat menggambar yang terletak pada sisi layar, sehingga pengguna lebih leluasa ketika ingin mengganti tools. Lalu, masing-masing brushes yang ditawarkan mulai dari pensil hingga watercolor brush tersedia dalam berbagai jenis tip, ukuran dan opacity.

Tidak hanya itu, mereka juga menyediakan beragam macam template pola yang pastinya dapat digunakan pada desain baju yang sedang dikerjakan. Di samping itu, terdapat juga fungsi color mix, di mana kalian bisa menggabungkan 2 warna dan mengatur konsentrasinya hingga menghasilkan warna sempurna sesuai dengan keinginan.

Sayangnya, aplikasi gambar ini hanya tersedia untuk perangkat Mac. Jika tertarik, kalian bisa langsung mengunjungi Mac Store App untuk mengunduhnya secara gratis.

4. Adobe Illustrator

10 Aplikasi Desain Baju Terbaik untuk PC dan Laptop 7
*Sumber: www.patternlab.london

Berbicara mengenai digital artwork rasanya kurang afdol jika tidak memasukan Adobe dalam daftar. Salah satu produk Adobe yakni Illustrator ini sering digunakan oleh para fashion designer mulai dari mengerjakan desain simpel hingga kompleks.

Dengan aplikasi ini pengguna dapat membuat flat sketches, fashion illustration, hingga katalog line sheet. Karena aplikasi ini sangat umum digunakan oleh para desainer, banyak tutorial yang bertebaran di internet.

Hanya saja aplikasi ini tidak gratis, setiap bulannya akan dikenakan biaya langganan sekitar Rp 280.000. Namun kalian tak perlu khawatir, karena mereka masih menyediakan versi trial yang bisa dinikmati secara gratis dengan mengunduhnya melalui laman Adobe ini.

5. Corel Draw

10 Aplikasi Desain Baju Terbaik untuk PC dan Laptop 9
*Sumber: www.youtube.com/ChestaDesigns

Selain terkenal di kalangan graphic designer, CorelDraw juga cukup banyak digunakan oleh para designer yang bergelut dalam bidang mode. Aplikasi ini menyediakan beragam fitur yang dapat membantu pengguna dalam membuat flat sketch maupun illustrator dengan mudah.

Untuk menggunakan CorelDraw, pengguna diharuskan berlangganan dengan biaya sekitar 49,95 dolar Amerika untuk setiap bulannya. Namun, CorelDraw juga tersedia dalam bentuk trial selama 15 hari yang dapat diunduh di sini.

6. Adobe Photoshop

10 Aplikasi Desain Baju Terbaik untuk PC dan Laptop 11
*Sumber: www.youtube.com/Array

Selain Illustrator, produk Adobe lainnya yakni Photoshop dapat difungsikan juga untuk menyelesaikan pekerjaan desain fashion. Photoshop menawarkan tools untuk memodifikasi desain bahan, menambah shadow dan highlight tanpa membuat detail dari tekstur bahan hilang, hingga rendering sketsa.

Untuk urusan sketching, Illustrator memang lebih unggul. Namun Photoshop menang dalam urusan desain dan modifikasi bahan tekstil. Seperti produk Adobe lainnya, aplikasi ini dapat dinikmati secara penuh dengan ditarik biaya sekitar Rp 280.000 setiap bulannya. Bagi yang belum yakin untuk membeli, kalian bisa mencoba dulu versi trial-nya dengan mengunjungi laman ini.

7. CLO

10 Aplikasi Desain Baju Terbaik untuk PC dan Laptop 13

Ingin mempresentasikan desain pakaian dalam bentuk 3D? Jika ya, maka aplikasi CLO ini layak berada di desktop kalian. Dengan CLO, pengguna dapat membuat berbagai macam style dengan mudah, mulai dari membuat kemeja sederhana hingga pakaian dengan detail pola yang kompleks.

CLO juga menyediakan avatar 3D siap pakai, sehingga pengguna dapat membuat desain yang diinginkan langsung pada avatarnya. Aplikasi ini juga memiliki koleksi dari berbagai macam bahan dengan visualisasi yang mendekati dengan material asli.

Sayangnya software CLO ini berbayar. Untuk menikmati seluruh fiturnya akan dikenakan biaya berlangganan sekitar 50 dolar Amerika setiap bulannya. Tetapi, kalian tetap bisa menikmatinya secara gratis selama 30 hari dengan men-download trial-nya pada link ini.

8. Affinity Designer

10 Aplikasi Desain Baju Terbaik untuk PC dan Laptop 15
*Sumber: www.design.tutsplus.com

Affinity Designer merupakan aplikasi editor grafik vektor yang digadang-gadang setara dengan graphic software ternama dari Adobe. Keberagaman fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini membuatnya disebut sebagai hybrid dari Adobe Illustrator dan Photoshop. Dengan begini, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk desain baju.

Affinity Designer sudah terintegrasi dengan pantone color swatches, sehingga pengguna menjadi lebih bebas mengekspresikan warna pada desain. Keunggulan lainnya adalah user interface aplikasi ini ramah untuk pemula.

Berbeda dengan produk-produk Adobe yang harus berlangganan, untuk menikmati aplikasi ini pengguna hanya perlu membayar sekali dengan harga sekitar 49,99 dolar Amerika. Affinity Designer juga tersedia dalam bentuk trial yang bisa digunakan untuk Windows maupun Mac.

9. Repaper Studio

10 Aplikasi Desain Baju Terbaik untuk PC dan Laptop 17
*Sumber: www.iskn.co

Repaper Studio atau yang dulunya disebut dengan Imagink merupakan aplikasi menggambar yang juga menawarkan tools untuk digunakan membuat sketsa desain baju. User Interface dari aplikasi ini sangat simpel dan to the point, sehingga enak digunakan untuk pemula.

Aplikasi ini menyediakan berbagai macam brushes yang dapat dengan mudah diatur ketebalan, opacity, line smoothing, dan warna. Menariknya, aplikasi ini menawarkan fitur untuk membuat time lapse video dari proses desain yang kalian buat.

Tools untuk menggambar yang ditawarkan memang terbatas. Namun jika kalian hanya membutuhkan fitur esensial saja, maka aplikasi ini sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan. Repaper Studio ini bisa dinikmati di perangkat PC Windows maupun Mac dengan mengunduhnya melalui situs ini.

10. MediBang Paint

10 Aplikasi Desain Baju Terbaik untuk PC dan Laptop 19
*Sumber: www.youtube.com/KaminchiK

MediBang Paint adalah aplikasi menggambar all-in one dengan berbagai macam fitur menarik yang dapat memaksimalkan proses pembuatan karya seni dalam bentuk digital. Aplikasi ini memang cukup banyak digunakan untuk membuat manga, namun fitur-fitur yang tersedia cukup baik untuk mendesain baju.

Tools yang tersedia menawarkan fungsi untuk membuat shading dan tekstur dari bahan garmen. Ditambah lagi, mereka juga menawarkan berbagai macam opsi tipe brush. Meskipun aplikasi ini sangat fungsional, namun tools tersebut membuat layar terlihat penuh. Selain itu, aplikasi ini juga kurang mendukung untuk mengerjakan detail, karena ketika diperbesar hasilnya agak pecah.

Jika tertarik dengan fitur-fitur lengkap yang disediakan oleh MediBang Paint, kalian bisa mendapatkannya secara gratis dengan mengunjungi laman ini.

Nah itu dia 10 aplikasi untuk perangkat PC yang dapat digunakan untuk mendigitalisasi desain baju. Setiap aplikasi di atas memiliki keunggulannya masing-masing, kalian hanya tinggal sesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi. Namun, perlu diingat kalau aplikasi-aplikasi di atas mungkin hanya dapat berjalan dengan lancar di laptop berspesifikasi tinggi yang cocok untuk pekerjaan desain-mendesain.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram