12 Aplikasi Edit Foto Online Terbaik yang Perlu Dicoba!

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Banyak sekali layanan edit foto yang bisa digunakan dipilih, ada yang berbayar dan ada juga yang gratisan. Namun, sayangnya, aplikasi edit foto biasanya ribet karena perlu diinstal terlebih dahulu, terutama jika Anda sering mengedit foto menggunakan komputer atau PC

Menariknya, di zaman serba internet ini, mengedit foto tidak perlu lagi ribet. Sekarang, ada banyak website yang menyediakan edit foto langsung secara online. Apa sajakah edit foto tersebut? Simak daftarnya berikut ini.  

1. Pixlr

pixlr

Pixlr adalah layanan edit foto online yang bisa Anda pilih juga. Layanan edit foto online ini tergolong lengkap. Betapa tidak, Anda bisa menemukan fitur-fitur edit foto di Pixlr dengan lengkap. Ada untuk crop, arange, cutout, mengubah saturasi warna, menambah teks, dan lainnya.

Selain itu, Pixlr menyediakan fitur-fitur menarik yang jarang ditemukan di layanan edit foto online lain. Fitur-fitur tersebut diantaranya adalah fitur efek foto layaknya efek foto Instagram, fitur untuk menggambar, fitur sticker, dan juga fitur untuk menambahkan gambar dari layanan penyedia gambar.

Oh yah, Pixlr juga menghadirkan fitur layer, layaknya aplikasi edit foto Photoshop. Bagi Anda yang familiar dengan Photoshop dan ingin mencoba aplikasi edit foto online yang mudah digunakan, maka Pixlr ini adalah layanan yang cocok dipilih. Anda bisa mencoba Pixlr dengan cara mengunjungi Pixlr.com.

2. Canva

canva

Canva Photo Editor  adalah layanan edit foto online yang berkualitas dan jadi pilihan banyak orang. Kenapa? Karena Canva menyediakan fitur pengeditan foto yang umum dan mudah digunakan. Anda bisa mencoba Canva dengan mengunjungi https://www.canva.com/photo-editor.

Selain itu, Canva juga menyediakan fitur-fitur lain di luar edit foto. Fitur tersebut fitur pengeditan template untuk media sosial, template untuk CV, template untuk brosur dan lain sebagainya. Bisa dibilang, Canva memiliki banyak template yang memungkinkan Anda untuk mengedit dengan mudah.

3. Polarr

Polarr

Polarr adalah layanan edit foto online lainnya yang layak Anda coba. Aplikasi edit foto online ini memiliki tampilan antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan. Anda bisa menambahkan filter, menambahkan efek, mengedit dan memotong, dan berbagai tools lainnya yang biasa ditemui di aplikasi edit foto online. 

Yang menarik dari Polarr adalah layanan ini memiliki tampilan yang bisa dipilih. Bisa memilih tema gelap atau tema standar. Selain itu, Anda juga bisa mengakses layanan dengan gratis dan ada juga versi berbayar dengan fitur yang tentunya lebih lengkap jika dibandingkan dengan versi standar atau versi gratisnya. 

4. Befunky

befunky

Aplikasi edit foto online lainnya adalah Befunky yang bisa Anda kunjungi di Befunky.com. Befunky ini adalah aplikasi edit foto online yang lengkap dan memiliki banyak fitur efek. Anda bisa menemukan fitur-fitur menarik seperti fitur edit yang lengkap, termasuk beautify. Fitur ini juga memiliki fitur untuk ngeblur gambar.

Befunky juga menyediakan fitur lain yang lengkap. Ada fitur untuk penambahan efek dan filter. Selain itu, Befunky menyediakan fitur-fitur tambahan yang hanya bisa didapatkan jika Anda upgrade alias fitur berbayar. Dengan beragam efek foto, kolase, dan banyak fitur lainnya, membuat Befunky menjadi salah satu layanan edit foto yang menarik untuk dicoba.

5. GIMP

gimp

GIMP (GNU Image Manipulation Program) adalah salah satu aplikasi edit foto online terfavorit. Pasalnya, aplikasi ini punya konsep open source yang artinya setiap pengguna bisa menambahkan filter dan fitur ke dalam aplikasi ini secara bebas. Selain itu, antarmukanya juga mudah dimengerti, jadi pengguna baru tidak perlu bingung cara menggunakannya.

Soal tools, GIMP juga termasuk cukup lengkap karena GIMP punya tools yang mirip dengan Photoshop. Yang paling menarik dari GIMP adalah, pengguna tidak perlu membayar apapun untuk semua fasilitas yang ada di sini. Jadi, kalau Anda ingin edit foto yang gampang dan gratis, bisa pakai GIMP.

6. Photopea

Photopea

Kalau Anda terbiasa menggunakan Photoshop, berarti Anda bisa menggunakan Photopea dengan mudah. Pasalnya, antarmuka dari Photopea ini bisa dibilang tampak familiar dengan Photoshop. Selain punya friendly interface, Phtopea juga dibekali dengan berbagai tools yang memadai.

Karena tools yang cukup memadai, pengguna tidak perlu mengunduh software tambahan untuk mengedit foto. Di sini, Anda bisa menemukan tools untuk lens correction, brushes, layers, dan masih banyak lagi. Untuk hasil edit fotonya, Anda bisa menyimpannya dengan berbagai format umum, seperti PSD, GIF, PDF, JPG, hingga PNG. Jika tertarik mencobanya, langsung kunjungi situsnya di sini.

7. Fotor

Fotor

Berikutnya ada Fotor yang menyediakan aplikasi mengedit foto secara online melalui browser. Di fotor ada berbagai macam tools yang bisa digunakan, seperti collage photo, menambahkan filter dan efek menarik, hingga mengedit foto dengan tools yang lebih advanced. Yang menarik dari aplikasi ini, Anda bisa membuat brosur, poster hingga kartu nama, cocok untuk para penggiat sosial media.

Tapi sayangnya, ada beberapa kekurangan dari Fotor. Di sini ada batasan/limited ukuran foto yang di-upload. Jadi, pengguna tidak boleh meng-upload gambar lebih dari 19MB. Ditambah lagi, Fotor hanya mendukung beberapa format foto saja yang bisa diekspor. Meskipun begitu, Anda masih bisa menggunakannya dengan gratis di situs ini.

8. Pizap

Pizap

Aplikasi edit foto online lainnya adalah Pizap. Pizap bisa Anda kunjungi di Pizap.com. Pizap ini menghadirkan dua versi edit foto online, versi flash dan versi HTML. Tentu versi HTML mengingat layanan flash sudah mulai ditinggalkan.

Di Pizap sendiri, Anda bisa mengedit foto dengan mudah. Fitur untuk mengeditnya juga cukup mudah dikenali karena tampilan antarmuka layanan edit foto ini tergolong baik. Hal ini terlihat dari elemen fitur editnya yang lebih berwarna, sementara bagian edit fotonya dibuat dengan latar gelap.

Di Pizap, Anda bisa menambahkan stiker yang beragam, menambahkan filters, menambahkan teks, menambahkan borders, membuat meme, dan fitur untuk menggambar. Menariknya, pilihan efek dan filternya beragam meski ada beberapa efek dan filter yang hanya didapatkan jika upgrade memakai layanan ini ke versi Pro.

9. Photofunia

.Photofunia

Photofunia adalah aplikasi edit foto online selanjutnya yang bisa Anda coba. Aplikasi ini menawarkan foto edit dengan konsep menyenangkan seperti namanya. Pasalnya, Photofunia menawarkan berbagai foto bingkai dengan efek yang lucu, romantis, dan menarik. 

Selain itu, Photofunia juga menawarkan berbagai pilihan kartu foto seperti poster, billboards, kartu ucapan hari spesial, foto edit menggunakan konsep majalah atau koran, bingkai TV, dan masih banyak lainnya. Anda yang suka edit foto dengan bingkai unik dan menarik, wajib mencoba Photofunia dengan cara mengunjunginya di Photofunia.com.

10. Adobe Online Photo Editor

Adobe Phottoshop Express Editor

Adobe Photoshop adalah aplikasi edit foto sejuta umat. Adobe Photoshop sendiri punya banyak versi dan salah satunya yang gratis dan bisa Anda coba adalah Adobe Online Photo Editor, sebuah editi foto online dari Adobe yang bisa kamu akses di sini. Namun, perlu diingat namanya gratisan, tentu fiturnya tidak selengkap versi berbayar. 

Meskipun fiturnya terbatas, Adobe Online Photo Editor tetap layak jadi pilihan utama Anda untuk mengedit foto. Hanya saja, untuk menggunakan layanan ini, Anda harus memiliki akun di Photoshop.com dan menginstal Adobe Flash mengingat tools online ini berjalan di Adobe Flash. 

11. Ipiccy

ipiccy

Ipiccy adalah aplikasi edit foto online lainnya yang bisa Anda coba. Aplikasi ini memiliki fitur edit foto yang cukup lengkap. Ada fitur seperti Auto Fix, Crop Picture, Rotate & Flip, Exposure, Vibrance, menambahkan teks, memberikan efek foto, dan berbagai fitur edit lainnya yang biasa ditemukan di aplikasi edit foto online. 

Selain itu, Ipiccy juga menyediakan berbagai efek menarik. Contohnya adalah Sepia, Black & White, Orton Effect, Vignette Matte, dan ada Soften Image. Ipiccy juga menyediakan fitur untuk menggambar sehingga Anda tidak akan kehabisan kreativitas ketika memakai Ipiccy. Anda bisa memakai Ipiccy dengan mengunjungi situsnya di Ipiccy.com.

12. Fotoram.io

Fotoram io

Aplikasi edit foto online lainnya yang bisa Anda coba adalah Fotoram.io. Layanan ini memiliki berbagai edit foto yang tergolong lengkap. Contohnya adalah sharpen, round, exposure, crop, blur, dan tools edit foto lainnya. 

Selain itu, Fotoram.io menyediakan berbagai efek menarik. Ada efek pemberian teks, ada efek untuk frames, efek untuk tekstur, dan juga bisa memasukan berbagai fitur ClipArt. Hal menarik dari Fotoram.io adalah kemudahan penggunaan yang membuat Anda tidak ribet memakai layanan ini. Tertarik untuk memakai Fotoram.io? Anda bisa langsung ke situsnya langsung.

Ya, itulah beberapa aplikasi edit foto yang bisa digunakan melalui browser. Ada beberapa situs yang menawarkan semuanya serba gratis, namun ada juga aplikasi yang mengharuskan Anda membayar untuk mendapatkan tools yang lebih lengkap. Jadi, aplikasi mana yang ingin Anda coba?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram