Carisinyal / Aplikasi Video / 10 Aplikasi Edit Video Online yang Bisa Digunakan Pemula

10 Aplikasi Edit Video Online yang Bisa Digunakan Pemula

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

YouTube kini telah berubah menjadi gaya hidup dan bukan lagi jadi platform berbagi video semata. Setiap harinya lebih dari 100 miliar jam video ditonton di YouTube. Jangan abaikan juga kebangkitan video pendek TikTok. Karenanya, mengedit video tidak lagi hanya untuk orang-orang yang mengerti tentang teknologi, tapi juga mereka yang masih pemula.

Untuk para pemula, mungkin ada baiknya mencari terlebih dahulu aplikasi editing video online terbaik yang mudah untuk memulai. Ada banyak aplikasi untuk mengedit video yang tersedia. Untuk memudahkanmu, artikel ini akan merangkum beberapa aplikasi edit video online yang mudah untuk digunakan sehingga dalam hitungan menit kamu sudah bisa membagikan videomu di media sosial.

1. Magisto

Magisto

* sumber: www.fugenx.com

A.I pembuat video milik Magisto yang berteknologi tinggi merupakan hal yang paling luar biasa dari aplikasi ini. Hanya dalam beberapa menit saja cerita video milikmu siap untuk dibagikan. Jika kamu seorang marketer, Magisto masih cocok dengan seleramu.

Magisto atau Magical Video Editor adalah alat pengeditan video yang mempunyai kemampuan untuk mengkonversi video biasa sekali pun menjadi film otentik, seperti sebuah sulap. Yang perlu kamu lakukan hanyalah memilih dua atau lebih video, lagu untuk soundtrack, lalu konfirmasikan pilihanmu.

Tunggu beberapa menit sampai proses selesai. Prosesnya akan memakan waktu bergantung pada berapa banyak klip yang kamu buat yang sudah dipilih. Setelah selesai, kamu bisa memeriksa dan melihat bagaimana aplikasi ini menghasilkan video dari semua sumber yang kamu gunakan.

Magisto merupakan platform silang yang berarti kamu bisa menggunakannya di perangkat mobile, tablet dan web. Cukup gunakan akun yang sama dan kamu sudah bisa mengakses videomu di semua perangkat. Kamu bisa langsung membagikan video ke platform media sosial. Download Magisto.

2. ClipChamp

ClipChamp

* sumber: www.techolac.com

Salah satu alat pengeditan video online gratis terkenal adalah ClipChamp. Selain itu, alat pengeditan video ini juga menyediakan konverter, kompresor video, dan perekam webcam. Platform kerjanya yang intuitif memungkinkan pemula untuk menyelesaikan pengeditan video dalam waktu yang singkat.

Hasil pengeditan bisa langsung disimpan di komputer atau dibagikan ke Google Drive dan lain-lain. Fitur drag and drop yang sederhana memungkinkan kamu untuk merapikan, memotong, merotasi, dan membalikkan video sesuai kebutuhan mereka.

Lebih lanjut, aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk menyesuaikan kecerahan, saturasi dan kontras dengan mudah. Kamu juga bisa menambahkan transisi, overlay, teks, dan latar. Tersedia perpustakaan yang menyediakan baik file video dan audio berbayar dan gratis yang bisa dipilih. Download ClipChamp.

3. Hippo Video

Hippo Video

* sumber: www.youtube.com

Hippo Video merupakan aplikasi editing video online yang memiliki antarmuka yang mudah, bersih, dan bagus seperti yang dimiliki ClipChamp. Mengedit memakai editor video online tanpa watermark memungkinkanmu untuk menambah musik dari PC atau Google Drive untuk hasil yang lebih baik.

Ketika akan mengedit video memakai Hippo, kamu hanya perlu mengimpor video dari PC. Yang menariknya lagi, kamu juga bisa merekam video langsung dari webcam. Selain itu, kamu juga bisa memilih resolusi video sebelum benar-benar mulai mengedit. Download Hippo Video.

4. Video Crop

Video Crop

* sumber: www.youtube.com

Aplikasi ini merupakan aplikasi yang sangat sederhana dan berguna untuk memotong video. Dengan platform ini kamu bisa dengan mudah memotong bagian yang tidak diinginkan dari video dan menyingkirkan latar yang mengganggu, atau memperbesar video, dan lain-lain.

Memotong video online dengan Video Crop sangat mudah. Yang perlu kamu lakukan adalah mengunggah video, mengubah video sesuai dengan kebutuhanmu lalu mengunduh hasilnya. Aplikasi ini juga memudahkan pengguna untuk mengakses aplikasi editing video online lainnya.

Tak beda jauh dari aplikasi editor video online lainnya, Video Crop juga mempunyai pro dan kontra. Untuk pro-nya, kamu bisa menikmati editor online gratis tanpa instalasi dan unduhan. Aplikasi ini bisa dipakai di semua browser internet. Video crop juga bebas watermark.

Namun, fitur yang disediakan Video Crop terbatas. Aplikasi ini tidak memberikan kesempatan untuk mengeksplorasi kekuatan editing video. Video crop cocok untuk pemula atau kamu yang mulai belajar mengedit video. Download Video Crop.

5. BeeCut

Beecut

* sumber: beecut.com

BeeCut adalah aplikasi video editor online yang memudahkan pengguna untuk mengkonversi video ke GIF, mengekstrak audio dari video, menggabungkan, merotasi, memotong video, dan lain-lain. Aplikasi ini menyediakan hampir semua fungsi yang dibutuhkan untuk membuat video dalam hitungan menit.

Aplikasi ini merupakan ruang kreatif tempat kamu bisa menggunakan imajinasimu untuk membuat video pendek yang inspiratif dengan mudah. Platform ini mendukung berbagai format video populer di antaranya MP4, MOV, AVI, WEBM, dan lain-lain.


Memiliki antarmuka pengguna yang ramah dan teknologi pemrosesan video canggih, BeeCut merupakan aplikasi berbasis web yang berfungsi baik dengan browser apapun yang dapat kamu gunakan di PC, Mac, iOS, atau Android. Kamu tak perlu menginstal aplikasi yang rumit, cukup kunjungi website BeeCut. Download BeeCut.

6. Online Video Cutter

Online Video Cutter

* sumber: techwiser.com

Meskipun pada tahap tertentu aplikasi ini bukan editor video, Online Video Cutter merupakan aplikasi editing video online yang intuitif, ramah pengguna dan tidak terbatas pada memotong video saja seperti yang ditunjukkan namanya.

Pengguna bisa mengunggah video dari komputer atau melalui Dropbox, Google Drive atau URL secara langsung. Dengan aplikasi ini kamu bisa dengan mudah memutar video ke 90, 180 atau bahkan 270 derajat, memotong atau menerapkan beberapa fitur pengeditan gaya profesional.

Kamu bisa menyimpan video yang sudah diedit dengan kualitas asli atau ke 1080P Full HD. Online Video Cutter bisa dengan mudah mengolah video dengan ukuran file maksimum 500 MB dan pengguna dapat dengan mudah mengakses format file media populer. Aplikasi ini gratis dan semua fitur bisa diakses.

Untuk menggunakan aplikasi pengeditan video online ini, pengguna tidak perlu mendaftar untuk menggunakannya dan juga video yang disimpan bebas dari watermark. Namun akan lebih bagus jika aplikasi online ini bisa mengintegrasikan beberapa musik dan efek juga. Download Online Video Cutter.

7. WeVideo

WeVideo

* sumber: www.youtube.com

WeVideo merupakan editor video online yang dapat dengan mudah menangkap, membuat, melihat, dan berbagi video hingga resolusi 4K. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini di semua browser komputer Mac atau PC, Chromebook, iOS, dan Android.

Penyimpanan cloud yang ditawarkan WeVideo memungkinkan kamu untuk memulai proyek di satu perangkat dan membuka dan meneruskan pekerjaan yang ditinggalkan tadi di aplikasi lain. Kamu juga bisa mengedit video dengan rekan timmu jika kamu membeli paket bisnis. Download WeVideo.

8. Movie Maker Online

Movie Maker Online

* sumber: websitefiler.com

Dibandingkan dengan aplikasi lain, aplikasi editor video online yang tanpa watermark ini merupakan aplikasi yang paling handal untuk membuat video yang luar biasa. Movie Maker Online merupakan alat sederhana yang menyediakan banyak fitur.

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk menikmati aktivitas proses pengeditan video. Dengan menggunakan Movie Maker Online, kamu bisa menambahkan foto ke video. Alat online ini juga memungkinkan kamu membuat video animasi HD.

Beberapa fitur lain yang disediakan oleh Movie Maker Online antara lain trip dan memotong klip video, mengedit trek audio juga mengatur gaya teks. Kamu juga bisa membuat video seperti seorang profesional dengan menambahkan filter, transisi, dan crossfade.

Sayangnya, Movie Maker Online juga memiliki kekurangan. Saat menggunakan aplikasi pengeditan online ini, kamu akan menemukan banyak iklan yang mengganggu yang mengalihkan perhatian. Kecepatan upload bisa sangat lambat sehingga mengganggu ketika akan membagikan hasil editan. Download MovieMakerOnline.

9. Wideo

Wideo

* sumber: wideo.co

Wideo merupakan website pembuat video online untuk membuat video animasi, video untuk menjelaskan dan video pemasaran lainnya. Aplikasi ini memiliki banyak templat video. Sebelum mulai membuat video online, kamu harus masuk terlebih dahulu.

Sesudahnya kamu bisa membuat video online dengan editor animasi ini dan kemudian elemen drag dan drop memungkinkanmu untuk membuat urutan animasi. Wideo memungkinkanmu untuk menggunakan elemen yang berbeda sebanyak yang kamu inginkan untuk membuat videomu.

Berbeda dari beberapa situs web, kamu tidak dibatasi ketika menggunakan elemen stok, seperti teks, kartun, gambar, dan imej, dan komponen. Namun sepertinya Wideo hanya memungkinkan kamu untuk mengunggah gambar dalam format .jpg, .png dan .gif dan latar atau musik milikmu sendiri. Download Wideo.

10. Kapwing

Kapwing

* sumber: www.krishna.me

Kapwing memberikan banyak produk yang berhubungan dengan penyuntingan video online. Di antara produk tersebut di antaranya video maker, generator meme online, video trimmer, dan video resizer, menambahkan subtitle, menambahkan audio dan loop video, serta studio video online all-in-one.

Studio Video ini memungkinkan kamu menggabungkan video, GIF, dan foto, menambahkan teks juga audio untuk membuat video baru. Untuk mengedit video, kamu hanya perlu meng-upload file media dari komputer atau tempelkan URL video untuk memulai.

Sebagai tambahan, pembuat video online ini juga menyediakan sampel, sehingga kamu bisa menggunakan sampel sebelum mengunggah media milikmu sendiri. Kamu bisa mengunduh video yang diedit secara langsung atau membagikannya ke akun sosial. Muncul watermark jika tidak sign in. Download Kapwing.

Bagi kamu para pembuat video baik untuk YouTube atau platform sejenis lainnya, kini pekerjaan mengedit bisa kamu lakukan dengan mudah menggunakan aplikasi yang disebutkan di atas. Meskipun ada keterbatasan, tapi aplikasi ini cukup membantu bagi kamu ingin bisa meng-upload atau membagikan videomu di media sosial. Jangan lupa cek juga laptop untuk video editing terbaik hanya di Carisinyal.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *