Carisinyal / Aplikasi Video PC / 10 Aplikasi Edit Video untuk PC yang Gratis dan Handal

10 Aplikasi Edit Video untuk PC yang Gratis dan Handal

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bagi yang berprofesi sebagai konten kreator maupun yang mempunyai hobi mengunggah konten video di sosial media, aplikasi edit video merupakan aplikasi yang wajib ada di perangkat kalian. Dengan aplikasi edit video, kalian dapat memoles hasil rekaman video menjadi sempurna dan siap untuk dibagikan di YouTube, Instagram, dan platform sosial media lainnya.

Bagi kalian yang masih kebingungan dalam memilih aplikasi edit video PC gratis, kali ini Carisinyal sudah merangkum 10 aplikasi edit video PC gratis yang dapat menangani pekerjaan video editing sederhana hingga yang kompleks. Penasaran apa saja? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Lightworks

Lightworks

* sumber: www.pinterest.com

Lightworks merupakan salah satu opsi terbaik bagi kalian yang tidak ingin mengeluarkan biaya untuk membeli aplikasi edit video PC berbayar. Meskipun gratis, aplikasi edit video ini menawarkan beberapa fitur canggih yang biasanya ditemukan di aplikasi video editing premium.

Beberapa fitur-fitur menarik yang terdapat di aplikasi Lightworks meliputi fitur speed optimizing, di mana pengguna dapat melanjutkan proses editing saat importing atau rendering video. Lalu, mereka juga menawarkan multicam editing yang dapat mensinkronkan klip dari beberapa kamera.

Bagi yang masih asing dengan aplikasi ini, kalian tak perlu khawatir karena Lightworks juga menyediakan video tutorial yang bisa dilihat di website mereka. Aplikasi edit video PC gratis Lightworks ini dapat dinikmati melalui perangkat Windows, Linux dan juga Mac OS.

2. Shotcut

Shotcut

* sumber: shotcut.org

Rekomendasi aplikasi edit video PC gratis terbaik selanjutnya datang dari Shotcut. Aplikasi editing video yang satu ini sudah dilengkapi dengan FFmpeg yang dapat mendukung berbagai macam format video maupun audio. Lalu, dalam aplikasi ini juga terdapat sistem drag-and-drop, sehingga pengguna dapat men-drag media langsung file manager.

Lalu keunggulan lain dari Shotcut adalah aplikasi ini menyediakan koleksi filter yang sangat luas baik untuk video serta audio. Filter tersebut dapat di-layer hingga kalian mendapatkan efek video dan audio yang diinginkan.

Aplikasi video editing PC dari Shotcut ini bisa digunakan untuk perangkat Linux, Mac OS dan juga Windows. Untuk mengunduh aplikasinya, kalian dapat langsung mengunjungi laman Shotcut ini.

3. VSDC Video Editor

VSDC Video Editor

* sumber: www.videosoftdev.com

VSDC adalah aplikasi edit video untuk perangkat PC yang hadir dalam versi gratis maupun berbayar. Fitur-fitur yang dihadirkan oleh aplikasi ini tidak kalah dengan video editing mahal lainnya. Salah satu fitur menarik dari aplikasi ini adalah video stabilization tool yang dapat digunakan untuk memperbaiki kualitas klip yang goyang.

Lalu, terdapat juga tools editing pro seperti color-correcting tools, serta masking tools yang dapat menutupi, blur, ataupun menonjolkan objek dalam video. Selain itu, terdapat juga opsi yang dapat digunakan untuk mengunggah video di YouTube, Instagram ataupun sosial media lainnya secara langsung.

Namun sayangnya, aplikasi edit video PC gratis dari VSDC ini hanya dapat dinikmati oleh perangkat Windows. Untuk yang tertarik, kalian dapat langsung mengunduhnya melalui link ini.

4. Hitfilm Express

Hitfilm Express

* sumber: fxhome.com

HitFilm Express merupakan salah satu aplikasi edit video PC gratis terbaik untuk ahli ataupun pemula yang ingin memulai mencoba edit video dengan perangkat profesional. Beberapa fitur dari aplikasi ini meliputi tools untuk mengedit video green screen, masking video, hingga mengedit video dengan perangkat 3D.

Karena ini merupakan aplikasi edit video yang dikemas dengan fitur profesional, kemungkinan besar pemula akan kebingungan dengan user-interface aplikasi ini. Namun, kalian tidak perlu khawatir karena Hitfilm Express menyediakan tutorial untuk menggunakan aplikasi ini.

Hitfilm Express dapat digunakan untuk perangkat Windows dan juga Mac OS. Untuk yang tertarik mendownload aplikasi ini kalian dapat langsung mengunjungi laman Hitfilm Express.

5. Microsoft Photos App

Microsoft Photos App

* sumber: www.howtogeek.com

Microsoft Photo App merupakan aplikasi bawaan perangkat Windows yang berfungsi sebagai galeri dan sekaligus dapat digunakan untuk mengedit foto dan video. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur mengedit video sederhana seperti seperti memotong video, menambah gambar, audio, text, filter serta efek 3D.

Microsoft Photo App ini ideal untuk mengedit video pendek dengan cepat. Karena Photo App ini dikembangkan oleh Microsoft, aplikasi hanya tersedia untuk perangkat PC Windows. Bagi yang belum memiliki aplikasi ini, kalian dapat men-download aplikasinya di Microsoft Store.

6. Open Shot

Open Shot

* sumber: www.openshot.org

Bagi yang sedang mencari aplikasi edit video PC gratis untuk pemula, aplikasi OpenShot ini bisa menjadi opsi terbaik. Aplikasi ini dilengkapi dengan user interface yang simpel, sehingga pemula tidak akan mengalami kesulitan saat mengoperasikannya. OpenShot dilengkapi dengan fitur editing video dasar seperti menambah teks, efek tambahan, animasi 3D dan lain sebagainya.


Hal menarik lainnya dari aplikasi ini adalah fitur unlimited layer di mana pengguna dapat melakukan layering media ataupun filter tanpa batas. Aplikasi OpenShot ini dapat dinikmati untuk perangkat Windows, MacOS, dan Linux dengan mengunduhnya melalui laman ini.

7. VideoPad

VideoPad

* sumber: www.nchsoftware.com

Rekomendasi lain untuk aplikasi edit video PC gratis yang cocok untuk pemula adalah VideoPad. Aplikasi ini menawarkan lebih dari 50 efek visual, multiple layer, fitur stabilize, mengedit video 360 derajat serta fitur-fitur video editing esensial lainnya.

Meskipun aplikasi ini tidak dilengkapi dengan fitur advance, namun fitur-fitur yang mereka tawarkan cukup baik terutama untuk kebutuhan mengedit video sederhana dengan cepat. VideoPad dapat dinikmati di perangkat Windows serta MacOS dengan mengunduhnya di website NCH Software.

8. DaVinci Resolve

DaVinci Resolve

* sumber: www.blackmagicdesign.com

DaVinci Resolve merupakan aplikasi edit video untuk perangkat PC yang menawarkan fitur-fitur editing advance. Hal menarik dari aplikasi edit video ini adalah ia dilengkapi dengan dual timeline, di mana upper timeline akan menunjukan timeline untuk keseluruhan proyek sedangkan lower timeline akan menunjukkan bagian yang sedang pengguna kerjakan.

Fitur tersebut dapat memudahkan pengguna untuk memindahkan atau memotong klip dengan akurat. Lalu, terdapat juga tools cut page, di mana pengguna dapat mengimport, mengedit, memotong, menambah transisi atau judul, mix audio dalam satu tools.

Performa yang ditawarkan oleh DaVinci Resolve membuatnya menjadi salah satu pilihan terbaik bagi yang sedang mencari aplikasi edit video PC gratis dengan fitur yang cukup lengkap. DaVinci Resolve dapat digunakan di perangkat Windows, Mac, Linux dengan mendownloadnya melalui laman Black Magic Design.

9. iMovie

iMovie

* sumber: sea.pcmag.com

Dari namanya saja kita sudah bisa menebak bahwa iMovie merupakan aplikasi edit video yang dikembangkan oleh Apple. Aplikasi edit video ini dilengkapi dengan user interface yang simpel dengan sistem drag-and drop yang memudahkan pengguna saat mengimport media dari file manager atau drive.

iMovie juga dapat mendukung video dengan resolusi 4K, sehingga pengguna dapat memproduksi video dengan kualitas sinematik yang baik. Selain itu, terdapat juga beragam filter video, built-in music, sound effects, dan juga fitur voice over recording.

Keunggulan lainnya adalah pengguna dapat mengerjakan proyek video yang sama melalui perangkat iPad, Mac dan juga iPhone. Bagi yang tertarik, aplikasi iMovie ini bisa didapatkan dengan mengunduhnya melalui Mac App Store.

10. Blender

Blender

* sumber: www.pinterest.com

Blender merupakan aplikasi untuk memproduksi animasi 3D yang juga dilengkapi dengan fitur mengedit video yang maju. Selain dilengkapi dengan fitur dasar, aplikasi ini juga dapat mendukung pekerjaan editing kompleks seperti video masking, audio mixing, chroma vectorscope, hingga color grading.

Salah satu kekurangan dari aplikasi ini adalah mereka tidak menyediakan fitur unlimited layering. Blender hanya menyediakan 32 slot untuk menambah video, gambar, audio dan juga efek. Aplikasi edit video PC gratis dari Blender ini tersedia untuk perangkat Windows, Linux serta Mac OS dan dapat langsung diunduh melalui laman resmi Blender.

Itu dia 10 rekomendasi aplikasi edit video PC gratis yang dapat membuat kualitas video menjadi jauh lebih baik. Apakah kalian pernah mencoba salah satu aplikasi di atas? Dari kesepuluh list di atas, kira-kira aplikasi apa yang paling ingin kalian coba?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *