carisinyal web banner retina

10 Aplikasi Edit Video untuk PC yang Gratis dan Handal

Ditulis oleh Zalfa Rannan Sopian - Diperbaharui 25 Januari 2021

Bagi yang berprofesi sebagai konten kreator maupun yang mempunyai hobi mengunggah konten video di sosial media, aplikasi edit video merupakan aplikasi yang wajib ada di perangkat kalian. Dengan aplikasi edit video, kalian dapat memoles hasil rekaman video menjadi sempurna dan siap untuk dibagikan di YouTube, Instagram, dan platform sosial media lainnya.

Bagi kalian yang masih kebingungan dalam memilih aplikasi edit video PC gratis, kali ini Carisinyal sudah merangkum 10 aplikasi edit video PC gratis yang dapat menangani pekerjaan video editing sederhana hingga yang kompleks. Penasaran apa saja? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Lightworks

Lightworks

* sumber: www.pinterest.com

Persyaratan sistem minimum:

  • Sistem Operasi: Windows Vista, Windows 7, Windows 8/8.1, Windows 10, Mac 10.9 atau lebih tinggi, Ubuntu/Lubuntu/Xubuntu 18.04 atau lebih tinggi, Mint 17 atau lebih tinggi, Fedora 30 atau lebih tinggi
  • Prosesor: Intel i7 chipset atau yang lebih cepat, chipset AMD berkinerja cepat
  • Grafis: PCI Express (NVIDIA or AMD) dengan 1 GB atau lebih tinggi dan mendukung DirectX 9 (Windows saja)
  • RAM: 3 GB atau lebih besar
  • Disk Space: 200 MB untuk instalasi
  • Rekomendasi Lain: Dua tampilan Full HD atau di atasnya; Kartu suara yang kompatibel; Sistem drive dan media terpisah

Lightworks merupakan salah satu opsi terbaik bagi kalian yang tidak ingin mengeluarkan biaya untuk membeli aplikasi edit video PC berbayar. Meskipun gratis, aplikasi edit video ini menawarkan beberapa fitur canggih yang biasanya ditemukan di aplikasi video editing premium.

Beberapa fitur-fitur menarik yang terdapat di aplikasi Lightworks meliputi fitur speed optimizing, di mana pengguna dapat melanjutkan proses editing saat importing atau rendering video. Lalu, mereka juga menawarkan multicam editing yang dapat mensinkronkan klip dari beberapa kamera.

Bagi yang masih asing dengan aplikasi ini, kalian tak perlu khawatir karena Lightworks juga menyediakan video tutorial yang bisa dilihat di website mereka. Aplikasi edit video PC gratis Lightworks ini dapat dinikmati melalui perangkat Windows, Linux dan juga Mac OS.

2. Shotcut

Shotcut

* sumber: shotcut.org

Persyaratan sistem minimum:

  • Sistem Operasi: 64-bit Windows 7 - 10, Apple macOS 10.10 - 10.15, atau 64-bit Linux dengan setidaknya glibc 2.27
  • Prosesor: x86-64 Intel atau AMD; setidaknya satu 2 GHz core untuk SD, 4 core untuk HD, and 8 core untuk 4K
  • Grafis: OpenGL 2.0 yang kompatibel; Kartu dengan driver DirectX 9 atau 11 yang bagus dan kompatibel (Windows saja)
  • RAM: 4 GB untuk SD, 8 GB untuk HD, 16 GB untuk 4K
  • Hard Drive: Lebih besar lebih bagus

Rekomendasi aplikasi edit video PC gratis terbaik selanjutnya datang dari Shotcut. Aplikasi editing video yang satu ini sudah dilengkapi dengan FFmpeg yang dapat mendukung berbagai macam format video maupun audio. Lalu, dalam aplikasi ini juga terdapat sistem drag-and-drop, sehingga pengguna dapat men-drag media langsung file manager.

Lalu keunggulan lain dari Shotcut adalah aplikasi ini menyediakan koleksi filter yang sangat luas baik untuk video serta audio. Filter tersebut dapat di-layer hingga kalian mendapatkan efek video dan audio yang diinginkan.

Aplikasi video editing PC dari Shotcut ini bisa digunakan untuk perangkat Linux, Mac OS dan juga Windows. Untuk mengunduh aplikasinya, kalian dapat langsung mengunjungi laman Shotcut ini.

3. VSDC Video Editor

VSDC Video Editor

* sumber: www.videosoftdev.com

Persyaratan sistem minimum:

  • Sistem Operasi: Windows XP SP3 / Vista / Win7 / Win8 / Win10 (update dan paket layanan terbaru)
  • Prosesor: Intel, AMD atau yang kompatibel dengan frekuensi pada 1,5 GHz
  • Grafis: PCI Express (NVIDIA or AMD) dengan 1 GB atau lebih tinggi dan mendukung DirectX 9 (Windows saja)
  • RAM: 1 GB untuk program
  • Disk Space: 300 MB untuk instalasi
  • Rekomendasi Lain: Resolusi layar 1024 x 768 piksel dengan 16 bit warna atau lebih tinggi; DirectX 9.0с atau lebih tinggi; Instalasi dan aktivasi memerlukan izin administrator

VSDC adalah aplikasi edit video untuk perangkat PC yang hadir dalam versi gratis maupun berbayar. Fitur-fitur yang dihadirkan oleh aplikasi ini tidak kalah dengan video editing mahal lainnya. Salah satu fitur menarik dari aplikasi ini adalah video stabilization tool yang dapat digunakan untuk memperbaiki kualitas klip yang goyang.

Lalu, terdapat juga tools editing pro seperti color-correcting tools, serta masking tools yang dapat menutupi, blur, ataupun menonjolkan objek dalam video. Selain itu, terdapat juga opsi yang dapat digunakan untuk mengunggah video di YouTube, Instagram ataupun sosial media lainnya secara langsung.

Namun sayangnya, aplikasi edit video PC gratis dari VSDC ini hanya dapat dinikmati oleh perangkat Windows. Untuk yang tertarik, kalian dapat langsung mengunduhnya melalui link ini.

4. HitFilm Express

Hitfilm Express

* sumber: fxhome.com

Persyaratan sistem minimum:

  • Sistem Operasi: Microsoft Windows 10 (64-bit), Microsoft Windows 8 (64-bit), macOS 10.15 Catalina, macOS 10.14 Mojave, atau 10.13 High Sierra
  • Prosesor: 4th Generation Intel® Core™ atau AMD yang setara
  • Grafis: NVIDIA GeForce 600 (Kepler) series, AMD Radeon R5 240, Intel HD Graphics 5000 (GT3)
  • RAM: 4 GB (direkomendasikan 8 GB)
  • Rekomendasi Lain: Memori video minimal 1 GB dan 2 GB atau lebih besar untuk 4K UHD; Koneksi internet untuk aktivasi online

HitFilm Express merupakan salah satu aplikasi edit video PC gratis terbaik untuk ahli ataupun pemula yang ingin memulai mencoba edit video dengan perangkat profesional. Beberapa fitur dari aplikasi ini meliputi tools untuk mengedit video green screen, masking video, hingga mengedit video dengan perangkat 3D.

Karena ini merupakan aplikasi edit video yang dikemas dengan fitur profesional, kemungkinan besar pemula akan kebingungan dengan user-interface aplikasi ini. Namun, kalian tidak perlu khawatir karena Hitfilm Express menyediakan tutorial untuk menggunakan aplikasi ini.

Hitfilm Express dapat digunakan untuk perangkat Windows dan juga Mac OS. Untuk yang tertarik mendownload aplikasi ini kalian dapat langsung mengunjungi laman Hitfilm Express.

5. Microsoft Photos

Microsoft Photos App

* sumber: www.howtogeek.com

Persyaratan sistem minimum:

  • Sistem Operasi: Windows 10 versi 17134.0 atau lebih tinggi
  • Arsitektur: ARM, x64, x86

Microsoft Photo App merupakan aplikasi bawaan perangkat Windows yang berfungsi sebagai galeri dan sekaligus dapat digunakan untuk mengedit foto dan video. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur mengedit video sederhana seperti seperti memotong video, menambah gambar, audio, text, filter serta efek 3D.


Microsoft Photo App ini ideal untuk mengedit video pendek dengan cepat. Karena Photo App ini dikembangkan oleh Microsoft, aplikasi hanya tersedia untuk perangkat PC Windows. Bagi yang belum memiliki aplikasi ini, kalian dapat men-download aplikasinya di Microsoft Store.

6. OpenShot

Open Shot

* sumber: www.openshot.org

Persyaratan sistem minimum:

  • Sistem Operasi: 64-bit (Linux, OS X, Windows 7/8/10)
  • Prosesor: Multi-core dengan dukungan 64-bit
  • RAM: 4 GB (direkomendasikan 16 GB)
  • Disk Space: 500 MB untuk instalasi
  • Rekomendasi Lain: SSD jika menggunakan disk-caching (dan tambahan 10 GB HDD)

Bagi yang sedang mencari aplikasi edit video PC gratis untuk pemula, aplikasi OpenShot ini bisa menjadi opsi terbaik. Aplikasi ini dilengkapi dengan user interface yang simpel, sehingga pemula tidak akan mengalami kesulitan saat mengoperasikannya. OpenShot dilengkapi dengan fitur editing video dasar seperti menambah teks, efek tambahan, animasi 3D dan lain sebagainya.

Hal menarik lainnya dari aplikasi ini adalah fitur unlimited layer di mana pengguna dapat melakukan layering media ataupun filter tanpa batas. Aplikasi OpenShot ini dapat dinikmati untuk perangkat Windows, MacOS, dan Linux dengan mengunduhnya melalui laman ini.

7. VideoPad

VideoPad

* sumber: www.nchsoftware.com

Persyaratan sistem minimum:

  • Sistem Operasi: Windows 10, XP, Vista, 7, 8 dan 8.1, Mac OS X 10.6
  • Prosesor: 1,5 GHz
  • RAM: 4 GB
  • Disk Space: 100 MB untuk instalasi

Rekomendasi lain untuk aplikasi edit video PC gratis yang cocok untuk pemula adalah VideoPad. Aplikasi ini menawarkan lebih dari 50 efek visual, multiple layer, fitur stabilize, mengedit video 360 derajat serta fitur-fitur video editing esensial lainnya.

Meskipun aplikasi ini tidak dilengkapi dengan fitur advance, namun fitur-fitur yang mereka tawarkan cukup baik terutama untuk kebutuhan mengedit video sederhana dengan cepat. VideoPad dapat dinikmati di perangkat Windows serta MacOS dengan mengunduhnya di website NCH Software.

8. DaVinci Resolve

DaVinci Resolve

* sumber: www.blackmagicdesign.com

Persyaratan sistem minimum:

  • Sistem Operasi: macOS 10.14.6 Mojave, Windows 10 Creators Update, CentOS 7.3
  • Prosesor: Intel Core i7 atau AMD Ryzen 7
  • Grafis: Terintegrasi atau diskrit dengan 4 GB VRAM
  • RAM: 16 GB, 32 GB ketika menggunakan Fusion; 32 GB (Linux)
  • Rekomendasi Lain: Blackmagic Design Desktop Video 10.4.1 atau terbaru; GPU dengan dukungan Metal atau OpenCL 1.2 (macOS), OpenCL 1.2 atau CUDA 11 (Windows dan Linux)

DaVinci Resolve merupakan aplikasi edit video untuk perangkat PC yang menawarkan fitur-fitur editing advance. Hal menarik dari aplikasi edit video ini adalah ia dilengkapi dengan dual timeline, di mana upper timeline akan menunjukan timeline untuk keseluruhan proyek sedangkan lower timeline akan menunjukkan bagian yang sedang pengguna kerjakan.

Fitur tersebut dapat memudahkan pengguna untuk memindahkan atau memotong klip dengan akurat. Lalu, terdapat juga tools cut page, di mana pengguna dapat mengimport, mengedit, memotong, menambah transisi atau judul, mix audio dalam satu tools.

Performa yang ditawarkan oleh DaVinci Resolve membuatnya menjadi salah satu pilihan terbaik bagi yang sedang mencari aplikasi edit video PC gratis dengan fitur yang cukup lengkap. DaVinci Resolve dapat digunakan di perangkat Windows, Mac, Linux dengan mendownloadnya melalui laman Black Magic Design.

9. iMovie

iMovie

* sumber: sea.pcmag.com

Persyaratan sistem minimum:

  • Sistem Operasi: Windows 10, Windows 8/7/Vista/XP
  • Prosesor: Intel atau AMD atau yang kompatibel, dengan frekuensi 1 GHz
  • RAM: 1 GB untuk Windows 10, Windows 8 dan Windows 7, 256 MB untuk Windows XP dan 512 MB untuk Vista
  • Disk Space: 250 MB untuk instalasi
  • Rekomendasi Lain: Izin administrator; Resolusi tampilan grafis 1024 x 768, warna 32-bit, QuickTime Player untuk PC untuk pemrosesan file MOV; Perangkat perekam VHS diperlukan untuk merekam video analog

Dari namanya saja kita sudah bisa menebak bahwa iMovie merupakan aplikasi edit video yang dikembangkan oleh Apple. Aplikasi edit video ini dilengkapi dengan user interface yang simpel dengan sistem drag-and drop yang memudahkan pengguna saat mengimport media dari file manager atau drive.

iMovie juga dapat mendukung video dengan resolusi 4K, sehingga pengguna dapat memproduksi video dengan kualitas sinematik yang baik. Selain itu, terdapat juga beragam filter video, built-in music, sound effects, dan juga fitur voice over recording.

Keunggulan lainnya adalah pengguna dapat mengerjakan proyek video yang sama melalui perangkat iPad, Mac dan juga iPhone. Bagi yang tertarik, aplikasi iMovie ini bisa didapatkan dengan mengunduhnya melalui Mac App Store.

10. Blender

Blender

* sumber: www.pinterest.com

Persyaratan sistem minimum:

  • Sistem Operasi: Windows 10, 8.1 dan 7, macOS 10.13+, Linux
  • Prosesor: 64-bit dual core 2 Ghz CPU dengan dukungan SSE2
  • Grafis: Kartu grafis dengan RAM 1 GB, OpenGL 3.3 | NVIDIA GeForce 400 atau lebih baru, AMD GCN gen pertama atau lebih baru, Intel arsitektur Haswell atau lebih baru
  • RAM: 4 GB
  • Rekomendasi Lain: Tampilan 1280 x 768; Mouse, trackpad atau pen+tablet

Blender merupakan aplikasi untuk memproduksi animasi 3D yang juga dilengkapi dengan fitur mengedit video yang maju. Selain dilengkapi dengan fitur dasar, aplikasi ini juga dapat mendukung pekerjaan editing kompleks seperti video masking, audio mixing, chroma vectorscope, hingga color grading.

Salah satu kekurangan dari aplikasi ini adalah mereka tidak menyediakan fitur unlimited layering. Blender hanya menyediakan 32 slot untuk menambah video, gambar, audio dan juga efek. Aplikasi edit video PC gratis dari Blender ini tersedia untuk perangkat Windows, Linux serta Mac OS dan dapat langsung diunduh melalui laman resmi Blender.

Itu dia 10 rekomendasi aplikasi edit video PC gratis yang dapat membuat kualitas video menjadi jauh lebih baik. Apakah kalian pernah mencoba salah satu aplikasi di atas? Dari kesepuluh list di atas, kira-kira aplikasi apa yang paling ingin kalian coba?

Menu

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram