16 Aplikasi Edit Video Terbaik untuk PC dan Laptop

Ditulis oleh Listiorini

9. DaVinci Resolve

Davinci Resolve_

Membutuhkan aplikasi edit video PC yang support di segala OS? Kalau begitu, Anda perlu coba aplikasi DaVinci Resolve. Aplikasi ini bisa digunakan di Windows, iOS, hingga Linux. Selain kelengkapan OS, DaVinci Resolve juga memiliki berbagai fitur yang mumpuni dimana penggunanya bisa melakukan custom timeline settings, adjusments clip, facial recognation, hingga adudio scrubbing.

Meski punya banyak fitur, namun DaVinci Resolve juga tetap memerhatikan antarmukanya. Mereka mendesain interface dengan sangat simpel sehingga pengguna baru pun tidak akan kesulitan menggunakan DaVinci Resolve. Tapi, perlu diketahui bahwa ini bukanlah aplikasi edit video dengan skala profesional, ya.

10. HitFilm Pro

HitFilm_

Kami juga merekomendasikan HitFilm Pro sebagai perangkat lunak yang dapat diandalkan oleh para artis. HitFilm menawarkan alat peng-edit-an, pengomposisian, pembuatan judul, dan alat 3D dalam satu produk.

HitFilm Pro memiliki beragam fitur canggih yang mampu membawa alur kerja penggunanya ke level berikutnya. Aplikasi ini menggabungkan beragam fitur dengan mulus, memberikan semua yang dibutuhkan editor amatir dan profesional untuk menyelesaikan proyek mereka hingga akhir.

Dengan segala kehebatan yang ditawarkannya, Anda harus menyediakan dana yang tidak sedikit jika ingin bekerja dengan HitFilm Pro. Terdapat tiga pilihan lisensi yang bisa Anda pilih dengan harga mulai dari $349 atau sekitar Rp 4,9 jutaan. Anda dapat memilih salah satunya di sini.

11. Pinnacle Studio

Pinnacle Studio_

Anda seorang pemula yang ingin atau baru belajar meng-edit video? Butuh software yang murah dengan fasilitas terlengkap yang bisa Anda manfaatkan? Carisinyal merekomendasikan software Pinnacle Studio. Aplikasi edit video untuk PC satu ini memang untuk pemula dengan berbagai macam fitur-fitur editing video dasar.

Anda bisa meng-edit video bahkan sambil belajar meng-edit video. Penggunanya bisa mengasah kreativitas penyuntingan video dengan aplikasi Pinnacle Studio. Kualitas yang disajikan oleh Pinnacle studio terbilang cukup baik juga, lho. Anda mau belajar editing video? Download aplikasi Pinnacle Studio di sini.

12. Adobe After Effects

Adobe After Effect_

Adobe After Effects adalah aplikasi efek visual digital, grafik gerak, dan pengomposisian yang dikembangkan oleh Adobe Systems dan digunakan dalam proses pasca produksi pembuatan film, video game, dan produksi televisi. Antara lain, After Effects dapat digunakan untuk penguncian, pelacakan, pengomposisian, dan animasi.

Dengan aplikasi edit video ini, Anda dapat membuat judul, intro, dan transisi film sinematik, menghapus objek dari klip, menganimasikan logo atau karakter, dan bahkan menavigasi dan mendesain dalam ruang 3D. Adobe After Effects menawarkan beberapa pilihan lisensi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Dapatkan aplikasinya di sini.

13. Lightworks

lightworks_

Satu lagi aplikasi edit video PC terbaik yang kami rekomendasikan, yakni Lightworks. Aplikasi satu ini diklaim mampu meng-edit video layaknya Anda seorang editor video profesional. Ya, tentu saja hal tersebut karena berbagai macam fitur yang tersemat di dalam aplikasinya.

Uniknya, Lightworks mampu untuk mengedit dengan dukungan resolusi HD, PAL, dan NTSC. Dan hal yang paling mengesankan adalah, aplikasi ini sudah diuji oleh para editor video profesional, lho. Mau coba juga? Download di sini.

14. HitFilm Express

hitfilm express_

Gratis? Tentu saja Anda bisa memilih HitFilm Express sebagai aplikasi edit video untuk PC tanpa bayar. Aplikasi ini dirancang dan dibuat untuk memberikan hasil suntingan video yang keren dan juga berkualitas. Tak hanya avail untuk Windows, HitFilm Express juga mampu dijalankan di Mac juga.

Fitur yang ditawarkan oleh pihak aplikasi HitFilm Express pun sangat berguna untuk menunjang pembuatan dan peng-edit-an video. Anda tertarik untuk mengedit video menggunakan HitFilm Express? Jika tertarik, bisa langsung download aplikasinya dengan klik di sini.

15. Shotcut

Shotcut

Shotcut menjadi salah satu aplikasi edit video di PC yang paling bisa dindalkan. Dalam aplikasinya, Shotcut menawarkan interface yang sangat friendly. Jadi, untuk Anda yang baru mulai mencoba mengedit video, bisa pakai aplikasi Shotcut. Selain antarmukanya yang simpel, fitur di dalamnya juga sangat beragam dimana bisa melakukan trimming pada setiap video klip yang ada.

Tidak hanya itu saja, penggunanya juga bisa melakukan Append, insert, overwrite, lift, danripple delete editing pada satu timeline video yang sedang diedit. Yang menariknya lagi, Anda juga bisa mendeteksi audio di video yang akan diedit. Lalu, hasilnya bisa Anda simpan dengan berbagai resolusi. Bahkan, bisa di-save dengan resolusi 4K, lho!

16. Filmora

Filmora_

Nama Wondershare Filmora mungkin tidak asing lagi di telinga Anda. Editor video satu ini sangat populer karena dinilai ramah untuk pengguna, bahkan yang masih pemula sekalipun. Bicara soal fitur, Filmora sebenarnya tak jauh berbeda dengan editor video lainnya. 

Anda dapat menambahkan transisi, efek, elemen-elemen animasi, teks, dan masih banyak lagi. Serunya, aplikasi ini memiliki direktori yang terbilang lengkap. Teks, foto, animasi, semuanya sudah ada dan tinggal Anda pilih sesuai kebutuhan saja. 

«12 3 4»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram