Yuk, Download 15 Aplikasi Edukatif untuk Anak Ini!

Ditulis oleh Albar Fahrul Roji

Belajar adalah kewajiban bagi setiap orang. Belajar harus kita lakukan sedini mungkin agar kelak kita dapat terbiasa. Termasuk dalam mendidik anak. Kita perlu membiasakan anak-anak untuk belajar sejak dini. Jangan sampai masa kanak-kanak hanya dihabiskan dengan hal-hal yang kurang bermanfaat seperti bermain game online saja.

Untuk itu, sebagai orang tua kita perlu menerapkan kebiasaan belajar yang seru kepada sang buah hati. Hal ini dilakukan agar sang anak dapat tertarik untuk belajar tanpa ada paksaan yang akan membuatnya merasa bosan.

Kemajuan teknologi juga mendorong orangtua untuk dapat lebih pintar memberikan kesempatan belajar yang menyenangkan namun tetap edukatif untuk anak-anak. Saat ini, banyak sekali aplikasi pembelajaran yang menyenangkan dan anti membosankan.

Jadi, bukan hanya main game online saja, sang anak juga bisa belajar sembari bermain, karena aplikasi edukatif tersebut dibuat menyenangkan dan dikhususkan untuk anak-anak. Dijamin, anak-anak akan senang dan ketagihan belajar! Kira-kira aplikasi edukatif untuk anak apa saja yang bisa kita unduh? Yuk, simak pemaparannya!

1. ABC Kids - Tracing & Phonics

ABC Kids - Tracing & Phonics_

Aplikasi edukatif untuk anak ini dirilis oleh RVApps. ABC Kids - Tracing & Phonics akan membantu anak untuk mempelajari huruf dan angka dengan melakukan tracing pada setiap huruf memakai tangan. Anak-anak juga dapat mempelajari huruf besar maupun kecil. 

Selain itu, mereka juga bisa belajar untuk membaca dengan mudah dan menyenangkan. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis melalui link berikut

2. Kota Bayi Panda: Duniaku

Kota Bayi Panda- Duniaku _

Selanjutnya, ada Kota Bayi Panda: Duniaku. Aplikasi edukatif ini menyuguhkan permainan di mana anak-anak dapat belajar untuk menjelajahi Kota Bayi Panda dan membuat kisahnya sendiri. 

Anak-anak juga bisa belajar cara berinteraksi dengan mencari teman di open world selama jalannya permainan. Mereka juga bisa mempelajari berbagai profesi, seperti dokter, perawat, pemilik toko roti, dan lain sebagainya. Coba Kota Bayi Panda: Duniaku di sini.

3. Crayola Scribble Scrubbie Pets

Crayola Scribble Scrubbie Pets _

Crayola Scribble Scrubbie Pets akan membawa anak-anak untuk mengerti cara merawat hewan peliharaan.

Ya, di dalam aplikasi ini, anak dapat memelihara hewan-hewan lucu, berinteraksi bersama mereka, serta memberinya makan. Anak-anak pun dapat belajar untuk mewarnai bulu hewan-hewan kesayangannya, lho. Coba aplikasinya dengan mengunduhnya di sini.

4. Lingokids

lingokids_

Aplikasi edukatif satu ini menawarkan aktivitas belajar sambil bermain yang menyenangkan. Anak-anak dapat belajar untuk mengenal bahasa Inggris, mengetahui sejarah, belajar berhitung, dan masih banyak lagi.

Hebatnya lagi, aplikasi satu ini dikurasi oleh dewan pendidik dan juga Oxford University Press. Anak-anak dijamin akan betah untuk belajar banyak hal di aplikasi ini. Ditambah lagi, tampilan grafisnya hadir dengan warna yang beragam dan eye-catchy. Unduh Lingokids melalui tautan ini.

5. Kids Nursery Rhymes Videos

Kids Nursery Rhymes Videos _

Kids Nursery Rhymes Videos adalah aplikasi edukatif untuk anak yang ditawarkan Kidzooly. Di dalam aplikasinya, ada banyak sekali lagu anak-anak yang dapat dipelajari oleh si kecil. Tentu, dengan pendampingan Anda sebagai orang tuanya.

Serunya lagi, aplikasi ini menawarkan animasi lucu di setiap videonya. Anda dapat mengaksesnya tanpa koneksi internet juga. Terdapat pula fitur children dan parental mode yang bisa Anda pilih. Aplikasinya bisa digunakan dan diunduh secara gratis lewat link ini.

6. Piano Kids

Piano Kids _

Aplikasi Piano Kids terbilang populer di kalangan orang tua yang menggunakan perangkat Android. Hingga kini, aplikasinya telah diunduh oleh lebih dari 50 juta pengguna.

Dengan Piano Kids, anak-anak dapat belajar tentang memainkan instrumen musik, menyanyikan lagu anak, serta menghafal suara dari objek-objek tertentu. Mereka pun dapat bermain dengan memecahkan teka-teki, belajar berhitung dan alfabet, menggambar, dan masih banyak lagi.

7. LEGO® DUPLO® WORLD

LEGO® DUPLO® WORLD _

Selanjutnya, ada LEGO® DUPLO® WORLD. Ini adalah aplikasi permainan yang bisa dikhususkan untuk anak usia dini, namun juga bisa dimainkan oleh anak-anak dengan usia di atas 5 tahun.

Di dalam permainannya, anak akan mempelajari ragam jenis skill, termasuk dalam ranah sosial. Mereka akan menyelami profesi-profesi tertentu, mengasah kreativitas dengan berperan dalam adegan-adegan permainan dan belajar memecahkan masalah.

Aplikasi satu ini meraih beberapa penghargaan. Salah satunya adalah KAPI Award 2020 untuk kategori Aplikasi Terbaik. Unduh aplikasinya di sini.

8. Aplikasi Belajar TK dan PAUD Lengkap

Aplikasi Belajar TK dan PAUD Lengkap _

Aplikasi edukatif untuk anak-anak ini tidak kalah keren, lho. Di dalamnya terdapat fitur belajar dan bermain yang bisa dicoba oleh buah hati Anda.

Dalam mode belajar, mereka dapat mengetahui cara membaca, berhitung, beribadah, mengenal nama hewan, dan masih banyak lagi. Sementara itu, di dalam mode bermain, si kecil bisa mencoba mencocokkan objek, bermain tebak huruf dan angka, latihan konsentrasi, hingga menebak alat transportasi. 

Yuk, ajak si kecil bermain sambil belajar dengan lebih menyenangkan. Unduh aplikasinya melalui link ini

9. Math for Kids

Math for Kids_

Aplikasi satu ini akan mengajak anak Anda untuk mempelajari matematika dengan mudah dan seru. Mereka bisa belajar tentang penambahan, pengurangan, dan mengikuti kuis.

Ada pula beberapa mini-game yang bisa dimainkan oleh si kecil. Aplikasi ini hadir dengan tampilan grafis dan juga kontrol yang ramah anak. Math for Kids telah diunduh oleh lebih dari 10 juta pengguna di Android. Unduh aplikasinya di sini.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram