10 Aplikasi Audio Equalizer Terbaik untuk PC dan Laptop

Ditulis oleh Jihan Fauziah

Audio equalization merupakan teknik untuk mengatur keseimbangan antara komponen frekuensi yang dapat didengar. Sebelumnya sudah banyak alat berat yang digunakan untuk pengaturan keseimbangan suara yang kini dikenal sebagai equalizer. Namun, sekarang ada aplikasi equalizer untuk melakukan hal ini.

Terdapat banyak pilihan aplikasi PC terbaik yang dapat membantu pengguna melakukan tugas menyesuaikan suara hanya dalam beberapa detik. Pengguna bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengakses fitur audio seperti Equalizer, Surround, Environment, Base Management, dan sebagainya. Berikut ini adalah pilihan rekomendasi aplikasi equalizer PC terbaik baik yang gratis maupun berbayar.

1. Equalizer APO

equalizer apo

Equalizer APO merupakan salah satu aplikasi equalizer PC terbaik untuk kesempurnaan suara yang lebih baik. Equalizer open source ini digunakan untuk PC dan gratis untuk diunduh dan memiliki fitur luar biasa untuk mengontrol kualitas suara. Aplikasi ini sangat kecil ukurannya sehingga tidak memberatkan memori dan prosesor.

Equalizer APO terkenal dengan pengeditan suara 3D-nya. Beberapa fitur lain termasuk penggunaan multi saluran, penggunaan CPU yang lebih rendah, dan kelayakan pengguna yang luar biasa. Untuk meningkatkan kualitas suara yang dihasilkan, pengguna akan mendapatkan opsi filter tanpa batas. Unduh Equalizer APO.

2. Realtek HD Audio Manager

Realtek HD Audio Manager merupakan salah satu aplikasi equalizer PC terbaik untuk memberikan pengguna suara yang sempurna. Aplikasi ini memberikan berbagai opsi kepada pengguna untuk mengubah pengaturan campuran stereo, speaker, dan mikrofon.

Di equalizer ini, pengguna akan mendapatkan dua jenis pilihan efek suara dan pengaturan equalisasi sepuluh band. Realtek HD Audio Manager sangat mudah disesuaikan. Aplikasi ini adalah equalizer grafis open source yang memiliki nilai preset seperti Rock, Live, Club, Pop, Jazz, dan Karaoke.

Kategori lingkungan dari digital audio equalizer ini mempunyai preset seperti hutan, pipa saluran pembuangan, bawah air, dan ruang tamu. Unduh Realtek HD Audio Manager.

3. Bongiovi DPS

Bongiovi DPS

Bongiovi DPS adalah pilihan aplikasi equalizer PC terbaik lainnya dengan Digital Power Station Technology yang mengklaim mampu meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan. Pengguna dapat memilih jenis perangkat yang digunakan.

Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan pemilihan konten apakah musik, film ataupun percakapan. Fitur ini berguna ketika mendengarkan audio book untuk mendapatkan hasil suara yang lebih fokus.

Windows Audio Equalizer ini memiliki versi premium yang memungkinkan pengguna untuk memilih profil perangkat yang disesuaikan, kontrol bass, dan treble dengan visualisasi frekuensi. Perangkat lunak Digital Power Station ini juga memiliki subwoofer virtual sebagai peningkatan stereo lainnya. Unduh Bongiovi DPS.

4. FXSound

fx sound equalizer_

DFX Audio Enhancer adalah nama lama dari FXSound yang merupakan aplikasi untuk meningkatkan audio yang terkenal. Keistimewaannya yaitu dapat memberikan kemudahan bagi pengguna dan memungkinkan pengguna menyesuaikan suara dengan merdu yang tidak sulit untuk dipahami.

Namun sisi negatifnya yaitu aplikasi ini itu tidak memadai untuk para profesional atau audiophile ekstrim karena hanya 10 band yang bisa disesuaikan oleh pengguna mulai dari 110Hz sampai 15KHz. Namun preset pramuatnya memenuhi keinginan sebagian besar konsumen.

Umumnya para konsumen tersebut hanya ingin meningkatkan pengalaman audio mereka. Kelemahan dari equalizer ini adalah harganya $39,99 dan versi demo sangat terbatas. Unduh FXSound.

5. EqMac

EqMac_

Seperti namanya, aplikasi equalizer ini dihadirkan untuk laptop dengan macOS. EqMac punya fitur yang beragam, termasuk tiga equalizer berbeda, mulai dari yang basic, advanced dan expert.

Saat kami coba, kami hanya bisa menggunakan basic equalizer, yang terdiri dari bass, mids dan treble. Sisanya, baik advanced dan expert equalizer, volume mixer, dan spatial audio adalah fitur yang bisa dinikmati di versi pro dari EqMac. Beruntungnya, EqMac menyajikan trial gratis selama lima menit untuk mencoba fitur-fitur unggulannya ini.

Kami menguji aplikasinya sambil mendengarkan musik dengan basic equalizer. Kami mencoba memberikan efek reverb melalui fitur spatial audio yang tersedia, serta mengatur bass, treble, juga mids menggunakan tombol berbentuk kenop. Aplikasinya mampu memberikan hasil yang baik.

Dari segi visual, aplikasinya tampak minimalis dan sangat sederhana. Namun jangan khawatir, developer dari EqMac menyampaikan bahwa visual dan UI dari aplikasinya akan di-update segera. Ingin mencoba EqMac? Silakan unduh di sini.

6. Boom 3D

BOOM 3D EQ

Boom 3D merupakan aplikasi equalizer untuk macOs dan iOS. Namun sesudah meraih kesuksesan dan mendapat respon pengguna yang lebih besar, aplikasi ini kini tersedia untuk pengguna Windows. Boom 3D akan memberikan suara berkualitas tinggi dengan pengalaman yang realistis.

Perangkat lunak ini mempunyai lebih dari 40 juta pengguna di seluruh dunia. Boom 3D membantu pecinta musik yang sesungguhnya dengan cara yang berbeda. Perangkat ini memungkinkan pembuatan suara 3D yang berisi filter, penyesuaian bass, dan banyak lagi pilihan lainnya.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram