Carisinyal / Aplikasi Android Terbaik / 10 Aplikasi Informasi Gempa dan Bencana yang Sangat Berguna

10 Aplikasi Informasi Gempa dan Bencana yang Sangat Berguna

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Agustus 2019

Bencana gempa bumi hingga gunung berapi yang kerap kali mengalami erupsi tak pelak membuat masyarakat kita panik dan ketakutan. Apalagi, kita terkadang kesulitan untuk mengetahui kapan suatu bencana itu bisa terjadi, selain melihat tanda-tanda yang umum seperti perilaku para hewan yang berubah drastis.

Namun, di zaman yang serba modern seperti sekarang, Anda bisa mengetahui informasi tentang potensi terjadinya bencana di wilayah tempat tinggal Anda, hingga di seluruh dunia melalui aplikasi yang bisa diunduh lewat HP. Nah, Carisinyal akan memberikan rekomendasi 10 aplikasi informasi gempa dan bencana yang bisa Anda jadikan panduan agar lebih waspada akan terjadinya bencana. Aplikasi apa sajakah itu? Simak langsung saja pembahasan berikut untuk mengetahuinya.

1. Info BMKG

info bmkg aplikasi informasi gempa dan bencana

Tahukah Anda, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika alias BMKG punya aplikasi informasi gempa dan bencana yang dinamakan Info BMKG. Aplikasi ini punya beberapa fitur berupa informasi tentang bencana gempa bumi terkini.

Info BMKG bisa memberikan Anda pengetahuan tentang bencana gempa bumi dengan kekuatan lebih dari Magnitudo 5.0 dalam waktu yang sangat singkat, yakni 5 menit. Selain informasi tentang gempa bumi, Anda juga dapat mengetahui informasi tentang peta iklim, kualitas udara, cuaca bandara, informasi tentang kebakaran hutan dan lahan hingga cuaca jalur mudik.

Anda juga akan diberikan notifikasi berupa peringatan dini cuaca di beberapa provinsi di tanah air. Dengan aplikasi ini, Anda pun dapat menyaksikan siaran pers resmi dari BMKG. Tertarik untuk mencoba? Silahkan download aplikasi Info BMKG melalui link ini.

2. InDRA BNPB

InDRA aplikasi informasi gempa dan bencana

Bukan hanya Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) saja yang punya aplikasi tanggap bencana. Badan Nasional Penanggulangan Bencana juga punya aplikasi serupa, lho. InDRA namanya.

InDRA (Indonesia Disaster Rapid Assessment adalah aplikasi pendeteksi dini bencana yang bisa membantu masyarakat dan relawan serta petugas BPBD untuk mengetahui dan melaporkan peristiwa bencana alam yang terjadi di berbagai wilayah di Tanah Air secara cepat.

Selain itu, pengguna aplikasi juga bisa mengetahui berapa jumlah kejadian bencana yang terjadi, berapa banyak fasilitas, rumah rusak dan korban jiwa yang ditimbulkan oleh bencana tersebut. Pengguna aplikasi InDRA juga akan memperoleh informasi tentang kondisi cuaca.

Berdasarkan penuturan dari lensa.news, untuk menggunakan aplikasi InDRA, Anda perlu melapor pada petugas BPBD yang mengelola aplikasinya. Download aplikasi tanggap bencana InDRA di sini sekarang juga.

3. EQInfo

EQInfo aplikasi informasi gempa dan bencana

EQInfo adalah sebuah aplikasi informasi bencana yang dibekali berbagai fitur bermanfaat. Misalnya berupa peta gempa bumi terbaru, informasi bencana gempa bumi dengan besaran magnitude hingga wilayah yang terdampak gempa.

Aplikasi EQInfo ini memperoleh informasi tentang bencana gempa bumi dari berbagai lembaga seperti BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika), Spanish National Geographic Institute (IGN) dan beberapa lembaga lainnya. Silahkan download aplikasi EQInfo di sini.

4. MAGMA Indonesia

magma indonesia aplikasi bencana

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi punya aplikasi MAGMA Indonesia, lho. Aplikasi ini bisa membantu Anda untuk mendapatkan informasi bencana yang terjadi di Indonesia, mulai dari bencana yang berhubungan dengan gunung berapi, gempa bumi, tsunami hingga gerakan tanah.

Aplikasi ini memiliki fitur-fitur interaktif juga. Di antaranya adalah peta bencana geologi hingga community reporting system yang bisa digunakan oleh masyarakat untuk melaporkan bencana geologi yang terjadi di wilayahnya. Penasaran ingin mencoba aplikasi MAGMA Indonesia? Download langsung saja aplikasinya melalui link ini.

5. inaRISK

inarisk aplikasi bencana

Selain aplikasi InDRA (Indonesia Disaster Rapid Assessment, BNPB juga meluncurkan aplikasi lainnya, yakni inaRISK. Dikutip dari kompas, aplikasi yang bisa membantu pengguna mengetahui potensi dan risiko bencana di wilayahnya masing-masing ini merupakan hasil kerjasama dari BNPB. BMKG hingga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serta Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Nah, lewat aplikasi ini Anda bisa mengetahui risiko dari bencana-bencana seperti gempa bumi, banjir bandang, letusan gunung berapi sampai tanah longsor dan gelombang tsunami yang bisa melanda daerah tempat tinggal Anda. Anda hanya perlu memasukkan nama daerah tempat Anda tinggal untuk bisa mendapatkan informasi mengenai risiko bencana-bencana tadi. Silakan klik link ini untuk mengunduhnya.

6. eQuake™

equaketm

Selanjutnya, ada aplikasi besutan developer Zizmos, yakni eQuake™. Dari namanya sudah bisa disimpulkan bahwa aplikasi ini berfungsi untuk membantu mendeteksi gempa bumi. eQuake™ akan memberitahukan penggunanya bila gempa telah terjadi. Aplikasi ini juga akan memberikan peringatan mengenai gempa susulan yang akan melanda suatu wilayah.

eQuake™ yang bekerja menggunakan jaringan seismik untuk mendeteksi gempa bumi ini bisa membuat HP Anda menjadi sensor pendeteksi bencana gempa bumi. Nah, fitur ini akan bekerja bila HP Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi dan sedang dalam posisi diisi daya baterainya.

Sayangnya, aplikasi yang satu ini hanya bisa bekerja dengan baik dalam mendeteksi gempa bumi bila ada banyak sensor jaringan dari developernya, Zizmos. Jika Anda ingin mencoba aplikasi eQuake™ , silakan langsung unduh aplikasinya lewat link ini.

7. Info Gempa Bumi Terkini

info gempa bumi terkini

Informasi tentang bencana gempa bumi dengan kekuatan di atas magnitude 5.0 dan di bawah angka tersebut juga bisa Anda dapatkan melalui aplikasi besutan developer Bercoding Studio yang dinamakan Info Gempa Bumi Terkini.

Aplikasi yang satu ini juga akan memberikan informasi perihal jarak dari lokasi yang terdampak bencana gempa bumi dengan lokasi tempat Anda tinggal. Aplikasi Info Gempa Bumi Terkini yang punya alarm peringatan bencana tsunami dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) ini juga bisa membantu Anda untuk mengetahui prakiraan cuaca yang terjadi di hampir seluruh wilayah Nusantara. Silakan klik link ini untuk mengunduh aplikasi Info Gempa Bumi Terkini.

8. LastQuake

lastquake

Next, ada aplikasi LastQuake. Aplikasi besutan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) asal Perancis, EMSC. Aplikasi ini dibuat untuk membantu masyarakat luas dalam mendeteksi bencana gempa bumi.

Aplikasi LastQuake menyaring informasi tentang bencana gempa bumi dari saksi yang merasakan gempa pertama kali serta teknologi dari HP juga koneksi internet yang dapat digunakan untuk mengumpulkan informasi mengenai efek gempa bumi yang terjadi di suatu lokasi tertentu.

Dengan menggunakan aplikasi LastQuake, Anda akan mendapatkan informasi dan notifikasi tentang gempa, baik gempa yang terjadi di dekat Anda ataupun tidak. Anda juga dapat menghubungi keluarga dan kerabat melalui fitur kirim SMS yang ada dalam aplikasi ini.

Bukan hanya itu saja, aplikasi LastQuake memungkinkan penggunanya untuk berbagi informasi secara cepat melalui media sosial, hingga memberikan saran untuk menjaga keamanan setelah bencana gempa bumi terjadi. Anda dapat men-download aplikasi LastQuake lewat link ini.

9. BNPB E-Tangguh

e tangguh

Seperti yang sudah disebutkan di atas, BNPB atau Badan Nasional Penanggulangan Bencana meluncurkan aplikasi informasi gempa dan bencana, yakni InaRISK dan InDRA. Selain dua aplikasi tersebut, ada satu aplikasi lagi yang diluncurkan oleh BNPB.

Ya, ada BNPB E-Tangguh. Berbeda dengan aplikasi InaRISK dan InDRA yang memberikan informasi seputar berbagai jenis bencana yang terjadi di Indonesia, aplikasi BNPB E-Tangguh ini adalah aplikasi E-Learning atau aplikasi pembelajaran dalam bentuk elektronik.

Dengan aplikasi BNPB E-Tangguh, Anda dapat belajar tentang penanggulangan bencana. Aplikasi ini dapat diakses oleh masyarakat luas maupun staf dari BNPB sendiri. Ingin mencoba aplikasi satu ini? Klik link ini untuk mengunduh aplikasinya sekarang juga.

10. Volcanoes and Earthquakes

volcanoes and earthquakes

Terakhir, ada aplikasi Volcanoes and Earthquakes. Sesuai namanya, aplikasi ini memungkinkan Anda sebagai pengguna untuk mengetahui tentang bencana gempa bumi dan erupsi gunung berapi yang teradi di seluruh dunia dalam satu genggaman saja.

Aplikasi ini juga akan memberikan peringatan perihal bencana gempa bumi dan erupsi gunung berapi yang melanda lokasi tempat tinggal Anda. Anda akan memperoleh informasinya secara lengkap. Mulai dari kekuatan gempa dan jaraknya, sampai gaya erupsi gunung berapi yang terjadi.

Aplikasi Volcanoes and Earthquakes memperoleh data dari berbagai lembaga seperti British Geological Survey (BGS) hingga Geoscience Australia. Download aplikasi Volcanoes and Earthquakes melalui link ini.

Nah, itulah kesepuluh aplikasi informasi gempa dan bencana yang dapat Anda unduh dan Anda gunakan untuk memperoleh kabar hingga pelatihan penanggulangan bencana secara cepat melalui HP.

Jika Anda memiliki rekomendasi mengenai aplikasi serupa, silakan bagikan dengan pembaca Carisinyal lainnya melalui kolom komentar yang tersedia.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar