carisinyal web banner retina

10 Aplikasi Informasi Gempa dan Bencana yang Sangat Berguna

Ditulis oleh Jihan Fauziah - Diperbaharui 7 Oktober 2021

Bencana gempa bumi hingga gunung berapi yang kerap kali mengalami erupsi tak pelak membuat masyarakat kita panik dan ketakutan. Apalagi, kita terkadang kesulitan untuk mengetahui kapan suatu bencana itu bisa terjadi, selain melihat tanda-tanda yang umum seperti perilaku para hewan yang berubah drastis.

Namun, di zaman yang serba modern seperti sekarang, Anda bisa mengetahui informasi tentang potensi terjadinya bencana di wilayah tempat tinggal Anda, hingga di seluruh dunia melalui aplikasi yang bisa diunduh lewat HP.

Nah, Carisinyal akan memberikan rekomendasi 10 aplikasi informasi gempa dan bencana yang bisa Anda jadikan panduan agar lebih waspada akan terjadinya bencana. Aplikasi apa sajakah itu? Simak langsung saja pembahasan berikut untuk mengetahuinya.

1. Info BMKG

info bmkg aplikasi informasi gempa dan bencana

Tahukah Anda, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika alias BMKG punya aplikasi informasi gempa dan bencana yang dinamakan Info BMKG. Aplikasi ini punya beberapa fitur berupa informasi tentang bencana gempa bumi terkini.

Info BMKG bisa memberikan Anda pengetahuan tentang bencana gempa bumi dengan kekuatan lebih dari Magnitudo 5.0 dalam waktu yang sangat singkat, yakni 5 menit. Selain informasi tentang gempa bumi, Anda juga dapat mengetahui informasi tentang peta iklim, kualitas udara, cuaca bandara, informasi tentang kebakaran hutan dan lahan hingga cuaca jalur mudik.

Anda juga akan diberikan notifikasi berupa peringatan dini cuaca di beberapa provinsi di tanah air. Dengan aplikasi ini, Anda pun dapat menyaksikan siaran pers resmi dari BMKG. Tertarik untuk mencoba? Silahkan download aplikasi Info BMKG melalui link ini.

2. inaRISK Personal

inarisk aplikasi bencana

Aplikasi yang bisa membantu pengguna mengetahui potensi dan risiko bencana di wilayahnya masing-masing ini merupakan hasil kerjasama dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB. BMKG hingga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serta Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Nah, lewat aplikasi ini Anda bisa mengetahui risiko dari bencana-bencana seperti gempa bumi, banjir bandang, letusan gunung berapi sampai tanah longsor dan gelombang tsunami yang bisa melanda daerah tempat tinggal Anda.

Anda hanya perlu memasukkan nama daerah tempat Anda tinggal untuk bisa mendapatkan informasi mengenai risiko bencana-bencana tadi. Silakan klik link ini untuk mengunduhnya.

3. My Earthquake Alert

10 Aplikasi Informasi Gempa dan Bencana yang Sangat Berguna 3

Aplikasi ini dapat menjadi sumber informasi gempa bumi bagi pengguna di seluruh dunia. My Earthquake Alert adalah aplikasi pemantauan gempa yang memberikan semua informasi yang dibutuhkan pengguna, termasuk push notification.

Fitur-fiturnya termasuk peta gempa langsung yang dapat mendeteksi dan melacak gempa bumi dari seluruh dunia, peringatan gempa gratis yang disesuaikan dan tanpa batasan, fitur pencarian untuk menemukan sejarah gempa sejak tahun 1970, dan lain sebagainya.

4. Info Gempa Bumi Terkini

info gempa bumi terkini

Informasi tentang bencana gempa bumi dengan kekuatan di atas magnitude 5.0 dan di bawah angka tersebut juga bisa Anda dapatkan melalui aplikasi besutan developer Bercoding Studio yang dinamakan Info Gempa Bumi Terkini.

Aplikasi yang satu ini juga akan memberikan informasi perihal jarak dari lokasi yang terdampak bencana gempa bumi dengan lokasi tempat Anda tinggal.

Aplikasi Info Gempa Bumi Terkini yang punya alarm peringatan bencana tsunami dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) ini juga bisa membantu Anda untuk mengetahui prakiraan cuaca yang terjadi di hampir seluruh wilayah Nusantara. Silakan klik link ini untuk mengunduh aplikasi Info Gempa Bumi Terkini.

5. BMKG Real-time Earthquakes

10 Aplikasi Informasi Gempa dan Bencana yang Sangat Berguna 6

Jika Anda WNI yang sedang merantau di negara-negara ASEAN, Anda bisa memasang aplikasi BMKG Real-time Earthquakes untuk memantau info gempa bumi di wilayah tersebut. Aplikasi ini bertujuan untuk menyebarluaskan informasi secara real time semua gempa yang terjadi khususnya di wilayah negara-negara ASEAN.


Aplikasi ini disediakan khusus untuk seismolog, pelajar, atau orang-orang yang tertarik dengan gempa untuk mendapatkan cara termudah untuk menerima informasi gempa dari BMKG Indonesia.

Fitur-fiturnya termasuk peta, daftar 200 kejadian terakhir, status analisis kejadian gempa, Tensor Momen, pembaruan historis parameter gempa, jarak pusat gempa dari lokasi pengguna, usia kejadian, dan push notification.

6. WRS-BMKG

10 Aplikasi Informasi Gempa dan Bencana yang Sangat Berguna 8

Aplikasi buatan BMKG yang satu ini bertujuan untuk menyebarluaskan informasi gempa bumi dengan magnitudo di atas 5.0, tsunami, dan gempa bumi dirasakan yang terjadi khususnya di wilayah Indonesia.

WRS-BMKG terdiri dari banyak fitur, seperti peta guncangan, peta perkiraan waktu kedatangan tsunami, peta perkiraan tinggi permukaan laut maksimum, peta perkiraan level warning pada zona warning, dan tabular perkiraan level warning.

Aplikasi juga menyediakan daftar 30 kejadian terakhir untuk masing-masing: gempa bumi M ≥ 5.0, tsunami, dan gempa bumi dirasakan, urutan peringatan dini tsunami, jarak pusat gempa dengan lokasi pengguna, dan masih banyak lagi yang lainnya.

7. MAGMA Indonesia

magma indonesia aplikasi bencana

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi punya aplikasi MAGMA Indonesia, lho. Aplikasi ini bisa membantu Anda untuk mendapatkan informasi bencana yang terjadi di Indonesia, mulai dari bencana yang berhubungan dengan gunung berapi, gempa bumi, tsunami hingga gerakan tanah.

Aplikasi ini memiliki fitur-fitur interaktif juga. Di antaranya adalah peta bencana geologi hingga community reporting system yang bisa digunakan oleh masyarakat untuk melaporkan bencana geologi yang terjadi di wilayahnya. Penasaran ingin mencoba aplikasi MAGMA Indonesia? Download langsung saja aplikasinya melalui link ini.

8. EQInfo

EQInfo aplikasi informasi gempa dan bencana

EQInfo adalah sebuah aplikasi informasi bencana yang dibekali berbagai fitur bermanfaat. Misalnya berupa peta gempa bumi terbaru, informasi bencana gempa bumi dengan besaran magnitude hingga wilayah yang terdampak gempa.

Aplikasi EQInfo ini memperoleh informasi tentang bencana gempa bumi dari berbagai lembaga seperti BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika), Spanish National Geographic Institute (IGN) dan beberapa lembaga lainnya. Silahkan download aplikasi EQInfo di sini.

9. Sistem Peringatan Dini Banjir Pemprov DKI

10 Aplikasi Informasi Gempa dan Bencana yang Sangat Berguna 12

Bagi yang tinggal di ibu kota, aplikasi Sistem Peringatan Dini Banjir Pemprov DKI bisa sangat berguna sewaktu-waktu banjir menerjang. Aplikasi ini dibuat untuk dapat menampilkan informasi status tinggi air sungai-sungai di Jakarta dan menampilkan informasi grafik tinggi muka air selama 24 jam terakhir.

Tak hanya itu, aplikasi ini juga menampilkan informasi prakiraan cuaca wilayah Jabodetabek yang datanya bersumber dari BMKG serta memberikan notifikasi terkait status siaga pintu air. Aplikasi Sistem Peringatan Dini Banjir Pemprov DKI bisa diunduh di sini.

10. Volcanoes and Earthquakes

volcanoes and earthquakes

Terakhir, ada aplikasi Volcanoes and Earthquakes. Sesuai namanya, aplikasi ini memungkinkan Anda sebagai pengguna untuk mengetahui tentang bencana gempa bumi dan erupsi gunung berapi yang teradi di seluruh dunia dalam satu genggaman saja.

Aplikasi ini juga akan memberikan peringatan perihal bencana gempa bumi dan erupsi gunung berapi yang melanda lokasi tempat tinggal Anda. Anda akan memperoleh informasinya secara lengkap. Mulai dari kekuatan gempa dan jaraknya, sampai gaya erupsi gunung berapi yang terjadi.

Aplikasi Volcanoes and Earthquakes memperoleh data dari berbagai lembaga seperti British Geological Survey (BGS) hingga Geoscience Australia. Download aplikasi Volcanoes and Earthquakes melalui link ini.

Nah, itulah kesepuluh aplikasi informasi gempa dan bencana yang dapat Anda unduh dan Anda gunakan untuk memperoleh kabar hingga pelatihan penanggulangan bencana secara cepat melalui HP.

Jika Anda memiliki rekomendasi mengenai aplikasi serupa, silakan bagikan dengan pembaca Carisinyal lainnya melalui kolom komentar yang tersedia.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram