carisinyal web banner retina
Mau nanya rekomendasi HP? klik di sini
Carisinyal / Aplikasi / Cara Mengedit Foto Dengan Menggunakan Aplikasi InShot

Cara Mengedit Foto Dengan Menggunakan Aplikasi InShot

Ditulis oleh Listiorini - Diperbaharui 12 November 2018

Pada artikel sebelumnya, Carisinyal telah membahas artikel tutorial mengedit video menggunakan aplikasi InShot. Seperti yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya bahwa aplikasi InShot merupakan sebuah aplikasi untuk mengedit video dan juga foto.

Dalam aplikasi InShot ini memiliki cara editorial yang berbeda dengan mengedit foto menggunakan VivaVideo. Dalam aplikasi InShot, Anda hanya dapat mengedit satu foto dan itupun Anda hanya mengedit foto tanpa membuatnya menjadi storyboard seperti VivaVideo.

Meskipun begitu, aplikasi editorial video dan foto InShot ini cukup memudahkan para penggunanya dalam mengedit sebuah foto ataupun video menjadi sesuatu yang lebih menarik lagi. Berikut kali ini Carisinyal akan membahas cara mengedit foto dengan menggunakan aplikasi InShot.

Masuk ke Dalam Aplikasi

Sebelum Anda memasuki aplikasi InShot, pastikan bahwa Anda sudah mendownload dan menginstal aplikasi InShot di PlayStore atau Anda bisa klik di sini untuk mendownload aplikasi. Setelah Anda masuk ke dalam aplikasi, maka Anda akan melihat tiga menu yaitu Video, Photo, dan College.

1 cara menggunakan aplikasi InShot

Untuk mengedit sebuah foto sebenarnya Anda dapat memilih dua pilihan yaitu photo dan juga college. Apa perbedaanya? Perbedaannya jika Anda memilih photo artinya Anda hanya mengedit satu foto saja. Namun, jika Anda memilih college, Anda dapat menggabungkan beberapa gambar menjadi satu gambar saja.

Cara Menggunakan Menu Photo

Nah, kali ini akan dibahas tutorial mengedit satu foto dengan menggunakan menu photo yang ada pada aplikasi InShot. Pertama, setelah Anda masuk ke dalam aplikasi pilihlah menu “photo.”

1

  • Memilih Foto

Setelah Anda memilih menu “photo” maka akan muncul semua gambar yang Anda milki di smartphone Anda. Pilihlah salah satu foto yang Anda ingin edit. Hanya satu saja, karena aplikasi InShot pada menu “photo” hanya dapat mengedit satu foto.

2

Setelah Anda memilih foto, maka akan muncul foto yang Anda pilih berikut pada bagian bawah terdapat fitur-fitur yang bisa Anda gunakan untuk mengedit foto yang Anda pilih.

3

  • Memilih Bentuk Foto

Anda dapat memilih bentuk foto yang Anda inginkan seperti halnya Anda memilih bentuk video dalam melukan editing video menggunakan aplikasi InShot. Pertama Anda pilihlah dan klik fitur “Fit” kemudian akan muncul lima bentuk yaitu original, full, fit, top, dan bottom.

Pilihlah salah satu yang sesuai dengan selera Anda. Atau juga Anda bisa mengatur bentuk foto sesuai dengan keinginan Anda dengan cara menggeser-geser foto kearah manapun.

4

Selain itu juga, Anda dapat memperbesar dan memperkecil tampilan foto dengan menggeser bulatan hijau ke kanan atau ke kiri. Jika Anda ingin memperbesar foto, maka geserlah bulatan ke kanan dan jika Anda ingin memperkecil ukuran foto, geserlah bulatan hijau ke kiri. Setelah Anda selesai jangan lupa untuk klik tanda checklist.

5

  • Membuat Efek Blur Pada Background

Efek background pada saat awal mengedit berwarna putih. Namun, Anda dapat mengganti background dengan blur. Cara menggantinya mudah, Anda hanya perlu klik fitur “Blur BG” kemudian klik “on” yang ada di bagian kiri. Anda juga dapat mengatur kecerahan blur dengan menggeser bulatan hijau ke kanan dan ke kiri, setelah selesai klik tanda “checklist.”

6

  • Menambahkan Filter

Layaknya aplikasi edit foto lainnya, aplikasi InShot juga dapat memilih filter untuk mempermanis efek foto yang Anda edit. Caranya, Anda klik pada fitur “filter” kemudian Anda pilih filter yang Anda inginkan. Berbagai macam filter disediakan oleh aplikasi InShot. Setelah Anda selesai memlih, Anda dapat klik tanda checklist yang ada di bagian pojok kanan bawah.

7

  • Menambahkan Stiker

Anda juga dapat menambahkan stiker untuk foto yang Anda edit. Pertama Anda klik fitur “sticker” kemudian akan muncul berbagai macam sticker yang disediakan oleh InShot. Pilihlah stiker yang Anda inginkan dan letakan stiker di tempat daerah foto yang Anda inginkan. Setelah selesai Anda bisa klik tanda “checklist” pada bagian pojok kanan bawah.

8

  • Menambahkan Teks

Jika Anda ingin menambahkan teks untuk foto yang Anda edit, Anda dapat melakukan langkah pertama yaitu mengklik fitur “Text.” Setelah Anda klik fitur “text” maka akan muncul “Type Something” tulislah kata-kata yang akan Anda tambahkan dalam foto. Setelah selesai klik tanda “checklist.”

9

Anda juga dapat mengubah warna teks dengan mengklik fitur tanda bulatan terdiri dari berbagai macam warna, kemudian pilihlah salah satu warna yang sesuai selera Anda dan kemudian klik tanda checklist. Anda juga dapat menggeser teks dan meletakan posisi yang pas untu teks Anda.

10

Anda juga dapat memilih jenis font untuk teks Anda dengan klik simbol “Aa” dan pilihlah jenis font yang Anda sukai, kemudian klik tanda “checklist.”

  • Mengganti Warna Background

Jika sebelumnya pada saat pertama warna background pada foto yang Anda edit berwarna putih kemudian diganti menjadi transparan, kali ini Anda dapat mengganti warna background tidka hanya putih dan transparan.

11

Caranya sangat mudah, Anda cukup klik fitur “Background” kemudian pilihlah warna background yang Anda inginkan. Setelah selesai, jangan lupa klik tanda “checklist.”

  • Menyimpan Hasil Edit

Untuk menyimpan hasil edit foto Anda, klik “save” yang ada di bagian pojok kanan atas. Kemudian biarkan aplikasi mendownload dan menyimpan hasil foto yang sudah Anda edit. Mudah bukan? Inilah hasil edit foto menggunakan aplikasi InShot.

nayeon

Cara Menggunakan Menu College

Setelah sebelumnya merupakan bahasan editorial foto dengan menggunakan menu photo dan hanya dapat mengedit satu foto saja, lain halnya dengan menu college. Dalam menu college, Anda dapat menggabungkan beberapa foto ke dalam satu foto saja. Berikut langkah-langkah editorial yang akan dibahas oleh Carisinyal.

12

  • Memilih Foto

Sebelum Anda memilih foto, pastikan Anda sudah masuk ke dalam menu college. Setelah Anda masuk ke dalam menu college, Anda dapat memilih maksimal 9 foto yang akan Anda gabungkan menjadi satu foto. Pilihlah foto-foto tersebut sampai foto muncul dan ada tanda checklist di setiap foto yang Anda pilih.

13

Anda juga dapat memilih langsung bentuk layout yang Anda inginkan dengan mengklik simbol “layout” di samping kanan simbol “gambar.” Pilihlah layout yang Anda inginkan setelah itu Anda dapat klik tanda “checklist.”

14

Setelah Anda klik tanda “checklist” maka akan muncul foto yang sudah Anda gabungkan dan di bagian bawah terdapat berbagai macam fitur yang bisa menunjang Anda dalam melakukan editing foto.

15

  • Memberikan Efek Border

Anda juga dapat memberikan efek border. Caranya sangat mudah, pertama Anda klik fitur “border” dan geserlah bulatan yang berwarna hijau ke kanan dan ke kiri untuk mengatur ketebalan “border.” Setelah Anda selesai mengaturnya, klik tanda “checklist.”

16

  • Memberikan Efek Blur dan Mengganti Warna Background

Caranya masih sama seperti sebelumnya, untuk menambahkan efek blur pada background, Anda dapat mengklik fitur “Blur BG” kemudian klik tanda “checklist.

17

Untuk mengganti warna background pun masih sama. Anda hanya perlu mengklik fitur “background” dan pilihlah warna untuk background foto yang Anda edit serta jangan lupa untuk mengklik tanda “checklist.”

18

  • Menambahkan Filter

Untuk menambahkan filter, pertama Anda klik pada fitur “filter.” Setelah Anda mengklik fitur tersebut, Anda dapat memilih berbagai macam filter yang disediakan oleh aplikasi InShot. Setelah Anda selesai, langsung saja Anda klik tanda “checklist.”

19

  • Menambahkan Stiker dan Teks

Masih sama seperti bahasan di atas tentang mengedit foto dengan menggunakan menu photo. Dalam menambahkan stiker Anda bisa klik fitur “stiker” kemudian pilihlah dan tempatkan stiker di area foto yang Anda inginkan. Setelahnya, Anda dapat mengklik tanda “checklist.”

20

Dalam menambahkan teks pun masih sama. Klik fitur “text” kemudian tuliskan teks yang Anda inginkan. Letakan teksi di area foto yang Anda inginkan. Jika Anda ingin mengganti warna teks bisa klik simbol bulatan yang berisikan warna-warna dan jika Anda ingin mengganti jenis font, Anda dapat klik simbol “Aa.” Setelah selesai, jangan lupa untuk mengklik tanda “checklist.”

  • Menyimpan Foto

Untuk menyimpan foto yang sudah Anda edit, Anda dapat klik “save” di bagian pojok kanan atas dan secara otomatis foto Anda akan disimpan di galeri smartphone Anda.

21

Sangat mudah bukan mengedit foto menggunakan aplikasi InShot? Inilah hasil edit foto menggunakan aplikasi InShot pada menu College.

mark

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram