Carisinyal / Aplikasi / 10 Aplikasi Kalkulator Zakat Terbaik di Smartphone Android

10 Aplikasi Kalkulator Zakat Terbaik di Smartphone Android

Setelah membahas aplikasi Al Quran di PC dan aplikasi Al Quran di Android, kini aplikasi religi yang Carisinyal targetkan adalah aplikasi kalkulator zakat di android untuk memudahkan pada saat menghitung zakat. Zakat adalah salah satu hal wajib yang dilakukan oleh umat Muslim.

Dalam perhitungan zakat tidaklah mudah namun juga tidak dapat dibilang sulit. Seiringnya perkembangan tekonologi pada era modern ini, menghitung zakat tidaklah harus repot untuk menghitungnya secara manual. Saat ini ada berbagai macam pilihan aplikasi kalkulator zakat yang memang akan memudahkan bagi siapapun dengan profesi dan pekerjaan apapun. Apa saja itu? Berikut simak ulsannya.

10 Aplikasi Kalkulator Zakat untuk Memudahkan Hitung Zakat

1. Kalkulator Zakat

aplikasi Kalkulator zakat

Dibuat dan diluncurkan oleh pembuat OnebitMobile, aplikasi kalkulator zakat Android ini akan memudahkan para penggunanya dalam menghitung zakat yang harus dikeluarkan. Pertama kali masuk ke dalam aplikasi ini, Anda akan disodorkan tiga menu yakni, Zakat Harta Setahun, Zakat Profesi Setahun, dan Zakat Usaha Setahun.

Klik sesuai dengan kebutuhan Anda. Kemudian Anda akan dihadapkan berbagai macam pertanyaan yang tentunya harus dijawab secara jujur oleh Anda. Setelah anda menjawab semua pertanyaan, maka akan muncul secara otomatis berapa besar zakat yang harus Anda keluarkan. Mudah bukan? Untuk mendapatkan aplikasi Kalkulator Zakat ini Anda bisa langsung klik di sini.

2. Kalkulator Zakat – Pahit

Kalkulator zakat pahit

Memiliki nama yang sama, kali ini aplikasi Kalkulator Zakat diluncurkan oleh creator dengan sebutan Pahit. Tidak jauh berbeda dengan aplikasi kalkulator zakat sebelumnya, aplikasi ini juga memudahkan Anda terutama umat Muslim dalam menghitung zakat pribadi yang harus dikeluarkan.

Dalam aplikasinya, Kalkulator Zakat hanya meminta berapa besar penghasilan Anda. Setelah itu secara otomatis aplikasi ini akan menghitung zakat yang harus Anda keluarkan. Mulai dari zakat maal, Nisab Zakat Penghasilan, sampai Zakat Penghasilan. Sangat mudah, sederhana, dan tidak repot tentunya. Untuk mendownload aplikasi ini, Anda hanya perlu klik di sini.

3. Kalkulator Zakat Indonesia

kalkulator zakat indonesia

Sesuai dengan nama aplikasinya, Kalkulator Zakat Indonesia merupakan salah satu dari sekian banyak aplikasi kalkulator zakat di Android yang juga sama-sama memiliki fungsi untuk memudahkan siapapun khususnya umat Muslim dalam menghitung zakat yang harus dikeluarkan.

Aplikasi ini akan memudahkan Anda dalam menghitung zakat penghasilan, zakat mal, zakat fitrah, zakat profesi, zakat emas, zakat harta, zakat pertanian, zakat perdagangan, zakat pendapatan, juga zakat Selangor.

Anda akan diminta untuk memasukkan nominal harga-harga juga penghasilan Anda dan kemudian keluarlah seberapa banyak zakat yang harus Anda keluarkan. Aplikasi kalkulator zakat Indonesia ini bisa langsung Anda unduh di PlayStore atau mudahnya klik di sini.

4. Kalkulator Zakat – Syaban

kalkulator zakat syaban

Syaban, kreator yang membuat juga meluncurkan salah satu aplikasi kalkulator zakat di Android tentunya dengan manfaat untuk memudahkan Anda dalam perhitungan zakat. Tak hanya memudahkan dalam menghitung zakat saja, pasalnya aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur seperti pengertian zakat, sejarah zakat, hukum zakat, macam-macam zakat, dan mustahiq zakat (penerima zakat).

Tidak jauh berbeda dengan aplikasi kalkulator zakat sebelumnya, aplikasi ini juga memberikan 6 pilihan pada menu utama yang terdiri dari zakat emas dan perak, pertanian, uang, perdagangan, hewan ternak, juga harta karun.

Aplikasi ini akan menghitung secara otomatis dari nominal-nominal yang Anda masukan ke dalam kalkulator zakat. Hanya mengetikan penghasilan dan harta yang Anda miliki maka munculah nominal zakat yang harus Anda keluarkan. Simple kan? Untuk mendownload aplikasi ini Anda hanya perlu klik di sini.

5. Taksiran Zakat Emas Kalkulator

taksiran kalkulator zakat emas

Jika aplikasi kalkulator zakat sebelumnya selalu memberikan fitur lengkap untuk semua zakat yang harus diperhitungkan, lain halnya dengan aplikasi Taksiran Zakat Emas Kalkulator satu ini. Aplikasi yang dibuat oleh FSTM lebih mengkhususkan kepada zakat emas yang dimiliki oleh seseorang.

Pada saat masuk ke menu utama, penggunanya akan langsung disuguhkan kalkulator zakat emas. Mulai dari berapa emas yang dimiliki, harga emas semasa, nasab simpanan, juga nilai emas. Setelah Anda lengkap mengisi semua hal tersebut, maka secara otomatis aplikasi ini akan memunculkan berapa zakat yang harus dibayar. Mudah bukan? Download aplikasinya dengan klik di sini.

6. Kalkulator Zakat 2017

kalkulator zakat 2017

Aplikasi kalkulator zakat lainnya hadir dengan buatan dari T Ghazali yang menyebut aplikasinya dengan nama Kalkulator Zakat 2017. Aplikasi ini akan memudahkan para pengunduh dan penggunanya terutama untuk masyarakat yang memeluk agama Islam dalam menghitung zakat yang harus dikeluarkan.

Dalam aplikasi, kalkulator zakat 2017 ini menyediakan fitur dan fasilitas dimana Anda dapat menghitung zakat emas dan perak, zakat mata uang, zakat tabungan dan penghasilan, zakat fitrah, zakat hewan ternak/peternakan, zakat pertanian, zakat harta karun dan barang tambang/pertambangan, dan zakat perdagangan atau harta usaha.

Desain dan tampilan dengan warna paduan hijau dan putih ini akan terlihat simple namun juga mudah dipahami dan dimengerti bagi para penggunanya. Jika Anda ingin menggunakan aplikasi ini, Anda bisa langsung mendownloadnya di sini.

7. Kalkulator Fiqih

kalkulator fiqih

Kali ini aplikasi kalkulator zakat datang dengan nama aplikasi Kalkulator Fiqih. Di dalam aplikasi ini, terdapat fitur-fitur yang memudahkan siapapun penggunanya dalam menghitung jumlah zakat yang harus dizakatkan.

Mulai dari menghitung penghasilan, perdagangan, sampai dengan warisan. Semua perhitungan zakat dan warisan tersebut berdasarkan pada empat madzhab fiqih (Hanafi, Maliki, Syafi’i, Hanbali). Tak hanya dalam hitung menghitung saja, aplikasi ini juga disertakan oleh hadirnya pendapat dan pandangan dari para ulama kontemporer.

Nah, Anda tidak ingin repot menghitung zakat Anda secara manual dengan salah satu aplikasi kalkulator zakat ini? Anda bisa langsung memasang aplikasi ini di Android Anda dengan mengklik di sini. 

 8. ZakatKLIK!

Zakatklik

Aplikasi satu ini memang bukanlah aplikasi kalkulator zakat seperti aplikasi-aplikasi sebelumnya. Meski aplikasi ini merupakan aplikasi untuk mencari maklumat zakat. Walaupun begitu, aplikasi ini bisa juga disebut sebagai aplikasi kalkulator zakat, mengapa demikian?

Pasalnya, dalam aplikasi ZakatKLIK! Ini juga terdapat fitur dimana para penggunanya dapat menghitung zakat yang harus dikeluarkan. Sama seperti aplikasi kalkulator zakat lainnya, di sini Anda diharuskan mengisi jumlah penghasilan dan hal lainnya yang berkaitan dengan zakat, kemudian akan muncul jumlah zakat yang harus dikeluarkan. Mudah bukan? Anda bisa langsung mendownload aplikasinya di sini.

9. Ayo Bayar Zakat

ayo bayar zakat

Aplikasi yang dibuat dan digagas oleh Pemerintahan Kota Bandung dengan kolaborasi bersama Badan Zakat Nasional (Baznas) serta Forum Organisasi Zakat (FOZ) Wilayah Bandung ini memiliki tujuan agar para warga khususnya daerah Bandung untuk membayar zakat.

Meski ini bukan aplikasi kalkulator zakat yang memang khusus untuk menghitung zakat, namun dalam fiturnya terdapat sebuah fitur untuk menghitung zakat / kalkulator zakat. Sama seperti aplikasi kalkulator zakat lainnya, Anda diharuskan mengisi beberapa pertanyaan mengenai harta kekayaan dan penghasilan Anda.

Setelah Anda mengisinya secara lengkap, maka akan muncul berapa besar zakat yang harus dikeluarkan setiap bulannya. Sangat mudah, cepat, dan sederhana bukan? Jika Anda membutuhkan aplikasi ini, Anda bisa langsung klik di sini untuk mendownloadnya.

10. Kalkulator Zakat – Paling Pertama

kalkulator zakat paling pertama

Paling Pertama adalah salah satu creator yang membuat sebuah aplikasi kalkulator zakat. Tentu saja dengan tujuan untuk memudahkan siapapun dalam menghitung zakat yang harus dikeluarkan setiap bulan, terutama untuk para penganut agama Islam.

Dalam aplikasi kalkulator zakat ini memiliki tiga menu utama di bagian atas yakni Profil, Hitung Zakat, dan Pengaturan. Untuk menghitung zakat, Anda bisa klik pada menu Hitung Zakat dan masukan jawaban dari beberapa pertanyaan yang tersedia.

Setelah selesai Anda memasukkan semua jawaban Anda mulai dari jumlah penghasilan per bulan sampai harta yang dimiliki, setelah itu maka akan muncul jumlah zakat yang harus Anda bayar. Sangat mudah dan simple bukan? Anda bisa langsung klik di sini untuk mendownload aplikasinya.

Itulah 10 aplikasi kalkulator zakat yang bisa Anda gunakan untuk memudahkan Anda dalam menghitung zakat yang harus dikeluarkan. Sangat mudah, simple, juga praktis bukan?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Listiorini
Do the Best Go Fight Win!

Leave A Comment