Carisinyal / Aplikasi File Manager / 10 Aplikasi Kompres File untuk Mempermudah Pengiriman File

10 Aplikasi Kompres File untuk Mempermudah Pengiriman File

Ditulis oleh - Diperbaharui 19 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Terkadang kamu ingin berbagi file dengan teman tapi mendapat hambatan karena file yang akan kamu akan kirim terlalu besar. Namun, sekarang berbagi file ukuran besar bukan lagi masalah. Kamu bisa menggunakan aplikasi yang bisa mengkompres file. File yang telah dikompres akan mengurangi kegagalan pengiriman file karena ukurannya sudah berubah menjadi lebih kecil.

Terdapat banyak aplikasi untuk mengkompres file. Memilih aplikasi mana yang bagus untuk digunakan terkadang menjadi pekerjaan yang menjengkelkan. Untuk mengefisienkan waktu pencarian aplikasi, berikut ini daftar aplikasi kompres file yang terbaik yang bisa digunakan di PC. Mau tahu apa saja aplikasinya? Simak ulasan berikut ini.

1. Hamster Zip Archiver

Hamster Zip Archiver

* sumber: www.downloadcrew.com

Mungkin nama ini masih terdengar kurang familiar di telinga dan bukan nama yang terlintas di benak saat memikirkan aplikasi kompres file. Namun, Hamster Zip Archiver punya fitur yang bagus, antarmuka yang dirancang dengan cermat, dukungan format yang sangat baik, dan semuanya gratis.

Kemudahan penggunaannya yang luar biasa adalah hal yang membuat program ini menarik. Bahkan orang yang tidak terbiasa dengan ide mengkompres atau dekompresi file akan merasa aplikasi ini mudah untuk digunakan dan mencapai hasil yang mereka inginkan.

Membuat dan mengekstrak arsip cukup dengan proses drag and drop, dan tambahan praktisnya adalah cloud support. Artinya, kita bisa, dengan cepat dan mudah, membuat file terkompresi, mengunggahnya ke Dropbox, OneDrive, atau Google Drive untuk membuat tautan yang dapat dibagikan secara otomatis.

Jika kita mengompres file untuk membagikannya, aplikasi ini merupakan pilihan yang bagus. Jika kamu bukan penggemar antarmuka drag-and-drop, kamu bisa menggunakan menu konteks Windows untuk menangani semuanya. Pilihan ada di tanganmu.

2. WinRAR

WinRAR

* sumber: winrar.en.softonic.com

Tingkat kompresi Arsip RAR yang luar biasa sudah dikenal banyak pengguna. Semua aplikasi kompres bisa mengekstrak arsip RAR tapi tidak bisa membuatnya. Dianggap sebagai aplikasi kompres file terbaik, WinRAR bisa melakukan keduanya. WinRAR bisa mengkompres file ke dalam hampir tiap format.

Aplikasi ini memiliki mode wizard yang menangani semua pekerjaanmu dengan caranya. Walaupun antarmukanya tidak begitu menarik, tapi aplikasi ini salah satu yang terbaik. Sayangnya, dukungan RAR penuhnya berdiri terpisah. Ada versi percobaan 30 hari untuk mencoba tema dan kecepatan kompresi.

3. 7-Zip

7-Zip

* sumber: sourceforge.net

7-Zip merupakan salah satu aplikasi kompresi file terbaik dan gratis. Aplikasi ini merupakan aplikasi open source dengan ukuran 1 MB yang cukup ringan. 7-Zip mempunyai beragam fitur luas yang bisa men-zip dan unzip hampir semua format file terkompresi.

Antarmukanya yang ramping menjadi saingan bagi aplikasi lain yang berbayar. Enkripsi AES-256 bit yang kuat, kemampuan mengekstraksi sendiri, manajer file terintegrasi, plugin untuk manajer FAR dan integrasi dengan Windows Shell, 7-Zip sangat cocok untuk sektor komersial dan penggunaan bisnis.

Aplikasi 7-zip juga dapat membagi file yang diarsipkan menjadi beberapa volume untuk manajemen ruang yang lebih baik. Secara keseluruhan 7-Zip benar-benar program unzip yang luar biasa yang layak untuk dijadikan pilihan.

4. Zipware

Zipware

* sumber: www.freewarefiles.com

Zipware dikenal mempunyai kemampuan kompresi file yang efisien. Aplikasi ini muncul dengan antarmuka yang dirancang dengan cerdas dan pemindai virus terintegrasi yang bisa mendukung file arsip sampai 32 GB.

Tak hanya memiliki fungsi untuk pengarsipan file, aplikasi ini juga bisa membuat file yang dilindungi kata sandi dan membagi file arsip jadi volume yang berbeda. Zipware merupakan alat kompresi file gratis yang bisa mendukung berbagai format seperti RAR, ZIP, ISO, CBR, WIM, TAR, PPMd, dan banyak lagi.

5. WinZip

WinZip

* sumber: www.malavida.com

WinZip merupakan aplikasi yang paling tua dari semua aplikasi kompres file yang ada. Aplikasi ini telah mencapai versi 22 dan masih tetap hadir hingga saat ini. WinZip memiliki versi berbayar. Mungkin kamu bertanya-tanya dari sejumlah besar alternatif gratis, mengapa orang mau memilih WinZip.

Aplikasi kompres file ini dilengkapi dengan beberapa fitur di antara integrasi dengan Microsoft Office untuk mengkompres file dengan mudah. Versi standar WinZip menyediakan pemisahan file sesuai dengan media, cloud support, dan pilihan berbagi file tingkat lanjut.

WinZip memiliki antarmuka yang sangat responsif untuk perangkat yang berbeda. Agar file aman dan terenkripsi dengan baik terdapat fitur backup dan keamanan. Versi terbaru WinZip 22 hadir dengan banyak fitur menarik seperti konverter format gambar, dukungan Slack, dan UI yang ditingkatkan.

6. ZipGenius

ZipGenius

* sumber: www.snapfiles.com

Aplikasi lain yang bisa jadi pilihan dan patut dipertimbangkan adalah ZipGenius. Aplikasi kompres file gratis yang cepat dan bagus ini adalah alat manajer file serbaguna untuk Windows. Alat utilitas kompresi tertua ini didirikan sejak 1997. ZipGenius ideal untuk pemula karena navigasi UI-nya yang mudah.


ZipGenius mempunyai kemampuan untuk mengerjakan lebih dari 20 jenis kompresi file dalam beberapa format termasuk RAR, ARC, 7-ZIP, CAB, ZIP, ARJ dan lainnya. Terdapat fitur enkripsi CZIP, yang dengan mudah memasukkan arsip ZIP dalam paket yang diamankan dengan algoritma enkripsi yang kuat.

7. PeaZip

PeaZip

* sumber: sourceforge.net

Aplikasi kompresi gratis lainnya untuk Windows dan Linux adalah PeaZip. Peazip terlihat sederhana tetapi sangat kuat. Selain pilihan kompresi dan dekompresi biasa, kamu juga bisa menggunakan PeaZip untuk mengkonversi arsip antara format.

Untuk keamanan, aplikasi kompresi file ini juga menawarkan enkripsi berbasis AES256 dan otentikasi dua faktor, serta manajer kata sandi. Seperti alat kompresi lain dalam daftar ini, kamu bisa menggunakan antarmuka program utama dan menggunakan menu konteks.

PeaZip merupakan salah satu alat kompresi yang bisa membuat juga mengekstrak file RAR. Jika kamu telah menginstal WinRAR, PeaZip bisa memanfaatkan aplikasi tersebut untuk mendapatkan dukungan RAR penuh.

8. Ashampoo ZIP Free

Ashampoo ZIP Free

* sumber: www.ghacks.net

Ashampoo ZIP Free kompatibel sepenuhnya dengan perangkat Windows dan bisa mendukung pembacaan dan penulisan file arsip. Aplikasi ini muncul dengan mekanisme enkripsi file yang kuat dengan kekuatan AES 256-bit.

Aplikasi Ashampoo Zip Free menampilkan laporan perkembangan zip file pada layar sistem milikmu dan memungkinkan akses cepat fitur-fitur penting dengan desain berbasis tile. Kamu juga bisa mengatur ulang desain tile untuk memberikan sentuhan pribadi pada layarmu.

9. Express Zip File Compression

Express Zip File Compression

* sumber: digitalskills.digitallyyours.fr

Aplikasi Express Zip File Compression dari NCH Software merupakan aplikasi yang intuitif dan efisien untuk kompresi file. Aplikasi ini mendukung beberapa format di antaranya, .zip, .rar,.tar, .gzip, .7z, .cab, .iso, .img img, .dmg, .arj, .jar dan masih banyak lagi.

Untuk pengguna rumahan dan biasa terdapat versi gratisnya. Versi ini bisa digunakan untuk melakukan tugas-tugas yang berkaitan dengan kompresi file sehari-hari contohnya kompres, dekompres, unzipping file, dan mengompresi file untuk transmisi email.

Selain itu, aplikasi ini juga bisa membuka file yang dikompres dengan format arsip data seperti RAR, 7Z, TAR, dan CAB. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengkompresi dan mengurangi ukuran file yang ingin kamu bagikan dengan keluarga dan teman.

10. IZArc

IZArc

* sumber: www.softpedia.com

Jika diminta untuk menggambarkan aplikasi kompresi file ini dalam tiga kata, yang tepat adalah cepat, mudah dan gratis. Alat kompresi paling fleksibel ini bernama IZArc. Cukup mudah digunakan dan jika kamu belum pernah memakai aplikasi kompresi file sebelumnya, maka aplikasi ini bisa jadi pilihan.

Rentang format arsip yang didukung di antaranya: ACE, MIM, ARJ, MBF, ZOO, ZIP, CAB, CPIO, CDI, DEB dan hampir semua format. Selain itu, alat ini memungkinkan kamu untuk menggunakan fitur drag & drop dari dan ke Windows Explorer. Kamu juga bisa membuka file gambar CD dan mengonversi file.

Kesepuluh aplikasi kompres file ini memudahkan semua pekerjaanmu. Kamu tak perlu bingung-bingung untuk membagikan atau mengirim file yang ukurannya besar. Nah, dari semua aplikasi kompres file ini mana yang menurutmu bisa benar-benar mengkompres file sehingga menghasilkan file yang kecil?

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *