carisinyal web banner retina

10 Aplikasi Lagu Qasidah Terbaik di Smartphone Android

Ditulis oleh Listiorini

Di PlayStore tidak melulu tentang aplikasi sosial media ataupun game. Pasalnya, jika Anda menginginkan aplikasi berupa lagu-lagu Islamiyah, maka 10 aplikasi lagu qasidah berikut ini bisa Anda coba download dan mainkan di ponsel Android.

Aplikasi lagu qasidah berikut ini cukup lengkap dan asyik didengarkan, lho. Selain itu, Anda bisa dengarkan lagu qasidah dengan mudah dan praktis dengan hanya bermodalkan smartphone Android. Ingin mendengarkan lagu-lagu qasidah yang menenangkan hati? Yuk simak daftar aplikasinya.

1. Qasidah Nasida Ria Lawas

qasidah nasida ria lawas

Aplikasi Qasidah Nasida Ria Lawas akan memanjakan telinga Anda. Dalam aplikasinya, terdapat dua playlist yang dapat diakses. 

Ada playlist khusus lagu-lagu qasidah populer Nasida Ria yang dapat diakses dengan internet. Nah, satu lagi ada playlist khusus memutar qasidah Nasida Ria tanpa internet.

Beberapa koleksi lagu Nasida Ria yang dapat Anda dengarkan ada cukup banyak. Sebut saja seperti Asyik Santai, Bersuka Ria, dan Bom Nuklir

Menariknya, aplikasi ini menawarkan pemutaran lagu qasidah di latar belakang. Jadi, Anda tetap bisa mendengarkan lagunya meski sudah menutup aplikasi. Qasidah Nasida Ria Lawas dapat diunduh secara gratis. Terdapat iklan yang tampil di dalam aplikasi ini.

2. Kumpulan Qasidah Nasida Ria

Kumpulan qasidah nasida ria _

Kumpulan Qasidah Nasida Ria memuat banyak lagu-lagu populer dari Nasida Ria. Koleksi lagu ini terbagi jadi empat playlist berbeda. Masing-masing playlist berisi lebih dari 6 lagu qasidah. Beberapa di antaranya adalah Jangan Jual Ginjalmu, Perdamaian, Jagalah Kehormatanmu, dan masih banyak lagi.

Pemutar musik di aplikasi ini sudah dilengkapi dengan tombol shuffle (acak), repeat (putar ulang), play, pause dan tombol untuk berpindah ke lagu qasidah selanjutnya. Anda pun dapat memutar lagu-lagu qasidah Nasida Ria tanpa koneksi internet (offline). Oh iya, aplikasinya menampilkan iklan selama digunakan.

3. Album Sholawat Qasidah

Album Sholawat Qasidah_

Selanjutnya, ada Album Sholawat Qasidah. Di dalam aplikasi ini, terdapat kumpulan lagu qasidah yang menenangkan jiwa. Tidak hanya itu saja, ada pula kumpulan shalawat dan dzikir yang pas untuk didengarkan sembari menemani aktivitas harian Anda.

Tampilan Album Sholawat Qasidah ini mirip seperti aplikasi perpesanan WhatsApp; didominasi warna hijau dan putih. Cara mengoperasikan aplikasinya pun tidak sulit. Saat dibuka, Anda bisa langsung menemukan kumpulan playlist. Playlist ini semuanya berisi lagu qasidah, shalawat, serta dzikir. 

Aplikasinya dapat diunduh dan digunakan secara gratis. Sayangnya, tak ada fitur pemutar lagu dengan tombol-tombol lengkap. Anda hanya bisa memutar atau menghentikan lagunya saja. Unduh Album Sholawat Qasidah di Google PlayStore.

4. Lagu Qasidah Modern Offline

lagu qasidah modern offline_

Aplikasi ini juga memiliki banyak koleksi lagu qasidah. Utamanya dari grup legendaris Nasida Ria. Tampilan aplikasinya sederhana. Saat Anda menggunakannya, terpampang playlist yang berisi lagu qasidahnya.

Nilai plus dari aplikasi ini adalah hadirnya opsi pemutaran secara offline. Ada pula fitur pemutar musik dengan beberapa tombol, seperti shuffle dan repeat. Tentu, Anda dapat memutar lagu qasidahnya meski aplikasi ditutup/dijalankan di latar belakang. 

Lagu Qasidah Modern Offline pun dibekali sleep timer. Fitur ini berfungsi untuk menyetop audio secara otomatis di waktu-waktu tertentu.

5. Sholawat Qasidah MP3

sholawat qasidah mp3_

Aplikasi Sholawat Qasidah MP3 memuat tiga playlist atau daftar putar. Tapi tenang, satu daftar putar di aplikasi ini berisikan 18 lagu qasidah berbeda. Tak terkecuali Shalawat Badar.

Tidak jauh berbeda dengan aplikasi serupa, Shalawat Qasidah MP3 membawa fitur pemutaran yang cukup lengkap. Dua di antaranya adalah tombol repeat dan juga pengubah kecepatan audio. Sayangnya, tim Carisinyal tidak menemukan tombol pemutaran acak.

Meski begitu, masih ada tombol sleep timer yang akan menghentikan audio secara otomatis. Silakan unduh aplikasi ini di Google PlayStore.

6. Santri Qasidah Offline

santri qasidah_

Ini merupakan aplikasi yang berisi kumpulan lagu qasidah Nasida Ria offline yang dilengkapi dengan lirik. Lagu qasidah yang selalu enak didengar untuk nostalgia, lagu Kota Santri, musik qasidah Jilbab Putih dan masih banyak lainya.

Sejauh ini aplikasi Santri Qasidah sudah diunduh lebih dari 100 ribu kali. Anda yang ingin dengan nostalgia dengan lagu qasidah sekalian dengan liriknya bisa mengunduh aplikasi ini di Google PlayStore.

7. Qasidah Burdah Lengkap

qasidah burdah lengkap_

Selanjutnya, kami merekomendasikan Qasidah Burdah Lengkap di mana aplikasi ini berisi syair-syair pujian serta shalawat. Nah, syair dan shalawatannya ini adalah karya Al Imam Syarafuddin Abu Abdillah Muhammad bin Zaid Al Bushiri atau yang lebih dikenal dengan nama "Imam Bushiri".

Dalam aplikasinya, Qasidah Burdah Lengkap ini punya sistem navigasi yang simpel. Dengan sistem navigasinya tersebut memudahkan para penggunanya untuk mencari lagu qasidah yang diinginkan. Dan yang paling pentingnya lagi, Anda tidak membutuhkan koneksi internet untuk menggunakan aplikasi Qasidah Burdah Lengkap.

8. Qasidah

qasidah - dakwat digital_

Qasidah adalah aplikasi yang memuat syair qasidah seperti Ahmad Ya Habibi, Al-Madad, Assalamu’alaika, dan lain sebagainya. Aplikasinya tidak cuma memiliki koleksi audio dari masing-masing qasidah, tapi juga teks dan terjemah liriknya.

Di dalam aplikasi, ada lebih dari 10 qasidah yang bisa Anda lantunkan, sekaligus Anda dengarkan. Sayangnya, aplikasi ini masih memiliki bug, dimana terkadang audionya tak dapat diputar meski memori internal lega, serta koneksi internetnya stabil. Tim Carisinyal pun mengalami kendala tersebut ketika akan memutar salah satu audio qasidah. 

Akan tetapi, pihak pengembang memberi solusi; yaitu dengan menghapus file unduhan audio dari folder aplikasi qasidah di HP, kemudian mengunduhnya kembali. Jika Anda tertarik dengan aplikasi ini, silakan unduh Qasidah di Google PlayStore.

9. Lagu Qasidah MP3

aplikasi Lagu Qasidah MP3

Andromoapp merupakan salah satu developer yang membuat serta mengembangkan aplikasi Lagu Qasidah MP3. Kelebihan yang ada pada Lagu Qasidah MP3 ini yakni memiliki 20 kumpulan lagu qasidah yang menyejukan dan asyik didengar.

Selain memiliki kumpulan lagu qasidah yang cukup bervariasi, Lagu Qasidah MP3 juga memiliki beberapa fitur unggulan di dalamnya. Misalnya saja, Anda bisa menjadikan salah satu lagu di aplikasi ini sebagai ringtone atau nada dering.

Tidak cukup sampai di situ saja, bahkan pengguna Lagu Qasidah MP3 bisa memutar lagu dengan mode sound background. Juga, Lagu Qasidah MP3 ini bisa Anda gunakan secara offline alias tanpa membutuhkan internet. Cukup asyik dan lengkap bukan? Unduh aplikasinya di Google PlayStore.

10. Qasidah Apps

Qasidah Apps

Aplikasi lagu qasidah lainnya yang tim Carisinyal rekomendasikan Qasidah Apps. Dalam aplikasinya, terdapat berbagai macam lagu qasidah yang bisa Anda putar dimana pun dan kapan pun. Bahkan, Anda juga bisa mengunduh lagu-lagu qasidah yang tersedia di Qasidah Apps.

Selain itu, lagu qasidah di aplikasi ini juga disertai dengan bahasa Arab, bahasa latin, dan terjemahannya. Menariknya lagi, aplikasi ini juga tergolong ringan karena hanya memakan ruang kurang dari 10 MB saja. Mau coba? Unduh di Google PlayStore.

Nah, itulah 10 aplikasi qasidah terbaik yang bisa Anda pasang di perangkat Android. Jika Anda menginginkan aplikasi Al-Quran, Anda bisa cek daftarnya di artikel Aplikasi Al Quran di HP Android. Sudahkah Anda menentukan mana aplikasi yang akan diunduh? Atau Anda punya rekomendasi aplikasi kumpulan lagu qasidah lainnya? Silahkan tuliskan di kolom komentar ya!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram