Carisinyal / Aplikasi Musik / 12 Aplikasi Launchpad Terbaik untuk Pengguna Android

12 Aplikasi Launchpad Terbaik untuk Pengguna Android

Ditulis oleh - Diperbaharui 18 Februari 2021

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bagi kamu yang ingin menjadi DJ atau pembuat musik tentunya akan berpikir ulang untuk mewujudkan mimpi tersebut, mengingat peralatan penunjang DJ terbilang mahal. Namun, berkat kehadiran teknologi yang semakin canggih semua bisa menjadi kenyataan. Kini kamu bahkan setiap orang bisa menjadi seorang DJ dengan bantuan ponsel pintar dan aplikasi launchpad yang disediakannya.

Aplikasi launchpad bisa kamu temukan di ponsel pintar berbasis sistem operasi Android. Perangkat lunak launchpad atau bisa disebut aplikasi DJ Dubstep ini memungkinkan kamu dengan bebas menggabungkan berbagai lagu dan melakukan improvisasi sendiri untuk membuat musik baru. Di beberapa aplikasi launchpad juga kamu bisa memodifikasi lagu yang telah tersedia, sehingga terdengar seperti segar lagi atau bisa dibilang cover musik.

Nah, kali ini Carisinyal akan memberikan rekomendasi aplikasi launchpad yang bisa diunduh dan dimainkan oleh para pengguna ponsel pintar Android. Biar kamu tidak tambah penasaran, langsung saja simak sampai tuntas pembahasannya di bawah ini:

1. ARPIO: A New Musical Instrument

1. Arpio

ARPIO adalah perangkat lunak musik baru yang dirancang untuk memainkan arpeggio, rangkaian not yang dimainkan secara bergantian tetapi beruntun. Aplikasi yang digarap oleh Alexandernaut ini cara kerjanya dengan menaik-turunkan matriks untuk menyetel kecepatan arpeggio atau menggeser kiri ke kanan untuk menyetel tinggi nada.

Tidak hanya itu, jika ingin mengatur volume dan pitchbend cukup miringkan. Sementara untuk mengatur vibrato cukup goyangkan ponsel pintar. Aplikasi yang dirilis pada Mei 2014 ini telah dipasang oleh satu juta lebih pengguna ponsel pintar Android. Bagi kamu yang ingin mengunduh aplikasi ARPIO bisa kunjungi tautannya di sini.

2. Drum Pads 24 – Music Maker

3. Drum Pads 24

Drum Pads 24 – Music Maker adalah salah satu aplikasi mesin drum terbaik. Diperbaharui pada Juni 2020, aplikasi ini telah digunakan oleh lebih dari 15.000.000 pembuat beat dan fingerdrumer. Selain dapat membuat musik dan trek, pengguna aplikasi ini juga dapat membuat suara, bermain loop, merekam dan berbagi sesi musik, hingga melakukan live streaming.

Adapun keunggulan dari Drum Pads 24 – Music Maker di antaranya memiliki sampel berkualitas tinggi (16-bit tidak terkompresi, 44,1 KHz), pitch efek audio, Video tutorial untuk menguasai keterampilan bermusik, terdiri dari 24 bantalan, paket suara EDM populer yang diperbarui secara gratis dan teratur, dan masih banyak lagi. Biar tidak penasaran langsung saja unduh aplikasinya di sini.

3. Drum Pad Machine – Menciptakan Musik

4. Drum Pad Machine

Drum Pad Machine merupakan aplikasi konsol mixing untuk menciptakan musik menjadi sejenis hiburan favorit penggunanya. Aplikasi yang baru saja ditingkatkan di bagian fitur-fiturnya pada Januari 2021 ini telah dipasang oleh 100 juta pengguna. Lewat aplikasi ini kamu bisa membuat musik hingga beat drum atau bass hanya dalam beberapa klik saja.

Drum Pad Machine akan membantumu dalam mengarang melodi sesuai keinginan sendiri bahkan jika kamu tidak punya pengalaman musik. Bagi kamu yang baru saja memasang aplikasi ini akan disuguhkan dengan beberapa video pembelajaran, yang dapat membantumu untuk menciptakan nada beat.  Aplikasi yang digarap oleh Easybird ini bisa kamu dapatkan secara gratis di sini.

4. DJ Loop Pads

5. DJ Loop Pads

DJ Loop Pads tatkala menjadi salah satu aplikasi mixing lagu di Android yang memiliki antarmuka yang bersahabat dan mudah digunakan. Aplikasi yang baru saja diperbaharui awal Februari 2021 ini menawarkan kemudahan dalam menciptakan sebuah musik.

Bila kamu ingin memasang sebuah efek cukup dengan menekan bantalan, selanjutnya ketuk loop pad untuk memutar contoh musik, dan gunakan fader volume untuk membuat ketukan yang lebih nyaring. Aplikasi yang telah terpasang oleh 10 juta lebih perangkat Android ini merupakan salah satu pilihan launchpad yang patut kamu coba. Langsung saja unduh aplikasinya di sini.

5. DJ Music Pad

6. DJ. Music Pad

Aplikasi yang dikembangkan oleh RuviApps satu ini bernama DJ Music Pad, bisa digunakan untuk menciptakan musik atau nada sesuai selera kamu sendiri. Aplikasi DJ Music Pad terdiri dari 30 tombol dan memiliki enam warna yaitu abu, merah muda, hijau, kuning, merah, dan biru.

Pengembang DJ Music Pad mengklaim bahwa aplikasi garapannya tidak mengandung virus dan benar-benar aman dan nyaman saat digunakan. Aplikasi yang dapat kamu pasang dan nikmati secara gratis tersebut telah diunduh oleh lima juta pengguna ponsel pintar Android. Untuk mengunduh DJ Music Pad klik di sini.

6. DJ Electro Mix Pad

7. DJ Electro Mix Pad

DJ Electro Mix Pad merupakan perangkat lunak launchpad yang bisa dimanfaatkan untuk membuat musik sesuai gaya penggunanya. Aplikasi yang diproduksi oleh Simplesoft ini dapat melakukan kombinasi dari berbagai aransemen musik populer dan berisikan 50 suara yang berbeda.

Aplikasi yang telah dipasang oleh 10 juta lebih perangkat ponsel pintar berbasis Android ini menyuguhkan beberapa fitur mulai dari pemutaran loop, simpan nada atau musik pilihan, efek suara yang beragam, dan antarmuka yang sederhana. Bagi kamu yang baru memulai belajar menciptakan musik, DJ Electro Mix Pad cocok untuk dicoba. Langsung saja dapatkan aplikasinya di sini.

7. Super Pads – Jadilah DJ

8. Super Pads

Jadilah DJ! Itulah jargon dari aplikasi Super Pads, sebuah aplikasi pembuat musik gratis yang super mudah digunakan. Dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa memutar berbagai musik hits saat ini. Aplikasi buah karya Opala Studio Apps ini menawarkan fitur tutorial, sehingga kamu bisa melihat dan belajar bagaimana menciptakan sebuah musik.

Selain itu, aplikasi Super Pads juga memiliki kualitas audio Multitouch Studio sangat mudah dimainkan dan semua resolusi layar baik pada ponsel pintar maupun tablet ditampilkan secara HD. Aplikasi yang baru saja di-update pada November 2020 ini telah digunakan oleh 10 juta pengguna ponsel pintar Android. Bagi kamu yang ingin memperoleh dan memainkan aplikasi yang ciamik ini bisa mengunjunginya di sini.

8. Electro Drum Pads 24 – Music and Beat Maker

9. Electro Drum Pads 24

Electro Drum Pads 24 merupakan aplikasi pembuat beat yang mudah digunakan untuk menciptakan ketukan dan musik bergenre EDM. Dikembangkan oleh Paul Lipnyagov, aplikasinya telah menyematkan synth dengan pads yang memungkinkan kamu dapat membuat improvisasi melodi. Kamu bisa memainkan synth sembari menjalankan chord dan drum.


Ada beberapa efek yang mampu meningkatkan setiap beat buatanmu lewat aplikasi ini di antaranya reverb, pitch, distorsi, delay, dan fitur. Selain itu Electro Drum Pads 24 mempunyai berbagai jenis suara yaitu base lines, big kicks, synth chords, synth one shots, kiks, dan masih banyak lagi. Untuk memasang aplikasi yang telah diunduh oleh 10 juta lebih pengguna, kamu bisa mendapatkannya di sini.

9. Dubstep Drum Pads 24 – Soundboard Music Maker

10. Dubstep Drum Pads 24

Lagi-lagi Paul Lipnyagov mengeluarkan karyanya dalam sebuah aplikasi yang dinamai Dubstep Drum Pads 24. Aplikasi ini menawarkan nuansa sampel dubstep segar dan efek baru yang lebih baik. Aplikasi yang bisa diunduh secara gratis ini juga dilengkapi dengan tutorial dubstep di bagian menu Video dan Tutorial.

Dubstep Drum Pads 24 dilengkapi dengan pitch slider bar, paket suara yang diperbarui setiap bulannya, hingga suara studio yang profesional. Terdapat beragam jenis sampel dari aplikasi ini mulai dari synth chords, kiks, FX, vokal, dan yang lainnya. Aplikasi yang sudah mendapatkan bintang 4,5 ini bisa kamu mainkan dengan mengunduhnya terlebih dahulu di sini.

10. Remixlive – Make Music and Beats

11. Remixlive

Remixlive – Make Music and Beat, sebuah aplikasi remix instan yang didukung oleh sampel pro. Aplikasi yang menyandang penghargaan “Aplikasi Paling Inovatif” oleh Google Play ini, pada versi terbarunya menawarkan banyak fitur baru salah satunya sequencer yang memungkinkan kamu mengatur pola untuk menciptakan lagu secara lengkap di timeline. 

Aplikasi ini juga mempunyai 160 lebih paket suara yang dibuat oleh perancang suara profesional sehingga memberikan kualitas suara terbaik. Diperbaharui pada Januari 2021, memiliki kelebihan lain seperti dapat merekam permainan musik dalam audio AAC berkualitas tinggi.

Tidak hanya itu, perangkat lunak yang telah dipasang oleh 5 juta lebih pengguna Android tersebut mampu mengimpor sampel sendiri yang berasal dari perpustakaan perangkat ponsel pintar, mempunyai kontrol FX, filter, mute/solo dan EQ 3-band di setiap saluran, dan lain-lain. Bagi kamu yang ingin merasakan sensasi bermain Remixlive, dengan mudah kamu bisa mengunduhnya di sini.

11. Tapad

12. Tapad

Tidak kalah keren kamu bisa membuat musik dengan gayamu sendiri lewat aplikasi bernama Tapad. Aplikasi yang diproduksi oleh Studio Berict ini memungkinkan kamu untuk me-remix lagu luar seperti Marshmellow, Alan Walker, dan masih banyak lagi lagu lainnya.

Tapad cocok digunakan bagi pemula karena memiliki pengaturannya yang mudah dengan antarmuka sederhana. Adapun fitur dari aplikasi musik ini beberapa di antaranya yaitu tutorial mode, preset mode, dan customizable settings. Aplikasi yang sudah di-install lebih dari 100 ribu pengguna ponsel pintar Android bisa kamu pasang dengan mengunduhnya lewat tautannya di sini.

12. UniPad

13. UniPad

Bisa dikatakan UniPad merupakan salah satu aplikasi launchpad terbaik yang dapat diunduh di Google Play, Android. Bukan tanpa alasan, aplikasi musik ini menyuguhkan tampilan yang minimalis dan mudah saat digunakan. Digarap oleh Kim Ji Seub asal Korea Selatan, Unipad mempunyai fitur yang menarik untuk dijajal salah satunya lampu LED yang berfungsi menampilkan warna nada.

Juga, diselipkan show button pres yang berguna untuk menampilkan sentuhan, fitur autoplay yang membuat musik berputar secara otomatis tanpa perlu disentuh, hingga menu Store yang memungkinkan untuk memperoleh lagi yang dapat diremix.

Dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa menikmati berbagai konten dengan lebih dari 40 lagu dasar atau basic dan membuat file proyek kamu sendiri. UniPad juga akan meminta izin pada kamu sebagai pengguna dalam proses penyimpanan proyek yang berisi sumber suara dan berbagai informasi lainnya, jadi tidak asal menyimpan berkas pada perangkat ponsel pintarmu. Kamu bisa menjadi bagian dari 5 juta pengguna lebih aplikasi UniPad dengan mengunduhnya di sini.

Demikianlah tadi 12 aplikasi launchpad yang bisa dinikmati dan dipasang secara gratis di ponsel pintar berbasis Android. Nah, kini dengan menggunakan aplikasi launchpad kamu bisa merasakan keseruan menciptakan musik dubstep. Dari 12 aplikasi launchpad di atas, mana nih favorit kamu? Coba komen di kolom komentar, yah!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *