Carisinyal / Aplikasi Desain / 10 Aplikasi Menggambar Terbaik di Smartphone Android 2019

10 Aplikasi Menggambar Terbaik di Smartphone Android 2019

Ditulis oleh - Diperbaharui 12 Juni 2019

Punya smartphone canggih, tetapi masih menggambar di atas kertas? Mengapa tidak coba memanfaatkan smartphone Anda untuk menjadi “kertas gambar” yang ramah lingkungan? Terlebih jika smartphone Anda dibekali dengan stylus pen, tentu saja kegiatan menggambar di smartphone jadi terasa lebih mudah dan menyenangkan.

Berikut ini Carisinyal akan membagikan daftar aplikasi menggambar di Android. Sebagian besar aplikasi yang akan kami rekomendasikan ini bisa diunduh secara gratis, lho. Mari manfaatkan aplikasi menggambar di smartphone Anda untuk membuat sketsa, gambar anime, atau lukisan.

10 Aplikasi Menggambar Terbaik di Android

1. PicsArt

PicsArt

Mungkin banyak yang mengenal PicsArt sebagai aplikasi edit foto. Namun sebenarnya, PicsArt juga cukup diandalkan untuk menggambar karena tersedianya fitur drawing tools. Dengan fitur tersebut, pengguna bisa menggambar apapun dengan berbagai macam jenis tools tersedia, seperti brush, tipe pensil untuk menggambar, hingga menentukan layer-nya.

Selain itu, PicsArt juga menjamin hasil dan kualitas gambar yang lebih jernih dan lebih baik. Lalu, interface-nya yang simpel juga menjadi kelebihan tersendiri karena penggunanya bisa dengan mudah menggambar di PicsArt. Tertarik untuk mencobanya? Bisa langsung download aplikasinya di sini.

2. SketchBook

SketchBook

Anda hobi dan gemar menggambar? Tak perlu menghabiskan banyak kanvas ataupun kertas. Di zaman modern saat ini pun Anda hanya butuh ponsel cerdas berbasis Android untuk mengkreasikan dan menuangkan segala ide Anda untuk menggambar.

Tentu Anda membutuhkan fasilitas menggambar di dalam smartphone Android Anda. Sketchbook bisa menjadi salah satu pilihan fasilitas yang tepat untuk Anda. Aplikasi menggambar di Android ini bisa Anda manfaatkan untuk menggambar apapun. Anda juga bisa menikmati segala fitur yang akan membantu Anda untuk menggambar juga lho. Mau? Download aplikasinya di sini.

3. Sketch – Draw & Paint

Sketch - Draw & Paint

Aplikasi menggambar di Android yang satu ini juga menyodorkan kemudahan kepada para penggunanya dalam hal gambar menggambar. Sketch – Draw & Paint, bisa menjadi salah satu solusi terbaik Anda dalam menggambar. Aplikasi ini juga kaya akan fitur yang bisa Anda manfaatkan.

Beberapa fitur yang ditawarkan yakni Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk menggambar sketsa hanya dengan memanfaatkan tools dan brushes. Anda juga dimudahkan untuk membuat sketsa dengan hadirnya fitur layers. Nah, apakah aplikasi ini cocok untuk Anda? Jika cocok, Anda bisa dapatkannya dengan klik di sini.

4. PaperDraw

PaperOne

Menggambar di HP dengan memberikan sensasi yang sama layaknya Anda menggambar di kertas? Tentu bisa Anda rasakan dengan menggunakan salah satu aplikasi untuk menggambar di Android ini. PaperDraw sebuah aplikasi yang berfungsi untuk menggambar dan juga membuat sketsa gambar.

Tak hanya itu saja, bahkan Anda bisa menggambar 3D dengan menggunakan aplikasi PaperDraw ini. Anda juga bisa membubuhkan watermark untuk gambar Anda sendiri lho. Bagaimana, Anda suka dengan aplikasi PaperDraw? Download dan dapatkan aplikasinya secara gratis di sini.

5. MediBang Paint

MediBang Paint

Masih dengan aplikasi terbaik untuk menggambar, pilihan editor PlayStore, kali ini aplikasinya bernama MediBang Paint hadir menjadi salah satu pilihan cerdas bagi Anda yang suka gambar. Di aplikasi ini, ada banyak tools juga fitur yang bisa membantu Anda untuk menggambar dengan mudah hanya dengan bermodal HP Android.

Beberapa tools yang bisa Anda gunakan seperti Airbrush, Pencil, Watercolor, G Pen, Mapping Pen, Sumi, Flat Brush, Round Brush, Acrylic, School Pen, Turnip Pen, Drawing Pen, dan masih banyak lagi. Belum lagi Anda juga bisa menggambar komik dengan aplikasi besutan MediBang inc ini lho. Yang paling penting, Anda bisa mendownload aplikasi MediBang Paint secara gratis!

6. Adobe Illustrator Draw

Adobe Illustrator Draw

Adobe memang dikenal sebagai aplikasi yang paling populer untuk melakukan editing gambar bahkan untuk menggambar. Namun, ternyata Adobe tidaklah hanya tersedia di PC saja. Pasalnya, Adobe Illustrator Draw hadir di PlayStore sebagai salah satu aplikasi menggambar di Android.

Anda bisa melakukan zoom sampai 64x dengan menggunakan aplikasi ini. Tak hanya itu saja, Adobe Illustrator Draw menyuguhkan 5 variasi pens untuk Anda manfaatkan ketika sedang menggambar. Tentu Anda juga bisa mengkreasikan gambaran Anda dengan aplikasi ini. Tertarik untuk mencobanya? Cukup klik di sini dan dapatkan aplikasinya secara gratis!

7. ArtFlow

ArtFlow

Aplikasi menggambar di Android yang terbaik ini bisa bekerja dengan optimal pada Samsung S Pen dan Nvidia Direct Stylus. Lantas, bagaimana jika smartphone Anda tidak dibekali dengan stylus? Anda tetap dapat menggunakan ArtFlow meskipun smartphone Anda tidak memiliki stylus.

Manfaatkan fitur-fitur yang disediakan oleh aplikasi ini untuk menggambar. Ada lebih dari 70 jenis kuas dan alat-alat lainnya, 16 layers, undo tak terbatas, serta kanvas hingga ukuran 4096 x 4096 piksel. ArtFlow adalah aplikasi yang bisa diunduh secara gratis, tetapi versi Pro yang berbayar tentu saja menawarkan sejumlah fitur yang lebih mumpuni.

8. Painter Mobile

Painter Mobile aplikasi menggambar di android

Ini adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Corel dan memungkinkan Anda untuk membuat sketsa atau lukisan kapan dan di mana saja. Dengan aplikasi ini, impor file ke Corel Painter di dekstop juga jadi lebih mudah. Painter Mobile menawarkan sejumlah fungsi dan alat-alat dasar yang akan menunjang kegiatan menggambar Anda.

Painter Mobile memberikan beberapa fitur yang menarik, seperti efek unik, simetri lukisan, two finger canvas rotation, dan kemampuan untuk bekerja hingga 20 layers. Aplikasi ini bisa didownload gratis di perangkat Android Anda. Namun, jika Anda ingin menggunakan lebih banyak jenis kanvas atau menyimpan gambar dengan format PNG, Anda harus membeli Painter Mobile versi Pro.

9. Silk Paints

Silk Paints

Jika dilihat sekilas, Silk Paints adalah sebuah aplikasi menggambar biasa. Namun, aplikasi ini dilengkapi dengan cat multi-kuas yang unik untuk menciptakan sebuah keajaiban melalui setiap goresannya.

Selain dibekali dengan berbagai set kuas untuk menggambar, Silk Paints turut menawarkan fitur “life tracks” yang memungkinkan Anda untuk merekam proses menggambar dan menayangkannya kembali.

Fitur tersebut juga memampukan Anda untuk membuat wallpaper dengan gambar animasi yang bisa bergerak. Silk Paints adalah aplikasi gratis yang disertai dengan beberapa fitur unggulan yang harus dibeli terlebih dahulu agar bisa digunakan.

10. ibis Paint X

ibis Paint X

Kalau aplikasi ibis Paint X ini sudah menyuguhkan sekitar 142 brushes yang bisa Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan, dan gratis! Selain itu juga, ibis Paint X menyuguhkan berbagai macam fitur untuk keperluan menggambar.

Anda bisa memilih fitur sesuai dengan kategori yang ingin Anda gambar, misalnya saja Anda ingin menggambar manga, maka pilihlah manga function di mana akan diberikan tools khusus untuk menggambar manga. Lengkap, kan?

Selain 10 aplikasi menggambar di Android yang telah dibahas pada ulasan di atas, Carisinyal juga memberikan aplikasi rekomendasi lainnya yang bisa Anda pertimbangkan. Berikut ulasan selengkapnya:

11. LayerPaint

LayerPaint

Apakah Anda seseorang yang gembar menggambar karakter anime? Jika ya, LayerPaint ini adalah aplikasi yang cocok dan sesuai untuk memenuhi kebutuhan Anda. LayerPaint adalah aplikasi menggambar yang mendukung multiple layers yang memungkinkan Anda untuk melukis dan menyimpan file dalam format PSD.

LayerPaint dalam versi Pro akan lebih banyak menawarkan kuas-kuas dan alat yang bisa membuat gambar Anda jadi tampak lebih sempurna. Namun, LayerPaint adalah aplikasi berbayar yang harus dibeli seharga USD $2.99. Sebagai bahan pertimbangan, aplikasi ini mendapat rating 4,4 di Google Play Store, yang artinya aplikasi ini cukup worth untuk dibeli.

12. Artecture Draw, Sketch, Paint

Artecture Draw, Sketch, Paint

Mau menggambar seperti di atas canvas, menggunakan pensil, pulpen, semuanya bisa Anda lakukan dengan mudah di aplikasi Artecture Draw, Sketch, Paint ini. Bukan hanya itu saja, pasalnya, Artecture Draw, Sketch, Paint juga menyediakan fitur static background, geometric shape, multi-touch shortcut, color pallete, dan masih banyak lagi. Sangat lengkap, ya?

13. Sketch Master

Sketch Master

Ini adalah aplikasi menggambar yang ditujukan oleh pengguna profesional. Sketch Master berhasil membuktikan sebagai aplikasi yang terbaik karena aplikasi ini sudah dipasang sebanyak lebih dari 1 juta kali di perangkat Android.

Interface sederhana, beberapa jenis kuas yang canggih, fitur text-to-path, color picker, kemampuan zoom hingga 3000%, dan layers yang tak terbatas adalah keunggulan yang coba ditawarkan oleh Sketch Master. Keunggulan lain yang membuat Anda segera ingin mencoba aplikasi ini adalah Sketch Master bisa didownload secara gratis.

14. Paint Splash!

Paint Splash

Paint Splash! salah satu aplikasi menggambar di Android yang diperuntukan dan cocok untuk semua umur. Lupakan seseorang painter profesional. Pasalnya, untuk Anda yang hanya sekedar hobi ataupun gemar menggambar pun bisa menggunakan aplikasi Paint Splash!

Tak hanya itu saja, anak kecil dan para balita pun bisa menggunakan aplikasi ini lho. Paint Splash! memang aplikasi yang dirancang untuk siappapun yang ingin menggambar. Terdapat beragam fitur seperti memilih warna atau bahkan hanya sekedar mengatur ketebalan warna. Anda penasaran? Download dulu aplikasinya di sini.

15. Clover Paint

Clover Paint

Masih membahas aplikasi yang bisa mendukung kegiatan menggambar karakter anime, Carisinyal merekomendasikan Clover Paint. Bagi pemula yang ingin mencoba aplikasi ini, mungkin tampak sedikit rumit pada awalnya. Akan tetapi, setelah Anda menggunakan aplikasi ini dalam beberapa waktu ke depan, maka semuanya akan tampak lebih sederhana dan mudah.

Di dalam aplikasi ini, Anda bisa menggunakan kuas yang canggih dan layer systems, dan custom hotkeys. Melalui Clover Paint, Anda dapat mengimpor atau mengekspor gambar dalam format PSD. Clover Paint bisa dibeli di Google Play Store dengan harga USD $5.99. Akan tetapi, rating 4,6 membuktikan bahwa Clover Paint adalah aplikasi yang layak dibeli.

Dengan aplikasi menggambar di Android ini, Anda bisa menyalurkan hobi menggambar Anda secara hemat dan mudah. Bahkan, hasil lukisan Anda bisa langsung dibagikan ke social media sehingga hasil karya Anda bisa dilihat oleh banyak orang.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar