15 Aplikasi Natal Terbaik untuk Smartphone Android

Ditulis oleh Linda

Natal akan segera tiba. Sudahkah Anda membuat persiapan untuk menyambut hari Natal? Mungkin Anda sudah merencanakan berbagai dekorasi atau sajian untuk menyambut perayaan Natal pada bulan Desember ini. Akan tetapi, jangan sampai ponsel Android Anda juga melewatkan perayaan ini. Yuk, buat ponsel Anda bernuansa Natal dengan sejumlah aplikasi khusus.

Kali ini, Carisinyal akan mengulas sejumlah beberapa aplikasi natal terbaik untuk Android. Apakah aplikasi ini berupa game yang tidak membosankan atau sekedar aplikasi penyedia wallpaper bertema natal? Langsung saja simak sejumlah aplikasi bertema Natal rekomendasi dari Carisinyal.

1. PNP - Portable North Pole

portable north pole 1-side_

Ingin memberi ucapan selamat Natal pada anak, keponakan atau sepupu Anda? Coba gunakan aplikasi PNP - Portable North Pole. Dalam aplikasi, sudah ada template video khusus ucapan selamat Natal dari Santa Claus!

Nah, untuk membuat video ucapan, cukup masukkan data berupa nama, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin anak, dan kegiatannya sehari-hari. Jangan lupa masukkan fotonya, ya.

Tim Carisinyal mencoba membuat video ucapan untuk Cara-Rose dan Tyler. Kurang dari 10 menit pun, videonya sudah jadi. Santa Claus nanti akan menyebut nama anak yang datanya dimasukkan tadi. Bahkan, foto mereka juga ditampilkan di videonya, lho.

Selain ucapan berbentuk video, ada pula opsi untuk memberi ucapan lewat panggilan telepon dan video (video call). Hanya saja, fitur ini merupakan bagian dari layanan premium. PNP sendiri menawarkan paket berlangganan dengan biaya Rp250.000 per tahun. 

Layanan premium memungkinkan pengguna PNP untuk mengakses fitur unggulan. Tak cuma ucapan via telepon dan panggilan video, tapi juga games untuk anak-anak dalam aplikasi. PNP versi berbayar bahkan punya fitur video ucapan untuk orang dewasa juga.

2. Christmas Photo Editor - Sky Apps Guru

christmas photo editor sky apps 1-side_

Christmas Photo Editor dari Sky Apps Guru bisa Anda andalkan untuk menyunting foto. Tentu, dengan memakai tema khas Natal. Ada banyak sekali template video dan foto yang bisa Anda gunakan. Untuk membuat video bertemakan Natal, Anda hanya perlu menambahkan beberapa foto saja, sesuai dengan template yang dipilih.

Aplikasi ini juga memiliki fitur Photo Blending. Nah, Anda bisa mengganti background foto dengan template hiasan Natal. Kalau ingin membuat sendiri dari nol juga bisa. Ada editor foto yang dapat Anda gunakan di aplikasinya. 

Sayangnya, tidak semua template video maupun foto di aplikasi ini bisa diakses gratis. Ada beberapa template dan fitur aplikasi yang hanya dapat dipilih dan digunakan oleh pelanggan Premium. 

Aplikasi ini juga menampilkan iklan yang cukup mengganggu. Bahkan, untuk beberapa fitur tertentu, Anda baru bisa memakainya setelah menonton iklan dulu. Jika tertarik, Christmas Photo Editor menawarkan tarif langganan sekitar Rp48.000 per bulan.

3. Christmas Rink Live Wallpaper

christmas rink 1-side_

Kalau aplikasi satu ini akan membuat tampilan layar HP semakin menarik. Christmas Rink menawarkan live wallpaper dengan tema Natal. Pilihan background wallpaper dan karakter yang bergerak bahkan bisa disesuaikan sendiri. Anda bisa mengubahnya kapan pun melalui pengaturan aplikasi ini.

Nah, uniknya, gerakan karakter bisa Anda percepat dengan mengetuk satu kali saja. Ketuk di karakter yang ingin dipercepat geraknya, ya. Aplikasinya juga punya kontrol pintas praktis. Cukup tekan dua kali di area layar. Anda akan langsung masuk ke pengaturan tanpa membuka aplikasinya langsung.

Sekadar info, aplikasinya memang dapat diunduh dan digunakan secara gratis. Tapi, di dalamnya terdapat background wallpaper dan juga set karakter yang berbayar. Saat kami cek, harga satu background sekitar Rp15.000. Tertarik untuk mencoba aplikasi ini?

4. Christmas Radio & Podcasts

christmas radio 1-side_

Sesuai namanya, aplikasi Christmas Radio & Podcasts menyajikan siaran radio dan siniar bertema Natal. Anda akan dapat mendengarkan lagu-lagu Natal dari berbagai stasiun radio di belahan dunia. Salah satu di antaranya adalah CBN Christmas.

Oh iya, Anda bisa memilih genre musik Natal yang akan didengarkan, lho. Genrenya meliputi rock, jazz, klasik, hingga RnB. Setelah memilih genre, akan muncul nama-nama stasiun radio yang menyiarkan lagunya. Tinggal pilih saja, ya.

Sekadar info, kami juga mencoba untuk memutar podcast atau siniar dalam aplikasi. Sayangnya, suguhan podcast yang ada tak bisa diputar sama sekali. Sepertinya, ada aplikasi pihak ketiga yang harus digunakan agar podcast dapat didengarkan.

Aplikasi ini menayangkan iklan. Namun, ada opsi untuk menghilangkan iklan tersebut. Tarifnya sebesar Rp30.000 saja.

5. Secret Santa 22: Gift Exchange

secret santa 22 1-side_

Aplikasi ini dikhususkan untuk Anda yang ingin berbagi hadiah dengan teman dan keluarga. Tentu, dengan jadi secret santa dan bertukar hadiah secara rahasia. Walau berada dalam satu grup, Anda tak akan tahu hadiah dari siapa yang diterima.

Dalam aplikasinya, Anda dapat membuat sebuah grup beranggotakan minimal tiga orang. Nah, di sini, Anda sebagai admin grup bisa melakukan raffle untuk menentukan siapa yang akan mendapatkan hadiah Natalnya.

Pengaturan budget juga bisa dilakukan sesuai kebutuhan. Anda pun dapat menambahkan lebih banyak anggota dalam grup. Undang mereka lewat email atau kode pin khusus grup Anda sendiri. 

Oh iya, aplikasi ini menyediakan layanan premium. Contohnya, opsi membagikan hasil raffle via WhatsApp. Tenang, biaya langgananya hanya Rp13.000 saja. Unduh Secret Santa 22: Gift Exchange di Google PlayStore.

6. Christmas Greeting Cards - Snowy

christmas greeting card snowy 3-side_

Christmas Greeting Cards adalah aplikasi pembuat kartu ucapan digital. Tentunya, khusus untuk membuat ucapan hari raya Natal. Membuat kartu ucapan di aplikasi ini tak sulit karena sudah ada template berupa gambar yang bisa digunakan.

Nah, di template ini, Anda dapat menambahkan teks, stiker atau foto. Jika bingung dalam menentukan kata-kata yang pas, gunakan template kata-kata ucapan Natal yang sudah ada di aplikasinya.

Kata-katanya sendiri dibagi berdasarkan kategori tertentu. Ada yang romantis, ada ucapan khusus ke teman, keluarga, dan lain sebagainya. Sayangnya, seluruh ucapannya masih menggunakan bahasa Inggris. Jadi, kalau ingin pakai bahasa Indonesia, Anda harus buat dari nol, ya.

Untuk sebuah aplikasi pembuat kartu ucapan, memang Christmas Greeting Cards belum begitu lengkap fiturnya. Koleksi template-nya juga terbatas. Tapi, aplikasinya sudah cukup untuk digunakan membuat kartu ucapan sederhana. Terlebih bila Anda tak punya banyak waktu untuk membuat kartu ucapan Natal.

7. Christmas Recipes - DIL Studio

1 2»
cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram