carisinyal web banner retina

15 Aplikasi Natal Terbaik untuk Smartphone Android

Ditulis oleh Linda

Natal akan segera tiba. Sudahkah Anda membuat persiapan untuk menyambut hari Natal? Mungkin Anda sudah merencanakan berbagai dekorasi atau sajian untuk menyambut perayaan Natal pada bulan Desember ini. Akan tetapi, jangan sampai ponsel Android Anda juga melewatkan perayaan ini. Yuk, buat ponsel Anda bernuansa Natal dengan sejumlah aplikasi khusus.

Kali ini, Carisinyal akan mengulas sejumlah beberapa aplikasi natal terbaik untuk Android. Apakah aplikasi ini berupa game yang tidak membosankan atau sekedar aplikasi penyedia wallpaper bertema natal? Langsung saja simak sejumlah aplikasi bertema Natal rekomendasi dari Carisinyal.

1. PNP - Portable North Pole

portable north pole 1-side_

Ingin memberi ucapan selamat Natal pada anak, keponakan atau sepupu Anda? Coba gunakan aplikasi PNP - Portable North Pole. Dalam aplikasi, sudah ada template video khusus ucapan selamat Natal dari Santa Claus!

Nah, untuk membuat video ucapan, cukup masukkan data berupa nama, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin anak, dan kegiatannya sehari-hari. Jangan lupa masukkan fotonya, ya.

Tim Carisinyal mencoba membuat video ucapan untuk Cara-Rose dan Tyler. Kurang dari 10 menit pun, videonya sudah jadi. Santa Claus nanti akan menyebut nama anak yang datanya dimasukkan tadi. Bahkan, foto mereka juga ditampilkan di videonya, lho.

Selain ucapan berbentuk video, ada pula opsi untuk memberi ucapan lewat panggilan telepon dan video (video call). Hanya saja, fitur ini merupakan bagian dari layanan premium. PNP sendiri menawarkan paket berlangganan dengan biaya Rp250.000 per tahun. 

Layanan premium memungkinkan pengguna PNP untuk mengakses fitur unggulan. Tak cuma ucapan via telepon dan panggilan video, tapi juga games untuk anak-anak dalam aplikasi. PNP versi berbayar bahkan punya fitur video ucapan untuk orang dewasa juga.

2. Christmas Photo Editor - Sky Apps Guru

christmas photo editor sky apps 1-side_

Christmas Photo Editor dari Sky Apps Guru bisa Anda andalkan untuk menyunting foto. Tentu, dengan memakai tema khas Natal. Ada banyak sekali template video dan foto yang bisa Anda gunakan. Untuk membuat video bertemakan Natal, Anda hanya perlu menambahkan beberapa foto saja, sesuai dengan template yang dipilih.

Aplikasi ini juga memiliki fitur Photo Blending. Nah, Anda bisa mengganti background foto dengan template hiasan Natal. Kalau ingin membuat sendiri dari nol juga bisa. Ada editor foto yang dapat Anda gunakan di aplikasinya. 

Sayangnya, tidak semua template video maupun foto di aplikasi ini bisa diakses gratis. Ada beberapa template dan fitur aplikasi yang hanya dapat dipilih dan digunakan oleh pelanggan Premium. 

Aplikasi ini juga menampilkan iklan yang cukup mengganggu. Bahkan, untuk beberapa fitur tertentu, Anda baru bisa memakainya setelah menonton iklan dulu. Jika tertarik, Christmas Photo Editor menawarkan tarif langganan sekitar Rp48.000 per bulan.

3. Christmas Rink Live Wallpaper

christmas rink 1-side_

Kalau aplikasi satu ini akan membuat tampilan layar HP semakin menarik. Christmas Rink menawarkan live wallpaper dengan tema Natal. Pilihan background wallpaper dan karakter yang bergerak bahkan bisa disesuaikan sendiri. Anda bisa mengubahnya kapan pun melalui pengaturan aplikasi ini.

Nah, uniknya, gerakan karakter bisa Anda percepat dengan mengetuk satu kali saja. Ketuk di karakter yang ingin dipercepat geraknya, ya. Aplikasinya juga punya kontrol pintas praktis. Cukup tekan dua kali di area layar. Anda akan langsung masuk ke pengaturan tanpa membuka aplikasinya langsung.

Sekadar info, aplikasinya memang dapat diunduh dan digunakan secara gratis. Tapi, di dalamnya terdapat background wallpaper dan juga set karakter yang berbayar. Saat kami cek, harga satu background sekitar Rp15.000. Tertarik untuk mencoba aplikasi ini?

4. Christmas Radio & Podcasts

christmas radio 1-side_

Sesuai namanya, aplikasi Christmas Radio & Podcasts menyajikan siaran radio dan siniar bertema Natal. Anda akan dapat mendengarkan lagu-lagu Natal dari berbagai stasiun radio di belahan dunia. Salah satu di antaranya adalah CBN Christmas.

Oh iya, Anda bisa memilih genre musik Natal yang akan didengarkan, lho. Genrenya meliputi rock, jazz, klasik, hingga RnB. Setelah memilih genre, akan muncul nama-nama stasiun radio yang menyiarkan lagunya. Tinggal pilih saja, ya.

Sekadar info, kami juga mencoba untuk memutar podcast atau siniar dalam aplikasi. Sayangnya, suguhan podcast yang ada tak bisa diputar sama sekali. Sepertinya, ada aplikasi pihak ketiga yang harus digunakan agar podcast dapat didengarkan.

Aplikasi ini menayangkan iklan. Namun, ada opsi untuk menghilangkan iklan tersebut. Tarifnya sebesar Rp30.000 saja.

5. Secret Santa 22: Gift Exchange

secret santa 22 1-side_

Aplikasi ini dikhususkan untuk Anda yang ingin berbagi hadiah dengan teman dan keluarga. Tentu, dengan jadi secret santa dan bertukar hadiah secara rahasia. Walau berada dalam satu grup, Anda tak akan tahu hadiah dari siapa yang diterima.

Dalam aplikasinya, Anda dapat membuat sebuah grup beranggotakan minimal tiga orang. Nah, di sini, Anda sebagai admin grup bisa melakukan raffle untuk menentukan siapa yang akan mendapatkan hadiah Natalnya.

Pengaturan budget juga bisa dilakukan sesuai kebutuhan. Anda pun dapat menambahkan lebih banyak anggota dalam grup. Undang mereka lewat email atau kode pin khusus grup Anda sendiri. 

Oh iya, aplikasi ini menyediakan layanan premium. Contohnya, opsi membagikan hasil raffle via WhatsApp. Tenang, biaya langgananya hanya Rp13.000 saja. Unduh Secret Santa 22: Gift Exchange di Google PlayStore.

6. Christmas Greeting Cards - Snowy

christmas greeting card snowy 3-side_

Christmas Greeting Cards adalah aplikasi pembuat kartu ucapan digital. Tentunya, khusus untuk membuat ucapan hari raya Natal. Membuat kartu ucapan di aplikasi ini tak sulit karena sudah ada template berupa gambar yang bisa digunakan.

Nah, di template ini, Anda dapat menambahkan teks, stiker atau foto. Jika bingung dalam menentukan kata-kata yang pas, gunakan template kata-kata ucapan Natal yang sudah ada di aplikasinya.

Kata-katanya sendiri dibagi berdasarkan kategori tertentu. Ada yang romantis, ada ucapan khusus ke teman, keluarga, dan lain sebagainya. Sayangnya, seluruh ucapannya masih menggunakan bahasa Inggris. Jadi, kalau ingin pakai bahasa Indonesia, Anda harus buat dari nol, ya.

Untuk sebuah aplikasi pembuat kartu ucapan, memang Christmas Greeting Cards belum begitu lengkap fiturnya. Koleksi template-nya juga terbatas. Tapi, aplikasinya sudah cukup untuk digunakan membuat kartu ucapan sederhana. Terlebih bila Anda tak punya banyak waktu untuk membuat kartu ucapan Natal.

7. Christmas Recipes - DIL Studio

christmas recipes 1-side_

Christmas Recipes dari DIL Studio adalah aplikasi yang menyediakan berbagai resep masakan. Khususnya, masakan Barat. Anda pun dapat menemukan resep makanan untuk perayaan Natal. Salah satunya adalah sugar cookies bertema Natal yang lucu-lucu.

Resep-resep di sini dilengkapi dengan arahan atau cara memasak yang cukup lengkap. Seluruh instruksi dan resepnya berbahasa Inggris, ya. Sampai saat ini belum ada opsi bahasa lain yang bisa digunakan.

Oh iya, Anda dapat menambahkan beberapa resep masakan ke daftar favorit. Christmas Recipes membagi resep masakannya jadi beberapa kategori. Ada hidangan penutup, pembuka dan hidangan utama. Setiap penggunanya bisa menambahkan resep masakan milik sendiri juga, lho.

Saat kami mencobanya, memang aplikasi ini masih belum banyak diunduh. Jumlah unduhannya pun masih di kisaran 10 ribu pengguna. Meski begitu, aplikasinya sangat membantu. Terutama jika Anda ingin mencari resep masakan untuk Natal.

8. Christmas Wishes and Blessings - Amity App

christmas blessing 2-side_

Aplikasi satu ini berisi ucapan dan kata-kata sejuk tentang Natal. Ya, Christmas Wishes and Blessings dari Amity App memungkinkan Anda untuk mengirim pesan-pesan yang mendamaikan hati ke orang-orang tercinta. Anda tak perlu repot membuatnya dari awal. Tinggal pilih saja ucapan yang diinginkan, lalu tekan tombol bagikan.

Semudah dan sepraktis itu, ya! Sayangnya, aplikasi ini memiliki koleksi ucapan yang tak begitu banyak. Aplikasinya bisa digunakan secara gratis. Jadi, ada cukup banyak iklan yang tampil. Ingin mencobanya? Silakan unduh Christmas Wishes and Blessings di Google PlayStore.

9. Bible.is

bible.is 2-side_

Aplikasi lain yang tim Carisinyal rekomendasikan adalah Bible.is. Dengan aplikasi ini, Anda dapat mendengarkan ayat suci Alkitab kapan saja dan di mana saja. Aplikasinya memuat ayat-ayat Alkitab perjanjian lama dan baru, daftarnya juga lengkap. Anda bisa menandai satu demi satu transkrip ayat yang tampil di layar juga. Atau, bahkan menyimpan ayatnya ke daftar bookmark.

Kalau bicara soal kualitas suaranya, Bible.is tak perlu diragukan lagi, ya. Pilihan terjemahan untuk bahasa Indonesia juga tersedia, lho. Tak hanya itu, Bible.is menyediakan plan yang bisa dipilih untuk menyelesaikan bacaan Alkitab. Misalnya, dalam satu hari Anda harus menyelesaikan membaca ayat-ayat dari Matius selama sepuluh menit. 

Bible.is juga punya koleksi film gospel yang cukup lengkap, lho. Bagaimana, Anda tertarik untuk menggunakannya? Silakan unduh Bible.is di Google PlayStore.

10. Kids Christmas Bible Stories

bible story__1

Dari namanya sudah bisa ditebak kalau ini adalah aplikasi khusus anak-anak. Dalam Kids Christmas Bible Stories, si kecil bisa mendalami agama dengan lebih menyenangkan. Di sini, kisah-kisah dari Alkitab diangkat melalui cerita dengan audio dan visual yang ramah bagi anak.

Tema, cerita dan durasi videonya berbeda-beda pula. Jadi, anak tak akan cepat bosan dan bisa betah menonton di aplikasi ini. Sayangnya, jumlah videonya masih tak begitu banyak. Bahkan, ada beberapa video yang masih terkunci dan pengguna harus menunggu sampai video tersebut muncul di aplikasi.

Meski begitu, aplikasi ini tentu sangat amat bermanfaat. Jika Anda tertarik, silakan unduh Kids Christmas Bible Stories di Google PlayStore.

11. Christmas Countdown

christmas countdown_

Sebagian orang tidak sabar menunggu Hari Natal tiba. Bahkan, tak jarang ada orang yang menandai kalendernya hari demi hari untuk menghitung berapa lama lagi Natal akan tiba. Nah, apabila Anda adalah salah seorang yang tidak sabar menanti Natal, maka Anda bisa mengunduh aplikasi Christmas Countdown.

Aplikasi natal terbaik yang dibesut oleh Aqreadd Studios ini berupa wallpaper 3D yang menawarkan tampilan pohon Natal dengan lampu berkelap-kelip serta butiran salju yang turun dari langit. Christmas Countdown akan membuat ponsel Anda terlihat ceria. Selain itu, ada pula reminder berupa sisa hari menuju Natal di wallpaper tersebut.

12. ElfYourself® By Office Depot

ElfYourself® By Office Depot

Kalau aplikasi yang satu ini memudahkan Anda untuj membuat kartu ucapan hari Natal dengan cara yang unik. Di Christmas Live Wallpaper Anda hanya perlu masukan foto-foto orang yang ingin diberi kartu ucapan. Kemudian, edit kartu ucapannya sesuai dengan kebutuhan. Anda juga bisa menambahkan tulisan serta menambahkan efek lainnya yang sudah disediakan. Jika sudah selesai, langsung bagikan ke orang-orang terdekat Anda. Mudah, kan?

13. Christmas Gift List

christmas gift list_

Mempersiapkan hadiah Natal di tengah-tengah kesibukan Anda sehari-hari memang merepotkan. Anda harus menyusun daftar khusus untuk keluarga dan teman-teman. Christmas Gift List adalah aplikasi bijak yang akan membantu Anda menyiapkan hadiah Natal untuk orang-orang terdekat.

Aplikasi ini sangat menguntungkan karena dilengkapi dengan password untuk melindungi daftar hadiah Anda, menentukan anggaran untuk per orang agar Anda tidak melebihi budget saat berbelanja, sampai rincian pengeluaran saat belanja hadiah Natal. Christmas Gift List adalah sebuah aplikasi yang benar-benar bermanfaat dan membuat Anda tidak lupa akan barang-barang yang akan dibeli sebagai hadiah natal.

14. Christmas Photo Frame

Christmas Photo Frames

Ubah foto-foto di media sosial Anda agar lebih bernuansa Natal. Salah satu aplikasi natal terbaik yang biasa dipakai untuk membuat foto biasa terlihat lebih bernuansa Natal adalah Christmas Photo Frame. Di sini, ada beragam pilihan bingkai foto yang siap menghiasi foto-foto Anda.

Kualitas frame di aplikasi ini sudah HD, bahkan ada pilihan bingkai yang menarik untuk foto dengan bentuk potrait atau landscape. Melalui aplikasi ini, Anda juga bisa menambahkan beberapa efek ke foto Anda, seperti hitam putih, sephie, greyscale, dan asih banyak lagi. Untuk mengedit foto dengan Christmas Photo Frame, Anda tidak memerlukan koneksi internet.

15. Christmas Ringtones

christmas ringtones_

Yuk, ganti nada dering telpon Anda dengan berbagai lagu-lagu Natal. Anda tidak perlu men-download lagu-lagu tersebut, cukup install aplikasi Christmas Ringtones di perangkat Android Anda. Ada puluhan ringtone Natal yang bisa diatur untuk menjadi nada dering panggilan, pemberitahuan, sampai dengan alarm.

Aplikasi yang dibesut oleh JRJ Unlimited ini bisa Anda download secara gratis. Tunggu apalagi, segera install Christmas Ringtones dan buat ponsel Anda bernuansa Natal.

Inilah 15 aplikasi Natal terbaik yang akan membuat natal Anda menjadi lebih berwarna. Semua aplikasi ini bisa Anda peroleh secara gratis di Google PlayStore. Apakah Anda memiliki saran mengenai aplikasi Natal lain yang harus diinstall oleh pembaca lain? Yuk, tulis nama aplikasi yang Anda sarankan di kolom komentar yang ada di bawah ini.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram