carisinyal web banner retina
Carisinyal / Aplikasi / 10 Aplikasi Pembersih Sampah Terbaik untuk PC dan Laptop

10 Aplikasi Pembersih Sampah Terbaik untuk PC dan Laptop

Ditulis oleh Syarip Ahmad D - Diperbaharui 2 April 2021

Penggunaan komputer yang cukup intens bisa membuat performa komputer semakin hari semakin menurun. Hal itu memang bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Nah, salah satu yang cukup berpengaruh dan tidak disadari oleh pengguna adalah keberadaan file tidak terpakai yang menumpuk di dalam sistem.

File inilah yang membuat kinerja komputer semakin lambat, bahkan bila terus dibiarkan tanpa ada penanganan mungkin saja dapat merusak sistem secara keseluruhan. Nah, untuk mencegah hal tersebut, kali ini Carisinyal akan merekomendasikan beberapa aplikasi pembersih komputer terbaik untuk personal computer yang kamu miliki. Apa saja itu? Berikut adalah daftarnya:

1. IOBit Advanced SystemCare

IOBit Advanced SystemCare adalah salah satu pembersih PC yang memiliki tampilan menarik dan mudah dalam pengoperasiannya. Aplikasi pembersih ini memiliki berbagai fitur dasar yang bisa digunakan oleh pengguna seperti menghapus file sampah seperti registry, cache, cookies, hingga shortcut yang mungkin tidak digunakan lagi di dalam sistem komputer.

Nah, salah satu keunggulan yang dimiliki oleh IOBit Advanced System Care, yaitu adanya fitur tambahan seperti Turbo Boost dan Anti Malware yang akan melindungi komputer dari berbagai seragam virus maupun Malware yang dapat merusak sistem komputer. Dapatkan IOBit Advanced SystemCare.

2. AVG PC TuneUP

Salah satu pembersih terbaik untuk PC lainnya yang bisa kamu gunakan adalah AVG PC TuneUp. Aplikasi ini merupakan pembersih PC yang dikenal cukup baik untuk membersihkan berbagai file sampah serta menjaga sistem komputer dari berbagai gangguan virus dan Malware.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur Schedule & automatic routine maintenance untuk membantu pengguna melakukan perawatan pada komputer secara otomatis. Selain itu adanya fitur Sleep Mode juga dapat membantu pengguna untuk menonaktifkan sementara program-program yang tidak diperlukan.

Jika kamu ingin mendapatkan performa komputer lebih optimal, maka AVG PC TuneUp bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Dapatkan AVG PC TuneUp.

3. Disk Cleanup

Disk Cleanup adalah salah satu aplikasi pembersih bawaan dari Windows yang dikenal cukup efektif untuk meningkatkan kinerja komputer. Selain cara penggunaanya yang mudah dan sederhana, kemampuan untuk membersihkan file sampah pada sistem operasi Windows pun cukup baik, bahkan bisa bersaing dengan pembersih PC lainnya yang ada di pasaran.

Meskipun aplikasi ini jarang digunakan sebagai pembersih utama, namun kemampuannya dalam membersihkan komputer memang tidak diragukan lagi. Untuk menggunakan Disk Cleanup, cukup klik kanan pada disk yang ingin dibersihkan dari file-file sampah tidak berguna, pilih Properties, lalu klik Disk Cleanup. Setelah proses pemindaian selesai, pilih jenis file yang ingi dihapus lalu klik Clean up system files.

4. CCleaner

Pembersih PC Selanjutnya adalah CCleaner. Aplikasi pembersih yang satu ini dikenal memiliki fitur yang cukup lengkap. Salah satu fitur yang menarik adalah adanya fitur Duplicate Finder yang dapat mendeteksi file duplikat serta membersihkannya.

Selain itu, aplikasi ini juga dapat membersihkan komputer dari berbagai file sampah seperti cache, temporary file, thumbnail, registry entry, hingga browser tracker yang ada di Harddisk secara menyeluruh.

Nah, karena kualitasnya yang cukup baik, Ccleaner menjadi salah satu aplikasi yang cukup direkomendasikan untuk menjaga sistem komputer tetap bersih dan meningkatkan kinerja komputer. Download CCleaner.

5. Glary Utilities

Aplikasi pembersih komputer selanjutnya adalah Glary Utilities. Aplikasi ini terdiri dari dua mode, yaitu mode gratis dan berbayar. Perbedaan kedua mode tersebut diketahui dari fitur yang ditawarkan, dimana pada versi berbayar fitur yang ditawarkan jauh lebih lengkap. Aplikasi ini adalah salah satu yang cukup populer di kalangan pengguna komputer personal.

Nah, beberapa fitur yang bisa kamu gunakan dengan aplikasi ini antara lain clean and repair, privacy and Security, Optimize & Improve, system tools, dan files and folders. Fitur-fitur tersebut diketahui memiliki kinerja yang maksimal untuk membersihkan PC dari file sampah yang bisa membuat komputer terasa lambat saat bekerja. Unduh Glary Utilities.

6. Avast Cleanup

Aplikasi berikutnya adalah Avast Cleanup. Avast Cleanup adalah sebuah aplikasi yang cukup banyak digunakan untuk pembersih komputer saat ini. Avast Cleanup sendiri merupakan bagian dari perusahaan antivirus yang cukup populer digunakan saat ini, yaitu Avast Antivirus. Aplikasi ini memiliki kinerja yang cukup baik untuk menjaga sistem komputer tetap sehat.

Aplikasi ini bekerja dengan melakukan Deep scan untuk mendeteksi berbagai file sampah yang dapat membuat komputer tidak bisa bekerja secara maksimal. Nah, kelebihan dari pembersih yang satu ini adalah memiliki fitur yang bisa digunakan untuk mendeteksi keberadaan bloatware atau aplikasi yang sudah tidak terpakai dalam waktu yang cukup lama di komputer.

7. Kingsoft PC Doctor

Pembersih PC terbaik selanjutnya adalah Kingsoft PC Doctor. Aplikasi pembersih untuk PC ini dikenal sangat baik untuk melindungi PC dari beragam file sampah serta serangan malware yang akan mengurangi kinerja PC.


Selain membuat kinerja komputer semakin maksimal, aplikasi ini juga dapat melindungi komputer dari berbagai serangan virus yang dapat membuat sistem komputer terganggu. Nah, karena menawarkan berbagai fitur menarik untuk melindungi PC, Kingsoft PC Doctor pun bisa menjadi pilihan yang tepat untuk memaksimalkan kinerja komputer yang ada di rumah.

8. Storage Sense

*Sumber: Argon System

Storage Sense merupakan aplikasi pembersih yang ada pada Windows 10. Aplikasi ini dinilai cukup efektif dalam membersihkan file sampah yang tersimpan dalam sistem komputer seperti logs, cache, dan file temporary.

Nah, karena aplikasi ini merupakan produk bawaan dari sistem operasi Windows 10, kamu pun tak perlu lagi bingung atau repot memilih aplikasi pembersih untuk meningkatkan kinerja komputer. Salah satu keuntungan menggunakan aplikasi ini adalah dapat membersihkan cache dari proses update yang memiliki ukuran besar.

Selain itu, beberapa cache dari proses update Windows yang tidak bisa dideteksi oleh pembersih lain bisa dengan mudah dideteksi oleh aplikasi ini.

9. Razer Cortex

Pilihan lain yang cukup baik untuk pembersihan komputer dari file sampah adalah Razer Cortex. Aplikasi ini dikenal sebagai salah satu pembersih yang banyak digunakan oleh para gamer. Aplikasi ini dapat membersihkan program-program yang tidak digunakan saat bermain game dan juga bisa digunakan sebagai booster.

Hal lain yang cukup menarik dari aplikasi ini, yaitu adanya fitur 1-click booster yang dapat membantu pengguna dalam melakukan semua aktivitas hanya dengan satu kali klik. Nah, jika kamu salah satu pecinta game sejati, maka pembersih yang satu ini dijamin bisa membuat pengalaman bermain kamu semakin nyaman.

10. Ashampoo WinOptimizer

Aplikasi terakhir yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan komputer dari file sampah yang dapat mengganggu performance adalah Ashampoo WinOptimizer. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur 1-click optimization yang dapat membantu melakukan beberapa fungsi sekaligus seperti membersihkan komputer dan memberi space penyimpanan yang baru.

Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur untuk mendeteksi file pembawa virus, malware, spyware yang berbahaya bagi komputer.

Demikianlah 10 aplikasi pembersih sampah PC terbaik yang telah Carisinyal rangkum untuk kamu. Beberapa di antaranya mungkin sudah biasa kamu pakai untuk menjaga komputer tetap sehat. Nah, apakah kamu memiliki rekomendasi lain yang lebih menarik? Jika ada, maka kamu bisa share hal tersebut dengan memberi komentar di bawah.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram