Carisinyal / Aplikasi Pembukuan BukuWarung Bikin Usaha Jadi Maju

Aplikasi Pembukuan BukuWarung Bikin Usaha Jadi Maju

Ditulis oleh - Diperbaharui 1 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dulu waktu belum zamannya komputer apalagi smartphone, mencatat pembukuan usaha biasanya pakai buku-buku legend yang tebalnya lumayan. Dan cukup ribet juga ketika mau mencari data utang piutang berdasarkan tanggal, karena semuanya ditulis manual.

Tapi tahu nggak sih, di zaman yang serba modern ini, sudah banyak aplikasi pembukuan yang bisa digunakan di smartphone. Anda bisa unduh aplikasi keuangan di Google Playstore atau App Store dengan mudah.

Nah, salah satunya aplikasi BukuWarung. Aplikasi bisa dibilang merupakan aplikasi pembukuan usaha terbaik yang ada saat ini. Carisinyal bakal bahas tentang aplikasi pembukuan ini, spesial untuk Anda.

Kelebihan Aplikasi BukuWarung

Aplikasi BukuWarung yang sudah digunakan di lebih dari 500.000 UMKM yang tersebar di 500 kota tentu punya banyak banget manfaatnya nih. Kira-kira, apa saja yang jadi nilai plus dari aplikasi pembukuan ini?

1. Bisa Digunakan Kapan Saja dan Dimana Saja

Bukuwarung1Ya, satu dari sekian banyak keistimewaan dari aplikasi pembukuan BukuWarung adalah bisa digunakan kapan saja dan di mana saja. Baik di rumah, di kantor, di kampus dan tempat-tempat lainnya. Selain itu, aplikasi ini mudah didapat dan ukuran filenya ringan, nggak lebih dari 10 MB. Anda bisa unduh aplikasi keuangan ini tanpa takut membuat space penyimpanan di HP habis.

2. Dapat Digunakan untuk Beragam Jenis Usaha

Aplikasi keuangan Bukuwarung 2

Aplikasi BukuWarung ini nggak cuma bisa dipakai untuk satu usaha saja, lho. Kamu bisa pakai untuk mencatat pembukuan dari segala jenis usaha. Mulai dari toko kelontong, konter pulsa, kafe atau kedai makanan dan minuman, rental mobil, bengkel dan toko online, laundry sampai warung makan.

3. Simpan Banyak Pembukuan dengan Aman

Aplikasi keuangan BukuWarung 3

Yap, seperti yang sudah disampaikan di poin sebelumnya, Anda bisa menggunakan aplikasi pembukuan BukuWarung untuk segala jenis usaha. Nggak cuma itu, Anda juga bisa mencatat pembukuan lebih dari satu.

Jadi, kalau Anda punya lima jenis usaha yang berbeda, Anda bisa mencatat semua pembukuannya secara online di aplikasi BukuWarung. Praktis banget, kan? Data yang Anda miliki pun tersimpan dengan aman di server BukuWarung. Jadi, Anda nggak usah khawatir data pembukuan Anda hilang atau dicuri orang.

4. Aplikasi Keuangan Multiguna

Bukan hanya bisa dipakai untuk mencatat pembukuan usaha, aplikasi BukuWarung juga bisa Anda andalkan untuk  dijadikan aplikasi kasir, lho. Jadi, kalau Anda nggak punya mesin kasir, Anda tinggal pakai aplikasi BukuWarung ini.

5. Gratis dan Mudah untuk Digunakan

Kelebihan lain dari aplikasi BukuWarung adalah, aplikasi ini dapat Anda unduh secara gratis! Selain itu, BukuWarung juga punya user interface yang simpel, sehingga aplikasinya jadi lebih mudah untuk digunakan.

Fitur-Fitur BukuWarung

Aplikasi BukuWarung tentu punya banyak fitur yang semakin membuatnya istimewa. Fitur yang dimiliki BukuWarung tentu bisa memudahkan Anda dalam menjalankan usaha. Berikut daftar fitur yang bisa Anda gunakan di aplikasi keuangan BukuWarung.

1. Pencatatan Utang Piutang

Aplikasi Keuangan Bukuwarung 4

Salah satu fitur apliksi pembukuan BukuWarung adalah pencatatan utang piutang yang mudah. Kamu bisa catat utang yang kamu berikan pada pelanggan hingga utang yang Anda terima tanpa ribet.

Jika Anda ingin mencatat utang pelanggan, cukup klik ikon ‘+Utang Piutang’, lalu tambahkan nominal utang yang diberikan atau dibayar oleh peminjam. Nantinya, nominal utang akan berkurang secara otomatis setelah Anda mencatat jumlah utang yang telah dibayarkan peminjam.

Anda bisa melihat laporan utang-piutang melalui tab ‘Utang Pelanggan’. Jika utang si peminjam sudah lunas, maka nama peminjam akan tertera pada tab ‘Lunas’.

Oh ya, di aplikasi BukuWarung, Anda dapat menambahkan pelanggan atau peminjam baru tanpa memasukkan nomor HP mereka juga, lho.

2. Mengirim Tagihan Via WhatsApp dan SMS

Aplikasi Keuangan BukuWarung 4

Lewat aplikasi pembukuan BukuWarung, Anda dapat dengan mudah mengirim tagihan pada pelanggan/peminjam dengan menggunakan SMS dan WhatsApp. Anda juga dapat mengatur tanggal jatuh tempo.

Sehingga, notifikasi tagihan akan dikirimkan via WhatsApp atau SMS secara otomatis pada pelanggan di tanggal yang telah ditentukan.

3. Pencatatan Pengeluaran dan Pemasukan

Aplikasi Keuangan BukuWarung 5Selain mencatat utang piutang, Anda juga tentu bisa melakukan pencatatan pengeluaran dan pemasukan untuk setiap keperluan yang menyangkut dengan usaha yang Anda jalankan.

Caranya, cukup pilih ikon ‘Transaksi’ yang ada di bagian tengah bawah layar. Lalu masukkan pengeluaran atau pemasukan Anda. Anda bisa mencatat pemasukan harian, bulanan hingga mingguan.

Anda juga bisa menentukan kategorinya. Mulai dari sewa, bayar utang, pengeluaran sampai bayar listrik dan beli pulsa. Atau, Anda bisa mengisinya sendiri di kolom kosong bertuliskan ‘Keperluan’.

4. Laporan Keuangan dan Laporan Utang

Aplikasi keuangan bukuwarung 6

Fitur lainnya yang dimiliki aplikasi pembukuan BukuWarung adalah laporan keuangan dan laporan utang. Laporan keuangan bisa Anda gunakan untuk melihat pengeluaran maupun pemasukan Anda selama periode tertentu.

Begitu pun dengan laporan utang. Di sini terdapat catatan lengkap dari utang yang keluar maupun yang telah dibayarkan peminjam. Laporan keuangan dan laporan utang yang ada di BukuWarung bisa Anda download dengan mudah dalam bentuk file PDF, lho.

5. Kartu Nama

Fitur kartu nama bisa Anda gunakan sebagai identitas usaha yang memuat informasi kontak tempat usaha Anda. Cara membuat kartu nama digital ini terbilang mudah.

Pilih ikon ‘Lainnya yang ada di pojok kanan bawah layar, kemudian isikan data tempat usaha Anda seperti nomor telepon, email, alamat dan slogan. Jika sudah, simpan kartu nama Anda. Anda dapat membagikan kartu nama digital ini ke WhatsApp, Instagram hingga email.

Sampai di sini pembahasan Carisinyal mengenai aplikasi pembukuan BukuWarung. Jika Anda memerlukan informasi mengenai tips hingga peluang usaha, hingga tutorial lengkap menggunakan aplikasi BukuWarung, Anda dapat mengaksesnya dengan mudah dan cepat langsung di aplikasi BukuWarung atau di situs resmi bukuwarung.com.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *