10 Aplikasi Pemotong Video Terbaik untuk PC dan Laptop

Ditulis oleh Amalia Kaskita

Setelahnya, Anda akan dibawa ke laman lain untuk memproses pemotongan video. Di sini, silakan pilih format output video yang diinginkan, lalu tekan Start All untuk mulai proses pemotongan videonya. 

Lagi, aplikasinya tidak gratis. Dalam versi trial Anda hanya bisa memotong sekitar ⅓ bagian dari video saja. Jika ingin menikmati fitur ini sepenuhnya, Anda harus berlangganan versi premium dari Wondershare UniConverter dengan harga hampir 1 jutaan per bulan. 

6. Weeny Free Video Cutter

Weeny Free Video Cutter

Aplikasi untuk memotong video yang mudah dan gratis lainnya adalah Weeny Free Video Cutter. Aplikasi ini digunakan untuk memotong file video yang besar menjadi kecil.

Beberapa format video yang mendukung aplikasi ini adalah VOB, MP4, MPG, ASF, RM, AVI, WMV dan 3GP. Tampilannya pun sederhana dan terdapat spesifikasi waktu untuk memotong segmen video itu sendiri.

Jangan cemas dengan spesifikasi PC yang rendah karena aplikasi ini tidak memakan banyak ruang. Ruang yang dibutuhkan hanya sekitar 20,9 MB. Freeware yang dikembangkan oleh Weenysoft ini sangat berguna untuk Anda yang ingin memotong video tanpa ribet.

7. Joyoshare Media Cutter

joyoshare_

Joyoshare Media Cutter adalah aplikasi pemotong video hingga audio yang tersedia untuk OS Windows dan macOs. Aplikasi ini mendukung banyak format seperti AVI, WMA, MP3, MP4, M4R dan banyak lagi. Selain itu, yang membuat spesial dari aplikasi ini adalah bisa menggabungkan rekaman ke dalam bentuk video baru.

Tampilannya pun minimalis dan terlihat lebih modern ketimbang aplikasi yang lain. Selain potong video, hebatnya aplikasi ini juga bisa menjadi screen recorder yang berguna untuk membagikan proses edit video ke berbagai platform. Sayangnya, aplikasi ini hanya gratis dalam masa percobaan saja.

8. Gihosoft Free Video Cutter

gihosoft video cutter

Gihosoft Free Video Cutter bisa didapatkan secara cuma-cuma untuk OS Windows dan macOs. Aplikasi ini memudahkan pengguna untuk memotong video secepat mungkin. Banyak format video yang didukung oleh aplikasi ini seperti MOV, MPEG, MP4, W4A, MP3 WAV dan lain-lain.

Selain itu, Gihosoft Free Video Cutter memiliki tampilan yang modern dan friendly untuk memudahkan pemakaian yang walaupun kalian tidak memiliki skill komputer sama sekali. Aplikasi ini sangat cocok dan ramah untuk digunakan pada PC rendah sekalipun.

9. Bandicut Video Cutter

bandicut video cutter

Aplikasi mudah untuk memotong video selanjutnya adalah Bandicut Video Cutter. Aplikasi ini diperuntukkan untuk OS Windows saja. Bandicut memiliki tampilan yang modern dan Anda wajib punya aplikasi ini. Pasalnya, Bandicut juga memiliki fitur yang lengkap seperti menggabungkan video, memisahkan segmen, ekstrak dan konversi ke banyak format.

Langkah-langkahnya pun sangat sederhana. Anda hanya tinggal memasukkan video yang akan dipotong. Lalu tentukan option waktu untuk scene yang akan dipotong. Kemudian jika sudah, bisa klik tombol Start dan video berhasil dipotong. Waktu pemotongan video tentunya dilihat dari seberapa besar ukuran video itu sendiri.

10. BeeCut

beecut

Simpel tapi profesional, itulah BeeCut. Aplikasi yang bisa menyulap video menjadi bagus hanya dengan mengklik saja. Walaupun fokus pada fitur pemotongan video, BeeCut menyuguhkan beberapa fitur yang berguna seperti mempercepat dan memperlambat waktu, warna latar belakang, perbesar gambar, efek, dubbing, dan banyak lagi.

Aplikasi ini bisa Anda dapatkan secara gratis. Bahkan, di website-nya pun Anda bisa edit video secara online. BeeCut bisa digunakan di OS Windows, Mac, dan Android. Yups, bukan hanya PC, BeeCut juga bisa digunakan di ponsel Anda. Anda juga bisa membagikan video edit ke berbagai platform media sosial seperti Instagram, Facebook dan YouTube.

Itulah 10 aplikasi sederhana untuk memotong video di PC. Walaupun sekarang sudah banyak aplikasi yang menyuguhkan canggihnya fitur edit video, namun aplikasi pemotong video adalah aplikasi yang banyak dicari. Terlebih pemotongan adalah fitur esensial dalam mengedit video.

Semakin sederhana sebuah aplikasi semakin disukai oleh orang-orang karena spesifikasinya yang ringan dan mudah dimengerti. Jadi, apa Anda sudah menentukan mau pilih aplikasi potong video yang mana? Atau mungkin Anda punya rekomendasi aplikasi lainnya?

«1 2
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram