Carisinyal / Kuota Internet / 10 Aplikasi Penghemat Kuota Internet Terbaik untuk Android

10 Aplikasi Penghemat Kuota Internet Terbaik untuk Android

Ditulis oleh - Diperbaharui 25 September 2018

Di zaman serba teknologi ini, banyak orang yang rela merogoh kocek hingga ratusan ribu rupiah untuk membeli paket internet setiap bulan. Hal tersebut dikarenakan semakin banyak orang yang mengandalkan internet di smartphone mereka. Hampir segala aktivitas di smartphone membutuhkan internet, seperti main game, membuka media sosial, dan chatting.

Namun, tanpa kita sadari kuota internet sering habis dengan begitu cepat. Nah, adakah solusi untuk menghemat kuota internet kita? Yuk, coba install salah satu aplikasi penghemat kuota internet untuk Android berikut ini.

10 Aplikasi Penghemat Kuota Internet

1. Data Usage Monitor

Data Usage Monitor

Menghemat paket internet dengan hanya menggunakan aplikasi saja bisa dilakukan oleh Anda pengguna smartphone Android. Aplikasi penghemat kuota satu ini akan membantu Anda dalam memonitorisasi penggunaaan internet di setiap aplikasi yang Anda miliki di HP.

Data Usage Monitor juga bisa membantu Anda dalam mengatur penggunaan kuota internet yang berlebih. Jadi, Anda bisa mengatur mana aplikasi yang membutuhkan banyak internet dan mana aplikasi yang tidak perlu menggunakan internet berlebih. Siap menghemat dengan aplikasi Data Usage Monitor? Download aplikasinya di sini.

2. Internet Speed Meter Lite

Internet Speed Meter Lite

Aplikasi penghemat kuota kali ini datang dari aplikasi Internet Speed Meter Lite. Sama seperti aplikasi Data Usage Monitor, aplikasi ini juga akan membantu Anda dlama mengontrol pengguna kuota internet agar tidak menggunakna internet yang terlalu berlebihan.

Di sini Anda bisa mengatur aplikasi mana saja yang harus menghemat kuota. Juga, para pengguna aplikasi Internet Speed Meter Lite akan diberikan laporan penggunaan paket data setiap bulannya. Tak perlu khawatir masalah kapasitas baterai, aplikasi ini mendukung hemat baterai lho. Mau? Dapatkan aplikasinya di sini.

3. My Data Manager

My Data Manager

Menurut Carisinyal, My Data Manager adalah aplikasi penghemat kuota yang terbaik. Fungsi utama dari aplikasi adalah melacak berapa banyak data yang Anda gunakan sehingga Anda bisa memantau penggunaannya secara bijaksana agar tidak kehabisan kuota internet secara tiba-tiba.

My Data Manager juga menginformasikan kepada Anda aplikasi mana saja yang paling banyak menggunakan data dan menghentikan aplikasi tersebut untuk menghemat penggunaan kuota. Tak hanya memantau penggunaan data saat Anda menggunakan paket data, tetapi My Data Manager juga memantau pemakaian data ketika Anda terkoneksi dengan Wi-Fi.

4. Samsung Max

Samsung Max

Kami mengatakan bahwa Samsung Max adalah aplikasi untuk menghemat kuota yang paling sederhana. Mengapa? Karena aplikasi ini segera mengompres data untuk aplikasi yang ada di perangkat Anda langsung ketika Anda mengaktifkan jaringan data selular.

Jadi, ketika Anda telah menginstall Samsung Max, maka aplikasi ini langsung melakukan routing semua aplikasi yang ada di perangkat untuk menghemat kuota internet. Samsung Max adalah aplikasi yang dapat mengompresi video, foto, dan halaman web. Samsung Max akan menunjukkan aplikasi yang paling banyak menggunakan data dan Anda pun bisa segera memblokir aplikasi tersebut.

5. Google Chrome

Google Chrome

Apakah Google Chrome adalah aplikasi penghemat kuota yang bisa bekerja di semua aplikasi Android? Tentu saja tidak. Google Chrome adalah aplikasi browser yang dilengkapi dengan fitur penghematan data. Dengan kata lain, Anda bisa menghemat penggunaan data ketika browsing dengan menggunakan Google Chrome.

Jika Anda sering berselancar di dunia maya, maka Google Chrome adalah pilihan yang tepat agar penggunaan data tetap hemat. Cukup masuk ke dalam Google Chrome, lalu klik ikon tiga titik lurus, lalu pilih pengaturan. Selanjutnya, pilih Settings > Advanced >Data Saver dan geser pada tombol On untuk mengaktifkan fitur penghematan data.

6. Data Usage

Data Usage

Tidak perlu khawatir dengan kuota internet yang boros, karena Data Usage bisa mengontrolnya untuk Anda. Aplikasi besutan oBytes ini cukup bagus dengan berbagai macam fitur, seperti Monitor Mobile Data and Wi-Fi in real time, Set usage alerts, usage status, dan yang lainnya.

Bukan hanya bisa mengontrol penggunaan paket internet saja, pasalnya Data Usage juga punya fitur wdiget yang cukup elegan dan enak dipandang. Nah, yang istimewanya dari Data Usage adalah, aplikasi ini akan menampilkan chart untuk notifikasi pembayaran kuota internet lho.

7. Opera Mini

Opera Mini

Punya masalah dengan bandwith terbatas dan koneksi internet yang tidak stabil? Mungkin Anda perlu menggunakan Opera Mini. Pasalnya, aplikasi browser yang satu ini dapat mengompresi data dan kecepatan internet. Dalam aplikasi ini, pengguna hanya perlu memilih mode kompresi data “High” atau “Extreme”. Dengan kata lain, aktivitas browsing dengan menggunakan Opera Mini jadi lebih terkontrol.

Opera Mini akan menghemat penggunaan data dengan mengurangi kualitas gambar, text wrap, protokol, dan masih banyak lagi. Sama seperti Google Chrome, Anda bisa mendownload Opera Mini secara gratis di Google Play Store.

8. 3G Watchdog

3G Watchdog

Ada lagi aplikasi, 3G Watchdog, yang bagus untuk menghemat kuota internet Anda. Di dalam aplikasinya, 3G Watchdog menampilkan tiga warna berbeda untuk menandakan kapasitas kuota internet yang sedang Anda gunakan.

Ada warna hijau yang artinya paket internet masih dalam batas aman, warna kuning yang diartikan sebagai peringatan paket Anda sudah mulai agak berkurang banyak, dan yang terakhir warna merah yang mengindikasi paket internet Anda sudah sangat mau habis.

Nah, selain penggunaan tiga warna berbeda, 3G Watchdog juga menyuguhkan fitur di mana Anda bisa menentukan batas penggunaan internet setiap hari, minggu, ataupun bulan. Oh iya, satu hal penting, 3G Watchdog tidak dapat di Install atau disimpan di SD Card, ya. Tertarik dengan aplikasi ini?

9. myAT&T

myAT&T

myAT&T adalah salah satu aplikasi yang kami rekomendasikan untuk memonitorisasi penggunaan internet, baik berupa kuota ataupun penggunaan WiFi. Tidak jauh berbeda dengan aplikasi lainnya, di myAT&T Anda bisa melihat rincian penggunaan internet dari aplikasi-aplikasi yang ada di Android.

Bagusnya lagi, myAT&T juga punya fitur Pay your bill di mana Anda hanya perlu menentukan tanggal pembayaran internet, bisa perminggu atau perbulan tergantung dengan kebutuhan. Nah, kalau Anda mau menggunakan aplikasi ini, maka silakan klik di sini untuk dapatkan aplikasinya.

10. My Verizon

My Verizon

Di My Verizon, Anda akan dimudahkan untuk melihat dan mengontrol penggunaan internet agar lebih hemat dan tidak boros. Aplikasi ini menyuguhkan sebuah feed yang ada rincian penggunaan internet di HP Anda. Fitur lainnya, My Verizon juga menyediakan Plan Management di mana Anda bisa mengelola dan mengatur penggunaan internet. Cukup bagus, kan?

Aplikasi Rekomendasi Lainnya

Selain 10 aplikasi penghemat kuota yang telah disebutkan sebelumnya, Carisinyal memberikan aplikasi rekomendasi lainnya untuk menghemat kuota. Namun, beberapa aplikasi berikut ini sudah tidak tersedia lagi di PlayStore.

11. Yandex Browser

Yandex Browser

Masih membahas aplikasi penghemat kuota untuk browsing, kali ini ada Yandex Browser. Ini adalah aplikasi browser yang intuitif dan dilengkapi dengan berbagai fitur keren lainnya. Yandex Browser menawarkan Turbo Mode, yang berfungsi untuk mengompres aktivitas Anda kala membuka halaman web untuk menghemat data dan memuat halaman secara lebih cepat.

Mode Turbo ini bisa diaktifkan atau dinon-aktifkan kapanpun Anda membutuhkannya. Aplikasi yang satu ini juga memiliki kemampuan untuk mengompres video saat Anda streaming dengan menggunakan Yandex Browser.

12. Dolphin Browser

Dolphin Browser

Berikutnya, ada aplikasi penghemat pemakaian internet khusus ketika Anda melakukan browsing. Adalah Dolphin Browser yang merupakan aplikasi yang cukup banyak diunduh oleh pengguna Android.

Aplikasi ini tidak menyebutkan keterangan mengenai bagaimana ia mengontrol penghematan data, tetapi satu hal yang pasti bahwa aplikasi ini menawarkan sejumlah fitur untuk menghemat penggunaan data, seperti mode browsing tanpa menampilkan gambar yang pastinya akan menghemat penggunaan data. Di samping itu, Dolphin Browser juga menyediakan fitur add-on untuk menghilangkan iklan saat Anda sedang browsing.

13. KK Browser

KK Browser

Siapa saja pasti ingin merasakan pengalaman browsing yang cepat. Nah, KK Browser ini adalah aplikasi ringan yang dapat menyediakan pengalaman tersebut untuk Anda. Bahkan, KK Browser mengklaim dapat menghemat penggunaan data hingga 60%.

KK Browser adalah pilihan yang tepat untuk browsing jika Anda memiliki bandwith terbatas dan kecepatan internet yang terbilang lambat. Berbeda dengan aplikasi sejenis lainnya, KK Browser hanya berkapasitas 1 MB saja. Sebuah aplikasi penghemat kuota internet yang cukup ringan, bukan?

14. Onavo Extend

Onavo Extend aplikasi penghemat kuota

Aplikasi yang satu ini adalah milik Facebook dan dapat bekerja dengan baik di semua aplikasi yang ada di smartphone Anda untuk menghemat pemakaian data internet. Sejauh ini, Onavo Extend sudah melakukan pekerjaannya dengan baik dalam mengompresi penggunaan data.

Onavo Extend akan menunjukkan seberapa banyak data yang sudah terpakai dan data yang masih tersisa. Satu-satunya kekurangan dari aplikasi ini adalah tidak bisa mengompresi video. Jadi, Onavo Extend belum bisa mengontrol penggunaan data ketika Anda menggunakan data tersebut untuk streaming video. Onavo Extend bisa diperoleh secara gratis di Google Play Store.

15. CM Data Manager

CM Data Manager

Di posisi kelima ada sebuah aplikasi yang handal dan akurat dalam menghemat kuota internet. Adalah CM Data Manager yang memungkinkan Anda untuk memantau penggunaan data dan kecepatan jaringan setiap saat. Monitor semua penggunaan data dari setiap aplikasi yang terinstall di smartphone Anda dengan mengandalkan CM Data Manager.

Aplikasi ini akan menghemat penggunaan kuota dengan memblokir aplikasi yang dirasa mengonsumsi data lebih dari normal. CM Data Manager adalah sebuah aplikasi efisien untuk memantau penggunaan data sehingga Anda bisa lebih menghemat pemakaian internet di perangkat. CM Data Manager bisa diunduh gratis melalui Google Play Store.

Hemat pemakaian kuota internet Anda dengan salah satu aplikasi penghemat kuota di atas. Aplikasi ini sangat membantu Anda agar tidak terus menerus membeli paket data internet. Ini adalah solusi yang tepat jika Anda tidak menggunakan free hotspot Wi-Fi.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

3 pemikiran pada “10 Aplikasi Penghemat Kuota Internet Terbaik untuk Android”

  1. Menghemat data dengan cara kudu di kontrol? Ngapain pake aplikasi segala kalo gini caranya..

    Sama aja pake security buat jaga rumah biar aman, tapi kita sendiri kudu ngawasin rumah.

    Yg instant dan otomatis ngepress kuota gak ada?

  2. Menghemat kuota tapi kudu dikontrol?
    ngapain pake aplikasi kalo gini caranya..

    Sama aja pake security di rumah biar aman tapi kita juga kudu ngawasin rumah.

    Yg instant dan otomatis buat ngepress kuota gak ada?

Tinggalkan komentar