Carisinyal / Aplikasi Produktivitas / 12 Rekomendasi Aplikasi Pengolah Angka di PC dan Android

12 Rekomendasi Aplikasi Pengolah Angka di PC dan Android

Ditulis oleh - Diperbaharui 4 Januari 2021

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Apakah kamu mencari rekomendasi aplikasi pengolah angka? Jika iya, kamu sudah berada di tempat yang benar. Hampir semua orang membutuhkan aplikasi pengolah angka untuk mendukung aktivitas produktif mereka.

Aplikasi pengolah angka atau spreadsheet dapat membantumu dalam menangkap, menampilkan, dan memanipulasi data yang disusun dalam baris ataupun kolom. Melalui spreadsheet kamu bisa membuat tabel, grafik, menghitung rumus statistik, hingga laporan keuangan.

Tidak hanya aplikasi seperti Microsoft Excel yang dapat kamu gunakan. Ada banyak aplikasi pengolah angka lainnya yang mampu membuat pekerjaanmu lebih efektif dan efisien. Meski aplikasi-aplikasi tersebut memiliki kesamaan, tetapi perbedaan fungsi hingga aksesibilitas software berbeda-beda.

Kamu bisa menemui berbagai jenis aplikasi, dari yang disediakan gratis hingga berbayar. Bingung pilih yang mana? Berikut ini rekomendasi aplikasi pengolah angka terbaik yang bisa didapatkan!

7 Aplikasi Pengolah Angka di PC

Buat kamu yang lebih aktif di PC dalam mengelola angka, rekomendasi aplikasi spreadsheet di PC berikut ini akan membantumu. Penggunaan pengelolaan angka di PC memiliki kenyamanan tersendiri. Fitur aplikasi pengolah angka di PC lebih beragam dan lebih kompleks.

Agar gambaranmu tentang aplikasi pengolah angka di PC lebih jelas. Berikut ini disediakan rekomendasi aplikasi pengolah angka di PC terbaik tahun ini.

1. Microsoft Excel

microsoft-excel-logo

Aplikasi ini memang juaranya dalam mengelola angka. Aplikasi ini diperkenalkan pada tahun 1987 dan memulai popularitasnya. Excel dapat kamu gunakan untuk melakukan perhitungan akuntansi seperti keuntungan dan kerugian dalam penjualan.

Selain itu Excel dapat berfungsi baik untuk menghitung gaji karyawan. Kamu dapat menggunakan berbagai variasi penghitungan selain penambahan, pengurangan, perkalian, atau pembagian dasar, lho. Pengolahan data statistik seperti pencarian rata-rata, nilai minimum, atau maksimum juga tersedia luas di aplikasi ini.

Kelebihan penggunaan aplikasi Excel selain tampilannya yang sederhana adalah kecepatan loadingnya. Penyimpanan file dapat dilakukan dengan format pdf ataupun Open Office seperti Linux. Kabar baiknya Excel sudah terintegrasi dengan browser sehingga kamu bisa mengakses secara online di browser. Data sebanyak apapun bisa kamu sisipkan di aplikasi ini. Karena Excel mampu menampung 1.084.576 baris dan 16.384 kolom.

Untuk mendapatkan lisensi penggunaan Excel kamu perlu membayar sekitar $69.99 per tahun. Kamu bisa membeli lisensinya sebesar $149.99 agar bisa kamu gunakan selamanya. Kalau kamu ingin menggunakan aplikasi Microsoft lainnya, kamu bisa menggunakan berlangganan Office 365.

2. Kspread

Kspread4

Spreadsheet yang merupakan bagian dari Koffice ini bersifat open source dan multiplatform. Artinya kamu bisa mengubah kode program agar dapat menambahkan fitur-fitur pada program software. Kamu bisa menyesuaikan kebutuhan pengolahan angkamu melalui aplikasi ini.

Sifat multiplatform pada Kspread ini artinya kamu bisa menggunakan software ini di berbagai jenis sistem operasi. Kamu bisa menjalankan software ini di OS Linux sama baiknya seperti di Windows.

Beberapa fitur yang bisa kamu temukan di Kspread diantaranya: beberapa lembar kerja dalam satu dokumen, beragam kemungkinan pemformatan, dukungan untuk lebih dari 100 fungsi, hingga pemeriksaan ejaan. Menarik, bukan?

3. OpenOffice Calc

openoffice calc

Software ini juga bersifat open source dan multi platform. Kamu bisa memodifikasi spreadsheet-mu sesuai yang kamu inginkan. Kelebihan lainnya dari sofware ini adalah interface yang sederhana sehingga mudah digunakan.

Tampilan software-nya dipenuhi dengan menu-menu dan tombol tombol toolbar yang semakin memudahkan kamu. Selebihnya OpenOffice hampir sama dengan program Microsoft Excel.

4. Abacus

abacus

Berikutnya adalah Abacus, sebuah aplikasi spreadsheet yang memiliki ukuran sangat kecil – hanya 2 MB-an saja! Keunggulan dari program ini adalah tidak memakan banyak memori. Cocok untuk kamu yang suka dengan software minimalis dan hemat ruang. Selain itu Abacus juga mudah dalam pengoperasiannya, sehingga ia menjadi software pengolah angka yang layak kamu pertimbangkan. Sayangnya, ia hanya tersedia untuk sistem operasi Linux saja.

5. Wingz

wingz

Buat kamu yang suka dengan aplikasi freeware, software ini bisa menjadi pilihan kamu. WingZ hanya dibatasi untuk penggunaan non komersial dan tidak bisa dijual kembali. Software ini juga bersifat multiplatform yang berarti kamu bisa menggunakannya di berbagai sistem operasi.


Selain aplikasi yang disebutkan tadi, ada beberapa aplikasi yang bisa menjadi pilihan kamu untuk mengolah angka. Kamu bisa menggunakan Lotus 123 yang cukup terkenal di tahun 80 an. Ada Xxl yang dapat kamu jalankan di sistem operasi Unix.

Kalau kamu memiliki budget yang tinggi dan butuh dengan fitur paling lengkap, tidak salahnya mencoba WingZ. Aplikasi ini dibekali dengan berbagai fitur mulai dari Micro Add-Ins, hingga kemampuan melakukan pemograman.

6. SPREAD32

SPREAD32

*Sumber: https://spread32.software.informer.com/2.0/

SPREAD32 merupakan alternatif Excel gratis lainnya untuk aplikasi pengolah angka. Aplikasi ini mencakup lebih dari 300 fungsi dalam matematika dan trigonometri, referensi, logika, teknik dan kategori keuangan dan bekerja dengan file spreadsheet dasar seperti XLS, CSV, dan PXL.

Ketika menganalisis atau mengatur sejumlah kecil data, spreadsheet gratis ini memungkinkan hampir semua fitur penting termasuk memfilter data, menyisipkan bagan dan menyiapkan sampai tiga pengaturan pemformatan bersyarat.

Jika pengguna harus melalui analisis data yang komprehensif, SPREAD32 tidak disarankan karena tidak mendukung bekerja dengan data dalam jumlah besar. Alternatif Excel ini memerlukan pengunduhan sebelum digunakan. Unduh SPREAD32.

7. LibreOffice Calc

LibreOffice Calc

*Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/LibreOffice_Calc

Ketika membuka LibreOffice Calc terasa seperti melihat Excel versi lama. LibreOffice merupakan aplikasi pengolah angka yang sepenuhnya gratis dan open source, yang dimulai sebagai cabang dari OpenOffice.

Aplikasi spreadsheet dasar ini berisi semua fungsi yang diharapkan dari aplikasi spreadsheet modern asli dengan anggaran terbatas. LibreOffice Calc merupakan alternatif yang bagus untuk Google Sheets jika pengguna mencari sesuatu bisa digunakan pada desktop Mac, Windows, atau Linux.

Antarmuka penggunanya terasa lebih biasa dibandingkan antarmuka seperti ribbon yang diadopsi Microsoft selama dekade terakhir ini. Pengguna bisa menyesuaikan seluruh antarmuka untuk hanya menampilkan fungsi yang diinginkan saja.

Selain itu ada juga satu set lengkap kontrol keyboard untuk menavigasi aplikasi dengan cepat. LibreOffice sangat ramah pengguna dalam pendekatannya, dengan dukungan asli untuk file Excel dan sejumlah templat untuk menghemat waktu.

Meskipun aplikasi open source gratis, Calc menawarkan daftar fungsi yang didukung secara relatif kuat. Dan selain memiliki fitur seperti pemformatan bersyarat dan tabel pivot, aplikasi ini juga mempunyai alat yang disebut DataPilot.

Alat ini memungkinkan pengguna untuk mengambil data mentah dari database dan menggunakannya kembali di spreadsheet sendiri. LibreOffice Calc mampu menangani kumpulan data besar lebih baik dibandingkan aplikasi spreadsheet berbasis web, tetapi masih kurang jika dibandingkan dengan Excel.

Pengguna juga bisa menggunakan panduan bagan LibreOffice untuk membuat grafik dan diagram dari data. Selain itu, Calc menawarkan fitur kolaborasi waktu nyata. Namun fitur ini kurang memuaskan jika dibandingkan dengan Excel atau Google Spreadsheet. Unduh LibreOffice Calc.

5 Aplikasi Pengolah Angka di Android

Buat kamu yang memiliki mobilitas tinggi dan sangat aktif, rasanya sangat perlu memiliki aplikasi pengolah angka yang tersedia di ponselmu. Keunggulan menggunakan aplikasi pengolah angka di Android adalah kesederhanaan interface-nya.

Kamu bisa mengedit, menginput, memanipulasi data-datamu dimanapun kamu berada. Bahkan dalam keadaan yang sulit sekalipun. Namun, sebagian orang takut ada malware yang bertebaran saat mendownload aplikasi tersebut di Android.  Jangan khawatir, kami akan merekomendasikan aplikasi pengolah angka terbaik di Android untukmu.

1. WPS Office

wps office

Aplikasi bernama WPS Office ini sebenarnya alternatif yang populer bagi para pengguna Windows. Di Google Play Store sendiri, ia sudah meraup sebanyak lebih dari 100 juta penginstalan, lho! Berbagai fiturnya pun terbilang cukup menarik untuk menunjang kebutuhan spreadsheet kamu, seperti integrasi dengan media penyimpanan cloud (Google Drive, DropBox, Evernote, OneDrive).

Juga, fitur spreadsheet-nya memungkinkan kamu menggunakan formula-formula dasar yang sering digunakan oleh pengguna Excel, dan menyediakan juga opsi pembuatan form alias formulir dengan beragam tema yang berbeda.

2. Google Sheets

google sheets

Aplikasi besutan Google ini siap membantu kamu mengedit, menginput, atau memanipulasi datamu di mana saja sesuai kebutuhanmu. Keunggulan dari Google Sheets adalah penggunaannya yang simpel dan terintegrasi langsung dengan akun Google, dan file-nya bisa diakses dari mana saja, tidak hanya melalui aplikasi.

Misalnya, kamu sudah membuat file sheet di HP. Nah, semua perubahan yang terjadi di HP juga akan langsung tersinkronkan di cloud, memudahkan kamu yang malas melakukan Save dan memindah-mindahkan data antar perangkat. Praktis, bukan?

3. Polaris Office

polaris office

Butuh lebih banyak fungsi yang bisa dikerjakan? Polaris Office bisa jadi solusi untuk kamu. Meski berada di smartphone, aplikasi ini mampu menangani 300 formula dan menampilkan lebih dari 20 diagram.

Polaris Office juga menyediakan fitur komunikasi di dalam aplikasinya agar kamu dan rekan-rekan bisa mendiskusikan dulu apa saja yang perlu direvisi sebelum dokumen dicetak ataupun dikirimkan ke client. Hasil spreadsheet dari Polaris Office ini juga bisa dibagikan ke beragam jenis layanan cloud, termasuk Polaris Drive yang merupakan layanan penyimpanan cloud besutan mereka sendiri.

4. Zoho Sheet

zoho sheet

Masih mencari-cari aplikasi spreadsheet yang tepat untuk kamu? Nah, yang satu ini adalah Zoho Sheet, sebuah aplikasi spreadsheet mobile yang mampu membuat kegiatan mengolah angka yang tadinya kompleks menjadi cukup mudah sekalipun sedang tidak berada di kantor atau rumah.

Zoho Sheet bahkan memungkinkan penggunanya untuk memindai kertas yang berisikan tabel untuk kemudian diedit di aplikasi dengan mudah. Fitur yang cukup keren, bukan? Selain itu, ada asisten AI bernama Zia yang siap membantumu untuk merekomendasikan chart ataupun membuat Pivot Table bagi kamu yang seorang data analyst.

Tentu fitur uniknya tidak berhenti di situ saja, karena Zoho Sheet juga menyediakan lebih dari 35 jenis bagan yang di dalamnya sudah termasuk pie dan juga bar charts.

Untuk memudahkan kolaborasi, aplikasi Zoho Sheet ini menyediakan beragam tingkatan permission saat dibagikan, seperti read onlyread and write, dan sebagainya. Ingin mengekspor file sheet ke format lain? Bisa banget! Aplikasi ini mendukung pengeksporan file ke format PDF, XLSX, CSV, dan lain-lain.

5. Office Suite

office suite

Sama seperti WPS, Office Suite tidak hanya menawarkan aplikasi pengolah angka. Kamu tidak perlu mengotori memori ponselmu untuk mendownload aplikasi secara terpisah.

Aplikasi ini menyediakan program mulai dari doc, pdf, hingga spreadsheet. Perbedaan aplikasi ini dengan yang lainnya hanyalah dari sisi interface-nya. Untuk dapat memilih mana yang paling sesuai untukmu, kamu bisa mencobanya sendiri.

Well, itulah rekomendasi aplikasi pengolah angka terbaik tahun ini. Dengan semakin canggihnya teknologi dan semakin maraknya aplikasi yang bertebaran, pekerjaanmu tentunya bisa dapat selesai lebih cepat dan tepat, dong.

Sesuaikan saja dengan kebutuhan dan kemampuanmu dalam mengaplikasikannya. Bagi kamu yang terbiasa mengotak-atik, aplikasi open source sangat tepat untukmu. Kalau kamu kaum anti ribet, pilihlah aplikasi yang sederhana dan simple. Selamat mencoba!

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *