carisinyal web banner retina
Carisinyal / Aplikasi / 10 Aplikasi Pengolah Kata Populer Selain Microsoft Word

10 Aplikasi Pengolah Kata Populer Selain Microsoft Word

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 22 April 2021

Selama ini orang sudah sangat familiar dengan Microsoft Word sebagai salah satu aplikasi untuk mengolah kata. Namun ternyata terdapat alternatif lain bagi mereka yang bukan “fans” Microsoft Word.

Aplikasi pengolah kata yang lainnya ada yang bisa didapatkan dengan gratis ada juga yang versi premium untuk bisa menikmati semua fiturnya. Ada juga yang bisa langsung diakses melalui situs web secara online. Buat kamu yang ingin mencoba aplikasi pengolah kata selain Microsoft Word, berikut adalah daftarnya.

1. WPS Office

Sebelumnya disebut Kingsoft Office, WPS Office merupakan rangkaian yang menyertakan pengolah kata, disebut Writer, yang mudah untuk digunakan karena memiliki antarmuka tab, desain yang bersih, dan menu yang tidak berantakan.

Untuk memeriksa ejaan bisa dilakukan secara otomatis. Mengaktifkan atau menonaktifkan pemeriksaan ejaan bisa dilakukan oleh pengguna dengan mudah. Letaknya ada di menu di bagian bawah.

Writer mendukung penggunaan mode layar penuh, tata letak halaman ganda, juga pilihan untuk menyembunyikan menu. Bahkan aplikasi ini juga memiliki mode tampilan yang bisa melindungimu dari kerusakan mata, dengan mengubah latar belakang halaman jadi berwarna kehijauan.

Writer merupakan bagian dari perangkat lunak WPS Office, jadi pengguna harus mengunduh seluruh paket untuk mendapatkan bagian Writer. Ini bisa digunakan di Windows, Linux, Mac, dan perangkat seluler, iOS dan Android. Download WPS Office.

2. LibreOffice

LibreOffice merupakan cabang dari Apache OpenOffice, dan keduanya memiliki aplikasi pengolah kata yang sangat mirip, tapi LibreOffice lebih sering mendapatkan pembaruan dan memiliki basis pengguna yang lebih hidup.

Writer yang merupakan pengolah kata adalah analog Microsoft Word yang memiliki banyak fitur, mempunyai semua alat yang diperlukan untuk pekerjaan berbasis teks apa pun. Kedua versi Writer menyertakan wizard dan templat untuk jenis dokumen umum, seperti faktur dan surat.

Selain itu, sangat mudah untuk membuat templat versi si pengguna untuk digunakan di masa datang. Pengolah kata juga bekerja sama dengan perangkat lunak perkantoran lain di suite masing-masing sehingga pengguna bisa menggunakan Base untuk membuat bibliografi, contohnya.

Kedua pengolah kata ini mendukung semua format file yang banyak digunakan, dan bisa mengekspor dokumen ke PDF tanpa memerlukan perangkat lunak tambahan. Jika pengguna mencari pengolah kata yang dapat menggantikan Microsoft Word, kedua aplikasi ini bisa jadi pilihan. Download LibreOffice.

3. Google Docs

Google Docs adalah alternatif Microsoft Word paling populer dan gratis untuk semua orang yang memiliki akun Google. Kalau pengguna menginginkan fitur dasar Microsoft Word, Google Docs menyediakannya.

Aplikasi ini melakukan semua kebutuhan dasar pengolah kata, dan terintegrasi dengan Google Drive dan produk lainnya. Karena semuanya disimpan di cloud Google, pengguna tidak perlu khawatir kehilangan pekerjaan mereka.

Dokumen disimpan secara otomatis pada tiap penekanan tombol di keyboard, jadi jika terjadi crash pengguna bisa melanjutkan pekerjaan sebelumnya. Google Docs juga mendukung format .doc dan .docx Microsoft Word, jadi tak ada masalah dalam mengimpor dan mengeditnya.

Salah satu fitur terbaiknya untuk pengguna bisnis yaitu real-time collaboration atau kolaborasi waktu nyata. Jika pengguna berbagi dokumen dengan pengguna Google lainnya, mereka dapat berada di dokumen tersebut pada saat bersamaan. Download Google Docs.

4. Zoho

Zoho adalah aplikasi pengolah data yang menawarkan kurang lebih 20 aplikasi online gratis termasuk di antaranya Writer yang digunakan untuk pengolah kata. Pengguna juga bisa menautkan akun Zoho ke akun Google.

Antarmuka Writer seharusnya tidak menimbulkan masalah bagi siapa pun karena sudah familier. Zoho akan menyimpan dokumen secara otomatis, setelah pengguna selesai mengetik. Zoho Writer memiliki fitur yang memungkinkan pengguna bekerja dengan mudah saat online.

Fitur tersebut di antaranya sinkronisasi desktop dua arah, transfer file dengan ukuran yang besar, pemulihan file, enkripsi, autentikasi dua langkah, obrolan dalam aplikasi, dan lain-lain. Pengguna bisa mengimpor dan bekerja dengan dokumen MS Word.


Ini memungkinkan pengguna untuk memasukkan gambar serta mengedit konten sesuai kebutuhan. Zoho Writer memiliki semua pemformatan teks standar dan fitur pembuatan dokumen dan bisa mengekspor ke DOCX, ODF, PDF, Latex, RTF, TXT dan bahkan HTML. Download Zoho Writer.

5. FocusWriter

Jika ingin menuangkan beberapa kata tanpa khawatir tentang pemformatan, pengguna bisa menggunakan aplikasi Notepad bawaan Windows, tetapi FocusWriter memiliki banyak alat pintar yang akan membantu pengguna memaksimalkan produktivitas tanpa menimbulkan gangguan.

FocusWriter, seperti namanya, memblokir semua gangguan sehingga pengguna bisa benar-benar fokus pada draf pertama yang sangat penting itu. Dalam penggunaan normal, yang pengguna lihat hanyalah halaman kosong. Bilah alat hanya terlihat jika tetikus digerakkan ke tepi layar.

Namun ada fitur mematikan di Focused Text, yang menghilangkan semuanya ke latar belakang kecuali paragraf atau kalimat yang sedang ditulis saat itu. FocusWriter juga menampilkan peringatan pada waktu-waktu tertentu atau ketika pengguna telah mencapai jumlah kata yang ditentukan sebelumnya.

Aplikasi ini memang tidak bagus untuk mengedit, tapi untuk produktivitas, FocusWriter tak terkalahkan. Download FocusWriter.

6. SoftMaker FreeOffice

SoftMaker FreeOffice merupakan rangkaian program perkantoran dan salah satu alat yang dimiliki aplikasi ini adalah pengolah kata gratis yang disebut TextMaker. Ketika pengguna membuka pengolah kata ini, pengguna diberi pilihan untuk memilih antarmuka gaya klasik atau ribbon.

Ada juga opsi mode sentuh yang bisa diaktifkan oleh pengguna. Ada juga fitur untuk pembuatan eBook, seperti ekspor PDF dan EPUB, pembuatan bab, dan catatan kaki.

Aplikasi pengolah kata gratis ini juga bisa mempratinjau dokumen sebelum dibuka, melacak perubahan, menyisipkan komentar, menambahkan objek contohnya bagan Excel serta slide PowerPoint, dan penggunaan bentuk, dan masih banyak lagi.

TextMaker bisa membuka berbagai macam jenis file dokumen, di antaranya yang dari Microsoft Word, jenis file OpenDocument, teks biasa, WRI, WPD, SXW, PWD, dan lainnya. Ketika pengguna siap untuk menyimpan, pengolah kata ini mengekspor ke format populer seperti DOCX, DOTX, HTML, dan TXT.

Selain itu dokumen juga bisa disimpan pada format file khusus untuk program ini, misalnya TMDX dan TMD. TextMaker harus diunduh sebagai bagian dari FreeOffice, tetapi selama peng-instal-an, pengguna bisa untuk menginstal keseluruhan suite atau hanya program pengolah kata gratis.

Aplikasi ini bisa digunakan pada Windows 10, 8, 7, juga Windows Server 2008. Mac 10.10 dan yang lebih tinggi juga didukung, begitu pula Linux dan Android. Download SoftMaker FreeOffice.

7. OpenOffice Writer Apache

Tak suka dengan antarmuka ribbon milik Microsoft Word, maka pengguna bisa kembali ke tahun 2003 dengan menggunakan OpenOffice Writer Apache. Aplikasi ini dilengkapi dengan antarmuka klasik yang, meniru menu yang dikeluarkan Microsoft saat Office 2007 dirilis.

Ini tentunya akan terasa akrab bagi pengguna Office 2003, tetapi ada tambahan masih bisa mendapatkan pembaruan dan security patch atau tambalan keamanan, yang penting untuk rangkaian perangkat lunak bisnis.

OpenOffice Writer mempunyai format dokumennya sendiri, tetapi juga mendukung file .doc dan .docx, dan menjaga pemformatan dengan baik ketika mengimpor jenis file tersebut. Banyak fitur canggih Microsoft Word juga disertakan dalam OpenOffice Writer.

Aplikasi ini tidak mendukung untuk kolaborasi online atau cloud tapi masih dimungkinkan untuk menyimpan file di cloud drive dengan meng-instal Google Drive, Microsoft OneDrive, atau Apple iCloud. Download OpenOffice Writer.

8. Werdsmith

Werdsmith merupakan aplikasi yang tepat untuk mereka yang selalu bepergian, karena layanan didukung dengan cloud, sehingga pekerjaan pengguna akan selalu aman. Versi premium dari aplikasi ini memiliki fitur berbagi.

Fitur ini memungkikan penulis lain atau non-penulis bisa mengirim umpan balik tentang tulisan pengguna. Aplikasi pengolah kata Werdsmith relatif baru dan tidak memiliki dukungan untuk sistem operasi utama. Download Werdsmith.

9. WriteMonkey

WriteMonkey merupakan aplikasi pengolah kata tanpa embel-embel lainnya yang dirancang untuk membantu pengguna memaksimalkan hasil akhir tanpa repot dengan pengeditan dan pemformatan. Aplikasi ini tidak ditujukan untuk dokumen seperti surat atau CV.

Namun aplikasi ini bagus untuk memasukkan ide-ide awal pada layar sehingga pengguna akan memiliki bahan mentah untuk dikembangkan nanti. Aplikasi ini berbeda FocusWriter, yang kompatibel dengan semua format teks yang paling umum, WriteMonkey hanya bisa dengan format TXT.

Jadi pengguna harus mengonversi semua pekerjaan yang sedang dikerjakan sebelum membukanya. Kontrol WriteMonkey yang tersembunyi juga membuat dinavigasi jadi rumit, semuanya diakses melalui menu klik kanan, atau pintasan keyboard yang sangat banyak.

WriteMonkey merupakan aplikasi portabel, jadi tidak perlu menginstallnya. Pengguna cukup ekstrak semua file yang diunduh ke removable drive atau layanan penyimpanan cloud dan jalankan dengan menjalankan file WriteMonkey.exe. Download WriteMonkey.

10. WordGraph

WordGraph merupakan aplikasi pengolah kata yang memiliki sebagian besar fitur standar yang dapat ditemukan di pengolah kata mana pun, tapi aplikasi ini juga mempunyai beberapa alat unik.

Aplikasi WordGraph selain menambahkan beberapa hal, di antaranya grafik, tabel, bagan, dan ilustrasi ke dokumen, juga bisa menghasilkan file PDF, membuat daftar isi serta indeks, dan bisa mengakses file yang disimpan pada layanan penyimpanan online contohnya OneDrive dan Dropbox.

Walaupun memiliki utilitas pemeriksa ejaan, tapi tidak berfungsi dalam mode langsung, yang artinya pengguna harus menjalankannya secara manual untuk memeriksa kesalahan ejaan.

Berbeda dari pengolah kata lainnya, pengguna bisa mengunduh WordGraph tanpa harus mengunduh perangkat lunak SSuite Office miliknya. WordGraph bisa digunakan di komputer Windows, tapi bisa digunakan juga di Mac atau Linux dengan perangkat lunak tambahan. Download WordGraph.

Memang aplikasi Microsoft Word adalah salah satu aplikasi pengolah kata yang sudah sangat populer. Namun, ternyata ada juga yang kurang suka dengan aplikasi tersebut. Buat kamu yang bekerja menggunakan aplikasi pengolah kata dan mencari alternatif lain selain Microsoft Word, kamu bisa mencoba salah satu aplikasi di atas.

Untuk yang biasa bekerja dalam grup, aplikasi Google Docs akan sangat membantu karena dokumen bisa dilihat dan digunakan bersamaan. Untuk yang tak suka menginstal aplikasi, ada juga aplikasi WriteMonkey atau FocusWriter. Kamu tinggal pilih aplikasi yang nyaman untuk membantumu bekerja. Selamat bekerja!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram