10 Aplikasi Pengubah Teks ke Suara Terbaik untuk PC

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Tidak semua orang terlahir dengan mata yang sempurna. Akan tetapi, mereka pun butuh menggunakan PC dan membaca buku atau pun dokumen. Untuk menyiasatinya, sudah tersedia begitu banyak aplikasi yang bisa mengubah teks menjadi suara.

Kebutuhan akan aplikasi seperti ini tidak khusus untuk penyandang disleksia atau rabun semata. Pasalnya, dengan mengubah file PDF menjadi suara, Anda bisa mendengarkannya sambil memasak, jogging, atau pun kegiatan lainnya.

Baik secara gratis atau pun berbayar, Anda selalu bisa mengandalkan puluhan aplikasi pengubah teks jadi suara yang tersedia dan bisa diunduh dari internet. Tapi, yang manakah yang sekiranya patut dipertimbangkan? Ketahui jawabannya pada daftar 10 rekomendasi aplikasi pengubah teks menjadi suara untuk PC berikut ini.

1. Synthesys

synthesys

Beberapa aplikasi pengubah teks jadi suara biasanya menggunakan teknologi mesin. Biasanya hal ini membuat kualitas suara terdengar monoton atau pun seperti robot. Nah, kalau ingin aplikasi pengubah teks jadi suara yang menggunakan suara manusia sungguhan, pilihlah Synthesis.

Beberapa testimoni dari orang yang pernah menggunakan software ini mengaku kalau hasil suara yang dihasilkan sama bagusnya dengan yang pernah mereka dapatkan dari jasa voice actor di Fiverr dan situs sejenisnya.

Bahkan, Anda pun bisa membeli Commercial License supaya bisa membuatkan voice over untuk klien dan juga menjualnya, keuntungan jadi milik Anda sepenuhnya. Harga Commercial License-nya sendiri dibanderol sebesar $67 sedangkan untuk lisensi Personal, lebih murah di harga $47.

2. Natural Reader

natural reader

Tidak hanya menawarkan jasanya secara berbayar, Natural Reader juga bisa dipakai secara gratis. Aplikasi yang bisa diunduh untuk Windows dan Mac ini memiliki berbagai jenis suara, laki-laki dan perempuan.

Untuk bahasa Inggris, Natural Reader menyuguhkan berbagai macam jenis dan tipe suara yang berbeda. Tinggal sesuaikan saja dengan tone atau style dari brand Anda. Tidak hanya bahasa Inggris, ada juga suara-suara dari bahasa lain yang bisa ditambahkan sebagai add-on seperti bahasa Jepang, bahasa Jerman, bahasa Arab, dan masih banyak lagi.

Untuk masing-masing penambahan audio suara, dikenakan biaya sebesar $39,50. Natural Reader juga terbilang solid untuk menawarkan suara voice over yang terdengar natural. Hanya saja, kami merasa kalau beberapa suaranya ada yang masih terdengar seperti suara robot, belum dapat menyaingi Synthesys.io yang memang menggunakan aktor suara sungguhan.

Adapun beberapa fitur kuncinya mencakup Miniboard yang bisa mengubah teks apapun di desktop dari web browser atau pun aplikasi lainnya, hanya dengan menyeleksi bagian teks yang ingin "dibacakan". Anda juga bisa menyeleksi file dokumen seperti PDF dan Word, sehingga bisa mengubah novel menjadi audiobook.

Untuk PDF yang mengandung footer dan header, aplikasi bisa disesuaikan supaya footer dan header tersebut tidak ikut terbaca pada file audio MP3 yang dihasilkannya.

Untuk lisensi Personal, dikenai biaya sebesar $99,50. Versi Personal inilah yang ingin Anda gunakan kalau ingin mengonversi dokumen menjadi file MP3. Sedangkan untuk paket termahalnya, ada lisensi Ultimate seharga $199,50 yang sudah mencakup enam buah suara natural.

Terbilang cukup mahal sih, tapi setidaknya harga-harga yang tertera merupakan harga sekali beli, bukan harga bulanan. Masih terbilang worth it kalau Anda merupakan perusahaan yang bergerak di bidang buku audio.

3. Amazon Polly

amazon polly

Yang satu ini datang dari Amazon, sebuah brand yang reputasinya sudah menggema di seluruh dunia. Jadi, sudah dipastikan Amazon Polly akan memberikan kepuasan yang maksimal untuk menghasilkan suara dari teks yang Anda punya.

Dengan Amazon Polly yang mendukung tag leksikon dan juga SSML (Speech Synthesis Markup Language), pengguna bisa diberikan kebebasan dalam mengatur hasil audio, seperti kecepatan membaca, pelafalan, intonasi, dan juga volume suara.

Tidak itu saja, Amazon Polly juga menyediakan jenis suara neural yang merupakan hasil dari teknologi machine learning yang ditingkatkan. Sehingga. hasil suaranya bisa terdengar lebih natural dan seperti datang dari manusia sungguhan.

Amazon Polly juga menyuguhkan dua kategori suara yang berbeda, seperti Newscaster yang lekat dengan suara orang-orang yang memberitahukan ramalan cuaca, dan juga Conversational. Sesuai namanya, Conversational lebih terdengar kasual seperti sedang berbincang-bincang antar dua teman.

Kendati demikian, tarif Amazon Polly agak sulit untuk ditakar. Ia menawarkan harga sesuai dengan jumlah request dan jumlah karakter dari teks yang ingin diubah ke suara.

Namun jika Anda ingin menggunakannya secara gratis, ada masa Free Tier yang bisa dipakai secara cuma-cuma selama setahun pertama., itu pun dengan jumlah karakter yang dibatasi 5 juta karakter per bulan (standar) dan 1 juta karakter untuk suara neural. Satu hal lagi, Amazon Polly mengharuskan Anda untuk membuat akun AWS (Amazon Web Services).

4. Capti Voice

captivoice

Apakah Anda seorang guru atau petugas yang berada di industri edukasi? Jika iya, Anda harus tahu soal aplikasi Capti Voice yang ditujukan untuk memudahkan guru memberikan pengajaran terbaik ke muridnya.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram